Farah's Reviews > The Agony Of Alice

The Agony Of Alice by Phyllis Reynolds Naylor
Rate this book
Clear rating

by
2112750
's review
Aug 25, 2011

it was amazing
bookshelves: fiction, reviewed, novel, teenlit
Read in September, 2010

Ngga ada satu orangpun yang pernah bilang sama gue, kalo jadi remaja itu SUSAH.
Lebih susah dari sekedar naik metromini ke melawai, terus ngerjain soal-soal spmb yang hasilnya cuma bisa menjawab 4 pertanyaan buat mata pelajaran matematika yang jumlah soalnya ada.. 25. And double that.

Lebih susah dari sekedar bangun pagi-pagi buta, menyeret badan ke kamar mandi, cuci muka-gosok gigi-pake kaos kaki dan sepatu lari, lalu membuka pintu pagar, nyalain mp3, dan mulai pemanasan. Lari pagi. Selama 3 bulan berturut-turut. And still, you can double that.

Menjadi remaja itu, SUSAH.
Sesusah menahan gejolak cinta yang deritanya tak pernah berakhir.
Menahan godaan untuk TIDAK selalu naksir pada SETIAP remaja cowok yang kakinya panjang, lebih tinggi dari dirinya sendiri, tidak dekil, tidak bau jempol, dan kaos kakinya tidak bolong, YANG LEWAT didepannya. You can ask Patkay for that. Kalo ngga percaya.

Tapi untung ada mama yang membantu gue melewati semua itu dengan baik.
Yang memberi tahu bedanya Laurier kemasan warna hijau dan pink. Dan kemudian menyarankan untuk ganti pake Charm maxi, karena lebih safe. Dan nyaman. Dan ngga iritasi.

Yang dengan segera menyerahkan setumpuk miniset setelah gue mengadu, "tadi pas pelajaran olah raga, DADA aku diliatin melulu ama anak laki2! Lagian ngapain sih gurunya nyuruh lompat2 ditempat? Kurang kerjaan!" *tendang kursi*

Yang melarang ngga boleh main hujan-hujanan di luar lagi. "Karena kamu kan udah ada TETE-nya." *ngejengkang*

Yang mengenalkan bedak Harum Sari..

Yang membekali sisir, handuk dan baju dalam bersih di hari-hari setiap kali ada pelajaran olah raga.

Yang memilihkan baju baru buat lebaran karena kebanyakan baju gue saat itu adalah kaos dan jeans. *mama beringsut pelan. menyerahkan sehelai blazer dengan busa di bahu, dengan rok selutut yang serasi.* "Nih nanti dipake pas mau ke rumah Bapak (kakek) yah." *nangis darah*

Tapi disamping hal-hal tersebut, diantara hal-hal yang membuat hidup seorang remaja menjadi lebih mudah dalam melewati masa-masa puber, bergulat dengan hormonnya yang bergejolak, terkadang ada keputusan yang membuat si remaja nyaris memilih untuk tinggal di kaki Gunung Kilimanjaro. Sendirian. Menempuh perjalanan dengan berjalan kaki. Dari Pondok Gede. Karena tidak sanggup menanggung malu.

Siapa yang bisa menanggung kepedihan hati macam ini? Remaja manapun tidak akan ada yang sanggup.


Sang ibu menuntunnya dengan senyum sumringah.
"Jadi rambut kamu akan dipotong hari ini. Mama ada salon baru. Mama cocok kok potong rambut disitu. Kamu mau ya? Kan sebentar lagi masuk SMP. Biar rambutnya rapih sedikit."
"Aku ga mau potong rambut! Ga suka salon!"
"Dirapihin aja kok. Janji deh ngga pendek2.."
"Bener ya? Ngga pendek2 ya?"
"Janji"
"Dari dulu aku potong pendek terus rambutnya, sekarang mau panjangin!"
"Iya boleh dipanjangin, tapi asal rapih. Makanya dirapihin. Potong dikit aja."
"Se-dikit apa?"
"satu senti?"
Si remaja memainkan helai-helai rambutnya sambil berpikir. Satu senti.. berarti.. masih bisa di bawah bahu deh panjangnya. Ia menatap sengit ibunya. Teringat akan dendam lama.
"Bener ya cuma satu senti?"
"Bener, suwer deh," ibunya mengangkat jari, membentuk huruf V.

Setengah jam kemudian, sang anak ditemukan sedang menangis di depan pintu salon. Menangisi helai-helai rambutnya yang diamputasi. Menangisi masa depannya. Hari-hari barunya. Mulai saat itu, nama gue tinggallah nama. Nama yang melekat, pada sosok remaja dengan potongan rambut seperti MELISA SEMUT-SEMUT KECIL yang menggelitik bagian belakang lehernya. Seumur kelas 1 SMPnya. Karena tipu muslihat kapster salon, dan ibu kandungnya sendiri."
11 likes · flag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read The Agony Of Alice.
Sign In »

Comments (showing 1-38 of 38) (38 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by Harun Harahap (new)

Harun Harahap Bwahahaha..tanteeee, Harun kangeeeeeennnn..

*sungkem ma emaknye Farah*


message 2: by Harun Harahap (new)

Harun Harahap Wait..wait..wait..

Cuma ngerjain 4 soal matematika spmb dan lo masuk UI? Buruuuannn lo kasih tau lo pake dukun yang mana? Biar gw cepet lulus kuliah nih..bosen gueeeeeee...*curcol*


Farah dih.. masi online aja jam segini?


Farah Harun Harahap wrote: "Wait..wait..wait.. Cuma ngerjain 4 soal matematika spmb dan lo masuk UI?*"

Itu keberuntungan khusus orang2 yang bernaung dibawah zodiak VIRGO Run. Kelahiran bulan September. Dimana ibu bumi membantu doa-doa para perawan suci.. *disamber petir Zeus* *matek*

Dulu itu, sistem penilaian spmb adalah kalo bener nilainya = (x4), kalo salah nilainya = (-1).
Jadi walopun gue cuma ngerjain 4 soal, kalo bener semua, total point buat matematikanya udah 16.
Daripada gue ngerjain 15, taunya benernya cuma 3, sisanya salah semua, pointnya jadi gini (3 -> soal yang bener X 4) -12 -> soal yang salah. Total = -9 dong XD
Ngga tahu sekarang masih berlaku sistem begitu apa engga.


message 5: by Harun Harahap (new)

Harun Harahap Baru sampe Rumah nih abiz ngegosip ma temen pas jam kuliah.. *dilempar spidol*


Farah Harun Harahap wrote: "abiz ngegosip ma temen pas jam kuliah.."

Ah Helpless kamu. Bahkan mak erot pun tak bisa membantumu cepat2 lulus kuliah kalau kamu tetap begitu! mending ke KUA aja deh. *eeaaa* *ditiban kincir angin Hema*


message 7: by Harun Harahap (new)

Harun Harahap Duhh..mak erot mah bukan bisa bikin cepet tapi bikin panjang. Hiahaha.. *ketiban pohon pisang* *kenapa pisang?*

Ke KUA ngapain far? Minjem duit buat beli angkot? *KUA=Koperasi Unit Angkotan* *mabok*


Farah Yes, bikin panjang. termasuk panjang jodoh. Nanti gue mau kesana, biar jodoh gue ada yang panjang-panjang.. *sengaja* *biar ambigu* Mau bareng ga? Dimana si tempatnya?

Lo ke KUA buat ngedata, Run.. berapa banyak jumlah penduduk suatu daerah tertentu, berjenis kelamin pria, yang sudah mencapai usia siap nikah. Buat 'kenalan' gue. Ada lah. Jangan tanya siapa. *nyasar*


message 9: by Harun Harahap (new)

Harun Harahap Soktau gw sih sukabumi yah.. Tapi soktau gw lagi yg manjangin bukan si emak tapi udah anak apa cucunya gitu. Apa kita sekalian ke KUA sukabumi buat ngedata pria siap panjang eh siap nikah?


Farah Sukabumi jauh ah. Dingin lagi. Gue ngga tahan dingin, ngga tahan laper, ngga tahan panas, ngga tahan kalo kebelet pipis. Riweuh deh. Udah elo aja. Sini berlutut!

Dengan ini aku mengutusmu, untuk menunaikan tugasmu di Sukabumi, Lord Harun.

*menyentuhkan pedang ke bahu kanan dan kiri Harun yang berlutut di hadapan singgasanaku*


message 11: by Harun Harahap (new)

Harun Harahap Ur words is my command, Lady (gagu)!!!

*nyetop bajaj* *bang, sukabumi goceng yah?* *disembur bajuri*


Farah Wha-wha-what did you say, huh?
Sorry, I cannot hear you, I'm kinda busy.
K-kinda busy
K-kinda busy
Sorry I cannot hear you
K-kinda busy.. *melenggang*


message 13: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee Sedeng.. Hahahaha..
*hiburan subuh-subuh*


message 14: by Speakercoret (new)

Speakercoret *SGNT*


Farah Speakercoret wrote: "*SGNT*"

Apa itu?


message 16: by Weni (new)

Weni review Farah selalu menghibur :))


Farah Weni wrote: "review Farah selalu menghibur :))"

terima kasihhh :D *peyuk*


message 18: by Pandasurya (last edited Sep 22, 2010 08:40PM) (new)

Pandasurya ripiunya Kucai! :-p

buat Farah, SGNT itu konon katanya = ROTFL..
SGNT (sunda) = seuri gugulingan na tegel (ketawa guling2 di lantai (tegel)


message 19: by Leli (new)

Leli review n adegan tom&jerry-nya bareng harun, wen..
luar biasaaa

Weni wrote: "review Farah selalu menghibur :))"


message 20: by Iyut (new) - rated it 3 stars

Iyut huahahaha.. iya miss Lel.. kalo lagi butuh ketawa, mampir aja di repiunya Farah, dan jangan lupa undang Harun..


message 21: by Iyut (new) - rated it 3 stars

Iyut -baru kelar baca repiu.. tadi vote dan komen dulu-

waakakakakak.. Melisa semut-semut kecil yaaaa *SGNT*


message 22: by Nanny (new)

Nanny SA numpang SGNT


Farah jangan suka pada memuji gitu ah..
*merendah* *ampe tiarap* XD


message 24: by Harun Harahap (new)

Harun Harahap Farah, jangan tiarap di situ. Pipisnya bocchi belum dipel..


Farah eh sorry sorry sorry Jek. *pasang webcam* *muntah keong racun*
My Bocchi udah ngga pipis di lantai lagi tau.


message 26: by indri (new)

indri untunglah masa remaja gue udah lewat.. tapi prasaan gak susah2 amat. cuma sekolah, les, nonton, maen basket, flirting2, gitu deh..

belajar buat umptn santai2 ajah, (santai itu les seminggu sekali sepanjang hari minggu, LOL) toh keterima di ui dicurigai karena program pemerataan.. (untg sma di surabaya) walo nangis2 ga keterima di bandung..
lha koq malah curcol nostalgi..

jadi orang dewasa lebih susaah..
ga curcol bagian ini :)


message 27: by Mery (new)

Mery haduh makin ngakak masuk sini =))
*sroooot* *narik ingus*


message 28: by erry (new)

erry *numpang ngakak*


message 29: by an (new)

an hahihahi.... da ripiu lain ga?

-ketagihan ripiu ka'sarah. eh... farah :P-


Farah indri wrote: "jadi orang dewasa lebih susaah..."

jadi orang dewasa yang kelamaan dipacarin apalagi *curcol nista* *dijorokin ke Kalimalang*


message 31: by indri (new)

indri Farah wrote: "indri wrote: "jadi orang dewasa lebih susaah..."

jadi orang dewasa yang kelamaan dipacarin apalagi *curcol nista* *dijorokin ke Kalimalang*"


kelamaan dipacarin ga diajak nikah??


message 32: by Harun Harahap (new)

Harun Harahap bwahahaha..geblekkk..dari hatiiii..

*pasang mic* *srooottt, buang ingus* aheeemm..

Aku bertahan karna ku yakin cintaku kepadamu..
sesering kau coba tuk mematikan hatiku..
takkan terjadi karna ku tahu kau hanya untukku..

aku bertahan ku akan tetap pada pendirianku
sekeras kau coba tuk membunuh cintaku..
dan aku tahu kau hanya untukku…

Tatap mataku dan kau akan tahu…
Semuanya yang kurasakan…



message 33: by Speakercoret (new)

Speakercoret ikutan ngamen samping harun

Karena ku sanggup walau ku tak mau
Berdiri sendiri tanpamu
Ku mau kau tak usah ragu
Tinggalkan aku
Huuu.. kalau memang harus begitu

Tak yakin ku kan mampu
Hapus rasa sakitku
Ku ‘kan selalu perjuangkan cinta kita
Namun apa salahku
Hingga ku tak layak dapatkan kesungguhanmu



eeeeh kalimalang? ntar jam 5an gw lewat situ gw tolongin deh... sabar yeeeeee.... nyangkut dimane dulu gih, jangan anyut... ati2 banyak buaya...


message 34: by Mery (new)

Mery eh kalimalang? nitip salam buat pacar dong :D
haghaghaghag


Farah sha wrote: "hahihahi.... da ripiu lain ga?-"

nanti yah, mikir dulu mau review apalagi XD


Farah indri wrote: "kelamaan dipacarin ga diajak nikah??"

diajak sih.. 6 tahun kemudian. ini baru masuk tahun ke-4 XD


Farah Harun Harahap wrote: "Aku bertahan karna ku yakin cintaku kepadamu.."

Kalo dia sih,, aku bertahan karena belum cukup uang tabunganku XD
*tampar harun pake baling-baling bambu*


Farah Speakercoret wrote: "Karena ku sanggup walau ku tak mau"

*minum baygon pake sedotan*

M o m o wrote: "nitip salam buat pacar dong :D
haghaghaghag"


Baiklah, coba nanti kalo saya sempet ngapung dan kebetulan ketemu, saya salamin..


back to top