melmarian's Reviews > Trio Musketri

Trio Musketri by Alexandre Dumas
Rate this book
Clear rating

by
4114252
's review
Dec 09, 10

bookshelves: classics, 1001-books
Read from November 28 to December 09, 2010

Judul kisah ini boleh "Les Trois Mousquetaires" atau bahasa Inggrisnya "The Three Musketeers", namun tokoh utamanya adalah D'Artagnan, pemuda kampung dari Gascon yang gampang naik darah dan gampang mengangkat pedangnya untuk berduel.

Kisah dimulai saat D'Artagnan muda, yang baru berusia 18 tahun, pergi dari kampung halamannya di Gascon ke Paris untuk menjadi seorang musketri atau anggota pasukan pembela Raja Prancis. Ketika ia berada di kota niaga Meung, ia berkelahi dengan seorang pria misterius yang membuatnya kehilangan surat pengantar yang ditujukan kepada Kapten Musketri, Monsieur de Tréville. Karena egonya yang tinggi jugalah, dalam perjalanan menuju rumah de Tréville, ia terlibat adu mulut dan akhirnya menantang duel tiga orang musketri dalam satu hari dengan jam yang berurutan. Betapa kagetnya ia ketika menemukan bahwa Athos, Porthos, dan Aramis, musketri-musketri tersebut, adalah sahabat baik yang tak terpisahkan. Rencana duel mereka diinterupsi oleh pengawal Kardinal yang memergoki mereka hendak berduel, dan akhirnya mereka berempat pun bersatu melawan pengawal Kardinal tersebut dan melalui kejadian itu D'Artagnan resmi menjadi salah satu sahabat Athos, Porthos, dan Aramis.

Petualangan yang mereka jalani selanjutnya sungguh menarik dan penuh intrik; perselingkuhan Ratu dengan Duke of Buckingham, Sang Kardinal yang penuh tipu muslihat, perang dengan La Rochelle, kekasih-kekasih Porthos dan Aramis, masa lalu kelam dan misterius Athos, kisah cinta D'Artagnan dengan Madame Bonacieux, pelayan kepercayaan Ratu, hubungan aneh Kardinal dan Raja, dan penjahat paling jahat dalam kisah ini, yaitu seorang wanita yang dikenal sebagai Milady atau Lady de Winter.

Kisah terjalin dengan apik walau kadang terasa agak lambat, mungkin karena awalnya kisah ini adalah cerita bersambung. Akhir riwayat Milady dituturkan oleh penulis dengan greget yang pas, sedangkan bagi Athos, Porthos, Aramis, dan D'Artagnan, ada ending bagi mereka masing-masing sehingga saya agak bingung menentukan kisah ini termasuk happy ending atau bukan.

Buku ini saya beri tiga bintang, karena saya merasa emosi masing-masing karakter tidak tergali dengan baik, dan sungguh sayang dalam 537 halaman buku ini, Porthos dan Aramis hanya punya sedikit bagian sehingga tampak seperti peran pembantu saja. Padahal Porthos dan Aramis masing-masing adalah karakter yang unik dan menarik jika dieksplor lebih jauh.

Jika kalian pernah menonton filmnya, yang dibintangi Chris O'Donnell sebagai D'Artagnan dan membandingkannya dengan bukunya, maka kalian akan menemukan betapa banyak perbedaannya antara buku dan versi filmnya. Namun bagi saya itu tak menjadi masalah besar, karena baik kisah di buku maupun di film punya daya tariknya sendiri dan tinggallah kita, pembaca/penonton untuk menentukan, yang manakah favorit kita.
likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Trio Musketri.
sign in »

Reading Progress

11/29/2010 page 27
5.0%
12/02/2010 page 107
20.0% "Haduh knp gak maju2 yah?? T_T"
show 2 hidden updates…

Comments (showing 1-8 of 8) (8 new)

dateDown_arrow    newest »

message 1: by Idle Hippo (new) - added it

Idle Hippo eh ada edisi indonesia nya yah
:D


melmarian Ada... yg nerbitin Serambi. Cuman kok terjemahannya rada kaku ;P


melmarian akhirnya selesai juga. Fiuhhh


message 4: by Idle Hippo (new) - added it

Idle Hippo di rumah ada yang edisi unabridged versi english tp blom sempet kebaca, 1000 hal lebih sih :D


melmarian Klo edisi unabridged itu yg gimana sih? kok tebel bgt ya? *liat angka 1000 aja udah pusing* @_@


message 6: by Idle Hippo (new) - added it

Idle Hippo edisi uanbridged itu edisi "asli" bukuna ketika pertama terbit tanpa menghilangkan bagian cerita. kalo edisi abridged itu edisi pendek dari sebuah novel. edisi indonesia ini pasti edisi abdriged kalo liat cuman 500an halaman. banyak koq buku2 klasik yang dibikin versi pendekna seperti les miserables, the count of monte cristo dll. maksudna mungkin biar pembaca gak stress duluan liat bukuna :)) resiko na kalo baca versi pendek itu ada bagian2 cerita yang kita tidak tau dan ada karakter2 yang kurang tereksplor :D


melmarian Oh gitu... *jadi ngerti deh*
Makanya waktu baca yg ini kok rasanya kurang komplit gitu... Padahal 500an halaman tuh udah cukup tebal bagi saya :D


message 8: by Idle Hippo (new) - added it

Idle Hippo cukup koq baca yang versi abridge nya juga. jadi kalo kita gak suka gak terlalu "rugi" bacana, tp kalo bener2 suka disarankan baca versi lengkapna :D


back to top