Bunga Mawar's Reviews > Rindu

Rindu by Sefryana Khairil
Rate this book
Clear rating

by
1007892
's review
May 09, 10

bookshelves: buku-dikasih, indonesia, fiction
Read in May, 2010

Uhuuuy... Vera baca metropop! *grin*

Waktu di Kopdar GRI Jaktim kemarin, Sefry bilang mau kasih buku terbarunya ini buat peserta kopdar paling keren (ehm!)... dan buku ini diangkatnya agar kami para peserta kopdar bisa melihat judulnya, yang langsung terbayang sebagai sontrek di dalam kepala saya adalah lagu hits pertama Grup Warna:

Rindu ini terasa indahnya, saat kau ada di sini
Bersamaku berbagi rasa...


Lalu Sefry mengeluarkan pertanyaan, dan si peserta Kopdar GRI Jaktim paling keren itu bisa menjawabnya dengan sukses dan membawa hadiahnya pulang segera karena mau menyelesaikan soal2 buat Lomba Cepat-Tepat di sekolah minggu ini. Nah, soal2 selesai, makan malam di rumah dengan menu ikan peda sudah tercerna, saatnya leyeh2 menunggu kantuk. Ada itu, si Orang Laut Bajak Laut Raja Laut yang sudah seminggu dimulai tapi belum kelar2 juga. Bukan karena tebalnya, tapi karena BESARnya. Ah, makhluk2 laut itu terlalu besar untuk diletakkan di samping bantal... jadi baca saja si Rindu ini.

Entah kenapa, sambil rebahan di kasur, sontrek di dalam kepala saya langsung berganti dengan lagunya Farid Hardja:

Oooh... ini rindu...
Katakan padanya, aku riiinduuu...


Waah, bab pertamanya langsung ada kematian! Daffa yang baru berusia lima tahun, putra tunggal Krisna dan Zahra mengalami kecelakaan dan meninggal dunia. Dan cerita mengalir dari kedukaan kedua orangtuanya, terutama ketidakrelaan Zahra atas nasib Daffa. Dia mulai menyalahkan dirinya sendiri, lalu mengabaikan dunia luar, termasuk suaminya. Hingga rumah tangga mereka terancam goyah.

*Disela sebentar untuk ganti sontrek "Lagu Rindu" dari Kerispatih*

Tahukah engkau wahai langit
Aku ingin bertemu membelai wajahnya
Kan ku pasang hiasan angkasa yang terindah
Hanya untuk dirinya


*sontrek di atas adalah hasil googling, padahal ga tau tu lagu bunyinya kayak gimana, hohoho...*

Inti dari buku ini memang itu. Kehilangan, dan bagaimana sikap kita menyikapi kehilangan itu. Tidak ada macam2 drama yang terlalu dipaksakan, atau tokoh2 yang kebanyakan. Oiya, memang ada gambaran tentang perpisahan yang berpuluh tahun dialami orangtua Krisna, sehingga ujungnya adalah bayang2 yang sama membuntuti rumahtangga Krisna dan Zahra sendiri. Mungkin yang agak membuat saya agak berpikir2 adalah tentang "sempitnya" dunia Krisna dan Zahra. Hanya ada keluarga (orangtua dan adik-kakak) serta sedikit teman2 kerja. Sambil bersikap (terlalu) sok tau, saya yang sedemikian tidak berempatinya manggut2, "Pantas Zahra dan Krisna segitu kelimpungannya kehilangan anak. Mbok ya ikut pengajian, gituuu... Curhat sama psikolog... Baca2 koran atau buku panduan... Ikut kegiatan sosial... Gabung goodreads, ikut kopdar... (haiyaah.., ngelantur!)..." hmm... yah, intinya biar mereka ga merasa jadi orang paling malang sedunia laaah....

Ah, maafkan saya, Krisna dan Zahra. Saya sendiri pun belum tentu bisa setegar kalian. Dan kalau rasa rindu itu kalau datang lagi, pasti cocok pakai sontrek ini (entah lagunya siapa ini, yang jelas bisa sambil goyang... :P ):

Kalau hatiku sedang rindu, pada siapa kumengadu
Karna hati bertanya slalu, berlinanglah air mataku
Rindu … mengapa rindu hatiku, tiada tertahan
Kautinggalkan daku seorang …


Dan, terimakasih ya Sefry, untuk mengingatkan betapa banyak rasa rindu menginspirasi manusia...

-vera-
peserta paling keren Kopdar Jaktim 2010 :))
12 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Rindu.
sign in »

Comments (showing 1-25 of 25) (25 new)

dateDown arrow    newest »

message 1: by e.c.h.a (new)

e.c.h.a Vote untuk peserta paling keren Kopdar Jaktim :)


Bunga Mawar makasih bu ketua kopdar *sambil ngaduk2 es campur*


message 3: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee vote buat Bu Guru paling canggih ingatannya
^_^


message 4: by Palsay (new)

Palsay  "..aku menyerah pada rindu, pada kekalnya rasa, yang pernah kita rajut dulu..."

jiahhh....vote juga ah...


message 5: by Azia (new)

Azia aku rindu setengah mati kepadamu..
sungguh kuingin kau tahu
--d masiv, rindu setengah mati--

*nambahin lagu rindunya..:)


Bunga Mawar @didiet: Thanks, mbakyu... kebetulan gw emang penasaran en nungguin film "Tanah Air Beta" tea...

@Kak Palsay: makasih, walo gw juga ga tau tuh lagu syapa itu :)

@Azia: haaa... kalo de masiv doang, masih tau deh... mereka juga beredar di parung, hihi...


message 7: by e.c.h.a (new)

e.c.h.a Aku wrote: "makasih bu ketua kopdar *sambil ngaduk2 es campur*"

Sudah dihitung belum ada berapa campurannya hahahahaha


Bunga Mawar e.c.h.a wrote: "

Sudah dihitung belum ada berapa campurannya hahahahaha"


Kayaknya delapan belas, ga termasuk BONGKAHAN es-nya. Udah kayak iceberg yang ditabrak Titanic gitu...


message 9: by Palsay (new)

Palsay  itu memang bukan lagu kok ;P


Bunga Mawar Palsay wrote: "itu memang bukan lagu kok ;P"

huaaa... apaan dong...??? bagian dari es campurkah?


message 11: by Sweetdhee (last edited May 09, 2010 08:58PM) (new)

Sweetdhee benci, benci, benci tapi rindu juaaaa
*mode nia daniaty on*
*kabur menghindar dari Klub Jadulers*


message 12: by Roos (new)

Roos Whoaaaaaaaaaahahahaha...jadi RINDU ma Bu Guru....*halah*


message 13: by Jimmy (last edited May 10, 2010 11:07AM) (new) - rated it 3 stars

Jimmy hahaha...ripiu ada sontreknya, kocak..keren, like this lah!!
Ituh bajak laut harusnya untuk siaran bukan..? Ga kelar-kelar juga :p


Bunga Mawar @Kak Roos... aku pun ...(baca: titik-titik) padamuuu...

@Jim, iyah, itu si bajak laut dan kawan2... mereka dari abad 19 sih, jadi udah kurang serem dan ga bisa nakut2in gw biar cepat ngelarinnya, hehehe...


message 15: by Roos (new)

Roos Bu guru...kalo mau baca buku bajak laut keren....baca yang Ini deh. Dijamin lari terbirit-birit nyari toilet atau obat perut...hehehe.


Hippo dari Hongkong misi.. misi..
numpang komen model baru neh


message 17: by Roos (new)

Roos *jitak yang numpang*


Bunga Mawar *numpang jitak yang numpang*


message 19: by Roos (new)

Roos Jyaaaahahahahahahaha....*ngetawain yg kena dobel jitak*


Hippo dari Hongkong beuh, kena jitak juga disini


message 21: by Speakercoret (new)

Speakercoret hmmmm....


Bunga Mawar kenapa, muth? numpang eksis juga ato minta diji-TAG? :)


message 23: by Speakercoret (new)

Speakercoret Aku wrote: "kenapa, muth? numpang eksis juga ato minta diji-TAG? :)"

numpang nongol = numpang eksis :D


message 24: by indri (new)

indri rindu jugaa..


Bunga Mawar ahhaa... Indri rindu dijitak-kah? Berasa zaman Lupus baru terbit yah, jitak2an di mana2... :)


back to top