Mery's Reviews > Thirteen Reasons Why

Thirteen Reasons Why by Jay Asher
Rate this book
Clear rating

by
1961006
's review
Oct 08, 10

bookshelves: punya
Read from July 25 to September 16, 2010, read count: 5

Masa remaja memang penuh liku-liku.
Penuh kesenangan dan kesedihan. Tapi siapa yang bilang masa-masa SMA adalah masa yang paling indah? Well gak semuanya yang mendapatkan hal seperti itu. Setidaknya bukan bagi Hannah Baker.


Suatu hari Clay Jensen menerima sebuah paket berisi 7 kaset. Ketika dia mendengarnya, dia terperanjat lantaran yang didengarnya adalah suara Hannah Baker, gadis yang ditaksirnya, gadis yang dua minggu lalu memutuskan bunuh diri tanpa sebab.

Namun ternyata kematiannya bukanlah tanpa sebab. 7 kaset itu sampai di teras rumah Clay sebagai alat Hannah menjelaskan kenapa dia memutuskan melakukan bunuh diri. Dan tanpa diduga, Clay adalah salah satu dari alasannya melakukan bunuh diri.

7 kaset, 13 kisah, dan sederetan nama yang menyertai alasan Hannah melakukan bunuh diri sedang beredar melalui kaset. Mereka yang mendapatkan kaset rekaman itu akan mendapati hidup mereka berubah untuk selamanya. Terlebih, mereka akan mendapati mereka berubah dalam memandang kehidupan.


Everything . . . affects everything


Begitulah taglinenya.
Selama baca buku ini, kita akan diajak Hannah untuk mengetahui bahwa apa yang kita lakukan ke orang lain bisa berdampak baik maupun buruk.
Misalnya saja, saat orang sedang dalam kondisi sedih, dan kita tidak tahu dia sedang sedih tiba-tiba melakukan sesuatu yang tanpa sengaja malah menambah kesedihannya itu. Mungkin reaksi orang itu akan cuek, tapi hati orang siapa yang tahu kan?


No one knows for certain how much impact they have on the lives of other people. Oftentimes, they have no clue. Yet we push it just the same.


Kesimpulan:

Do not ever destroy someone's expectation, because it might be the only thing they had...

Jangan pernah menghancurkan harapan seseorang, sebab bisa saja hanya itulah yang mereka punya.

Bukunya bagus. Aku benar-benar tenggelam, terhanyut, ikut tertawa dan menangis bersama Hannah.

Dan walau Hannah begitu bodoh karena memutuskan untuk bunuh diri, tapi aku tetap kasihan, dan bisa mengerti kenapa dia melakukan hal itu. Mungkin banyak orang yang mengalami tekanan seperti Hannah, mungkin orang-orang itu ada di sekitar kita. Mungkin kita cuma tidak tahu saja. Mungkin orang itu tersenyum pada kita padahal jauh di lubuk hatinya mereka sedih.
8 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Thirteen Reasons Why.
sign in »

Reading Progress

07/27/2010 page 30
10.0% "horeeeee beres prolognya...." 6 comments
08/05/2010 page 36
13.0% "Cassette 1: Side B -- Makin depresi..."
08/06/2010 page 45
16.0% "the snowball keeps a-rollin' // kasihan... T_T"
08/06/2010 page 55
19.0% "Cassete 2: Side A -- Besok aaaaaahhhh bacanya.... keburu merinding duluan..."
08/11/2010 page 174
60.0% "antara benci dan cinta gitu deh..."
show 1 hidden update…

Comments (showing 1-30 of 30) (30 new)

dateDown_arrow    newest »

Sylvia I'm done...! :)


Mery aw aw..... >.<


Sylvia Teteup nungguin lohhh ;)


Mery nungguin apaan? Oh nooooooooooooo





*kabuuuur*


Hilda baca ebooknya aku enggak ngerti mana bagian Hannah bicara sama mana pikiran Clay -_-;
mau tunggu terjemahan deh ;)


Mery aku juga nunggu terjemahannya aja deh.
pusing baca e-booknya =.="


message 7: by Idle Hippo (new) - added it

Idle Hippo aku nunggu dikasih bukunya


Mery Pendekar dari Lembah Durjana wrote: "aku nunggu dikasih bukunya "


kasih gak yah. kasih gak yah

hihihihi

*tarik janggut aki*


message 9: by Idle Hippo (new) - added it

Idle Hippo hadeh pagi2 dah ada yang narik janggut keren gw. kudu dikasih neh bukuna berarti

eeeh, ada uyut ternyata..
yuhuuuuuu... uyuuuuuuuuuuuut



Veronica Widya mauu bacaa.. >.<
kayanya bagusss! :)


message 11: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery Nica^^ wrote: "mauu bacaa.. >.<
kayanya bagusss! :)"


bukannya kamu udah baca yah? :D
itu kamu kasih 4 bintang :D


Veronica Widya haha,, emang kadang buku yg mau aku baca, langsung aku kasih bintang byar gampang. :P
kalo ak lagi rajin, ak masukin shelf to-read. :P
*hihi..jadi maluu :P


Veronica Widya tapi ternyata kali ini lebih aneh mo..saking ngasalnya, ak kasih bintang(kebiasaan) tapi aku masukkin to read. hahahaha.. *paraahhh


message 14: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery huaaha. dasaaar. kirain udah baca beneran. baru mau nagih review :D
tunggu terjemahannya aja yah? yah? *maksa* =))


message 15: by Vina (new)

Vina Crystelline Ini kmrn cr2 ebook ny ga ktmu2. Cri di 4shared, link ny gagal smw. Hehe. Ni blom di terbitin di indo y?


Angelic Zaizai tunggu terjemahannya terbit aja

ebooknya ga enak dibaca, dialog antara dua naratornya fontnya sama.. jadi bingung siapa yang cerita


message 17: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery ebooknya emang susah nyarinya... ;D

iya dua narator makanya susah bacanya...

belom diterbitin... emang mau diterbitin yah? ;D


message 18: by Vina (new)

Vina Crystelline Loh, itu shelf ny Matahati ma cooming soon? Bkn ny penerbit Matahati yah? Hehe


message 19: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery Vina wrote: "Loh, itu shelf ny Matahati ma cooming soon? Bkn ny penerbit Matahati yah? Hehe"

ups.... ;D
iya mau diterbitin matahati. *liat di FBnya* :P :P


Veronica Widya ahaha,, iyaahh nunggu terjemahannya ajahh.. ^^
*ngirittt moo... :d


Hilda 仔, 我 决 定 爱 你 一萬年 wrote: "tunggu terjemahannya terbit aja

ebooknya ga enak dibaca, dialog antara dua naratornya fontnya sama.. jadi bingung siapa yang cerita"


zai, aku ketemu ebook yang bagus. Dibedain antara dialog Clay sama Hannah...


message 22: by Nanny (new)

Nanny SA Yah setidaknya satu hal, aku jadi mencoba untuk tidak bersikap jahat lagi ke orang. Kekekekekekekeke :P

niat yg mulia..:)

*mang selama ini suka jahat gitu , ah ga percaya..


message 23: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery Nanny wrote: "Yah setidaknya satu hal, aku jadi mencoba untuk tidak bersikap jahat lagi ke orang. Kekekekekekekeke :P

niat yg mulia..:)

*mang selama ini suka jahat gitu , ah ga percaya.."


iya suka jahat ama orang... suka cuek, suka iseng ngeledekin ;D

ntar orangnya kayak Hannah Baker gimana? hiks... :((


message 24: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery Hilda wrote: "仔, 我 决 定 爱 你 一萬年 wrote: "tunggu terjemahannya terbit aja

ebooknya ga enak dibaca, dialog antara dua naratornya fontnya sama.. jadi bingung siapa yang cerita"

zai, aku ketemu ebook yang bagus...."



promosiin terjemahannya dong jangan ebook. ;D
lagi zaizai udah baca, dia berdalih aja itu supaya gak ditagih review ama aku ;D


Hilda hehe, iya sori sori >.<
tenang aja momo... aku pasti bakal beli terjemahannya ;)


message 26: by Vina (new)

Vina Crystelline Emg kpn ya bakal terbit buku ini?


message 27: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery Vina wrote: "Emg kpn ya bakal terbit buku ini?"

kurang tahu juga. coba tanya matahati aja.
Tapi kalo lihat album katalog bukunya sih, tahun ini. hehehehe


message 28: by Vina (new)

Vina Crystelline Untung buku2 Matahati uda msk ke Jambi. Kmrn uda beli VA 1, ama UGLIES. Tapi blm smpt bc dua2nya..


message 29: by Mery (new) - rated it 5 stars

Mery Vina wrote: "Untung buku2 Matahati uda msk ke Jambi. Kmrn uda beli VA 1, ama UGLIES. Tapi blm smpt bc dua2nya.."

huaaa asiknya... VA ama Uglies itu bagus banget :D
aku suka dua-duanya.
baru itu aja yah? Kalo Nicholas Flamel? itu juga bagus.


message 30: by Vina (new)

Vina Crystelline Beli dua buku itu aja uda lumayan jebol kantong Mo.. :) kalo yg Nicholas Flamel aku ada liat, tp entah knp agak kurang yakin ama ceritanya. Mgkn satu2 aja dulu, karna stlh VA ma Uglies kan kudu beli sambungannya lagi.. :)


back to top