Sweetdhee's Reviews > Ranah 3 Warna

Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi
Rate this book
Clear rating

by
3342067
's review
Jan 30, 2011

really liked it
bookshelves: bahasa-indonesia-asli, punya
Read from January 29 to 30, 2011

tanggal 23 January buku ini diberikan Mba Nina pagi-pagi sekali ke meja kerjaku..
makasih ya mba Truly dan Ijul yang udah mau direpotin..
wah, sampulnya keren yaa, penasaran apa maksud ranah3warna dan arti sepatu plus daun-daun maple nya
menyembul kemudian si pembatas buku nya
wah!keren!
dan ketika menelusuri detail buku untuk mencari tahu siapa pewajah sampulnya, eh, eh ada nama yang aku kenal di deretan nama yang ada di halaman tersebut..
hihihihi *diceburin ke kolam renang*
setelah mengintip petanya, mulai deh nebak judulnya ini kemana

baru mulai baca setelah Good Omens yang ga jelas itu rampung, itu juga karena sambil nungguin Mba Rili selesai marah-marah sama provider logistic (ARGGHHH!!!)
ga kerasa udah 70an halaman selesai dibaca sebelum meluncur ke pempek Gaby di Bekasi (ga penting info nya nih)
diteruskan lagi pas nungguin yang janji mau bawa Warna Langit datang di kolam renang sambil bersungut-sungut ga bisa ikutan nyemplung
hix, hix
terus kemudian membahas masalah spanduk itu.. ealah, ternyata ini tho yang bikin heboh di email.. hihihihi
salah cetak kali yaaa, kurang satu huruf doank, bu..

overall, aku suka banget buku ini
bahasa yang dipakai Mas (apa Uda? apa Bang?) Fuadi mengalir banget
ga kerasa kalau buku nya ternyata tebal saking asik mengikuti cerita petualangan jatuh dan bangunnya Alif
semua perasaan, pikiran, baik ataupun buruk yang sempat nangkring di kepala dan hati Alif disampaikan secara gamblang dan ga bikin Alif jadi sosok yang sempurna

sempet nangis waktu adegan Ayah Alif, sempet ikut bergelora waktu Alif ambil kerja serabutan demi membiayai kuliahnya, ikut berkeringat waktu digembleng bang Togar, cekikikan sama gaya antik Rusdi di Yaman, bersemangat pas nyari beasiswa, merasa nasionalis pas adegan upacara bendera, dan geregetan menanti nasib surat untuk Raisa saat wisuda

aku suka buku ini
membuat kembali merenung
hayo, dhee!!
sebelum pusing mikirin bagaimana bisa mencapai mimpi, bisa atau tidak
yang harus dipikirkan benar-benar, MIMPI nya itu sendiri apaaaaaaaaaa?

semangaaaaaaaat!!

ga salah juga buku ini aku hadiahkan ke Mas Ferry yang mau resign
bunch of thanks ya, Bos!
i owe you , like, A LOT!!!!
you're one of the persons who'd packed my parachute
sedih juga sih, tapi setiap orang harus mengejar mimpinya, no?
semangat ya, Bos!!

****
ada beberapa kalimat yang saya tandai di buku ini
diantaranya:
Aku akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa hidup itu masalah penyerahan diri. Kalau aku sudah bingung dan capek menghadapi masalah tekanan hidup, aku praktikkan nasihat Kiai Rais, yaitu siapa yang mewakilkan urusannya kepada Tuhan, maka Dia akan 'mencukupkan' semua urusan kita. 'Cukup' kawanku. Itu yang seharusnya kita cari. Apa artinya banyak harta tapi tidak pernah merasa cukup? Itulah janji Tuhan bagi orang yang tawakal. Aku ingin tawakal sempurna. Aku ingin dicukupkanNya segala kebutuhan.
Hal.35


Aku anak kampung yang miskin, tapi tidak mengenal kemiskinan akut perkotaan. Sesusah-susahnya aku hidup di kampung, kami punya baju layak dan selalu ada sanak saudara yang akan memberi sekedar makan
Hal.161
Nah, ini jawaban atas pertanyaan kenapa banyak banget yang miskin di desa tapi ada yang tetap leha-leha ada yang kerja banting tulang..

Bahwa meminjam itu lebih berbahaya daripada meminta. Begitu kita meminta, apapun obyeknya, pasti telah diputuskan untuk diberikan oleh yang punya. Semua terang benderang. Ada ijab dan kabul. Ada yang ikhlas memberi dan ada yang ikhlas menerima. Tapi ketika sesuatu dalam status dipinjam, tidak ada kata putus di sana. Mungkin selalu ada benih konflik yang ikut tertanam bersama meminjam. Dia bisa beracun dan laten.
Hal.172

Segala sesuatu ada waktunya. Aku ikhlaskan tangan Tuhan menuntunku meraih segala impian ini
Hal.461

Jarak antara sungguh-sungguh dan sukes hanya bisa diisi dengan sabar.
Hal.468
***

ga jadi bintang empat, bintang lima aja deh
hihihihi
*takut sama lirikan di kolam renang*
wakakakak
3 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Ranah 3 Warna.
Sign In »

Reading Progress

01/28/2011 page 102
22.0% "hix.. inget Bapak.."
01/29/2011 page 473
100.0% "ok, jadi sebelum bertanya, "bagaimana menggapai mimpi?", aku harus menemukan jawaban, "apa mimpiku?" terlebih dahulu.. huehehehehehe"

Comments (showing 1-18 of 18) (18 new)

dateDown arrow    newest »

Truly hus..... dibaca aja terus bikin repiu baru ajak daju ngegosip yah dhee


sastrapertala iya ngegosip aja, mana review-nya? :p


Sweetdhee Ahahaha, ada yg ngerasa gak yah?
*dilempar tongseng ayam*
Wakakakak.. Hmmm, perlu direview ga ya? Hi3.. Tar dolo donk, good omens nya blm slsai dibaca neh


sastrapertala Perlu donggg.. *siap2 lempar sate kambing & jus duren*
heuehuehue...


Sweetdhee Dih, jus duren sate kambing, ga da yg gw doyan.. *mikir kapan ya bacanya*


Nanny SA yuk bln depan aja Dit -kan tinggal seminggu-,
selesain dulu buku yg lg dibaca :)


Sweetdhee Ayuuuk.. Kalo mau mulai bilang2 ya, ceu...


Nanny SA ihh..udah tamat aja, ngasih berapa bintang :)


message 9: by Sweetdhee (last edited Jan 29, 2011 11:14PM) (new) - rated it 4 stars

Sweetdhee hehehehe, iyah.. bahasanya enak, jadi baca nya ikut ngalir.. ini juga gara-gara nemenin orang berenang tadi pagi..
hihihihi
*lirik yang bisa dilirik*

Empat bintang boleh lah.. tadinya mau lima, tapi ada yang mau dilirik, jadi empat bintang aja deh
hueheheehehehehehehe


message 10: by Nenangs (new)

Nenangs redaksi...emang koran/majalah? editor kali?


Sweetdhee hihihii.. emang redaksi khusus buat koran/majalah yah?
*beneran nanya serius*


message 12: by Nenangs (new)

Nenangs ralat komen sendiri dikit...redaksi tu hasil tulisannya (pilihan kata/istilah, susunan kata, dll).
orangnya: redaktur ==> artinya menyempit jadi penyunting berita yg ditulis para jurnalis/wartawan.

jajaran redaksi: ???
jajaran redaktur: tim pemilih/penyusun berita.

ah...mungkin bung tomo atow den qui lebih faseh soal definisi2an...:)


message 13: by Sweetdhee (last edited Jan 30, 2011 02:35AM) (new) - rated it 4 stars

Sweetdhee ooo, gitu..
makasih inpo nya, kang..
hmmm, baiklah
*mikir2 mo ngedit gimana itu isi review yaaah*


sastrapertala ngelirik aja pake ngurangin bintang.. hehehe..
pasti gara2 kelamaan nunggu orangnya, ya? :p


Sweetdhee ehehehehe, tuh ga jadi dikurangin bintangnya
ahahahahahaha, ga kelamaan sih, cuma geregetan aja ga bisa ikutan nyemplung
*manyun*


Truly udah enggak suah panjang lebar..
jadi siapkah dia????
kayak kuis nih kita


Truly eh baru sadar, kira dikenalin sama sebagian besar teman sekantor dhee. Boleh juga nih...


Sweetdhee Maksudnya?


back to top