Δx Δp ≥ ½ ħ 's Reviews > Madre: Kumpulan Cerita

Madre by Dee
Rate this book
Clear rating

by
1618324
's review
Sep 25, 11

bookshelves: a-day-in-the-life, there-s-a-place
Read in September, 2011

Note: ini adalah buku pinjaman yang kemudian dihibahkan sama pemiliknya, hehehe

Dibandingkan dengan karya Dee lainnya, Madre bukan dibuat sebagai buku yang menyuarakan idealisme sebagaimana buku Dee yang lain, tetapi lebih tampak seperti dibuat karena ide yang mengganjal di pikiran saja. Tidak dikembangkan, pokoknya selesai. Bahkan Filosofi Kopi yang banyak minusnya itu, dalam beberapa hal lebih baik daripada buku ini.

Ambil misalnya kisah utama di buku ini yang sekaligus dijadikan judul buku. Kisahnya kadang tampak seolah selesai, lalu nyambung lagi, mau selesai lagi, lalu nyambung lagi. Hasilnya, jadilah kisah aneh tambal sulam seolah ide yang kayaknya mau dibikin sebagai cerpen saja, lalu pas nulis inget sesuatu, terus ditambahin meski rada agak sinkron. Begitu seterusnya. "Cerpen" pun jadinya melebar kemana-mana. Buku setebal 150-an halaman ini harus rela memberikan setengah ruangnya untuk kisah Madre yang memakan 70-an halaman.

Meski hasil akhirnya gak buruk juga--sangat beruntung sekali cara bertutur kisahnya gak bikin bosen--tapi ceritanya jadi banyak yang gak sinkron/gak nyambung/plot hole/bloopers/atau apapun itu namanya. Misal, di sekitar halaman 20an, pas si tokoh utama nginep di pabrik roti, keesokannya dia dibangunkan sama si penjaga gedung pabrik. Karena si tokoh utama, bernama Tansen, gak biasa bangun pagi. Terus ma si penjaga pabrik roti dibangunin dan diajakin buat latihan tai chi. Tansen nanya, kenapa harus bangun pagi, si penjaga bilang karena dia merangkap sebagai pelatih tai chi. Sebelum latihan, mereka pun sarapan. udah kelar sarapan? Tansen yang gak ada kerjaan mau pergi ke warnet, sedangkan si penjaga mau tidur siang. Hayyyaahh... lalu latihan tai chi yang tadi ngajak gimana? di halaman-halam berikutnya juga hal ini disinggung sedikit sekali.

Kalo bukunya tebel, ketidakkonsistenan ini mungkin bisa saya abaikan, tapi kalo bukunya tipis gini, yah susah buat diabaikan. Dan ini bukan satu-satunya saja T_T

Bagian yang paling saya suka dan paling menarik di buku ini adalah bab yang berjudul Menjelajahi Hasil Fusi. Andai saja bab ini masuk ke cerita utama dan bukan sekedar prakata dari penulis, mungkin bintang dari saya akan lebih banyak. Heu.
1 like · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Madre.
sign in »

Comments (showing 1-9 of 9) (9 new)

dateDown_arrow    newest »

Nanny SA cuman dikasih 1 bintang ?


message 3: by Nanny (last edited Jan 19, 2012 11:07PM) (new) - rated it 3 stars

Nanny SA keesokannya dia dibangunkan sama si penjaga gedung pabrik. Karena si tokoh utama, bernama Tansen, gak biasa bangun pagi. Terus ma si penjaga pabrik roti dibangunin dan diajakin buat latihan tai chi. ..

kl menurut saya sih waktu itu pak hadi (penjaga gedung)tidak ngajak Tai Chi saat itu, karena pas tansen turun dari kamar (tidak dibangunkan )ketemu pak Hadi, yang ... muncul dg muka merona merah seperti habis olah raga...(jd tai chi nya sdh selesai ) dan dia nyuruh Tansen untuk bangun pagi (lain kali) biar bisa ikut tai chi sama2 dia... gitu versi saya mah :D


 Δx Δp ≥ ½ ħ tapi di hari-hari berikutnya gak ada omongan (dan latihan tai chi) lagi :P


Nanny SA kan yang dibahas pas waktu itu :D
dan kl latihan tai chi diceritain lagi mah bikin rotinya kapan, itu aja cerpennya udh panjang he..he...


Sweetdhee *ngikik ah*


Rino Ferdian ikut ngikik...:P


 Δx Δp ≥ ½ ħ tai chi bagi si kakek sudah jadi kebiasaan sehari-hari dan rutin dilakukan. bahkan dr gelagatnya si kakek sangat berambisi ingin ngajak si tansen ikutan latihan juga. ajakan penuh semangat ini muncul di hari pertama, lalu gak pernah muncul lagi--dan gak disebut2 lagi, bahkan gak disebutkan kalo si kakek berhenti jd pelatih tai chi karena sibuk bikin roti. Terlalu jomplang dan dramatis saya rasa. atau kelupaan?


*ikutan ngikik juga


Nanny SA kok banyak yang ngikik...ih jadi ngeri :P

*makan roti sambil ngeliatin Qui, Didit,Rino latihan tai chi .. :P


back to top