Weni's Reviews > Mahabharata

Mahabharata by C. Rajagopalachari
Rate this book
Clear rating

by
1073731
's review
Feb 09, 2009

really liked it

Kisah Mahabharata diawali dg pertemuan antara Raja Sentanu dan Dewi Gangga yg cantik jelita. Sentanu ingin menikahi Dewi Gangga, namun Dewi Gangga mengajukan syarat, a.l. tdk akan menghalangi apapun yg Dewi Gangga lakukan. Sentanu menyanggupi. Dari pernikahan mereka, Dewi Gangga melahirkan banyak anak, namun setiap anak yg lahir ditenggelamkannya di sungai Gangga. Sentanu tak kuasa berbuat apa2 krn sumpahnya. Namun ketika Dewi Gangga akan menenggelamkan anaknya yg ke-8, Sentanu tak bisa lagi menahan amarah. Krn Sentanu melanggar janji, Dewi Gangga pun pergi membawa sang anak. Kelak anak tersebut dikembalikan kepada Sentanu. Anak itu bernama Dewabrata.

Bertahun2 kemudian, Raja Sentanu bertemu dg seorang wanita. Terpesona oleh kecantikan dan keharumannya (molto kali), Sentanu meminang wanita bernama Setyawati tsb. Sang ayah mengajukan syarat: jika Setyawati melahirkan anak laki2, maka anak itu harus menjadi putra mahkota. Sentanu tdk bisa menerima syarat itu krn dia begitu menyayangi Dewabrata. Singkat cerita, Dewabrata berhasil mengetahui penyebab kesedihan sang ayah. Dewabrata pun mendatangi ayah Setyawati. Dewabrata bersumpah, jika Setyawati melahirkan anak laki2 maka anak itu akan dinobatkan jadi raja. Namun ayah Setyawati masih khawatir kelak keturunan Dewabrata akan menggulingkan tahta cucunya. Akhirnya Dewabrata bersumpah tdk akan menikah seumur hidupnya. Ketika Dewabrata mengucapkan sumpah itu, para dewa menaburkan bunga dan terdengar suara mengelu2kan: "Bhisma... Bhisma...". Sejak itu, Dewabrata dikenal dg nama Bhisma.

Dari pernikahannya dg Setyawati, Sentanu memiliki 2 orang putra: Chitrangada dan Wicitrawirya. Ketika Chitrangada tewas dlm peperangan, adiknya dinobatkan menjadi pengganti krn Chitrangada tdk memiliki anak. Ketika Raja Kasi mengadakan sayembara utk mencari suami bagi putri2nya, Bhisma datang utk mencarikan istri bagi Wicitrawirya yg telah dewasa. Bhisma berhasil mengalahkan lawan2nya dan memboyong Amba, Ambali dan Ambalika. Amba sebenarnya kekasih Raja Salwa, namun krn Salwa kalah dari Bhisma, maka Amba harus mengikuti Bhisma. Wicitrawirya akhirnya menikahi Ambali dan Ambalika. Dari Ambali, Wicitrawirya memiliki anak bernama Destarata, sedangkan dari Ambalika, Pandu. Amba tdk menikah dan mendendam pada Bhisma. Setelah melakukan tapa brata, Amba menceburkan diri ke dlm api dan terlahir kembali menjadi Srikandi, yg kelak membunuh Bhisma.

Destarata menikah dg Dewi Gandari dan menurunkan para Kurawa, sementara Pandu menikah dg Dewi Kunti dan Dewi Madri, menurunkan para Pandawa. Buku ini menceritakan Kunti dlm bab tersendiri. Sura, kakek Krishna, memiliki seorang putri bernama Pritha. Krn sepupu Sura, Kuntibhoja, tdk memiliki anak, maka Pritha diangkat anak. Sejak itu Pritha dikenal sbg Dewi Kunti. Suatu ketika datang seorang Resi bernama Resi Durwasa dan tinggal cukup lama di kediaman Kuntibhoja. Krn kebaikan Kunti, sang Resi memberikan mantra utk memanggil dewa dan memiliki keturunan dg Dewa tsb. Kunti yg masih gadis mencoba mantra itu dan Batara Surya pun muncul dihadapannya. Lalu Kunti hamil. Ketika lahir, sang bayi dihanyutkan di sungai dan ditemukan oleh sais kereta. Anak tsb adalah Karna.

Pandu yg menikah dg Dewi Kunti dan Dewi Madri, suatu ketika berburu ke hutan dan memanah seekor rusa jantan. Si rusa ternyata jelmaan seorang Resi yg sedang bercengkrama dg istrinya. Dlm keadaan sekarat sang Resi mengutuk: Pandu akan menemui ajalnya saat olah asmara (begitu kt buku :D). Pandu lalu mengasingkan diri di hutan bersama kedua istrinya. Kunti menceritakan ttg mantra pemberian Resi Durwasa. Pandu pun meminta kedua istrinya utk menggunakan mantra itu agar memiliki keturunan. Maka lahirlah Yudhistira, Bima dan Arjuna dari Dewi Kunti, Nakula dan Sadewa dari Dewi Madri. Hingga pada suatu ketika Pandu menemui ajalnya krn bermesraan dg Dewi Madri. Krn merasa berdosa, Dewi Madri terjun ke dlm api yg membakar suaminya. Para pertapa lalu membawa Kunti dan Pandawa kembali ke Hastinapura.

Pandawa dan Kurawa tumbuh bersama di Hastinapura. Melihat keperkasaan Bima, ketangkasan Arjuna dan seruan penduduk yg mengatakan Yudhistira layak menjadi raja, api kedengkian membakar Duryudana. Bersama Karna dan Sengkuni, ia merencanakan utk membunuh Pandawa. Duryudana berhasil membujuk ayahnya utk mengirim Pandawa ke Waranawata. Disana Pandawa dan Dewi Kunti di istana yg telah dibangun atas perintah Duryudana dari bhn2 yg mudah terbakar. Namun penasihat istana, Widura, mengetahui rencana jahat Duryudana dan memperingatkan Yudhistira. Widura pun telah memerintahkan seseorang utk menggali terowongan. Maka ketika istana tersebut terbakar habis, Pandawa lari ke hutan melalui terowongan. Rakyat Waranawata mengabarkan pada Hastinapura bhw tempat peristirahatan Pandawa terbakar habis.

Ketika dlm penyamaran, Pandawa mendengar ttg sayembara utk memperebutkan Drupadi, putri Raja Panchala. Ketika semua orang gagal, trmsk Karna, muncullah brahmana muda yg tanpa keraguan melepaskan 5 anak panah secara berurutan dan tepat pada sasaran. Brahmana itu adalah Arjuna. Para Pandawa pun menikahi Drupadi.

Atas nasihat Bhisma dan Widura, Destarata membagi kerajaan menjadi 2 ketika para Pandawa kembali ke Hastinapura. Sejak itu para Pandawa memerintah Indraprasta. Melihat Pandawa yg semakin berkuasa dan makmur, Duryudana semakin iri hati. Sengkuni mengusulkan utk mengundang Yudhistira bermain dadu shg Duryudana dapat merebut semua yg dimiliki Pandawa tanpa harus berperang.

Yudhistira menerima undangan bermain dadu. Duryudana meminta taruhan seluruh kekayaan dan kerajaan Yudhistira. Sengkunilah yg bermain utk Duryudana. Yudhistira kalah. Lalu ia mempertaruhkan saudara2nya, dirinya sendiri, lalu Drupadi. Kalah. Para Kurawa bersorak. Duryudana memerintahkan Dursasana menemui Drupadi. Dursasana menyeret Drupadi ke arena. Karna menyuruh Dursasana utk melucuti pakaian Pandawa dan Drupadi (mnrt Karna, semua telah menjadi milik Sengkuni, trmsk pakaian mereka). Drupadi jatuh pingsan. Dursasana segera melucuti pakaian Drupadi. Tapi setiap kali Dursasana melepas pakaian itu, muncul pakaian baru menutupi tubuh Drupadi. Begitu seterusnya hingga Dursasana berhenti. Dg menahan amarah, Bima mengucap sumpah: "Aku tdk akan diterima di surga sblm kuremukkan dada Dursasana dan kuminum darahnya yg telah membuat malu wangsa Bharata". Destarata sadar peristiwa ini akan menyebabkan kehancuran keturunannya. Maka ia menyuruh Yudhistira mengambil kembali kerajaan dan semua kekayaannya. Duryudana mengirim wakilnya sekali lagi utk mengundang Yudhistira bermain dadu. Yudhistira kalah. Kali ini para Pandawa harus mengasingkan diri di hutan selama 12 th dan hidup menyamar selama 1 th.

Setelah 13 tahun berlalu, Pandawa mengundang para sahabat dan kerabat. Disepakati Drupada mengirimkan pendeta istana Panchala utk berunding di Hastinapura. Sementara sang pendeta pergi ke Hastinapura, Arjuna pergi ke Dwaraka utk menemui Krishna. Trnyt Duryudana juga datang ke Dwaraka. Keduanya ingin mendapatkan bantuan dari Krishna. Krishna meminta Arjuna memilih, dirinya pribadi tanpa senjata atau seluruh pasukan Narayana yg perkasa. Arjuna memilih Krishna meski tanpa senjata. Maka Duryudana mendapatkan seluruh bala tentara. Meski perundingan perdamaian telah dilakukan beberapa kali, namun Duryudana tetap menolak memberikan sejengkal tanah pun pada Pandawa. Perang tak dapat dielakkan lagi. Pandawa mengangkat Dristadyumna sbg Senapati Agung, sementara Kurawa mengangkat Bhisma.

Korban berjatuhan dari kedua belah pihak. Pada hari ke-10, Arjuna menyerang Bhisma dg menempatkan Srikandi di depan. Arjuna menguatkan hati utk terus menyerang kakeknya. Panah demi panah menghujani tubuh Bhisma. Hampir sekujur tubuhnya tertembus panah Arjuna. Bhisma pun roboh. Lalu tersebar bau harum dan hujan turun membasahi Kurusetra.

Bhisma digantikan oleh Durna. Taktiknya adalah menjauhkan Arjuna dari sang kakak agar Yudhistira dpt diculik. Arjuna ditantang bertarung oleh Raja Susarma dan pasukannya. Pasukan Kurawa lainnya berusaha mendekati Yudhistira. Abimanyu menerobos formasi lawan dg pasukan Pandawa dibelakangnya. Namun Jayadrata menghadang para Pandawa. Abimanyu terjebak dan bertarung sendirian. Dg kehebatannya, pasukan Kurawa terpukul mundur. Para ksatria besar Kurawa segera mengepung Abimanyu. Abimanyu terus melawan hingga tewas dikeroyok. Mengetahui kematian putranya, Arjuna bersumpah akan membunuh Jayadrata sebelum matahari terbenam. Dg bantuan Krishna, Arjuna berhasil memenggal kepala Jayadrata dg panah yg berasal dari Gandewa, busur Arjuna yg termasyur.

Pertempuran semakin sengit. Bahkan ketika matahari sudah terbenam pun perang masih berlanjut. Di malam hari, Gatotkaca dan pasukan raksasanya semakin kuat. Mereka menyerang Kurawa dg hebat. Karna akhirnya melepaskan tombak pemberian Batara Indra yg sebenarnya ingin dia gunakan utk melawan Arjuna. Gatotkaca pun tewas. Perang terus berlanjut. Durna masih menyerang kubu Pandawa bertubi2. Krishna berkata, jika mendengar Aswatama tewas, Durna akan kehilangan semangat hidup. Harus ada yg mengatakan bahwa Aswatama tewas. Bima pun membunuh gajah bernama Aswatama dan meneriakkan kematian Aswatama. Durna membuang senjata dan bersemedi di atas keretanya. Dristadyumna menunaikan takdirnya sbg pencabut nyawa Durna.

Setelah Durna gugur, Karna menjadi mahasenapati. Perang dimulai lagi. Bima berhasil memenuhi sumpahnya dg meremukkan dada Dursasana dan meminum darahnya. Karna bertarung dg Arjuna dan tewas terkena panah Arjuna. Pada akhirnya Bima bertarung melawan Duryudana dan berhasil mengalahkannya.

Perang berakhir. Yudhistira yg pada awalnya akan mengasingkan diri di hutan krn kesedihannya akan perang, akhirnya dinobatkan sbg raja Hastinapura. Kisah Mahabharata ditutup dg perjalanan para Pandawa dan Drupadi ke pegunungan Himalaya setelah menobatkan Parikesit sbg raja. Satu per satu dari mereka kelelahan dan akhirnya mati, kecuali Yudhistira yg ditemani seekor anjing.
12 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Mahabharata.
Sign In »

Reading Progress

01/28/2009 page 88
19.82% 1 comment
show 4 hidden updates…

Comments (showing 1-41 of 41) (41 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by nanto (new)

nanto mesen review yang panjang atu yah! :D


message 2: by miaaa (new)

miaaa pesen review lengkap plus foto bhima yah :D


Weni @Nanto & Mia: halah... kalian kan udah hapal ceritanya di luar kepala, pake mesen review segala :D
Mia, gw lupa nggak minta klise Bima waktu beli buku ini di Palasari :D


Dharwiyanti alah masih keneh make klise =))



Weni klise wae euweuh Yan, komo file-na hehe.


message 6: by nanto (new)

nanto weni, masih pake klise kan. udah masuk ke persekutuan jadulers?


Hippo dari Hongkong bener yeuh! aya anggota jaduler anyar


Weni @Nanto: apa spesifikasi jadulers ? suka nonton voltus ? :D


message 9: by nanto (new)

nanto saia kopasken dari prasasti jadulers yang dibuat Mia

dong dong dong *mukul gong*
atas kesepakatan hari ini, jumat 16 januari 2009 dibentuk persekutuan jebot dengan kepengurusan sebagai berikut:

ketua: vera
wakil ketua: erie afrit
ketua board/pembina: nanto
anggota senior: mel, andri, tomo, yanti
anggota yunior: mia, palsay

demikian kesepakatan ini dibuat, 16 januari 2009



message 10: by miaaa (new)

miaaa hahaha wen harusnya dirimu masuk nih, emang harus munas biar prasastinya diedit dikit karena lita harusnya masuk hihihi

persyaratan:
- jenis musik asli 80-an ke bawah [paling top ketua pembina seleranya shirley temple hehe:]
- hapal lagu2nya ABBA [lagu hansip kata erie:]
- request lagu alias [she's-the-one-who-cannot-be-named hahaha:]agar dikirim lewat imel
- ngerti istilah basi dan memble [menurut ketua pembina:]

jadi begitulah wen hihihi walau kata mba yanti dia bukan anggota karena masih suka rihanna *guling2*


message 11: by Leli (new)

Leli jadulers = jelas yang tertarik buku ini (dan kasi komen :p)

ck..ck..ck.. ga usa repot2..


message 12: by nanto (last edited Jan 29, 2009 02:07AM) (new)

nanto nunggu kedatangan bu ketua berarti :D


message 13: by Andri (new)

Andri 13... katanya angka sial..

-andri-


Dharwiyanti ah ah aku melihat namaku disebut2..

ya bolehlah jadia nggota jadulers.. asal masih diijinkan suka Rihanna dan Beyonce.. hihih..


Hippo dari Hongkong hidup jaduler!

*mengepalkan tinju ke udara tengah malem*


message 16: by Bunga Mawar (new)

Bunga Mawar bu ketua dateeeng. mana umbul2nya?

mbak Yanti, senang Rihanna dan beyonce gapapa kok, saya juga senang Michael Buble dan Josh Groban. Yang penting jaduler jalan terus... :)




message 17: by Weni (new) - rated it 4 stars

Weni selamat dtg bu ketua jaduler dan para anggota lainnya *menghormat kpd pembina yang seleranya shirley temple*

wah gw kayaknya kurang cocok jadi anggota. reo speedwagon ama white lion bukan jadul kan ? :D


message 18: by miaaa (new)

miaaa huwahahahah bukan jadulers tapi suka reo ma white lion???? *menjura penuh hormat ke weni*


@andri, apa kabar jethro tull-nya *wink wink*

mia
-pemuja duran duran dan INXS-


message 19: by Leli (new)

Leli lionnya sempet black kan??
saking jadulnya jd white, huahhahaha

leli
pemuja teman2nya anthony kiedis


Dharwiyanti europe dong europe... pujaan masa ABGku. sampe sekarang masih inget tuh ultah vokalisnya =))


message 21: by Hippo dari Hongkong (last edited Jan 29, 2009 11:12PM) (new)

Hippo dari Hongkong owiyaaa.. leli juga kudu dimasukin tuh
toto ama grease termasuk jaduler soalnya

erie
worshiper metal 80an, The Police ama Martika


message 22: by nanto (new)

nanto Gieb juga dimasukin tuh. dia kan taunya tembang. pastinya grup tembang mah pada indie label superduper jadulers :D


message 23: by Bunga Mawar (new)

Bunga Mawar Dharwiyanti wrote: "sampe sekarang masih inget tuh ultah vokalisnya =))"

Saya malah masih ingat ultahnya Gaizka Mendieta, kakak kembar soalnya.

vera
-kolektor boyband air supply-




message 24: by Weni (new) - rated it 4 stars

Weni ayo ayo jadulers pada ngamen disini.
Mia ngamen Duran2/INXS, Leli ngamen RHCP, Yanti Europe (the final countdown Yan? hehe), Vera Air Supply, Erie The Police/Martika (Rie serius? kamu bukannya fans Tommy J Pisa ?).


Hippo dari Hongkong Tommy J Pisa mah ngan apal lirik awalnya yang kek gini..

kemarin.. kau masih bersamaku..
ak tau judulna

nyanyi police aja deh

Though I've tried before to tell her
Of the feelings I have for her in my heart
Everytime that I come near her
I just lose my nerve
As I've done from the start

Every little thing she does is magic
Everything she do just turns me on
Even though my life before was tragic
Now I know my love for her goes on

Do I have to tell the story
Of a thousand rainy days since we first met
It's a big enough umbrella
But it's always me that ends up getting wet

Every little thing she does is magic
Everything she do just turns me on
Even though my life before was tragic
Now I know my love for her goes on

I resolved to call her up a thousand times a day
And ask her if she'll marry me in some old fashioned way
But my silent fears have gripped me
Long before I reach the phone
Long before my tongue has tripped me
Must I always be alone

Every little thing she does is magic
Everything she do just turns me on
Even though my life before was tragic
Know I know my love for her goes on

Every little thing
Every little thing
Every little thing she doe is magic magic magic
Magic magic magic



message 26: by Bunga Mawar (new)

Bunga Mawar Weni wrote: "ayo ayo jadulers pada ngamen disini. "

Weni ngamen apaan, dong? Sontrek Mahabharata yang dulu di TPI tiap pagi aja, Wen. Duh, itu serial klasik juga kayak Oshin, sejuta umat. Gw dan teman2 nonton tiap hari karena sekolah siang, lalu ngebahas bareng2 ttg anehnya anak2 India yang sangat gemar makan mentega...

Mahaaaabharaaaaaata...



message 27: by Weni (new) - rated it 4 stars

Weni @Erie: gw punya lagu itu tp versi jazz-nya :D
@Vera: iya yah dulu ada mahabharata, gw lupa. kalo oshin sih inget banget :D


message 28: by Weni (new) - rated it 4 stars

Weni @Nanto & Mia: tuh udah gw bikinin review yang panjang. sebenernya pgn lebih panjang, tp quota terbatas ha3. Mia, sori, gak punya foto Bima :D


Hippo dari Hongkong hahahaha... panon siwer maca review-na, niat pisan ieu mah nyieun review-na :-p


message 30: by nanto (new)

nanto ok. kayaknya panjang banget. kudu diedit ulang yah? :D bikin kopi dulu deh biar seru baca reviewnya


Hippo dari Hongkong *niat rek ngadalang sambil baca review*


message 32: by miaaa (new)

miaaa gempor gak wen pas bikin reviewnya? soalnya dulu aku iyah hahahaha


Dharwiyanti Wen, ini review atau cerpen? TOP!


message 34: by Weni (new) - rated it 4 stars

Weni @Nanto: iya euy, edit ulang hahaha.
@Erie: mangga...
@Mia: bikin review-nya dicicil hihihi. begitu mau posting, ternyata kepanjangan hahaha. jd kudu ngedit deh. sampe aku pake excel buat ngedit panjang karakternya hahaha.
@Yanti: niat Yan, niat hahaha.


message 35: by nanto (new)

nanto hos hos hos kalo abis baca review ini, boleh nambah satu buku gak? :D


message 36: by Leli (new)

Leli huaaa...


message 37: by nanto (new)

nanto sebenernya ada yang berasa kurang sih...:D
boleh yah ngomong...

opini Weni kurang kerasa. Atau guenya yang gak peka sama opini dari Mahabharata yang udah dibaca itu? :D

*baca ulang sambil sedikit meriang abis keujanan*


message 38: by Weni (new) - rated it 4 stars

Weni @Nanto: bener kok dirimu, aku emang gak beropini ttg buku ini hihihi. review itu cuma meringkas isi buku utk me-refresh ingatan jadulers yg udah lupa ama ceritanya (trmsk aku) hahaha.

sebenernya ada yg agak mengganggu (buatku), krn kupikir buku ini murni cerita ttg mahabharata. tp trnyt disana-sini diselipi kalimat2 yg bukan bagian cerita itu, misal perbandingannya dg jaman sekarang, dll. contoh: ttg pandawa mengirim utusan utk berunding, tiba2 alinea dibawahnya menuliskan bhw trnyt perundingan spt itu sudah ada sejak jaman dulu, bla... bla... bla. atau lagi cerita ttg persiapan perang, tiba2 alinea dibwhnya mempersamakan dg serangan jepang ke pearl harbour :D

kalo aku mau nambah opiniku, jumlah karakternya udah gak cukup hahaha.


message 39: by nanto (new)

nanto wah gitu yah bukunya? he he gaya baru tuh. membandingkan dengan kondisi sekarang


Hippo dari Hongkong tulis we atuh di komen kalo gak tertampung di ripyu mah
*lain nitah nya!* :-p


message 41: by Ajik (new) - rated it 2 stars

Ajik Berkumis idzin share boleh?


back to top