Rhea's Reviews > Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah

Garis Batas by Agustinus Wibowo
Rate this book
Clear rating

by
685174
's review
May 22, 11

bookshelves: other-nonfiksi, punya, 2011-read, box-biru
Read from April 21 to May 23, 2011

Lebih tebal, lebih banyak foto-foto dan tentunya lebih mahal dari buku sebelumnya.
Butuh waktu lama membacanya, kenapa? yah, apalagi kalau bukan penyakit lama yang bernama malas yang sepertinya masih suka mendekati saya hingga sekarang. Padahal saya sudah sering menolaknya. :D

Penyampaian yang sedikit berbeda dari buku pertama, disini Agustinus mengungkapkan secara eksplisit refleksi dirinya atas apa yang dia lihat dan alami. Menurut saya, buku ini lebih segar dari sebelumya, tak jarang saya dibuat tersenyum ketika membacanya. Dan seperti buku sebelumnya, Agustinus membawa kita untuk menyelami budaya dan adat mereka.

Garis batas tak terlihat, namun langkah dan embusan napas kita diperngaruhi olehnya. (hal.7)

Tajikistan, Kirgizstan, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Turkmenistan. Lima negara yang mempunyai budaya dan adat masing-masing. Hanya satu kesamaan mereka selain berakhiran stan, negara pecahan Soviet.

Tajikistan dengan negerinya yang elok dan kemiskinan yang mendera.
Kirgizstan dengan keganasan korupsi dan polisinya serta bangsa nomadnya.
Kazakhstan dengan harga mahal yang merajalela dan penduduknya yang sedikit.
Uzbekistan yang mengisolasi diri dari dunia luar dan negara yang tidak normal.
Turkmenistan dengan abad emasnya, sang Turkmenbashi dan kitab Ruhnama-nya.

Setiap negara butuh jati diri untuk tetap berdiri. (hal.395)

Lalu, apa jati diri negara kita?
1 like · Likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Garis Batas.
Sign In »

Reading Progress

04/24/2011 page 132
25.0% "Kereeeennn..."
show 1 hidden update…

Comments (showing 1-9 of 9) (9 new)

dateDown arrow    newest »

Nabila Budayana setuju!!!*sy jg sedang berjuang*


message 2: by miaaa (new)

miaaa baru nyampe kyrgiztan hehe ikut trenyuh dengan yg dia share mengenai etnis minoritas :D


Rhea masih jauuuh mia...:D
iya tuh, meskipun satu negara tapi masih juga dikotak-kotak.


message 4: by miaaa (new)

miaaa masih jauh yah perjalanannya hehe
emang sengaja sih rhea, dibaca per bab negara dan di antara buku2 lain jadi gak khusus fokus ke buku ini ajah :D


Rhea hihihi, selamat menikmati yak.
kalo sampai di Uzbekistan dan Turkmenistan malah lebih seru.
Negara yang aneh menurutku. :D


message 6: by miaaa (new)

miaaa turkmenistan yang penguasanya super narsis itu yah? hahahaha *ingat update ito jimmy*


Rhea hahahaha.... begitulah. super narsis abiiizzz...
eerrr... bukan spoiler kan?


message 8: by miaaa (new)

miaaa tentu tidak, soalnya aku dan echa udah sempat liat foto2nya di bab itu hahahaha dan si gus weng sempet cerita pas diskusi klub buku hadeeeeh segitunya jadi penguasa dia kira ketua RT kali yah


message 9: by Rhea (last edited May 22, 2011 11:46PM) (new) - rated it 5 stars

Rhea hahaha.... kalo kita tetanggaan ama dia, nama kita pasti sudah diabadikan jadi nama jalan tuh. :D


back to top