Farah's Reviews > Salah Satu Buku Mengerikan yang Tokoh Ibunya Mati (One of Those Hideous Books Where The Mother Dies)

Salah Satu Buku Mengerikan yang Tokoh Ibunya Mati (One of Tho... by Sonya Sones
Rate this book
Clear rating

by
2112750
's review
Jun 04, 11

bookshelves: abege-labil, reviewed, teenlit
Read in June, 2011

Ada apa sih sama Gramedia?
Kenapa buku-bukunya Sonya Sones selalu bisa gue temukan di acara bazaar buku Sepuluhribuan?
Sama kayak buku Ssst... Jangan Bilang-bilang Ibuku, buku-yang-judulnya-amat-sangat-panjang-ini pun gue temukan dengan harga sepuluh ribu saja di bazaar sekolah gue 2 minggu yang lalu.

Padahal menurut gue buku-buku ini ide ceritanya menarik loh. Cara penulisannya juga abege banget.
Jadi inget dulu jaman-jamannya SMA dan kuliah, setiap malam gue selalu menulis dengan gaya yang sama. Puisi wannabe. Setiap malam, selama beberapa tahun, hingga akhirnya komputer gue rusak dan semua tulisan itu hilang bersamaan dengan digantinya harddisk komputer gue. Hanya Tuhan yang tahu apa yang terjadi sama tulisan-tulisan itu.
Yah, sebagian masa remaja gue seakan ikut terenggut dengan hilangnya data di harddisk gue itu. *Tsah. *Terenggut bok, bahasanya.

Kalian semua sudah baca bukunya dong pastinya?
Apa?? Masih ada yang belom baca bukunya?
Yah :(

Padahal gue kan nulis review disini mau ngasih spoiler..
Tapi kalo gue kasih spoiler disini jadi ngga seru dong buat yang baca?
Ah kalian ga asik nih.
Belom baca bukunya masa mau lihat reviewnya sik?
............

Atau gimana kalo gini aja, kalian semua baca dulu bukunya, baru lanjut baca review gue?
Soalnya gue BENER-BENER mau ngasih spoiler nih disini.
Dan kalo gue ngga jadi ngasih spoiler, nanti malam tidur gue akan gelisah berguling ke kanan dan ke kiri. Kalo gue tidur nggak nyenyak, besok paginya gue bangun uring-uringan dan gue akan rewel sepanjang hari hingga orang-orang terdekat gue akan sangat kesal karenanya dan mereka memutuskan untuk tidak berteman lagi sama gue.
Lihat kan akibatnya kalau gue pengen ngasih spoiler terus ngga jadi?
CIH. MANJA!! *diludahin satu Goodreads*

Oh sebentar, gue luruskan dulu yah bagi yang belom baca bukunya.
Menilik dari judul bukunya "Salah satu buku mengerikan yang tokoh ibunya mati", disini kalian ngga akan mendapatkan cerita mengerikan apapun yang berhubungan dengan kematian si ibu.
Bukan berarti di halaman-halaman awal kalian akan membaca penderitaan si ibu, pertarungan batin si anak yang melihat ibunya sekarat, kemudian diikuti luka batin si anak yang menyaksikan ibunya meninggal dunia, peristiwa yang tidak akan bisa ia lupakan hingga ia sendiri pun meninggal nantinya.
Tidak.
Tidak-tidak-tidak.
Kalian tidak menemukan itu.
Ha!
Lalu apa, Far? Apa yang akan kami temukan dibuku ituuu?! *pembaca review mengguncang-guncang kerah baju Farah*

Ehem *mbenerin kerah baju*
Di halaman pertama begitu kalian membaca buku ini pun, tokoh ibunya sudah meninggal.
Nah, ngga sesuai judulnya kan?
Gue pikir mungkin ini ada hubungannya dengan cerita2 Lemony Snicket, yang belum apa-apa sudah mengklaim bahwa bukunya akan menceritakan 3 anak yatim piatu yang dilahirkan dengan garis nasib yang jelek yang akan menjadikan mereka magnet dari seluruh kesialan yang ada di dunia ini.
Ibarat kata, kalau ternyata si yatim piatu Baudelaire itu diadopsi oleh orang yang tinggal di sebelah rumah Ahmad Dhani dan ada paket bom buku yang ditujukan ke Ahmad Dhani, bisa dipastikan bahwa yang akan menerima paket bom tersebut adalah si anak laki-laki Baudelaire dan mereka kemudian meledakkan rumahnya sendiri. Dna harus mencari keluarga angkat lagi. Berkelana tanpa mengenakan alas kaki mengarungi Jakarta yang kejam ini.
Dan Ahmad Dhani pun akan cuma menengok ke rumah tetangganya, sambil memilin-milin janggut, dia berkata, "Apa sih? Paket bom buku aja heboh.."

FOKUS FAR!! *plakkk!* *ditampar*
Oh iya.

Kembali lagi ke bukunya.
Pemilihan kata-kata untuk judul buku ini sangat penting.
Semakin tragis judul bukunya, semakin banyak yang mau beli.
Kalaupun nggak ada yang mau beli, setidaknya bukunya bisa diobral hingga cuma jadi sepuluh ribu rupiah saja, lalu masih ada yang mau beli.
Salah satunya saya.

Yah, daripada judul bukunya berubah jadi, "Buku-mengerikan-yang-tokoh-ibunya-mati-dan-ternyata-bapaknya-adalah-artis-terkenal-Holywood-dan-tinggal-di-sebelah-Gwyneth-Paltrow"?
Nanti pasti pikiran kalian akan mengarah ke scene-scenenya Gossip Girl? Atau Glee? Dimana kalian mengharapkan akan ada scene si anak menyanyi I WILL SURVIVE di lorong sekolah?
Nggak.
Nggak akan ada yang semacam itu disini.

Atau kalau judul bukunya berubah menjadi "Buku-mengerikan-yang-tokoh-ibunya-mati-dan-dia-harus-pindah-dengan-bapaknya-kemudian-pacarnya-malah-pacaran-sama-teman-baiknya-sendiri-di-kampung-halamannya." pun, kalian pasti bertanya2, "Farah, kalau judul bukunya saja sepanjang itu, apakah sampul bukunya hanya akan dipenuhi huruf saja?"
"Iya, menurut saya juga begitu."

Tapi kembali ke judul tragis yang seharusnya menjual, si penulis pun tidak memilih untuk menuliskan "Buku-mengerikan-yang-tokoh-ibunya-mati-dan-ternyata-bapaknya-gay-dan-si-anak-baru-sadar-kalau-bapaknya-gay-setelah-dia-berumur-15-tahun".
Tragis mana sama judul aslinya?
Tragis berlebihan juga ngga bagus. Nggak menjual.
Tapi tragis yang pas takarannya, itu yang dicari pembaca.

"Tapi setelah membaca buku ini, kesan apa yang anda dapatkan?" tanya Reporter TVOne kepada Farah.
"Menurut saya, tokoh anak di dalam buku ini sangat kurang ajar. Harusnya judulnya diganti saja menjadi, "Salah-satu-buku-mengerikan-yang-tokoh-ibunya-meninggal-dan-anaknya-masih-menulis-surat-kepada-ibunya-dan-bertanya-bagaimana-kabar-kehidupan-setelah-kematian-lalu-melanjutkannya-dengan-HAHAHAHA-cuma-bercanda-mom""

Dan reporter TVOne pun tidak mengerti dengan apa yang gue katakan.
........................

Ah ya sudahlah.

Kalian sudah dapat spoilernya?
Bagus.
Saya bisa tidur dengan tenang.
6 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Salah Satu Buku Mengerikan yang Tokoh Ibunya Mati (One of Those Hideous Books Where The Mother Dies).
sign in »

Comments (showing 1-10 of 10) (10 new)

dateDown_arrow    newest »

ayu-si-peri-kecil yudha emangnya pas si tokoh ibunya mati, itu anak umur berapa far? #salahfokus


Farah ayu-si-peri-kecil wrote: "emangnya pas si tokoh ibunya mati, itu anak umur berapa far? #salahfokus"

15 tahun. terus karena ibunya meninggal, dia harus tinggal sama ayahnya yang ternyata aktor terkenal gitu, Yu..


message 3: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee emangnya waktu ibunya meninggal, anaknya lagi makan apa, Far? *makin kehilangan fokus


message 4: by Harun Harahap (new)

Harun Harahap Kayak pelm apa gitu yah ceritanya..


ayu-si-peri-kecil yudha @Farah: oooh, jadi sebelum tinggal sama bapaknya, anak ini gak tau kalo bapaknya itu gay yah? :D


message 6: by Iyut (new) - added it

Iyut jadi spoilernya apaan Far? ahmad dhani dapet paket bom buku? *lagitelmigaragaralaper*


Farah Sweetdhee wrote: "emangnya waktu ibunya meninggal, anaknya lagi makan apa, Far? *makin kehilangan fokus"

Mungkin semacam cemilan ringan rasa keju yang isinya angin doang dan banyak msgnya.. *mamam Citato* *omnomnom*


Farah Harun Harahap wrote: "Kayak pelm apa gitu yah ceritanya.."

Film apa?


Farah ayu-si-peri-kecil wrote: "@Farah: oooh, jadi sebelum tinggal sama bapaknya, anak ini gak tau kalo bapaknya itu gay yah? :D"

Iya, dia cuma bertanya2, kenapa bapaknya ngga pernah dateng mengunjungi dia..


Farah Iyut wrote: "jadi spoilernya apaan Far? ahmad dhani dapet paket bom buku? *lagitelmigaragaralaper*"

Hm.
Bukan itu. Tapi siapa anak Mulan Jameela yang sebenarnya. *alah*


back to top