Rhea's Reviews > Selendang Pelangi

Selendang Pelangi by Toeti Heraty
Rate this book
Clear rating

by
685174
's review
Jun 20, 11

bookshelves: punya, recommended, poetry-poem, 2011-read, box-biru
Read from June 17 to 20, 2011

Mungkin aku harus berterima kasih sama mbak Indri dan Panda, karena gara-gara mereka berdua, aku tau buku ini ada. *hadeeh, selama ini kemana saja nduk*

Buku yang mungkin susah-susah gampang didapat, mengingat aku sudah keliling toko buku ternama di Surabaya, niat pisan cari buku ini, tetap gak dapat. Eh, malah dapat di emperan pinggir jalan. Wah, betapa beruntungnya. Emang sih bukan di kota Surabaya. :D

Buku kumpulan puisi dari 17 penyair perempuan Indonesia yang memiliki corak dan warna masing-masing. Berdasarkan kata pengantar dari buku ini, puisi yang disajikan terbagi menjadi 3 ruang. Ruang pertama beraspirasi "kesetaraan". Ruang kedua beralih orientasi pada "perbedaan". Ruang ketiga feminisme dalam konteks globalitas. Ruang tiga ini dengan segala sebutan baru tetap pula masih melanjutkan isu-isu ruang pertama dan kedua.

Membaca puisi ini benar-benar menyihirku untuk terus terpaku dan membacanya. Rangkaian kata yang tak harus berirama tapi menghasilkan deretan kata yang indah.

Aku sangat suka dengan puisi Cok Sawitri yang sangat sederhana namun mengena dan kurang suka dengan puisi Oka Rusmini.

Beberapa bagian dalam puisi ini bisa dibilang merupakan representasi hati. *uhuk*
Seperti puisi ini, ingin rasanya kukirimkan padamu.

Aku Ingin Melukismu hal.183

aku ingin melukis wajahmu yang temaram
dengan kuasku yang menggeletar rindu
di kanvas langit yang memerah
akan kubingkai dengan mega senja
dan kugantungkan di dinding redup bumi

aku ingin melukis wajahmu yang memijar
dengan kuasku yang menggelepar rindu
di kanvas bumi yang berembun
akan kubingkai dengan bias pagi
dan kupampangkan di bentangan biru langit

aku ingin melukismu
di kanvas hatiku!

Nenden Lilis A - 1993

atau yang ini,


Warna hal.271

Aku masih memintal bayang
: senyummu
berenda renda, bersulam sulam, bermanik manik
dan payetnya mengilau di permukaan selendang
alangkah manis lenggak lenggokku pagi ini
bermandi cahaya
di kedalaman sukma yang sedang berdendang senang

tak ada yang bisa menebak warna warni selendang itu
birukah, merahkah, ungukah
karena warna telah menjadi milikku sendiri
seperti mandolin yang terpetik di bilik hati
tak satupun mendengar dawainya bergetar
hanya nada, hanya alunannya membahana

Aku masih mengintai
: langkah seksimu
sambil mebayangkan suatu saat kau milikku
selamanya

Shantined

Peringatan: mambaca puisi ini bisa menambah galau di hati.
*menulis rifiu sambil kedinginan di kantor*
4 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Selendang Pelangi.
sign in »

Comments (showing 1-27 of 27) (27 new)

dateDown_arrow    newest »

Pandasurya duh..ampun dah..hands down :p


Rhea Hahahahaha....
Pakek joget2 gak?


Pandasurya ampe jungkir koprol juga sih, gelinding keliling kampung
puwaass?


Rhea bangeeet.. hhahaha...


Pandasurya waha ripiu curhat lagi neehh :D
Republik Galaw nih critanya haha

itu kalimat pertamanya yakin pake kata 'Mungkin'? *siul2*


Rhea ya deh, mungkinnya di coret. puwass??
masih penasaran dengan kotanya? hayhay....


indri cepet amat yak bacanya? Sambil ngebut? Sambil galau? :p
Mm, banyak typo tuh, hehe..


message 8: by Rhea (last edited Jun 20, 2011 11:53PM) (new) - rated it 4 stars

Rhea eh, 4 hari aku bacanya, termasuk lama tuh. meskipun 320 halaman, kan tulisannya gak sampe penuh sehalaman :D

*nyuekin typo*


indri wah cepet tuh, soalnya dulu kami bacanya hampir sebulan..
Aku gak bisa baca buku puisi cepet2..


ayu-si-peri-kecil yudha aku dooong, bukunya dikasih kak panda.. :D *pamer* *komen gak penting* *terbang kabur*


message 11: by Rhea (new) - rated it 4 stars

Rhea ayu-si-peri-kecil wrote: "aku dooong, bukunya dikasih kak panda.. :D *pamer* *komen gak penting* *terbang kabur*"

Wah, beruntungnya dirimu. Bagi dong keberuntungannya. :D


Pandasurya manaa..manaaa typo..mana typo??! *kalap*tidurlagi*


message 13: by Rhea (new) - rated it 4 stars

Rhea sudah pagiii, masa mau tidur *guyur aer es*


indri ayu-si-peri-kecil wrote: "aku dooong, bukunya dikasih kak panda.. :D *pamer* *komen gak penting* *terbang kabur*"

rayuannya dahsyat ya yuu..
mo ikutan pamer tapi gak bisa terbang, bisanya nyilem *gaya gurita*


message 15: by Sweetdhee (new) - added it

Sweetdhee Kok aku ga dapet buku nya dr kak panda?
*emang gw siapa?


message 16: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname Sweetdhee wrote: "Kok aku ga dapet buku nya dr kak panda?
*emang gw siapa?"



Kamu Didiet kan?
lagi amnesia ya? :-)


message 17: by Sweetdhee (new) - added it

Sweetdhee Oh iya ya.. Aku Didiet.. Trus skrg lagi di thailand apa kamboja ya, saya?
#eaaa


Pandasurya Sweetdhee wrote: "Kok aku ga dapet buku nya dr kak panda?
*emang gw siapa?"


mau bukunya, dit?


message 19: by Sweetdhee (new) - added it

Sweetdhee Mauuu..
*kedip2*


Pandasurya baiklah. nanya doang sih *kalem*kabuurr*


message 21: by Helvry (new)

Helvry Sinaga *menulis rifiu sambil kedingingan di kantor*

sapmpe saalh keitk saikng dingingnya :P


message 22: by Rhea (new) - rated it 4 stars

Rhea eh, mana? mana? coba dilihat lagi.. :D


message 23: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname Sweetdhee wrote: "Oh iya ya.. Aku Didiet.. Trus skrg lagi di thailand apa kamboja ya, saya?
#eaaa"



buka mata. nah di hadapanmu ada banci show enggak?
kalau ada, berarti kamu lagi di thailand. hehehe


message 24: by Sweetdhee (new) - added it

Sweetdhee dih..

Pandasurya wrote: "baiklah. nanya doang sih *kalem*kabuurr*"


message 25: by Sweetdhee (new) - added it

Sweetdhee *nengok kanan-kiri*
ga ada, ada nya kudanil show..
berarti lagi dimana saya, ya?

Wirotomo wrote: "buka mata. nah di hadapanmu ada banci show enggak?
kalau ada, berarti kamu lagi di thailand. hehehe"



ayu-si-peri-kecil yudha hoahaha, waktu dapet buku ini aku gak pake ngerayu. cukup jampe-jampe dikit doang.. :D


message 27: by Rhea (new) - rated it 4 stars

Rhea jampe-jampenya manjur tuh, mantranya apaan Yud?
*lah malah nanya*


back to top