Roos 's Reviews > To Kill A Mockingbird: Novel Tentang Kasih Sayang dan Prasangka

To Kill A Mockingbird by Harper Lee
Rate this book
Clear rating

by
138700
's review
Aug 13, 08

bookshelves: furious
Read in August, 2008

Dah selesai...bentar baru nulis reviewna nih...hehehehe.
Duh mau nulis apa yah...bukunya Bagus banget ternyata...

"Kau tidak akan pernah bisa memahami seseorang hingga kau melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya...hingga kau menyusup ke balik kulitnya dan menjalani hidup dengan caranya." Harper Lee.

Quotation ini sebenarnya sudah lama diajarkan sama orangtuaku, jika kita terlalu sempit dalam menanggapi suatu permasalahan. Terutama saat kita mengeluarkan komentar mengenai tindakan atau perilaku seseorang yang kita anggap tidak atau kurang baik, pasti keluar pertanyaan: Bagaimana kalo kamu diposisi mereka? Apa yang kamu lakukan?...Wakkkssss.

Ini pertanyaan yang tidak mudah dijawab...Persis apa yang dikatakan Atticus kepada Jem dan Scout, ketika mereka selalu menanyakan tindak-tanduk orang-orang yang tinggal di Maycomb County. Dengan latar belakang Kehidupan warganya yang beragam kita jadi bisa memahami apa yang dilihat Scout melalui mata pemahaman seorang anak terhadap orang dewasa disekitarnya. Dan bahwa manusia itu tidak selalu yang kita sangka, kadang mereka bertingkah aneh dan diluar nalar karena mereka memang menginginkan seperti itu. Contoh saja nih Mr.Dolphus Raymond yang selalu membawa botol dibungkus kertas coklat dan cara minum seperti orang setengah mabok...anak-anak pikir dia minum wisky atau minuman beralkohol lain dan pantas untuk dijauhi, tapi ternyata botol itu selalu berisi Coca Cola. Anehnya, dia lebih suka orang berprasangka terhadap dirinya sebagai orang yang mabok. Disini Faktor MANUSIA-lah yang membedakan satu dengan yang lain. Selain mengajarkan mengenai kedewasaan melalui keterbukaan dan kasih sayang, To Kill a Mocking Bird juga mengajarkan bagaimana menjadi Wanita Terhormat...*halah*. Dibagian ini aku agak geli...

Beruntung juga Jem dan Scout mempunyai ayah seperti Atticus meski membesarkan dua anak seorang diri dia cukup mampu menjadi ayah dan ibu sekaligus. Dan Jem maupun Scout pun bukan tipe anak pembangkang, tapi anak-anak pintar yang suka menanyakan apa yang mereka pikirkan.

Buku yang bagus dan Wajib untuk dibaca...
10 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read To Kill A Mockingbird.
sign in »

Comments (showing 1-50 of 143) (143 new)


Roos Keberanian adalah saat kau tahu kau akan kalah sebelum memulai, tetapi kau tetap memulai dan kau merampungkannya, apapun yang terjadi.
Kata-kata Atticus untuk Jem.




Sylvia Bukunya dah disamping meja nih.. siap di flip-through. Semoga gak tersendat, mosok dah 2 bulan gagal terus nih cabar nyaa... *huaaa paraahh*


Roos Makanya...intinya "NIAT", Syl...
Ayoh Semangat!!!!


Idle Hippo waaaaaakz... kesalip lagi neh ama penyihir (rada) Luarbiasa :D
koq gw bacanya gak maju2 nih
tancap gas.. kebuuuuuuuut.. kebuuuuuuuut

*mulai bakar menyan--sekalian bakar menyan juga buat djeng sarintje, hehehe*


Sylvia Iya sih Roos, niat mah ada kok, kemaren jg dah megang-megang DVDnya *hehe*

Erie, bakar menyannya yang wangi aroma terapi yaa. Kalo ada wangi vanilla bolee..


Roos Lavender ajah lah....
Kok pake (rada) sey...Emang Luar Biasa tauuukkk!!


Ordinary Dahlia *Naga datang dgn niat pinjam DVD*


Roos ehhhhhhhhhhheeeeeeeeeeemmmmmmmmmmmmmmm.....
Cacing kali....ke salon lagi gih...geli aku lihatnya...


Idle Hippo hihihihihi ada cacing


Ordinary Dahlia *melotot ke afrit sang primata sok keren*
Diam afrit!

Liat atuh baik2,dah keyen bgini masa d bilang cacing?
*langsung pake kacamata item*


Roos @Dahlia: Besok bawain Kang Robbie ajah yah...Buddhanya dirimu harus memohon sama Miss Leli nih...gimana?


Sylvia Besok ada janjian lagi yaaa?? Curang, emang gak bisa cari tempat yang lebih jauhan gituuhhh *cemberut*

Roos, kok ada kelabang?


Roos Bukan kelabang..tapi cacing kebakaran...

Maunya ke rumah loe Syl...tapi ada Emak bawa bakiak...jadi kita hindari dulu deh....hehehehe.


Ordinary Dahlia *nimpuk syl pake sendal, langsung kabur ke rumah mizz leli*


Sylvia Adooowwww! Dahliaaaa... ciaaaaaaattt!! *nyamber bakiak emak*


Ordinary Dahlia celaka!!!
*lari ke belakang afrit*


Idle Hippo ealaaaaah.. malah sembunyi dibelakang gw
ogah ah.. gw dah tau keampuhan bakiak emak
itu bakiak dirancang buat ngincer jidat gw
mbuuuuuuuuuung!

*tunggang langgang*


Sylvia Kemana tuh kelabang?!


Roos Wadoooooooh...sendal siapa neeehhhh....
*ngelus jidat yang benjol*
Kok banyak benda yang membumbung diudara...
Ulah siapa sih ini...

*masih ngelus-elus jidat*


Sylvia Umm.. itu tuh Roos, si kelabang... dia tadi ngelempar gue *ngumpetin bakiak dibalik celemek*


Roos Perasaan dah ngomong lagi menghidari bakiak deh...kok kena sendal...siapa yang lempar sendal hayo ngaku!!!

*duh firasat tidak baik nih*


message 22: by Weni (new) - rated it 4 stars

Weni Ini review ttg novel apa ttg bakiak sihhh...


Idle Hippo review tentang to kill a flying bakiak


Roos Intinya alas kaki Wen....parah nih memang...hehehehe.




Roos Lah Flying Sendalnya enggak nih? dah makan satu korban nih...


Sylvia Huahahahhaa!!!


Sylvia Huahahaa!! *makin guling-guling*


message 28: by Idle Hippo (last edited Aug 14, 2008 01:27AM) (new) - rated it 5 stars

Idle Hippo roos, gw kan trauma berat ama yang namanya bakiak emak, hehehe

baba lux! keren pengantarnya, huahahaha


Roos Wakakakakakakak....keren nih Quotationnya....



Idle Hippo gimana yah rasanya jadi cacing
*mikir serius*

baba lux, geser dikit dong
*ikut ngumpet di bunker*


Ordinary Dahlia *keluar dr psembunyian sambil larak lirik nyari sendal*
Quotation apa seh?
*sok polos*


Roos *ngumpetin sendal..siap-siap dilempar*



Ordinary Dahlia *Naga merasakan firasat buruk ala spiderman*


message 34: by gieb (new) - rated it 4 stars

gieb selamat datang penduduk baru.

gieb
Pak RW Cacing



Roos Yang bener cacing apa kelabang sih?
*ngasah sendal siap melempar ke kelabang*



message 36: by gieb (new) - rated it 4 stars

gieb selamat datang penduduk baru.

gieb
yang juga merangkap presiden kelabang.


nanto yang ini cacingnya maco, rada berbulu ne'. Firdaus oilnya sukses neh?


Roos Wah Firasat Buruk Spidermannya bener....


Ordinary Dahlia asiiiiiiiiiik
*lari cari suaka ke presiden*




Roos Dah ah...sandalnya aku simpan buat nonton konser J-Rocks besok deh...aku pulang dulu yah teman-teman.....Daaaaaaaaaaahhhhhhhhhh....hehehehe.


message 41: by gieb (new) - rated it 4 stars

gieb o ya, anda benar cacing baba. dahlia, sebelum parlemen menyetujui suaka politik anda. anda harus melewati beberapa test dulu. berikut tahapannya:

1. isi formulir dengan lengkap dan jelas
2. fotokopi ktp
3. pas photo 2x3
4. ijazah dan transkrip nilai legalisir

demikian, harap dijadikan periksa.

tabik,
presiden kelabang, pak rw cacing.


Ordinary Dahlia *manyun ke Baba Lux*
Presiden-nya aja dah oke kok'


Ordinary Dahlia waaaaaaaaaks !@#$%%*()+_(+_+&*^
*shock*


message 44: by Weni (new) - rated it 4 stars

Weni Hahahaha...
udah ngakak baca pengantarnya Amang, ngakak lagi baca postingnya Gieb :))


message 45: by gieb (new) - rated it 4 stars

gieb SKKB dari polsek terdekat perlu dilampirkan.
maafkan, dahlia. semua harus sesuai dengan prosedur. saya tadi khilaf.


Ordinary Dahlia Pan g dewan (yg terhormat)syuro, gak perlu kelakuan baik lagi atuh'
*manyun, dendam lirik2 bunker Baba*


message 47: by erry (new) - rated it 4 stars

erry justru karena itu li. caleg aja hrs pake syarat macem2. apalagi desyurr..


Ordinary Dahlia Iya...iya!!! g bikin *terpaksa* Cepetan approve yah pak presiden. Abiez itu kita nobar d rumah Aldo
*bisik2*
Mumpung dah tau lokasi buku Gaardernya. Buruaaaan...


message 49: by gieb (new) - rated it 4 stars

gieb yang disebut di atas tadi baru tahap pertama dari sebelas tahap yang harus dilewati. jadi, masih panjang jalannya untuk menjadi warga cacing. harap sabar. kami hanya menampung orang yang mempunyai kepedulian mendalam terhadap nasionalisme negeri cacing.

tabik.


Ordinary Dahlia *melongo, menatap sang presiden gak percaya*


« previous 1 3
back to top