gieb's Reviews > To Kill A Mockingbird: Novel Tentang Kasih Sayang dan Prasangka

To Kill A Mockingbird by Harper Lee
Rate this book
Clear rating

by
633463
's review
Aug 22, 08

Read in August, 2008

kalau hanya ada satu jenis manusia, mengapa mereka tidak bisa rukun? kalau mereka semua sama, mengapa mereka merepotkan diri untuk saling membenci (hal 431)

kutipan di atas berhasil mengingatkan saya, bahwa beda itu per­kara besar pada zaman kita. bahkan, kondisi hari ini, beda tak lagi dilihat dari luar, dari kulit tubuh dan pakaian, tapi dari dalam, dari iman.

ketakutan mbah harper lee ini sekarang lebih merajalela. hari ini, dengan mudah darah muncrat dari seorang manusia hanya karena beda. keyakinan akan Tuhan Yang Maha Agung seakan membawa manusia mempunyai kekuatan lebih dan memberikan ilham untuk menghabisi yang lain. agama bertautan erat dengan antogonisme? saya juga tak bisa menjawabnya. ah, apakah ada yang salah dengan para agamawan kita ya?

sekarang, persoalan dalam buku ini tak hanya menjadi persoalan lokal saja. rasialisme mungkin sudah menjadi isu yang tidak begitu aktual hari ini. saya jadi semakin takut saat membayangkan bahwa beda karena iman menjadi penggerak antagonisme di mana-mana di dunia. Terus terang, saya tak tahu apa desain Tuhan sebenarnya dengan manusia. beda adalah sesuatu yang Ia kehendaki. iman adalah sesuatu yang Ia kehendaki. tapi permusuhan?

ah, mbah harper lee. sampeyan berhasil mengingatkan saya akan mereka yang lemah tertindas. entah yang ada di belahan dunia yang mana. saya kembali tercenung. misuh-misuh sendiri. diamput. jancuk. sampai suatu ketika, saya bermimpi berjumpa dengan atticus. dia pun hanya menasihati dengan sederhana, "kita hanya perlu mengenal mereka".

baiklah, kenalan yuk..
nama saya gieb. kulit saya coklat. agak hitam sih. agama saya puisi. tuhan saya kata-kata. beda ya dengan kalian? jangan hukum saya ya. saya hanya ingin berteman kok. have a nice day. jabaterat.
17 likes · Likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read To Kill A Mockingbird.
Sign In »

Comments (showing 1-27 of 27) (27 new)

dateDown arrow    newest »

Sylvia Nice review Gieb. It's true, kalo Tuhan mau pasti bisa bikin kita semua sama. Trus kenapa dong kita diciptain beda? Pasti ada sebabnya. Apakah supaya kita bisa 'be in somebody else's shoe'? atau yang kalo diterjemahin bebas: tukeran pake sepatu kali yee.

Kenalan juga deh,

Hai, gw Syl, katanya sih mirip Aisyah terutama kalo mukanya ditutupin. Kalo dibuka sih beda banget. Tapi jangan di mutilasi yaaa..


message 2: by Mel (new)

Mel tanpa ada keragaman dunia ini bakal jadi tempat yang sangat membosankan. tidak banyak hal-hal menarik yang bisa selalu digali dan dipelajari lagi nanti. tidak ada misterinya lagi. tidak banyak tantangan.

'beda tak lagi dilihat dari luar, tapi dari dalam'
--ya. dan ada sebagian yang bahkan mencoba untuk tampil tak terlalu berbeda dengan sekitarnya, agar terlihat sama dari luar, padahal jelas berbeda didalam.

saya si penyuka keragaman. juga kebebasan. semoga dapat terus menjadi beda dan bebas menjalaninya tanpa 'dihukum'..



Roos Reviewnya Gieb Keren dan Beda...hehehehe.

Wah kenalan juga ah...
Saya Roos, saya beda ma Gieb meski kulit sama coklat, ahhh pasti dah tahu lah bedanya, tapi yang jelas saya suka makan dan nraktir hehehehe. Yuks kalo mau saya traktir makan, enak lho...tapi gak jamin sehatnya yah...hehehe, dan satu lagi saya suka punya teman yang BEDA .


gieb saya mau ditraktir loh.


miaaa aku juga mau :D


Roos Ayuk...ke Phoenam malam ini, pengen kopi ma kaya-kaya nih...yuk Gus Gieb and Mia!


gieb ayuk aja. gimana mia?


Yekti Pratiwi *** numpang lewat yah...***

lagi baca buku ini juga cuma belom selese...

mendengar ada traktiran, saya juga mau dong...


Roos Ayuks....dah tahu Kafe Phoenam dimana Yekti?


Yekti Pratiwi emang dimana Roos? uhu,, gw kehilangan banyak jejak nih di goodreads...


Roos Dijalan Wahid Hasyim, Yekti. Belakang Sarinah kalo dari Thamrin...


Yekti Pratiwi owh... ya ya ya... bisa dicari ituh...

asik... ditraktir ma Roos...

kapan nih??


miaaa mia ndak bisaaaaaaaaaaaa udah janjian ama windy, wandi dan yoga di pasfest nih hiks maafkan daku ... bisakah ditunda traktirannya ehem


Roos Aku bisanya malam ini temans....malam berikutnya di schedule ulang ajah yah...halah...*sok sibuk*


miaaa mia hanya ndak bisa malam ini dan jumat, besok sampai kamis bebas untuk traktiran hehe


Yekti Pratiwi schedule ulang aja deh yah... malem ni dah di-booking ma pacar... hueheue...


Roos Okay...


message 18: by gieb (new) - rated it 4 stars

gieb tapi tetep jadi ngupi kan roos? kan ada gue. hehe.


Roos Pastinya....Gus Gieb Gitu looooh!heheheehe.



message 20: by gieb (new) - rated it 4 stars

gieb mia, pindah ke phoenam saja. si yoga dan windy pasti mau deh. phoenam lebih mengasyikkan. daripada pasfes yang mal itu. hehe.


message 21: by coki (new)

coki wuih.. gue denger.. gue denger..
ikuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuut..


Roos Siiiiplah ada Coki...hehehehe.


message 23: by coki (new)

coki iya dooong..


message 24: by erry (new) - rated it 4 stars

erry reviewna kereenn...



message 25: by Ryan (new)

Ryan nice review...
btw kenalan dulu ah ^^


message 26: by Russell (new)

Russell Wow... Gjyygsj subss shvshsbw shvsdh s shsvbdf


Eduardo Teixeira opa-nanu opa-looly opatiti-ayay...


back to top