Weni's Reviews > A Thousand Splendid Suns

A Thousand Splendid Suns by Khaled Hosseini
Rate this book
Clear rating

by
1073731
's review
Jun 29, 2008

liked it
Read in July, 2008

Selesai juga akhirnya, meski dengan kecepatan membaca seperti kura2 (mengutip kalimat Syl) :D

Sepertinya saya paling setuju dengan komentar USA Today tentang buku ini: "perut serasa diaduk, emosi terkoyak".

Rasanya saya nggak akan mengulang membaca buku ini. Bukan karena kisahnya tidak menarik tapi karena ketika membaca buku ini ada beberapa halaman yang pengen saya robek saking sebalnya. Seolah dengan merobek saya bisa memberi pelajaran pada orang2 kejam itu hehe. Orang2 yang dengan semena2 menyakiti wanita, fisik dan jiwanya, hanya karena dia wanita. Orang2 yang merasa berhak memukuli wanita sampe berdarah2 hanya karena dianggap melawan, dianggap melanggar peraturan, dll.

Astaga, mereka pikir mereka itu lahir dari mana? pohon ?
Mereka pikir siapa yang membesarkan mereka sampai punya tangan dan kaki yang kuat yang akhirnya mereka gunakan untuk memukuli dan menendang wanita ?

*Emosi*
2 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read A Thousand Splendid Suns.
Sign In »

Comments (showing 1-50 of 63) (63 new)


Hippo dari Hongkong *sibuk nyediain jamu pegel linu buat yang baca buku ini*


Roos Lah jadi pesen jamu pegel linunya, Wen?

Kalo halam disobek-sobek ma sayang buku ma duitnya atuh....mending minum jamu....ilang pegelnya sehat badannya....hehehehe.


Weni Bener Roos, justru krn sayang buku+duit itu, gw tahan keinginan menyobek2 hehe.


Roos hehehe...Jadi selamat yah tu Buku....


Hippo dari Hongkong nih, review a thousand splendid suns versi seorang sinden
terserah mau dikawihkeun versi jaipongan ato kacapian (sori, gak ada terjemahannya, heu)

Awet Rajet

rumah tangga jeung manehna
geus teu kaitung lilana
ti bujangan jeung parawan
neupika geus reuay anak

ari jodo tetep pageuh
tapi sok pakucrut wae
teu kaop lepat saeutik
babari pisan mundelik

naha atuh kedah kumaha
rumah tangga jeung manehna
sakitu anak geus rea
manehna taya elingna

tengah peuting jemplang jempling
dijujurung nitah balik
rek balik, balik kamana
indung bapa geus teu boga


deudeuh teuing si nyai teh, hehehuhaha


Weni Duh si Erie, nyinden dimana2 :D
Ngerti kok Rie, cuma ada bbrp kata aja yg gak tau artinya: mundelik ama dijujurung hehe.


Roos Aku...gak ngerti sama sekaliiiii....huhuhu.


Weni Jeng Roos tiang jawi nggih ? hehe

Erieee... translate ke dalam bhs jawa buat Roos !


Ordinary Dahlia Bisa aja tuh afrit!
wah apa tuh artinya Wen?
nunggu afrit terjemahin mah bisa lumutan,ringannya karatan-lah


message 10: by erry (new) - rated it 3 stars

erry ya. bukannya lo orang sunda juga?? masa ga tau artinya.
@ weni. terjemahannya dunks. biar bisa gw bikin versi keroncongan


Hippo dari Hongkong euh... ieu mah

mundelik artinya gampang marah alias doyan mlotot
ngajujurung artinya nyuruh2 sambil maksa

waaks, disuruh nerjemahin ke bahasa jawa? ampuuuuun, ora iso ah, heuheu


message 12: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia Tau kok'



message 13: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia Yg ga g ngerti itu pertanyaan Weni Ry...


Roos Kalo gak bisa versi Erie Vedder aja lah....khan lebih keren....*ROCKSSSSS!!!!*


Hippo dari Hongkong iya atuh ini terjemahan semuanya

berumah tangga dengan si dia (kang rasheed)
sudah tak terhitung waktunya
dari bujangan dan perawan
ampe punya banyak anak

walau jodoh tetap kokoh
tapi suka ribut melulu
gak boleh salah dikit
gampang sekali marahnya

harus gimana lagi?
berumah tangga dengan si dia
meski anak dah banyak
dia tetap gak pernah eling

tengah malam sunyi senyap
disuruh pulang
mau pulang, pulang ke mana?
ayah dan ibu sudah tiada


huwaaaaaah... cape juga nerjemahin lagu sinden phuket ini.
jangan nyuruh2 nerjemahin lagi yak! huehehehe


message 16: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia Kok ada kang Reshed? Siapa itu? tempat curhat yg si sinden?



message 17: by Weni (new) - rated it 3 stars

Weni @Dahlia
Arti pertanyaan gw ke Roos: "Jeng Roos, dirimu orang jawa ya ?"

Kang Rasheed teh tokoh di buku Thousand Splendid Suns Neng Dahlia.


message 18: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia Heuheuheu...lewaaaaat, blom baca buku apalagi reviewnyah ;)


Roos @Weni: Iyah...gue Putri Solo...hehehehe.

@Dahlia...makanya baca bukunya dulu...meskipun bajakan punye Neng Erry...*weeeeeK*


message 20: by Weni (new) - rated it 3 stars

Weni @Roos
Solo ? nasi liwet dong ya :D
Di sebelah mananya toko roti Orion ? hehe.


message 21: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia iyah nanti baca kalo tumpukan buku (pinjeman) d meja q dah sedikit berkurang heuheuheu...

Ngomongin makanan jadi lapeeeeeeer. Mba roos, gmn kabar organisasi baru teh? Ketua dah hrs pnya rancangan program kerja psn...

Dahlia
Anggota pendukung


Roos @Weni....whoaaaaaaaaaa...Weni dah pernah ke Solo...wah perlu di interogasi dulu nih...jangan-jangan punya selingkuhan di Solo nih...*wink-wink*

@Dahlia...saya serahkan tanggung jawab kepengurusan program kepada Dewan Syuuurr...saya hanya bisa main perintah saja lahhhhh....hahahaha.


message 23: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia Kebalik atuh. Mana ada Dewan yg terhormat mrancang program kerja
*cemberut*

Weni selingkuh??? Haaah...beneran
*radar gosip On*


message 24: by Weni (new) - rated it 3 stars

Weni Hussss... dari toko roti kok jadi perselingkuhan hehe.

Roos, gw emang pernah ke Solo. Bbrp kali lewat doang sih hehe tp pernah juga sengaja kesana, buat makan nasi liwet. Sayangnya itu udah lama Roos, pdhl enak ya, nasi liwet + es leci *ngiler*

Nyokap gw asli Jogja Roos hehe. Keluarga nyokap banyak disana, termasuk nenek kakek gw.

Btw Roos, selingkuhan kamu rumahnya dimananya toko Orion ? hahaha


Roos Ya Pastinya....pan lumayan tuh, tiap hari dapat kiriman Kue Mandarin ma Roti Kecik....*Weeeekkkk*


message 26: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia Haaaah apa lagi ini? Weni ma Roos selingkuh??
*shock mode on*
*mikir2 utk lapor moderator trs beritakan ke persekutuan*
(Hati2!!! Gosip siap mnyebar)


message 27: by Weni (new) - rated it 3 stars

Weni Biarin menyebar, yg penting dapet kue mandarin-nya Orion, ya khan Roos ?


Roos Ho...oh, and Dewan Syurrrr...gak dibagi...*tosss ama Wen!!!*


message 29: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia Dewan Syuro!!!
*melotot*


Hippo dari Hongkong sapa yang selingkuh?
harus dibawa ke meja konferens nih :-p

bagi atuh kuehnya, dah cape2 nyinden pan sayah teh
*pasang tampang memelas kaliber piala oscar*


message 31: by erry (new) - rated it 3 stars

erry gw denger ada yg nyebut2 selingkuh..musti di cek n recheck

m Ross,
*bisik bisik*
jgn bilang2 klo gw baca buku bajakannya dunks...


message 32: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia Asiiiiiiiik perkara selingkuh d bawa conference
*sumangat*


message 33: by Abah (new)

Abah @Erie.
Suka heran abah mah, apa Erie memang sakti mandraguna ya (maaf yah bang mandra). Setiap nulis bait lagu disinih, selalu aja sering pindah dengan sendirinyah ke blog tulastulis tuh. Tapi mana atuh daminatilada na. Biar abah bisa ikutan belajar ngawihkeun. Duh tada temen haleuangna.

@Weni.
Klo ukuran wanito (wani di toto) Jogya bukannya rasa nasi kuning buatan tangannya dewek tuh nduk? Tapi itu juga dulu sih waktu abah masih SMP di Bandung. Katanya sih klo ingin sedap berumah tangga, carilah isteri yang masakannya eman.
(Atuh iya yah, masa dah beristeri kudu jajan.)

*Klo yang begini Dahlia faham gak yah?*


message 34: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia Di toto artinya apa Bah?


message 35: by Abah (new)

Abah di tata neng. Kan boso Jowo kudu make o.


Roos @Kang Erie: Nih kue mandarin asli Solo..*nyodoin kueh* Ohya...Meja Konference Khusus Afrit yang Berselingkuh...hahaha.

@Dahlia: Dewan Syurrrrrrrrrrrrrrr TOP BGT...hehehe.

@Erry: gak pa-pa bajakan yang penting dibaca Neng...

@Abah: Iyah Bah, Wanito: wani di toto...tinggal yang noto nih harus pinter-pinter...hehehe.

@Weni: Siapa nama selingkuhannya...siapa tahu aku kenal...*wink-wink*


message 37: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia Abah tiasa bahasa Jawa oge? Hebat euy'
*Nyodorin formulir*
Abah masuk ke persekuan narsis yah?! dah memenuhi syarat kok. Abah cukup keren heuheuheu...
Saya Dewan Syuronya Bah, Ninus jadi Ketua. Terus si Afrit absurd dr Bandung tea memohon2 jadi Ketua Dewan Syuuur *merinding*
Posisi Abah saya tentuin kalo dah dapat wangsit heuheuheuh...
*semena2*


message 38: by Abah (new)

Abah @Roos.
Klo buat nduk Roos mah, kapan tinggal milih ajah tuh. Siapa saja sang kesatria yang berani menoto. Pesan kaos aja sama Po, dengan tulisan "toto lah aku wahai mak peuting." Gituh lho nduk.

@Dahlia
Waduh, abah dibilang hebat en keren? Atuh semakin narsis aja dong narsisnya abah. Iyah abah daftar sambil melototi Ketua Dewan Syuuurrr, takut gak kebagean. Biarin aja abah gak dapet posisi juga. Memangnya kapan atuh neng dahlia dapet wangsit?? Heuheuy deuh, suwer abah pesen semena2 satu!


message 39: by Ordinary Dahlia (new)

Ordinary Dahlia Ga usah mesen bah,bisa saya kasih kapan saja dan pastinya lebih dari satu heuheuheu...
Selamat bergabung d persekuan Narsis *jabat tangan*
Jangan lupa kalo narsis-nya kambuh, pake kacamata item yah' biar tambah keren.

@Roos~Trs selingkuhan dirimuw siapa?
Tuuuh...dengerin kata Abah (anggota terbaru persekutuan!) pake kaos-nya. G DUKUNG!!!
hueheheheh'


message 40: by Abah (new)

Abah Wah, nuhun neng. Tapi abah mah klo lagi narsis cocoknya make kacamata kuda deh. Ntar deh abah nyari yang warna item muda biar terlebih tampak keren abiiizz aja gituh neng..


message 41: by Weni (new) - rated it 3 stars

Weni @Abah
Duh, saya juga mau deh punya istri yang hobi masak hihihi.
Btw Abah SMP mana di Bdg ?
Saya dulu SMP 5, jl Jawa tea Bah. Depan tenda bebek goreng McDarmo skr mah hehe.

@Roos
Kamu pasti gak kenal ama selingkuhanku *wink2*

@Dahlia
Duh ini si eneng geulis, meni keukeuh nyari anggota klub :D


Roos @Abah: terima kasih sarannya...memang Roos masih susah di toto nih...

@Weni: Pasti kenal...la wong petugas sensus kok...

@Dahlia: Dewan Syurrrrrrrrrrr....G DUKUNG!!!!



message 43: by Abah (new)

Abah @Weni
Waaahhhh neng mah suka becanda aja. Masak mau cari isteri sih? Bukannya neng wanoja?

Tadinya abah sekola di SMP PGRI Ujung Berung, lalu pindah ke SMP Santa Gabriel jl Raya Timur didekat SMA Bengawan. Lulus 1962, klo neng?

@Roos.
Terlalu banyak pilihan matak liewur ato ada halangan di gua garba panjenengan tuh nduk. Hehe, abah kayak dukun beranak aja ya. Tapi siap bantu kok.


Hippo dari Hongkong aduh abah... maap, maap, saya juga blom nemu itu daminatilada nya


message 45: by Weni (new) - rated it 3 stars

Weni @Abah
Yang jelas th 1962 saya belum lahir Bah hehe.

@Roos
Roos, mosok putri Solo susah ditoto sih :D


message 46: by Abah (new)

Abah Teu nanaon cep, tapi klo nemu tuliskeun disinih yah. Biar abah, Weni, Dahlia en para wanoja bisa ikutan ngawih anu eces kataji ku lirik komara Erie. E-eh tolong tarjamah nya cep, hariwang aja abah mah ntar Roos ngira kita lagi ngomong jorok.

*Perasa sok matak salah faham*


message 47: by Abah (new)

Abah Hehe sineng Weni mah. Atuh iya tapi tetep aja neng lulus SMP th berapa? (Mode maksa On, kayak yang lagi nyensus aja ya)


message 48: by [deleted user] (new)

*jadi laper bayangin nasi liwet Solo yg biasa dijual mbok2 di depan rumah Eyang*

Dimana ya nasi liwet yg asli Solo di Jakarta?
Susah nemunya, cuma dapet di daerah Jatibening Bekasi, tapi cuma jualan Sabtu Minggu doang!


Roos @Monic: Main ke Radio dalam yuk...ada nasi liwet enak...yuk-yuks..

@Weni: Nih putri solonya dah mengikuti pendadaran keprajuritan di kraton...jadi yah pecicilan begini...susah notone...hahahaha...*kok malah bangga*


message 50: by [deleted user] (new)

@roos
mauuu...buka 7/24 kan?


« previous 1
back to top