melmarian's Reviews > Cinta Tak Pernah Mati

Cinta Tak Pernah Mati by Ryūnosuke Akutagawa
Rate this book
Clear rating

by
4114252
's review
Sep 22, 11

bookshelves: classics, buntelan-hadiah, koleksiku-ind, short-stories
Recommended for: Fans sastra klasik
Read from July 19 to September 07, 2011 — I own a copy

Kumcer berisi karya-karya 17 maestro sastra dunia, collectible banget.
Repiu nyusul :)

### Update 23 Sept 2011 ###

Kadang-kadang, pena bisa lebih tajam daripada pisau. Dan kadang-kadang, sebuah cerita pendek bisa bergaung lebih keras daripada novel setebal ratusan halaman.

Selama ini saya tidak terlalu tertarik dengan cerpen, sampai buku ini jatuh ke tangan saya. Saya baru ngeh bahwa sebuah cerpen bisa memiliki daya pikat yang kadangkala bisa melebihi sebuah novel. Dan membuat sebuah cerita yang "nendang" hanya dalam beberapa ribu kata saja, jelas bukan pekerjaan gampang! Edgar Allan Poe pernah berkata,

"Dalam cerpen tak boleh ada satu kata pun yang terbuang percuma, harus punya fungsi, tujuan dalam komposisi keseluruhan."


Dalam seri kumpulan cerpen klasik terbitan Serambi Ilmu Semesta yang diberi tajuk Cinta Tak Pernah Mati ini, tidak kurang dari 17 cerpen dari para maestro sastra dunia dikumpulkan. Masing-masing cerpen mengusung warna dan ciri khas dari pengarangnya mengenai satu hal yang sangat universal di dunia ini, yaitu cinta. Seperti apa jadinya jika 17 orang luar biasa ini digabungkan untuk menyuarakan cinta melalui kertas dan pena?

Kumcer ini menyentuh tema cinta dari berbagai sisi. Cinta antara sepasang kekasih, suami dan istri, ayah dan anak, Tuhan dan manusia, manusia dengan sesamanya, dan bahkan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Cinta yang terang benderang membahagiakan, cinta yang ganjil, cinta yang berkorban, sampai cinta yang meremukkan hati dan jiwa, dan cinta yang membuat manusia jadi gila.

Berikut ini adalah daftar judul cerpen yang ada di dalam kumcer Cinta Tak Pernah Mati:

1. Suatu Hari di Surga - Ryunosuke Akutagawa
2. Cinta Tak Pernah Mati - Honoré de Balzac
3. Ayah dan Anak - Bjornstjerne Bjornson
4. Varka Hanya Ingin Tidur - Anton Chekov
5. Maling yang Jujur - Fyodor Dostoevsky
6. Kebajikan - John Galsworthy
7. Tamu Pernikahan - O. Henry
8. Ibunda - James Joyce
9. Hantu Mantan Kekasih -Rudyard Kipling
10. Bekas Luka - W. Somerset Maugham
11. Senyum Schopenhauer - Guy de Maupassant
12. Kucing Hitam - Edgar Allan Poe
13. Perkawinan - August Strindberg
14. Kesetiaan - Rabindranath Tagore
15. Kebahagiaan - Leo Tolstoy
16. Keberuntungan - Mark Twain
17. Sepatu Bot - Émile Zola

Jujur saja, saya agak bingung bagaimana harus meresensi buku ini. Anda harus membacanya sendiri untuk bisa mengerti kehebatan buku ini. Anda harus mengalami sendiri 'didongengi' oleh 17 pengarang kenamaan seantero dunia ini. Satu hal yang membuat buku ini semakin istimewa adalah foto dan biografi singkat masing-masing pengarang yang diselipkan di akhir masing-masing cerpen.

Jika anda penasaran, maka bacalah, dan jika anda penggemar karya sastra klasik, maka koleksi anda tidak akan lengkap sebelum buku ini nangkring di rak buku anda. Dijamin anda tidak akan rugi jika memilikinya! #bukanpromosi

Cinta Tak Pernah Mati dalam angka:
227 halaman
17 cerita pendek
17 pengarang ternama yang berasal dari 9 negara dan 3 benua
4 peraih Hadiah Nobel Sastra
kumpulan cerpen klasik ke-6 yang diterbitkan oleh Penerbit Serambi
2 jempol dari saya untuk Serambi, Anton Kurnia dan Atta Verin :)

@melmarian
http://surgabukuku.wordpress.com
1 like · Likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Cinta Tak Pernah Mati.
Sign In »

Reading Progress

07/18/2011 page 21
9.0%
09/07/2011 page 232
100.0% "Masterpiece!"
show 2 hidden updates…

Comments (showing 1-8 of 8) (8 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by nat (new) - added it

nat pengin..pengin.. :D


melmarian bener nggak rugi deh klo punya :)


message 3: by Farah (new)

Farah bener yah, repiunya nyusul yah.. *nungguin*


melmarian yup...pasti kubikinin repiu kok... :)


melmarian repiu udah terbit sodara-sodaraaaaaa!!! :D


message 6: by Mery (new)

Mery di blog ga bisa ngelike. like-nya di sini aja ;D


melmarian M o m o wrote: "di blog ga bisa ngelike. like-nya di sini aja ;D"

Hehe, makasih yaaa... Ayo buruan baca bukunya :)


melmarian Rini wrote: "No. 5 dan 12 sudah baca. Jadi tambah tergiur:D"

Buku ini cocok kalo ditambahin label "klasik untuk pemula" kali ya mbak. Cuman sayang aku ga suka covernya :D


back to top