Ihwan's Reviews > Joker: Ada Lelucon di Setiap Duka

Joker by Valiant Budi
Rate this book
Clear rating

by
567830
's review
May 23, 10

bookshelves: indonesian
Read in February, 2009

The Story

Brama dan Alia melamar sebagai penyiar radio di White Wheel dengan tujuan yang berbeda. Brama begitu terobsesi pada cewek pujaannya di masa SMA bernama Mauri yang kini bekerja sebagai penyiar di radio tersebut. Bahkan keputusannya untuk mengambil kuliah di Bandung pun hanya karena tak ingin berada jauh dari Mauri, ironisnya cewek itu tak pernah menghiraukannya. Sedangkan Alia memang sejak kecil ‘bersahabat’ dengan Brama, di mana ada Brama di situ pasti ada Alia. Mereka ibarat saudara kembar yang tak terpisahkan. Namun gaya hidup mereka benar-benar bertolak belakang. Brama tipe cowok lugu yang berharap ada keajaiban yang terjadi pada ‘hubungan’nya dengan Mauri. Sedangkan Alia sebaliknya, dia adalah tipe cewek player yang menganggap cowok tak lebih hanya sebagai pemuas nafsunya belaka. Namun sayang, usaha Brama untuk mendekati Mauri tak pernah berhasil. Yang ada malah makan hati mulu apalagi saat Brama mengetahui kalau Mauri berpacaran dengan Roman, drummer band Kecoak Terbang. Karena merasa putus asa dia lalu berniat resign dari White Wheel yang tentu saja ditentang oleh Alia. Alia yang diam-diam menyukai Roman, menawarkan bantuan untuk merebut Roman dari sisi Mauri. Brama menolaknya mentah-mentah karena sebenarnya dia sudah muak dengan tabiat Alia selama ini. Alia yang merasa tersinggung lalu mengajak Brama untuk bertaruh, jika Brama berhasil mendapatkan Mauri maka dia berjanji akan pergi selamanya dari kehidupan Brama. Brama pun menyanggupinya. Siapakah yang akhirnya akan memenangkan pertaruhan itu? Biar nggak penasaran, buruan deh baca novelnya.

Personal Opinion
Untuk sebuah debut novel perdana, Joker pantas untuk diacungi jempol karena berhasil membuatku penasaran dan tak mau berhenti membaca dari halaman pertama sampai akhir. Apalagi latar belakang pekerjaan tokoh utamanya cukup menarik buatku, karena selama ini aku nggak tahu gimana seluk-beluk dunia penyiaran itu. Ada kisah lucu dan seru, kerja keras dan pengorbanan di balik suara empuk yang selalu setia menemani para pendengar radio itu.

Technical Opinion
Tema: Tema yang diusung cukup berani yaitu tentang penyimpangan seksual. Namun sang penulis sangat piawai sekali mengemasnya dari awal dan baru benar2 terbuka di akhir cerita. Alur/Plot:
Berdasar urutan waktu-Flash Back. Di halaman-halaman pertama, Joker membawa pembaca pada satu peristiwa yang menjadi semacam ‘bingkai’ yang mengawali dan menutup semua rangkaian cerita dalam novel tersebut. Gaya bercerita seperti ini sudah sering dipakai, baik itu di novel ataupun film. Biasanya gaya ini dipakai untuk mendapatkan efek dramatis dan penuh misteri sehingga membuat pembaca/penonton sudah penasaran sejak halaman/menit pertama.
Berdasar jenis-Ledakan. Disebut Ledakan karena jalan cerita Joker berhasil ‘menjebak’ pembaca dan memberikan ending yang cukup mengejutkan dan tidak terduga sama sekali. Sebenarnya aku menangkap beberapa kejanggalan di beberapa bagian cerita yang bisa menjadi petunjuk akan adanya ledakan di akhir cerita. Namun karena terlalu asyik mengikuti jalan ceritanya, tanda-tanda itu aku abaikan. Berdasar sifat-Terbuka. Kisah cinta Brama dan Mauri sebenarnya sudah cukup jelas di akhir cerita namun ada satu ‘bom’ yang belum meledak dan ini membuat pembaca penasaran untuk mengetahui kelanjutan kisah mereka berdua. Sebagai pembaca, ada dua pilihan yang bisa diambil yaitu mereka-reka sendiri jalan cerita selanjutnya atau menunggu Valiant untuk menulis kisah lanjutannya.

Plus Minus Point
Aku suka banget dengan bahasa yang dipakai Valiant dalam Joker, ceplas-ceplos, gaul abis dan mengalir, yaa khas gaya bicara penyiar radio gitu deh. Secara sang penulis memang aslinya seorang penyiar radio yang sudah punya jam terbang yang tinggi. Kejujuran yang disampaikan begitu apa adanya dan terkadang menyayat setajam silet....!!! (Veny Rose mode on) Yang kurang hanya satu buatku yaitu covernya, untuk novel dengan kisah yang agak-agak suram, gambar topeng-topeng itu kayaknya keramean deh. Coba kalau topengnya satu aja dan simple (nggak pake pernak-pernik kayak gitu). Walaupun termasuk warna fave-ku, tapi pemilihan warna biru muda itu kayaknya kurang pas, harusnya lebih dark. Pasti deh akan lebih dapet soul-nya.

Fave Character: Alia. Walaupun doi tuh nakal dan bitch bangeeeed tapi cara berpikirnya yang liar, aneh dan cenderung absurd itu membuatku tersepona. Tapi kalau ada cewek beneran kayak dia, kayaknya menakutkan deh he3.

Dengan semua kelebihan dan kekurangannya, rasanya memang tidak salah jika juri KLA 2007 memasukkan Joker dalam nominasi Penulis Muda Berbakat. Urusan menang atau kalah, kurasa itu hanyalah masalah rejeki dan keberuntungan aja yang belum berpihak pada sang penulis.
likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Joker.
sign in »

No comments have been added yet.