Harun Harahap's Reviews > Panggil Aku Kartini Saja

Panggil Aku Kartini Saja by Pramoedya Ananta Toer
Rate this book
Clear rating

by
2109023
's review
Sep 06, 10

bookshelves: punya, indonesian, fiksi-sejarah
Read in September, 2010

Sebuah biografi mengenai pahlawan perempuan Indonesia yang paling terkenal di antara yang lain. Bahkan bangsa ini menetapkan sebuah tanggal untuk mengenang dirinya.Setiap tanggal 21 April, diadakan banyak kegiatan juga untuk mengenang jasa-jasanya. Dia tak mengangkat senjata api ataupun bambu runcing. Dia bersenajatakan pena dan menyuarakan isi hatinya tentang Rakyat Indonesia di dunia internasional. Beliau adalah Raden Ajeng Kartini.

Tulisan yang dibuat oleh Pramoedya ini mengenalkan kita lebih dekat dengan sosok Kartini Biografi ini dimulai dengan menceritakan era tanam paksa di Hindia Belanda. Leluhur dari Kartini yang memang bangsawan dan berpendidikan pun diceritakan hingga ada sebuah silsilah sederhana yang menarik tentang keluarga Kartini.

Buku ini meluruskan pemahaman saya selama ini mengenai hubungan Kartini dengan ayahnya. Saya kira selama ini, hubungan mereka berdua tidak baik dan begitu tegang. Namun, ternyata Kartini sangat menyayangi ayahnya. Kartini sangat menghormati ayahnya walaupun kadang ia bersikap keras dengan keinginan-keinginan Kartini yang terlalu tinggi bagi kaumnya saat itu.Ada potongan surat mengenai betapa ia memuja ayahnya:
”Ia dapat begitu lembut, dan dengan lunaknya mengambil kepadaku pada kedua belah tangannya, begitu hangat dan mesranya tangannya merangkul daku, untuk melindungi aku daripada bencana yang datang menghampiri. Ada aku rasai cintaku yang tiada terbatas kepadanya dan aku menjadi bangga, menjadi berbahagia karenanya.”(Surat Jepara 25 Mei 1899, kepada Estella Zeehandelaar)

Di buku ini juga diceritakan sosok Kartini sebagai seniwati. Kartini adalah seorang pembatik, pelukis bahkan pemusik. Bahkan di dunia kepengarangan, namanya pun sudah dikenal luas. Sering kali surat kabar ingin memuat tulisan-tulisan Kartini. Walaupun akhirnya kadang tertahan karena dilarang oleh ayahnya. Dilarangnya bukan tanpa alasan tapi karena ayahnya takut pemikiran-pemikiran Kartini lewat tulisannya bisa membahayakan Kartini sendiri dan keluarganya.

Kartini mendapatkan sesuatu hal yang jarang didapatkan sesamanya saat itu, pendidikan. Dengan itu aia bisa membaca dan menulis sehingga bisa mengenal jauh lebih luas mengenai negerinya dan dunia internasional pada umumnya. Walaupun ia keturunan bangsawan, Kartini menolak adanya feodalisme di dalam kehidupan rakyat Indonesia. Ia merasa bahwa bukan saja karena Negeri Belanda yang menjajah tapi sesame pribumi pun ikut menjajah sebangsanya sendiri.Dengan feodalisme, sangat mudah bagi dunia barat untuk menjajah negeri ini. Kartini yakin kemajuan rakyatnya dihalangi oleh feodalisme itu sendiri.

Saya akan menutupnya dengan sebuah kutipan dalam buku ini pada halaman 287:
”Bagi Kartini, Cinta tidak pernah buta. Cinta baginya adalah member-memberikan segala-galanya- dan berhenti memberi apabila nafas berhenti menghembus.”
10 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Panggil Aku Kartini Saja.
sign in »

Comments (showing 1-50 of 72) (72 new)


Siagian Dewi ditunggu review-nya, pasti bakal keren nih *menanti besok*


message 2: by Farah (new)

Farah Ibu Kita Kartini.. HARUN namanyaaa~~


Harun Harahap *tabok farce*


message 4: by Farah (new)

Farah Harun Harahap wrote: "*tabok farce*"

*menatap Harun dengan pandangan nanar*
Puas kamu, Mas??! Puas kamu?! Tampar lagi!! Tampar aku lagi, Mas!!! Biar kamu puas!!

nanananana~~
*mulai gila*


message 5: by Speakercoret (new)

Speakercoret *gelar tiker*
asik sinetron baru, mayan buat ngabuburit :)


lita lumayan nih, ada hiburan buat ngabuburit nunggu lebaran. sini, mute, duduk sini *gelar tiker*


Harun Harahap *kabur naek ojek*


message 8: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee ahahahahaha..
*mabok farah hari ini*


lita @Amang: korbannya dah kabur naik ojek tuh.

biasanya kan pelaku ya yang kabur, kok ini malah korban yang kabur *geleng-geleng*


message 10: by Farah (new)

Farah tiga kali puwasaa~ tiga kali lebaraaan..~
abang ga pulang-pulang..~

*maenin kecrekan di lampu merah*


Harun Harahap AmpuniSahabatBaimYaAllah...


message 12: by Farah (new)

Farah lita wrote: "biasanya kan pelaku ya yang kabur, kok ini malah korban yang kabur *geleng-geleng*"

Korbannya aku loh.. kan aku yang ditabok sama Harun..
*nunjukin pipi* *pipi yang abis ditabok Harun*
Lihatlah tanda... merah dipipi.. bekas gambar tanganmu~
*nyanyi lagi*


message 13: by Alisyah (new)

Alisyah Samosir Sayang sekali meninggal di usia muda :-(


Harun Harahap *bekep farah* *masukin dalam karung* *geret ke bunker*


message 15: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee *ngikik pelan-pelan padahal pengen ngakak*


Harun Harahap Alisyah wrote: "Sayang sekali meninggal di usia muda :-("

yap, memang banyak orang baik yang hidupnya singkat..


message 17: by Iyut (new)

Iyut huahahahaha

*eh ini sinetron drama nangis nangis apa sinetron komedi sih???*


message 18: by Farah (new)

Farah Harun Harahap wrote: memang banyak orang baik yang hidupnya singkat.

Agree. Karena, surga tidak bisa menunggu lebih lama lagi untuk berjumpa dengan mereka :)

Dan kenapa orang jahat meninggalnya lama? atau yang kayak di film, ditembak tapi ngga mati2?
Karena Tuhan menunggu apakah mereka mau tobat atau enggak. Atau, neraka yang males mau nerima mereka cepet2.

*pake kacamata* *mendadak serius*


message 19: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee kek nya FTV remaja, Mba iyut..
yang maen khan masih ABG tuh..


Harun Harahap Farah wrote: "Harun Harahap wrote: memang banyak orang baik yang hidupnya singkat.

Agree. Karena, surga tidak bisa menunggu lebih lama lagi untuk berjumpa dengan mereka :)

Dan kenapa orang jahat meninggalnya l..."


*jabat tangan erat*


message 21: by Iyut (new)

Iyut asal bukan alay or ababil deh :)


message 22: by Alisyah (new)

Alisyah Samosir Farah wrote: "Harun Harahap wrote: memang banyak orang baik yang hidupnya singkat.

Agree. Karena, surga tidak bisa menunggu lebih lama lagi untuk berjumpa dengan mereka :)

Dan kenapa orang jahat meninggalnya l..."


Sekarang saya tau kenapa ada orang yang usianya sangat panjang dan gak dipanggil2 jga :d


message 23: by Farah (new)

Farah Iyut wrote: "asal bukan alay or ababil deh :)"

m4sUdnYii44h? sYp y9 4LaY s!1ch? H4rUn iiiaaappHH? *dilindes Harun pake gerobak roti*


message 24: by Speakercoret (new)

Speakercoret Alisyah wrote: "
.....
Sekarang saya tau kenapa ada orang yang usianya sangat panjang dan gak dipanggil2 jga :d "


hihihi ga bisa disamaratain juga dong :)


message 25: by Iyut (new)

Iyut Farah wrote: "Iyut wrote: "asal bukan alay or ababil deh :)"

m4sUdnYii44h? sYp y9 4LaY s!1ch? H4rUn iiiaaappHH? *dilindes Harun pake gerobak roti*"


*nambahin 2 karung beras ke atas gerobak roti*


message 26: by Farah (new)

Farah Harun,
*ehem*

komentar untuk review ini udah ampe 25 yah.. jangan lupa janjinya buat nraktir gue kalo komen reviewnya udah nyampe 25..
Sudah dilaksanakan sesuai perintah yah

thank you in advance loh *lempar ciyum dari jauh*


message 27: by Iyut (new)

Iyut ehem.. yang bantuin sampe komennya lebih dari 25 juga ikutan ditraktir kan ya? *lirik harun, gak berani cium*


message 28: by Farah (new)

Farah Iyut wrote: *lirik harun, gak berani cium*"

Lempar aja makanya :D Dipungut syukur, ngga dipungut, ya cari batu bata..


Harun Harahap Farah wrote: "Harun,
*ehem*

komentar untuk review ini udah ampe 25 yah.. jangan lupa janjinya buat nraktir gue kalo komen reviewnya udah nyampe 25..
Sudah dilaksanakan sesuai perintah yah

thank you in advance..."


dih..cuma 25 doank mah biasa..25 ribu tuh baru luar biasa.. Jangan cium2 di sini, far..banyak mata2..hihihi..


message 30: by Farah (new)

Farah Harun Harahap wrote: dih..cuma 25 doank mah biasa..25 ribu tuh baru luar biasa..

Tapi tapi tapi... Kamu bilang..
Jadi aku ngga dapet traktir? Jadi.. Jadi selama ini..?
Kamu memanfaatkan keluguanku!! Aku tidak percaya ini! Kamu sudah memanfaatkan kepolosanku!!
*tergugu*

*ealah. apapula tergugu itu?*



message 31: by Speakercoret (new)

Speakercoret Farah wrote: "Harun Harahap wrote: dih..cuma 25 doank mah biasa..25 ribu tuh baru luar biasa..

Tapi tapi tapi... Kamu bilang..
Jadi aku ngga dapet traktir? Jadi.. Jadi selama ini..?
Kamu memanfaatkan keluguank..."


astapiloh, ini kembaran harun ya? mirip lebainya....
*takjub*


Harun Harahap enak ajeeeeeee..gw kagak kenalllll... *nutupin muka pake sarung*


message 33: by Iyut (new)

Iyut atapillooo mut :D

pantesan Harun bilang mending kita gak usah kenalan ma Farah *tebarbibitpertengkaran*
ternyata takut tersaingi...


message 34: by Farah (new)

Farah Speakercoret wrote: astapiloh, ini kembaran harun ya? mirip lebainya..."

*ehem*
Sebenarnya, Harun itu berguru pada saya, Mbak.
Belajar dari buku yang saya tulis, "1001 cara menjadi lebay with style".
Tapi memang dia lebih dulu merambah Goodreads daripada saya. Dan saya lihat dia cukup sukses disini, menyebarkan kelebayan.

Mbak sudah beli buku saya toh? Kok ndak ada di list buku mbak? Ini padahal saya udah siapin pena lho, mbak. Mau mbagi-bagi tanda tangan..


message 35: by Farah (new)

Farah Iyut wrote: "pantesan Harun bilang mending kita gak usah kenalan ma Farah *tebarbibitpertengkaran*
ternyata takut tersaingi..."


huahahaha
*tolak pinggang*


Harun Harahap *SPEECHLESS*


message 37: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee *nepok jidat nemu 1 makhluk ajaib nan lucu hari ini*


message 38: by lita (new) - rated it 4 stars

lita ya oloh....ada yah yang lebih lebay dari harun gini *ngedadak ngerasa tua*


message 39: by Iyut (new)

Iyut silakan di-add mbak Lita :)
kalo butuh hiburan tinggal baca reviewnya Farah :D


message 40: by Farah (new)

Farah *mata berkaca-kaca*
aku terharu

*hiks*


Harun Harahap *kasih tissue* *bekas ingus gw tapi yah*


message 42: by Leli (new)

Leli harun+farah: kalian ini kaya itchy & scratchy ya..?

helo far..


message 43: by Farah (new)

Farah Harun Harahap wrote: "*kasih tissue* *bekas ingus gw tapi yah*"

ENGKONG HAJI!!! HARUN KAGAK TARAWEH NIH! MAENAN BLEKBERI MULU DARI TADI!


message 44: by Farah (new)

Farah Leli wrote: "harun+farah: kalian ini kaya itchy & scratchy ya..?

helo far.."


Helo juga, Mbak. Apa sih Itchy dan Scratchy? Taunya Binky and the Brain


message 45: by Leli (new)

Leli tom&jerry versi sadis..:D, di tipinya keluarga simpsons


message 46: by Farah (new)

Farah Leli wrote: "tom&jerry versi sadis..:D, di tipinya keluarga simpsons"

I see.. hahaha.
Bukan kok. Kita cuma temen yang kebetulan kenalan aja pas kelas 1 sma. XD


message 47: by Nanny (last edited Sep 07, 2010 05:38AM) (new)

Nanny SA ky nonton sinetron nih :)

eh..vote


Harun Harahap @leli: kita lebih seperti romeo dan juliet versi dangdut..*based on our highschool drama performance*


message 49: by Farah (new)

Farah masi inget aja, Bang..
muahahahaha


Harun Harahap *sumpel pake biji duren*


« previous 1
back to top