Ayu's Reviews > If I Stay

If I Stay by Gayle Forman
Rate this book
Clear rating

by
4659434
's review
Mar 10, 2012

really liked it
bookshelves: books-you-ever-wanted, classic-romantic-and-long-lasting
Read from February 27 to March 08, 2012

Mia, gadis tujuh belas tahun, yang hendak mendaftar menjadi siswi di Sekolah Musik Julliard, dengan bakat yang menakjubkan dalam memainkan alat musik Cello, memiliki segalanya. atau setidaknya, begitulah yang ia pikirkan. ia tak memerlukan apa-apa lagi. ia memiliki keluarga yang sangat dekat dengannya, yang begitu menyayanginya termasuk orang tuanya yang selalu mendukungnya untuk bermain Cello. ia memiliki adik laki-laki yang, walaupun berbeda sepuluh tahun dengannya, sangat manis dan mereka saling menyayangi. Mia memiliki sahabat yang selalu ada untuknya, plus ia berpacaran dengan pemuda ganteng yang juga pentolan dari sebuah band yang cukup memiliki penggemar di Portland.
cerita berawal saat salju turun tidak terlalu lebat di kediaman keluarga Mia. sekolahnya dan adiknya meliburkan siswa-siswi karena salju, dan orang tuanya pun meliburkan diri dari pekerjaan mereka. mereka memutuskan untuk mengunjungi Gran dan Gramps. dalam perjalanan yang menyenangkan itu, malapetaka terjadi. mobil mereka mengalami kecelakaan dengan sebuah truk di jalan yang cukup licin. malangnya, ayah dan ibu Mia tewas seketika. adiknya, Teddy pun tak tertolong. Mia sendiri, walaupun ditemukan oleh petugas keselamatan dengan kondisi patah tulang di mana-mana dan kebocoran beberapa organ divonis koma.
selama koma, rohnya yang terlepas sementara dari tubuhnya terus mengawasi tubuhnya sendiri, melihat semua kolega dan kerabatnya yang selalu datang menjenguknya silih berganti. ia melihat bagaimana Gran yang selalu bercerita pada tubuhnya yang tak bergerak tentang kondisi saat ini di keluarganya, ia mengawasi Gramps yang secara mengejutkan seakan-akan melepasnya untuk pergi --meninggalkan tubuhnya--, ia melihat Kim sahabatnya yang tegar tapi berharap ia kembali, dan ia melihat Adam, pacarnya, menangis terisak-isak di samping tubuhnya. bagaimana Adam sempat diusir oleh perawat yang berjaga karena ia bukan keluarga Mia, bagaimana ia berusaha untuk masuk ke dalam ICU dan melihat kondisi Mia dengan mata kepalanya sendiri, ia melihat semuanya.
ia mengalami deja vu tentang hidupnya yang penuh warna dan cerita-cerita. ia ingin tinggal, tapi ia tahu, ayah ibu dan adiknya sudah tidak ada, ia ingin pergi tapi melihat Adam dan Kim yang mengharapkannya untuk kembali ia berat hati.

pada akhirnya, cerita ditutup dengan Adam yang saat itu menggenggam tangan Mia dan ia merasakan bahwa genggamannya direspon oleh Mia yang saat itu dikiranya koma.
apa lagi yang bisa aku bilang? novel ini bikin speechless. dengan ceritanya yang khas remaja, tapi dengan set yang tragis, kayaknya bener-bener bisa bikin saya larut.

bayangkan aja ya, kamu punya keluarga yang bener-bener memahami kamu, kamu punya bakat (apalagi main cello, maaaaan dari dulu pengen banget bisa main cello), dan pacar pentolan band tapi cinta mati sama kamu. saya pun bisa bayangin seindah apa hidupnya si Mia ini. walaupun bapak-ibunya hardcore gitu, walaupun dia punya masalah apapun, tapi keluarganya pasti langsung ngerti kalau ada yang nggak beres sama Mia.

apalagi membayangkan Adam. cowok pentolan grup band rock, udah punya penggemar setia, sering tur, otomatis mapan lah. saya bisa kok mbayangin Adam kayak gimana, perawakan oke (maksudnya nggak ceking plus nggak terlalu berotot gitu sih), muka ganteng, dan super-duper sweet, terbukti pas ada di bagian si Adam bersikeras buat ngliatin Mia pas dia koma, padahal suster yang waktu itu tugas njagain Mia keukeuh nggak ngebolehin Adam masuk.

dari segi alur, mungkin banyak banget flashbacknya. tapi dijamin seratus persen deh, pembaca yang baca flashbacknya pasti bakalan sirik setengah mati sama ceritanya Mia. gimana pas dia sama Adam mulai pacaran, hubungannya sama orang tuanya yang deket banget, dan sama adiknya juga. jujur aja, AKU IRI, gitu loh!

gak ada yang bisa dikritik lagi deh, dari buku ini
flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read If I Stay.
Sign In »

No comments have been added yet.