Mel's Reviews > Ronggeng Dukuh Paruk

Ronggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Rate this book
Clear rating

by
1442468
's review
Feb 10, 09


buku pertama.
ronggeng dukuh paruk.


ironi.

banyak gambaran tentang alam sekitar dukuh paruk ini. tapi kesan ironis dari alam itu sendiri juga hadir. hukum alam. rantai makanan. pembunuhan terjadi di udara yang lengang, di atas dukuh paruk. burung pipit yang dikejar alap-alap, burung celepuk yang menukik memburu katak lalu setelah kenyang bersuara seperti hantu, anak ayam yang disambar burung elang, tupai dengan seekor kaki seribu tergigit dimulutnya, bahkan hingga sepasang burung madu yang jantannya dimangsa ular hijau setelah tuntas kawin dengan sang betina.

konon, moyang semua orang dukuh paruk adalah ki secamenggala, seorang bromocorah yang sengaja mencari daerah paling sunyi sebagai tempat menghabiskan riwayat keberandalannya...tempat menitipkan darah dagingnya.
itu riwayat yang mengawali terbentuknya dukuh paruk. dukuh paruk berkembang jadi tempat dimana para suami akan beroleh kebebasan untuk meniduri ronggengnya (yang ini sih tempat impian semua laki-laki barangkali ya?), dimana asal usul 'siapa anak siapa' tak akan dipermasalahkan, tempat dimana ronggeng dielukan dan dimanjakan tidak hanya oleh keluarga sang ronggeng tapi hampir seluruh penduduk kampung termasuk kaum perempuannya. dan disitulah srintil tinggal. gadis kecil yang jadi dewasa sebelum waktunya. mendendangkan lagu-lagu kebanggaan ronggeng, lagu erotik, seperti anak-anak lain di desanya sementara para orang tua nembang kidung. dan disanalah dia bertemu rasus. bocah yang usianya kira-kira 3 tahun lebih tua darinya.

ironis ketika rasus- yang mencari figur 'mulia' dari seorang perempuan- menyukai srintil yang tumbuh jadi seorang ronggeng. sosok yang seperti jadi 'milik umum'. seperti ketika rasus memberikan warisan yang paling berharga- sebuah keris antik- untuk seorang srintil agar tampak lebih cantik dan pas saat menari baladewa, menyenangkan hati srintil dan mendapatkan perhatiannya. sementara di sisi lain, keris itu malah dipercaya dapat membuat seorang ronggeng manapun jadi terkenal. dan rasus mengetahuinya belakangan. ironis saat keperawanan srintil diperjualbelikan di malam bukak klambu, dan rasus memenangkannya dibalik layar lalu melepas srintil kembali ke jalur hidupnya jadi seorang ronggeng karena bocah usia dia tidak memiliki daya apapun untuk menahannya. kemudian hari, dia juga bahkan menganggap 'malam itu' tak berkesan sementara srintil berpikiran lain. ironis ketika rasus berhasil mengubah kebenciannya terhadap dukuh paruk- dengan semua kemelaratan, kemiskinan, kebodohan dan alasan yang menghantuinya seputar kepergian ibu rasus yang tak jelas -memutuskan untuk meninggalkan srintil dan memberikan dukuh paruk seorang ronggeng kembali.

sekarang saya baru akan memasuki buku kedua. tunggu lanjutannya ya.
ps. saya menemukan kata 'renjana' di buku ini. 'renjana berahi'.saya kenal kata tsb dari lirik lagu kla project jadul. lol. atas perbincangan dgn rekan durjana artinya 'rasa hati yg kuat'.


----------------------------------------------------------------------

buku kedua.
lintang kemukus dini hari.


naluri. kata hati. kesadaran. apapun sebutannya.

kata diatas bukan sesuatu yang bisa dipinjamkan oleh orang lain. bukan milik umum. tapi milik pribadi. seperti kata hati seorang srintil yang mulai memutuskan hanya meronggeng-- menari-- tanpa berlanjut ke tempat tidur, kesadaran seorang priyayi yang dendam karena ajakannya ditolak srintil dan mengubah rencana untuk menghabisi nyawa srintil menjadi balasan 'berimbang' dengan mempermalukannya, hingga ke naluri para kamitua dukuh paruk-- sakarya dan kartareja, kakek srintil dan sang dukun -- yang akhirnya mencium ketidakberesan dalam keterlibatan ronggeng dukuh paruk di tiap pementasan acara-acara rapat; berisi propaganda politik yang sama sekali tidak mereka mengerti. 'ditunggangi' kepentingan pihak lain karena ketidaktahuannya, lalu dukuh paruk terseret ikut hancur.

sialnya, tak peduli apapun naluri, kata hati, atau kesadaran tiap pribadi, gelap atau terang, benar atau salah, pada akhirnya akan 'bertemu' juga dengan milik pribadi2 lainnya. dalam satu dan banyak rangkaian peristiwa. hasilnya?

baru lanjut buku ketiga.


-------------------------------------------------------------------
buku ketiga.
jantera bianglala.


secara keseluruhan, trilogi ini menarik lah. setting tempat yang pedesaan, sederhana, tapi dengan alur cerita dan tokoh2 yang kuat.

masih ironis dan tragis hingga ke akhir kisah. kedua tokoh utama srintil dan rasus ini akhirnya punya 'kesempatan' kok. hanya tinggal masalah waktu saja. waktu yang ditinjau dari sudut pembaca (imajinasi maksudnya), atau yang tertulis di kisah buku ini sendiri. :P


All truths are easy to understand once they are discovered; the point is to discover them. -Galileo-




12 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Ronggeng Dukuh Paruk.
sign in »

Comments (showing 1-50 of 88) (88 new)


nanto soal desa terpencilnya, buku ini bikin inget ama film Bintang Kejora yang ada rini s bono, l manik sama sapa lagi itu


message 2: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel oh oh..inget...tapi jangan tanya judul...
*si jadul yang lagi lupa judul.


Idle Hippo gak tau juga gue judulnya
"pembalasan ratu laut selatan" kah?
kakakaka


nanto si mel yang garink tuh, kan dah gue kasih judulnya, "Bintang Kejora" kalo gak salah di situ ada Ami Priyono juga


message 5: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel hahaha.
si dudulz di msg#3 jadi tersesat ya. ketaoan gak nyimak.


nanto panjang benar jalan buku untuk sampai bisa merengonggeng di depanmu :D


message 7: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel iya nan. gue udah ngos2an duluan rasanya. apalagi nanti kalo harus meronggeng.


Sylvia gw jg ngos-ngosan nih baca perjalanan tu buku :D


message 9: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel mari minum, syl...
di gue banyak kue2 juga neh. monggo ambil. jangan malu2.


Sylvia tengkyu.. ada somay gak? kalo nggak sop buntut deh boleh


message 11: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel ada bakso seh syl. enak juga tuh siomay. disini lagi dingin banget. berangin kencang pulak..


message 12: by Jimmy (new) - added it

Jimmy Petualangan buku sampai ditangan Mel aja udah menguras emosi...(saking emosinya, latar kuning gambar anjing sempat berubah merah lho *garinx mode on*)

Kayanya nih, menurut terawang Mama Loreng, ripiunya bakal berdarah-darah nih...hehehe..

Jadi ngga sabar nunggu....nunggu dipinjamin bukunya maksudnya :p ripiunya juga deng..


message 13: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel lol iya jim. yg berdarah2 yg kena cakaran si guguk. *membalas kegaringan*

bolehh. nanti pinjam saja.


message 14: by Jimmy (new) - added it

Jimmy Sip..pasti dipinjam :D Thanx ya


message 15: by Idle Hippo (last edited Feb 04, 2009 05:52AM) (new) - rated it 5 stars

Idle Hippo wah.. wah.. keknya bentar lagi bakal ada malam pentahbisan neh

Mel Chandra ronggeng dari Lembah Durjana

*siap-siap bawa kebo soalnya gak punya ringgit emas* wakakaka..


message 16: by Andri (new)

Andri Mel wrote: "lol iya jim. yg berdarah2 yg kena cakaran si guguk. *membalas kegaringan*

bolehh. nanti pinjam saja. "


Gw gak minat Mel .. pass aja deh

-andri-




message 17: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel lol rese lo.
najong dong kelompok durjana berubah jadi srintil, rasus, warta, ama si darsun. btw, sapa yg jadi kebonya? :P


Idle Hippo kebonya? bukan gue! :-p


message 19: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel andri,
sapaaa yg nawarinnnnn.
apa kita jadikan andri si kebo tadi ya, rekan durjanawanwati?


Idle Hippo hahaha.. boleh
kebo yang demen helloween ama metallica
*salam tiga jari*


message 21: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel kebo yang metal.
pakai anting di hidungkah?
kebayang tuh saat headbang.




nanto kebonya dikasih wig gak biar makin mantap? :))

salam durjana kepada dua anggota trio durjana a.k.a three must kenthir lainnya

nant's


message 23: by Jimmy (new) - added it

Jimmy Kisanak sadayana...
Siapakah gerangan trio durjana itu...
Bolehkah abdi bergabung membentuk tetralogi durjana?

Btw, sekarang lagi musim durjana ya, durjana montong :p


message 24: by Idle Hippo (last edited Feb 04, 2009 10:31AM) (new) - rated it 5 stars

Idle Hippo jim. kalo berminat masuk jadi anggota geng durjana bisa masuk sebagai "bintang tamu" kek si pra komeng tuh. katakanlah sebagai inisiasi dulu. syaratnya, harus bisa menampilkan wajah garang, gak ragu2 memalak buku orang dan tentunya harus punya sebuah kampak pinky sebagai simbol geng durjana, huehehehe...

erie
ketua bidang propaganda geng durjana


message 25: by Jimmy (new) - added it

Jimmy Harus melewati inisiasi dulu ya...
Urusan palak-memalak sih, udah pengalaman, jangankan buku, uang pun bisa gua palak.. :D

Tapi kalau harus memegang kampak pinky, aduuhhhh...sepertinya gua harus mengurungkan niat.
*buru-buru hapus file lamaran*


Idle Hippo maap.. sudah tercatat jim
*ngerebut surat lamaran*

nih.. *ngasi kampak pinky pinjeman*

silakan acung2in ke orang di setopan sambil pasang wajah garang ya...


message 27: by aldo zirsov (new) - added it

aldo zirsov saya korban geng kaum durjana dan durjani.....

berniat membentuk geng sempalan Dalton Bersaudara buat menandingi kaum durjana/i....

Jim, gabung ama Dalton bersaudara aja, tinggi badan cukup kan ???


message 28: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel wah. berarti nanti ada yg merangkap jadi orang yg sangat sayang sama si rantanplan dong? konflik kepentingan tuh.. gak boleh.


message 29: by Jimmy (new) - added it

Jimmy Erie, file lamaran gua itu udah di program bisa menghancurkan diri sendiri, ya kaya di pilim mission impposible gitu dahhh...:p

Eiitttt, kampak pinky-nya ngga gua tangkap, nyangkut tuh di po'on..

Aldo, ada juga ternyata geng tandingan para durjana/i. Tinggi badan sih sepertin cukup, kalau pun ngga, tinggal di getok biar nambah beberapa centi :D

Tapi, sepertinya gua bentuk geng baru aja deh, geng poros tengah *berharap bisa mengambil keuntungan dengan menjalin hubungan diplomatik dengan kedua geng*


message 30: by Idle Hippo (last edited Feb 05, 2009 09:20AM) (new) - rated it 5 stars

Idle Hippo wah.. aldo dah niat bikin geng tandingan neh
jim, poros tengah blom ada tuh (dilarang keknya)

sejauh ini onderbow2 GRI yang gue tau
~ klub pengunyah... ketua ==> roos
~ persekutuan narsis.. ketua ==> ninus
~ geng jaduler.. ketua ===> vera
~ fraksi metal GRI.. ketua ===> andri
~ geng durjana.. ketua ==> nanto
~ dalton brotherhood.. ketua ==> aldo

edit dikit, ada data tambahan soalnya

~ mafia nomer cantik.. ketua ==> pra aka alex komeng
~ EA hunter.. ketua ==> dahlia

catatan: gue sendiri gak tau apa artinya EA. untuk lebih jelasnya silakan langsung tanya ama ketuanya >:)

silakan ambil formulirnya ke ketua masing2 kalo ingin ikutan. hehehe

erie
blom pernah malak aldo



message 31: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel gue kok jadi bayangin para ketua ini berkampanye kayak para caleg itu ya... (dengan kostum super heroes, dst)
*grin


Idle Hippo coba bayangin kostum gue di geng durjana

pake cawat ala leonidas, perut sixpack, jubah pinky sambil mengacungkan kampak pingky dengan garang

keren pan?


message 33: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel mendadak gue lupa arti kosa kata antara keren dan mual...


message 34: by Jimmy (new) - added it

Jimmy Gua coba ingatin ya Mel, sepertinya lebih tepat "mual" hahaha...

Baiklah para tetua geng, kalau pendirian geng baru dilarang, dengan segala kerendahan hati, saya mengundurkan diri dari dunia per-geng-an GRI. Punteeennnnnn.....


Pra pemburu nomor cantik masih jadi organisasi tanpa bentuk (OTB)


Idle Hippo Jimmy wrote: "Gua coba ingatin ya Mel, sepertinya lebih tepat "mual" hahaha...

Baiklah para tetua geng, kalau pendirian geng baru dilarang, dengan segala kerendahan hati, saya mengundurkan diri dari dunia per..."


gak bisa jim.. kudu ikutan, ntar elo didatengin para ketua lengkap ama para jurkamnya :D



message 37: by miaaa (new)

miaaa ahhh moto moto kurang detil tuh daftar subkelompoknya kan situ jadi pejabat teras masing-masing grup hehe

- klub pengunyah, ketua: roos, wakil: mel, anggota: liat kelompok narsis
- persekutuan narsis, ketua: ninus, dewan syur: dahlia dan erie, PR: palsay, anggota: liat klub pengunyah
- geng jadulers, ketua: vera, pembina: nanto, wakil: erie, anggota senior: tomo, mel, andri, dll, anggota yunior: palsay, mia, lita, dll
- fraksi metal, ketua: andri, anggota: liat yg komen di sini hehe

jadi ceklistnya mia:
klub pengunyah - cek
persekutuan narsis - cek [jadi bendahara di bawah ancaman semburan naga:]
jadulers - cek
fraksi metal - cek

durjanawan - oposisi
dalton bersaudara - penerima hibah hihi

jadi mungkin mia ini cucok jadi anggotanya jimmy di poros tengah, soalnya gabung di mayoritas subkelompok hahaha *mulai gak penting deh soalnya kekenyangan*


message 38: by gieb (new)

gieb dan saya adalah dewan pembina semua klub itu.


message 39: by Jimmy (new) - added it

Jimmy Ahh..ternyata ada harapan bikin geng baru..

Mia, siapin ADRTnya yukk, gua coba cari donatur dan siapin kantor sekretariatnya :D

Jadi ngga enak nih, diperebutkan para ketua geng dan jurkam-nya, hayoo...yang sumbangan bukunya paling banyak, gua contreng dehhh...


message 40: by Mel (last edited Feb 05, 2009 10:34PM) (new) - rated it 4 stars

Mel bener juga, gieb. anda tidak masuk klub manapun ya? selain jadul dan apek tempo hari itu gieb (ampun, jangan dijewerr)....ah. anda memang layak jadi tuhan pembina.
wouf!

@jimmy
gue nyiapin KDRT neh kayaknya... lol


message 41: by Jimmy (new) - added it

Jimmy Mel,
KDRT urusannya ke pengadilan dong hehehe..
Hayoo siapa yang sudah loe tonjok... :p


message 42: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel mm...gelap jim..gak tau siapa saat itu..
coba tanya panda. siapa tau dua coreng hitam dimatanya itu dulu karenaku..


message 43: by gieb (new)

gieb *ngacung pelan-pelan. mengaku sebagai korban tonjokan mel. sembari mengumpulkan bukti.


message 44: by nanto (last edited Feb 06, 2009 12:33AM) (new) - rated it 5 stars

nanto panjer vote buat ironinya. review bisa diijon yah.. :D


message 45: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel terimakasih rekan durjana. setau saya pembayaran buat si bukak klambu itu yg bisa dipanjer oleh si dower tuh.. hahaha..
*buat yg gak ngerti, tokoh yg disebut adalah sempilan dari buku si ronggeng*


Idle Hippo kebonya nyusul!

*masih nyari2 duit ringgit emas*


nanto yang maruk si dukunnya yah..dapat 2 ringgit plus kebo dalam semalam


message 48: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel @nanto,
nah. gue mental tukang palak yg cocok jadi si dukun tuh.
@erie,
gak ada kebo, hippo pun jadi.
@amang,
pake eye-mask dong mang. biar pulih kantung matanya.


message 49: by Jimmy (new) - added it

Jimmy Kantung matanya sampe menyebar ke seluruh badan ya Mang, ck ck ck...segera ke veteni...veneri...(puih..puih)jadi gagap gua, pokoknya dokter hewan hehehe. Udah akut tuh..


message 50: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel veterinarian!
dapet apa ya kalau jawabnya bener....
*niat malak lagi. :P


« previous 1
back to top