miaaa's Reviews > The Devil and Miss Prym

The Devil and Miss Prym by Paulo Coelho
Rate this book
Clear rating

by
858390
's review
Oct 07, 08

bookshelves: fictions-others
Recommended to miaaa by: Spamiola
Recommended for: Spamiola hehe
Read in October, 2008

If I haven't promised someone who really wants this book I might not read it now, especially since Coelho noted that this is the third book of And on the Seventh Day trilogy! The good news is I can then read them in reverse order. It may provide a different perspective, or the opposite, I'll end up in a miserable confusion. Either way is acceptable.

The idea of revealing human nature is not something that really new, however Coelho is able to remind us about it without any suggestion of lecturing. We've seen it, we knew it and presumably we've done it -compromising our values to conduct sins for something what we thing is a right thing to do. And sometimes just like the inhabitants of Viscos, we think we have to do it for the sake of our children or those who we love most. And we chose someone who will be less longed, less remembered as a sacrificial lamb. Someone like Berta.

Personally I think temptation, especially in conducting mischief, always disguise itself in the most gullible looks. Basically the story confirms the theory that all this time playing hide-and-seek in my mind, that each human possess both Evil and Good within them. The main issue is, which one you feed most?!

"It isn't the desire to abide by the law that makes everyone behave as society requires, but the fear of punishment. Each one of us carries a gallows inside us."


***

Setelah baca catatan penulisnya bahwa buku ini adalah seri ketiga dari Trilogy And on the Seventh Day, sebenarnya ingin menunda membaca buku ini dulu. Namun demi seorang teman yang sangat mendambakan buku ini, dilanjutkan sajalah. Setelah dipikir-pikir baca trilogy dengan urutan terbalik sepertinya seru juga, kalo tidak dapat perspektif berbeda mungkin menderita kebingungan akut. Dua pilihan itu sama menariknya.

Ide pengungkapan sifat alami manusia itu menurut aku sih tidak begitu baru, tapi namanya juga Coelho. Dia dengan caranya sendiri mengingatkan kita tanpa harus menjadi pengkotbah. Pasti kita pernah melihat, mengetahui dan bahkan mungkin melakukannya sendiri. Berkompromi dengan nilai-nilai yang kita anut, melakukan sebuah dosa atas dasar kepercayaan bahwa apa yang kita lakukan adalah hal yang benar.

Dan terkadang layaknya para penduduk desa Viscos, kita berusaha keras meyakinkan diri kita sendiri bahwa kita harus melakukan hal tersebut demi anak-anak dan orang-orang yang paling kita sayangi. Lalu memilih seseorang yang tidak akan begitu dirindukan, yang tidak akan begitu diingat, sebagai domba persembahan. Seseorang seperti Berta.

Menurutku semua godaan, terutama untuk melakukan hal-hal yang salah, selalu menyamarkan dirinya dalam bentuk paling tidak berbahaya. Kisah ini memperkuat teori yang selama ini bermain petak umpet dalam pikiranku, bahwa setiap manusia memiliki Kejahatan dan Kebaikan dalam diri mereka. Masalahnya hanya sisi mana yang paling banyak kita beri makan!

"Bukanlah keinginan untuk patuh pada peraturan yang membuat setiap orang menjaga tingkah lakunya seperti yang diharuskan masyarakat, namun rasa takut atas hukuman yang mungkin dia dapatkan. Setiap orang membawa tiang gantungan di dalam dirinya masing-masing."
3 likes · Likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read The Devil and Miss Prym.
Sign In »

Comments (showing 1-19 of 19) (19 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by Palsay (last edited Oct 08, 2008 07:13PM) (new) - rated it 4 stars

Palsay  gw juga suka buku yang ini. ceritanya bikin my mind-travelling. The pilgrimnya ntar pinjem yaa..


miaaa lah mo baca trilogi ini dengan urutan terbalik juga ya pal? hahaha *high five* iyeh ntar dipinjemin begitu aku dapat pinjeman nah looooo


Palsay  gw baru baca ini sama veronica decides to die...yg by the river piedra malah belom..hehehe..
ga pake urutan tuh...ngasal ajah


Ordinary Dahlia huh? trilogy? buku coelho yg pertama g baca itu ya buku inih *jelas pinjaman*



miaaa yah naga aku juga baru tau pas baca ini kalo yg ini buku ketiga dari trilogi hahaha

@palsay sepakat soal itu, tapi sekarang dua buku coelho yang lagi di aku the valkyries ama warrior of light punyanya mas aldo *lirik kiri kanan berharap mas aldo gak denger*


Ordinary Dahlia The valkiries yg pengen bgt g baca, tapi apa daya...tumpukan masih mgunung.
Mi...the valkyries ngingetin g ma komik yg pernah g baca, u baca juga ga?
Eh, dah g masukin rak blom yah?



miaaa ntar abis aku valkyriesnya langsung sambet aja, tapi lapor dulu ke yang punya ;)


Ordinary Dahlia buku2 dr u g lompat boleh?
(neh cewek lupa pernah ngacungin golok nyuruh g segera baca persepolis kali ya...)




miaaa ya persepolisnya dulu atuh, tu buku harus segera disundul ke seseorang!! *ngancam pake sambal terasi* lagian buku2nya mas aldo blum kepegang hehe


Palsay  wah ancamannya maut banget tuh..palagi kalo sama nasi pulen dan ikan peda merah...wuaaaa...mauuuuuuttttt...


Ordinary Dahlia jangan lupa lalapan-nyah
*siap gelar tikar d pinggir sawah*


miaaa ada yg nyebut peda??? makaaaaaaaaaaan


Palsay  buat naga, gw siapkan lalapan kesukaannya: pelepah pisang sama sabut kelapa...

hihihi....*kabur*


message 14: by Leli (new) - rated it 4 stars

Leli temptation.
trilogy?? benang merahnya apa mia


Palsay  good and evil



message 16: by Leli (new) - rated it 4 stars

Leli termasuk angels & demons?
trilogy prekuelnya ya.. hahaha


miaaa hahahahaha iya kali ya miz


Lamski Kikita what trilogy you speak of? and when are we gonna buy it? :-P


miaaa I forgot lol you need to check it in the introduction of this book [or in the Witch book?!:] :p well since you're in NY you can buy them ;))


back to top