Sweetdhee's Reviews > Ronggeng Dukuh Paruk

Ronggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Rate this book
Clear rating

by
3342067
's review
Jun 17, 10

bookshelves: pinjem, bahasa-indonesia-asli
Read from June 13 to 16, 2010

penuh mistis dari halaman pertama hingga halaman terakhir

Alam dukuh Paruk berhasil merasuki saya
Kecabulan penduduk dan kleniknya cara hidup mereka membuat saya mengucap istighfar berulang kali
Saya kira saya akan menemukan kisah Kinanthi dan Ajuj dalam buku ini
Perkiraan saya tidak sepenuhnya salah
Kisah cinta yang bermula dari desa miskin nan terpencil juga dialami Srintil dan Rasus
Tapi nuansa yang dibawakan Dukuh Paruk sungguh jauh berbeda
Keprimitifan yang diusung Ahmad Tohari benar-benar mengakar pada setiap karakter
Bahkan Rasus yang bertahun-tahun meninggalkan Dukuh Paruk tak mampu menampik keinginan untuk selalu kembali ke desa mesum ini

Demi cinta nya pada Srintil, ronggeng karena nasib terasuki indang..
Demi Neneknya yang pikun
Demi celotehan nakal Kang Sarkum saat memainkan calungnya
Demi menyadarkan Sakarya dan Kartareja dari keserakahan
Demi darah Ki Secamenggala yang mengalir pada setiap tubuh rakyat Dukuh Paruk

Dongeng yang mencengangkan
Berkesan sederhana dari bahasa penyampaiannya tapi kerumitan konfliknya sungguh menyita perhatian
Bahkan peristiwa G30SPKI pun turut meracuni perjalanan Srintil dan Rasus
Saya tak mampu mengalihkan mata sepanjang perjalanan dari Perumnas Klender ke Pasar Rebo dan sebaliknya
Bahkan sampai rela tidak sarapan

Mirisnya, saat dibawa ke akhir cerita, saya masih tercengang
Saya terbawa mabuk, sungguh
16 likes · likeflag

Sign into Goodreads to see if any of your friends have read Ronggeng Dukuh Paruk.
sign in »

Reading Progress

06/13/2010 page 1
0.0% "yak, udah di tangan, pinjem mba indri..dengan kurir gratis, Kak Miaaa...terimakasih yaaa kakak2 cantik.."
06/14/2010 page 111
28.0% "hadeeeeh, kok ada dukuh secabul ini siy?" 2 comments
06/15/2010 page 244
61.0% "Bahkan dukuh terpencil itu terimbas September berdarah.."
06/16/2010 page 397
100.0% "tragis.." 6 comments

Comments (showing 1-50 of 81) (81 new)


message 1: by [deleted user] (new)

ini harus bacaaaa!!!


Nanny SA iya haruss !!

*ngomporin


 Δx Δp ≥ ½ ħ harus Dit! *ikut dorong2 Didit ke tepi jurang*


message 4: by miaaa (new)

miaaa iya dhiet harus! *ndorong quiladdy sekalian*
eh harus ngapain yah? hahahah


message 5: by [deleted user] (new)

hahaha... pada kompor aja neehh... :D


Sweetdhee buseeeeeeet...
*pegangan mba Mia, takut jatoh ke jurang*

iya, iya, iya...sebelumnya saya mau tanya wahai teman2 tercinta...ini layak dikoleksi atau pinjam pun tak masalah?
*wink-wink


Idle Hippo ini buku apaan yah?




Sweetdhee buku kudanil jadi ronggeng kali ya, Kang?
hehehehehehe

*nutup mata dari semua ripiu biar ga terkontaminasi*


 Δx Δp ≥ ½ ħ *ngemut permen sambil liat yg saring dorong di tubir jurang*


Nanny SA Sweetdhee wrote: "buseeeeeeet...
*pegangan mba Mia, takut jatoh ke jurang*

iya, iya, iya...sebelumnya saya mau tanya wahai teman2 tercinta...ini layak dikoleksi atau pinjam pun tak masalah?
*wink-wink"


Kl aku sih pinjam, tapi sangat layak dikoleksi

* ya aloh Quui permen dr kandang onta masih diemut :P


message 11: by Mery (new) - rated it 4 stars

Mery baca bareng yuuk didit?


 Δx Δp ≥ ½ ħ saia kan makan sisa dr Euceu :P


Sweetdhee M o m o wrote: "baca bareng yuuk didit?"

belum punya buku nya, Mo..
baru masuk wishlist nih..hehehehehe


Sweetdhee siapa yang mau minjemin buku ini yaaaa?
haloooo, halooooooo


message 15: by [deleted user] (new)

Dulu aku baca bukunya Mas Aldo sih, jadi ga punya juga. hehe..


 Δx Δp ≥ ½ ħ *mengendap dalam gelap sebelum disergap pinjeman*


Nanny SA Ngasih senter ke Didit..


e.c.h.a Ayo dit dibaca...a must read book...

*ayo ayo mulai cari pinjeman, buku gue di Momo*


indri gw pinjemin buku gw Dhiet, PM aja no hp elo, okey?


 Δx Δp ≥ ½ ħ yah... Squid gak rame deh... *manyun sambil balik badan*


message 21: by icha (new) - added it

icha mel berhasil baca, meski baru dikit
:p
kan ebook mania thea...


Sweetdhee hahahaha...toss Squid!!
biarkan Qui kcewa..hihihihi

pengen baca yang bentuknya buku, Mel..
Baca e-book mah bakal lama selesainya


indri saya kan baiikkk
*pasang senyum manis*


 Δx Δp ≥ ½ ħ huuuuuuuuuuuuuuuu *teriakin squid*


message 25: by [deleted user] (new)

*kasih toa ke qui


Sweetdhee *jewer qui pake tawon*


e.c.h.a Dit, kalo kata gue better beli. Layak dikoleksi buku ini. Muantabs lha :)


Sweetdhee o,gt y,cha.. Gmn donk,dompet dah kedodoran ni beli buku terus..unk smtara pinjem dl d.. Kalo bagus nanti br beli.. He3


 Δx Δp ≥ ½ ħ HUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU *teriaknya lebih kenceng dah pake toa*


Sweetdhee *jewer Qui pake kepiting biar bibirnya jontor*


Nanny SA aduh ..si Qui di sini mau dijewer, di sebelah mau di ulek, terus di sebelah lagi dikejar-kejar, terus ada yg mau lempar, terus .... xixi..

*ada apa dengan Qui ?? :(


message 32: by Sweetdhee (last edited May 15, 2010 07:53AM) (new) - rated it 4 stars

Sweetdhee hahahahahaha....yang bilang mau ngulek siapa, Teh?
seru tuh kayaknya...secara lagi pengen banget ngerujak


 Δx Δp ≥ ½ ħ beuh... anak2 gudrids bener2 punya bakat buat kesting pelem SAW

gara2 GR pula setiap hari saia selalu pake helm+baju baja :D


message 34: by [deleted user] (new)

rujaknya atu ya bang, pake cabe 5 biar pedes! ^_~


Sweetdhee kalo rujaknya ada Qui, dijamin pedes, Mon!
heehehehe


 Δx Δp ≥ ½ ħ upsss... kelupaan... tadi dikiria garam, ternyata bubuk kalium sianida. gapapalah.. silakan dinikmati *nyengir sadis*


Pandasurya yang legendaris mah teteup: tempe bongkrek!

*nyambergaknyambungdotcom*


Sweetdhee yum,tempe bongkrek..
*lempar Qui pake cobet*


 Δx Δp ≥ ½ ħ sama tutug oncom *pake helm baja, dilempar cobek doang gak mempan*


Nanny SA Sprange Ben Lend Splotches Abruptly wrote: "beuh... anak2 gudrids bener2 punya bakat buat kesting pelem SAW

gara2 GR pula setiap hari saia selalu pake helm+baju baja :D"


masa sih ?, kl jalan2 pasti ditonton sama anak2 ya dikira robot xixi..


 Δx Δp ≥ ½ ħ dipakenya pas lg mu onlen kok :D


Nanny SA lg onlen ga bisa sambil ngemil dong mukanya ketutup rapet pake helm.. :))
*percuma beli gorengan yang 1000 an 4


 Δx Δp ≥ ½ ħ gak dong, kan bisa dibuka buat di bagian mulutnya :D


Nanny SA ha.. pas dibuka ada yg lempar tempe bongkrek .. hehe


 Δx Δp ≥ ½ ħ gak dong, kan bukanyan dikit-dikit+pelan2, mirip adegan aisyah buka burqa di AAC :P


indri dhiet, bukuna udah dapet blum? nunggu jadwal kencan ama elo nih. buku dah 2 hr d ktr (tp plg j stgh 9 mulu :p)


Sweetdhee indri wrote: "dhiet, bukuna udah dapet blum? nunggu jadwal kencan ama elo nih. buku dah 2 hr d ktr (tp plg j stgh 9 mulu :p)"

he3,kapan aja kalo Madame Squid bisa aja lah..asal jgn ampe stgh9..welah.. He3.. Ga buru2 ko,Madame..


message 48: by Mery (new) - rated it 4 stars

Mery nice review,,, :D

aku juga barus beres. masih tak bisa berkata2...
>.<


Sweetdhee terimakasih, Momoooooooo
*smooch*

...mantebh bener deh nih buku..sampe endingnya pun..
makasih teman2 yang sudah ng'jorog'in aku baca buku ini..


Pandasurya nah emang bener kereenn banget kan buku inih..:-) gak nyesel yah, dit


« previous 1
back to top