m. ulinnuha's Reviews > The False Prince

The False Prince by Jennifer A. Nielsen
Rate this book
Clear rating

by
2995923
's review
Apr 20, 12

bookshelves: fantasy, ebook, read-in-2012
Read from April 11 to 13, 2012

Raja, Ratu, dan Putra Mahkota ditemukan tewas. Dibunuh.
Kerajaan Carthya berada di ambang perang perebutan tahta.
Kecuali jika pangeran yang telah lama hilang bisa "ditemukan".


Sage adalah anak yatim yang jago mencuri dan berlidah tajam. Suatu hari, seorang bangsawan bernama Conner "membeli"-nya dari panti asuhan untuk dia bawa ke rumahnya. Bersama tiga anak yatim lain, Sage akan dilatih untuk menjadi pangeran palsu agar perang sipil dapat dihindari.

Selama bersama Conner, Sage dan anak-anak yatim lain dilatih berkuda, bertarung dengan pedang, tata krama kerajaan, dan intrik istana untuk meyakinkan para bangsawan bahwa ia adalah benar-benar pangeran yang hilang empat tahun lalu. Masalah lainnya adalah, Sage tahu benar apa yang akan terjadi pada anak yang tidak terpilih menjadi pangeran palsu: hukuman kematian demi menjaga kerahasiaan. Dan dia juga tahu bahwa jika perannya sebagai pangeran palsu ketahuan oleh pihak istana, maka ia akan dianggap melakukan kebohongan dengan hukuman kematian.

Mampukah Sage menjadi pangeran yang hilang? Atau mampukah dia keluar dari situasi yang mengancam nyawanya tersebut? Dan apa motif sebenarnya dari Conner melatih anak-anak yatim itu?

***

Aku tertarik baca buku ini gara-gara baca review yang di-retweet akun @scholastic. Di review itu, katanya buku ini akan fenomenal seperti Harry Potter, Hunger Games, dan Hugo Cabret (yang sama-sama diterbitkan Scholastic). Dan setelah baca, aku nggak menyesal. Walaupun belum bisa menandingi kehebohan Harry Potter #1 atau Hunger Games, tapi ceritanya cukup menjanjikan.

Kekuatan buku ini menurutku ada di karakternya. Melalui narasinya, aku bisa tahu bahwa Sage ini anak yang cerdas dan bisa mengira-ngira apa yang akan terjadi sebelum pembaca bisa menebaknya (deduksi?). Dia juga jenis karakter yang gampang disukai karena berlidah tajam dan langsung beraksi ketika ada sesuatu yang janggal. Dan walaupun narasinya dari Sage, karakter lain mendapat porsi cukup sehingga pembaca bisa mengetahui motif mereka dalam cerita.

Cerita sepanjang hampir 400 halaman ini sebenarnya hanya berkisah dari waktu Sage dibawa Conner dari panti asuhan sampai salah satu dari keempat anak yatim itu dibawa ke istana. Tapi tiap babnya berisi dan nggak bikin bosan. Sambil latihan, aku bisa ikut menebak-nebak (dan penasaran) apa yang menyebabkan keluarga raja meninggal, apa yang menyebabkan Pangeran Jaron menghilang, apa kira-kira motif Conner mengumpulkan empat anak yatim ini, apakah Mott dan Cregan (pengawal Conner) adalah orang yang bisa dipercaya, mana anak yatim lain yang bisa dijadikan sekutu, bagaimana kondisi istana Carthya, dan sebagainya. Jadinya buku ini bisa selesai kurang dari tiga hari.

Dan setelah latihan yang cukup panjang (padahal cuma dua minggu), ada twist di mendekati akhir yang sempat bikin aku bingung, mau menyukai twist itu atau justru membencinya. Dan setelah baca sampai ending, aku putuskan untuk menyukainya :D Kemarin awalnya pengen ngasih empat bintang aja, tapi kayaknya empat setengah bintang cukup layak juga buat buku ini.

Sekarang aku penasaran sama kelanjutannya. Dan sepertinya masih butuh waktu lama untuk mengetahuinya.
likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read The False Prince.
sign in »

Reading Progress

04/12/2012 page 73
21.0% "Seru nih kayaknya.. Si Sage ini jenis karakter yang nggak butuh waktu lama buat disukai. Walaupun katanya nggak pernah dapat pendidikan, dia cerdas (dan ceplas ceplos) :D"
04/13/2012 page 273
80.0% "fufufu.. twistnya lhoo.."
04/13/2012 page 341
100.0% "Empat bintang untuk Pangeran yang Ditukar.. eh Pangeran Palsu :3 (sekuelnya masih lama yak?)"

Comments (showing 1-4 of 4) (4 new)

dateDown_arrow    newest »

Dessy jdi ini si pangeran palsu masih ank kecil ato remaja?


m. ulinnuha remaja YA lah, 16 tahun kalo ga salah *udah lupa* :D


Dessy ehmmm ada adu pedang jg kn ya?? kok sy jdi ingat Finnikin of the Rock ya :)


m. ulinnuha ada.. aku belum baca Finnikin, jadi nggak bisa bandingin.. hehe..


back to top