Andhi's Reviews > Misteri Soliter

Misteri Soliter by Jostein Gaarder
Rate this book
Clear rating

by
1600766
's review
Dec 11, 08

it was amazing
Recommended to Andhi by: jostein gaarder
Recommended for: sian, dhini
Read in December, 2008 , read count: 1

Pagi ini sangat istimewa. Belasan kupu-kupu putih beterbangan berputar-putar di sekeliling pohon-pohon kecil di bawah sana. Dengan penuh perasaan takjub kunikmati kelincahan mereka berlompatan dari dahan ke dahan; bercanda ria dengan sesama, berdua, bertiga, berempat. Ada warna tersendiri yang mereka berikan pada pagi yang kelabu ini. Ya, awan kelabu memenuhi kubah cakrawala sementara angin berhembus cukup kencang, tapiii tak mampu mengusik keceriaan para kupu-kupu putih itu.


Akulah Joker!
Jangan Lupakan itu, Tuan
Aku tak seperti yang lainnya, kau tahu.
Aku bukan Raja atau Pangeran, tapi aku juga bukan wajik, keriting, hati, ataupun sekop

Siapakah aku?
Mengapa Aku menjadi Joker?
Dari manakah aku berasal, kemanakah aku akan menuju?


Pagi itu aku bersikap seperti si Joker. Heran dan takjub terhadap kehidupan. Joker membedakan dirinya dari yang lain. Dialah yang unik, yang menanyakan asal usul dan tujuan hidupnya.

Mungkin aku inilah Joker-Joker itu. Aku memiliki kemampuan untuk menanyakan asal-usul serta tujuan tindakan dan kelakukanku.
Kami bisa heran, kagum, bertanya, menjawab pertanyaan, heran lagi, kagum lagi, bertanya lagi, menjawab pertanyaan lagi. Kemampuan inilah yang membedakan aku dengan yang lain.

Tetapiii aku pernah berhenti bertanya. Aku kehilangan perasaan kagum dan heran terhadap kehidupan. Aku seperti kupu-kupu yang terbang di sela-sela dahan dedaunan di himpitan rumah-rumah kos di Jakarta. Aku secara taktis dan gesit berekelana, berlompatan, berlarian, bergerak, berjatuhan, dari satu tempat ke tempat lain , dari satu dunia ke dunia lain, dari satu ide ke ide lain, dari satu kegilaan ke kegilaan yang lain.

Aku hidup seperti kupu-kupu itu!
Bagaimana dengan kamu, Joker?



flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Misteri Soliter.
Sign In »

Comments (showing 1-11 of 11) (11 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by Sian (new)

Sian Buku ni bagus bgt ya? Jadi inget, pernah punya buku ni tapi belom sempet dibaca. Cerita tentang apa sih? Bikin review dong...


Andhi Bisa diaca lagi, reviewnya, dah selesai kok....yang tadi masih percobaan...:)
Misteri soliter tentang sangkan paran manusia, bisa dianalogikan dengan perumpamaan gua plato; eksistensialisme, tapi gak terlalu tajam.


message 3: by Sian (new)

Sian oh...oh...nyelip ke mana ya tuh joker....


message 4: by Andhi (last edited Dec 21, 2008 06:12PM) (new) - rated it 5 stars

Andhi jokernya lagi benerin komputer temennya yang hang gara-gara dipake ketik skripsi dan main cs. kasian tuh komputer, dah aki-aki masih dipaksa main cs....jadinya sering hang.


Bunga Mawar asik dong jadi joker, ga tua2.
eh, tapi sepi ga ya?


message 6: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel boleh pinjem bukunya gak, jok?
*memberi tatapan memelas ala anak guguk


message 7: by Andhi (last edited Dec 21, 2008 07:26PM) (new) - rated it 5 stars

Andhi @bu vera
penampilan boleh tua, tapi hati dan semangat muda selalu....... pikiran kita bikin kita gak pernah kesepian.

@mama mel
boleh, tapi punya temen ane...gampang kok nanti pinjem lagi...posisi di mana? jakarta kan? asal jangan di bandung aja. duit terakhir dah dialokasikan untuk pergi ke malang. pengen gendong ponakan...


message 8: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel psst.. lama2 julukan mama mel itu terkesan mami2 gak ya? (dengan konotasi 'lain' tentunya) hahaha..

urusan penyelesaian transaksi nanti ta pm ya...tengkyuh!


message 9: by Andhi (last edited Dec 21, 2008 07:41PM) (new) - rated it 5 stars

Andhi @mel
mungkin..atau seperti mama hengki atau mama..siapa tuh yang suka meramal.

oke, deh...

di goodreads tuh banyak kejadian ajaib....ada yang angkat anak orang jadi anaknya, ada yang angkat ponakan orang jadi ponakannya, tapi dah ada belom ya yang angkat mantu orang jadi mantunya????


message 10: by Mel (new) - rated it 4 stars

Mel berdoalah andhi. siapa tau jadi prototype.
:D


Andhi @mel
waksssssssssss........


back to top