cindy's Reviews > Supernova: Partikel

Supernova by Dee
Rate this book
Clear rating

by
1454002
's review
May 15, 12

bookshelves: about-living, indonesian
Read from May 02 to 13, 2012

Ada dua alasan kenapa saya menunda-nunda membaca buku ini cukup lama. Pertama, setelah mengintip beberapa review awal di sini, beberapa ide yang muncul agaknya cukup mengejutkan (menyeleneh lebih tepatnya). UFO, shamanisme, ateisme dll. Wah... mau dibawa kemana nih cerita. Takut kecewa intinya. Yang kedua, dari pengalaman sebelum-sebelumnya, sekali saya mengangkat buku dari Dee, saya praktis lumpuh dari semua kegiatan sampai akhirnya selesai khatam tamat membaca.

Dari kedua alasan tersebut, satu tepat sasaran. Menunggu hingga sebuah Sabtu sore, dimulailah petualangan ke dunia seorang Zarah. Perjalanan yang tidak terhenti sampai larut dini hari saat halaman terakhir tertutup dan dunia baru Supernova terbuka (dan mata yang terbelalak sebelum tertutup dalam pulas). Hanya Dee yang bisa membuat UFO berpadu mulus dengan perdukunan Indian. Yang membuat perjalanan mencari Tuhan berlayar indah melalui ateisme, panteisme, paganisme, bahkan batasan logika pengetahuan. *untung gak ada anggota ormas **I yang membaca buku ini, bisa-bisa ada kasus Alex Aan lain*

Zarah berarti partikel. Pencarian Zarah pada keberadaan ayahnya berarti meneruskan pencarian akan serpihan-serpihan ide-ide ayahnya. Juga pelarian ini membawanya pada pencarian kepingan-kepingan jati dirinya sendiri. Belum berakhir, tapi bukan berarti tidak bermakna. "Saya tidak lagi berlari. Cuma mencari." Ah... akhir kisah yang cukup manis.


Bimbang menentukan bintang 4 atau 5 untuk ratingnya. I really really liked it, but was it amazing? Di bagian perjalanan Zarah di Kalimantan, terasa sedikit cerewet dan menggurui tentang hutan hujan, orangutan dan eko-turisme, limbah tambang. Tapi untuk kesadaran lingkungan, mengapa tidak. Apalagi dituliskan dengan cukup fakta dan cukup jujur. Bagian ini sebenarnya sedikit mengingatkan pada perjalanan Bodhi di segitiga emas, si anak lugu yang tiba-tiba kecemplung (atau sengaja menyemplungkan) diri ke negeri antah berantah. Bagian kehidupan Zarah di London yang bebas, yah itu mah keputusan die aje, kite kagak bise ngomentarin ini itu. Yang paling 'nyesek' sebenarnya adalah kemungkinan bahwa saya harus menunggu delapan tahun lagi untuk membaca seri selanjutnya... duh.... Jadinya, bintang 4 tigaperempat deh!

***

Untuk yg pengin baca review sesungguh hati dari buku ini, bisa dilihat milik Calvin Sidjaja di http://www.goodreads.com/review/show/... *manggut-manggut barusan abis baca, ooo gitu to mangsutnya surat itu...* X_X
1 like · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Supernova.
sign in »

Reading Progress

05/02/2012 page 11
2.0% "Baru baca seuprit, eh malah keinget dialog di Petir, yang ini lo... 'Bong.' 'Mpret.' 'Bong.' 'Mpret.' Hihihi... G ada hubungannya ya... :p"

Comments (showing 1-6 of 6) (6 new)

dateDown_arrow    newest »

Tezar Yulianto ada temen BBI yg giveawaynya buku ini, kalo jadi. ikut aja :)


cindy seep! thx zar.

*tezar gencar nih iklan BBI-nya* :p


message 3: by Lila (new)

Lila Cyclist kirain cindy dah beli, trnyata nunggu (Tezar) ngebeliin wkwkwkwk...


cindy tolong ya kaka Lila.... dibaca baik2... nama rak bukunya itu masih 'wishlist' gitu lo. Itu kan brarti saya masih membuka lowongan untuk Anda2 ini berbuat baik.... sapa tau aja ada yg mau membeliken... atau mengasi hadiah... atau menghibahken....
Gimana??!? kaka tezar dan kaka lila tertarik to?? ta'tunggu di rumah ya..... :D


message 5: by Lila (new)

Lila Cyclist hikikhik... Makanya aku bilang, klo nunggu Tezar beli ato menang giveaway, jd kita bs minjem. Gitcuuuu lo, Ciiinn...


cindy wakakakkaka... hidup gratisan!! :D :D :D
*kapan kopdar lagi, udah banyak pesenan dan pinjeman neegh*


back to top