Ririenz's Reviews > Twilight

Twilight by Stephenie Meyer
Rate this book
Clear rating

by
393578
's review
Dec 21, 2008

liked it
bookshelves: fiksi-romantis
Read in December, 2008

Hampir dua minggu ini Aq jadi terobsesi dgn Twilight. Bukan hanya karena si keren Pattison or si Imut Kriten Stewart yg kadung nempel di benak_Q, tp karena novelnya jg lumayan keren.
Jarang sekali loh...senyum_Q terus mengembang saat membaca sebuah novel. Sampe2 Nyokap-pun tega nge-cap Aq "Gendeng" kalo ngeliat tampang Aq yg bersemu2 swaktu kencan dgn Twilight.

Tapi sumpah deh...baca Twilight membuat Aq "muda" lagi. Jadi inget zaman2 SMA dulu. Gak sama seh...tp auranya bolehlah...Maklumlah Twilight kan termasuk chicklit-ABG bis penggambaran tanpa cela thd Edward dan Bella. Wuih...pokoke Edward selangit de guantengnya... cowok paling perfect di muka bumi...n Bella cewek paling imoet dan lembutlah sejagat. Ck..ck..ck..

Isi novelnya nyaris sama dgn filmnya. Tp mungkin ada beberapa bagian di filmnya yg disesuaikan dgn situasi dan durasi kali ya...
Novel Twilight bergerak sangat lambat coz Stepenie Meyer menggambarkan secara detil kebersamaan Edward dan Bella. Bukan hanya itu apa yg ada di hati dan pikiran Bella-pun dinarasikan kelewat bagus jd kadang2 membuat Aq sedikit bingung lalu mengulang lagi membacanya.

Bener bgt kata Sandy seorang teman yg jg kepincut dgn Twilight. Sandy bilang " Rien, pelan2 ya bacanya coz dialognya bikin ribet". Ternyata bener coz kadang Aq qra itu sebuah dialog ternyata itu adalah kalimat yg hny tersimpan dalam benak saja. Atau Aq qra itu dialog Edward tp ternyata itu dialog Bella dan sebaliknya. Tapi hal itu gak terlalu merepotkan kok coz namanya cicklit biasanya bahasa yg digunakan jg yg cair2 saja n tidak kental seperti dalam sastra.

Secara keseluruhan Aq tidak menemukan konflik berarti dalam novel ini. Yg ada hanya pergulatan bathin khas ABG yg dibumbui narasi tidak terlalu menegangkan. Jadi agak beda dgn filmnya coz jika di Filmnya Qta bisa melihat konflik - klimaks dan anti klimaks yg terjadi dlm novel itu. Jadi bahasa visualisasinya lebih "ngregetlah".

Kalo covernya Aq lebih suka edisi yg lama dibanding edisi baru yg ada gambar pemeran Edward n Bellanya. Knp??? lebih mistis ajah...

Pokoknya isinya Twilight itu datar aja ttg percintaan "simple" sepasang ABG yg dibumbui ketegangan mitos vampir. Mungkin ini kelebihannya. Simpel dan sangat menghibur. Bukankah itu tujuan akhirnya...

Meski demikian Aq gak bisa memungkiri kalo novel ini sangat menarik, sampai2 Aq sendiri susah berhenti kalo sudah membacanya. Bayangkan 518 halaman dalam 2 hari. Maklum sambil membayangkan Edward sih...

Jadi gak sabar neh baca sekuel selamjutnya...
"Sandy jangan lupa New Moon-nya ya..."

flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Twilight.
Sign In »

No comments have been added yet.