m. ulinnuha's Reviews > Fantasy Fiesta 2010: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2010

Fantasy Fiesta 2010 by R.D. Villam
Rate this book
Clear rating

by
2995923
's review
May 01, 11

bookshelves: buy, fantasy, indonesian, cerpen-collection, read-in-2011, i-own-a-copy
Read from April 24 to May 01, 2011

Setelah lama nyari buku ini, akhirnya ketemu bulan kemarin, di rak Sastra deketnya kamus-kamus (doh)

Ternyata cerpen-cerpen di buku ini nggak murni fantasi, ada beberapa yang dicampuri dystopian (kalau nggak salah :p). Dan saya salah menduga kalau cerpennya bakal nanggung. Saya awalnya mengira cerpen-cerpen di sini bakalan cuma bagian kecil dari kemungkinan novel yang akan di buat masing-masing pengarang. Tapi ternyata tidak. Tanpa bertele-tele di deskripsi, kebanyakan cerpen di sini sudah cukup membuat puas :)

Saya suka cerita-cerita manis dan yg memiliki unexpected ending seperti Candu Aksara (empat jempol deh), Kota Para Penjarah (heroine-nya kerenn; Buas dan memikat), Api (suasana thrillernya kerasa sekali. Saya suka ide cerita ttg 'paranormal' yg kewalahan menghadapi makhluk mitos) Boxinite (suka aja sama cerpen ini), Anak Lelaki dan Si Pengubah Wujud (salah satu favorit saya).

Cerpen-cerpen lain juga tidak kalah bagus. Masing-masing memiliki kekuatan sendiri: ada yang bercerita tentang jin vs demon hunter, peperangan kerajaan, tentang immortal yang mencari kenangan masa lalunya, tentang dewa-dewi Yunani, sihir menggunakan tarian dan musik (konsep yang menarik; mengingatkan saya pada Barren's Dance / Tarian Tanah Tandus), tentang kontrak hidup, tentang buku dan kehidupan, dan lain-lain.

Umm, saya sebenarnya agak kesulitan menangkap isi cerita beberapa cerpen seperti Sang Pelukis, Kerinduan Buku, dan Hari Terakhir. Yah, mungkin perlu dibaca lagi kali ya..

Intinya, fantasi itu sebenarnya luas cakupannya. Nggak melulu sihir, pertempuran, dan kerajaan. Dan banyak pelajaran menarik dari antologi fantasi ini..

Covernya bagus, namun menurut saya ada bagian editing-proofreading-nya yg masih perlu diperbaiki. Saya memberi 3,5 bintang untuk Fantasy Fiesta 2010 ini :)
6 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Fantasy Fiesta 2010.
sign in »

Comments (showing 1-3 of 3) (3 new)

dateDown_arrow    newest »

Dewi Kirana Makasih udah membeli, membaca dan mereview buku kami! ^_^


message 2: by m. ulinnuha (last edited May 04, 2011 12:38AM) (new) - rated it 3 stars

m. ulinnuha Sama-sama Mbak..
(Wih, dikomentari pengarangnya langsung :D )

Bukunya emang keren kok, saya suka sama twist-twist tak terduga-nya :))


message 3: by Luz (new) - added it

Luz Balthasaar Hohoho, Mas Ulin ternyata sudah mengintip kumcer ya. Wkwkwkw. Thanks dah baca ya Mas! :D


back to top