Sweetdhee’s review of Garis Perempuan > Likes and Comments

4 likes · like
Comments (showing 1-27 of 27) (27 new)    post a comment »
dateDown_arrow    newest »

ijul (yuliyono) cuma ada satu yang hilang di buku itu...
menjaga keperawanan lebih banyak dikontradiktifkan dengan budaya dan norma sosial..
bagaimana dengan Agama?


bisa ditanyain langsung ke penulisnya pas buk-kleb ntar, tp kmu ga dateng ya, Dhiet? ...too bad


message 2: by Wirotomo (new)

Wirotomo Nofamilyname waduh kalau udah dilarikan ke agama, ya udah pasti diskusinya "mati" di situ hehehe....


message 3: by gieb (new)

gieb agama itu juga budaya.


ijul (yuliyono) Wirotomo wrote: "waduh kalau udah dilarikan ke agama, ya udah pasti diskusinya "mati" di situ hehehe...."

kok? ...karena udah pasti jawabannya ya mas?

Gieb said: agama itu juga budaya.

which means....?? *sori, gak mudheng*


message 5: by gieb (new)

gieb kalimat itu aku ikhtiarkan untuk memberikan alternatif atas pendapat bung tomo. yang artinya, meski dibicarakan atas nama 'agama', hal apapun tidak akan pernah berhenti. sebab agama bukan kebenaran mutlak. agama adalah kebenaran bagi penganutnya. masih banyak celah untuk memberikan tafsir untuk itu.

it means agama bukan akhir. kesadaran kita yang biasa disebut iman yang membuat kesimpulan agama sebagai akhir.

konteks dengan buku, perawan dan tidak perawan tidak ada hubungannya dengan budaya, moral, pun agama. merasa ada hubungannya karena kita sendiri yang membuatnya. lebih dari itu, semua itu hanya persoalan kesadaran kita sebagai manusia. itu thok.


ijul (yuliyono) *me* ...agree to disagree, tp (rasanya) ketangkep sih maksudnya, dan memang akan menjadi debat-kusir yang nggak pernah habis klo mengaitkan sesuatu dengan keyakinan.


message 7: by Jimmy (new)

Jimmy maksudnya bung Tomo dengan "mati" itu sebenarnya bukan berarti diskusinya akan berakhir. *karena pernah membahasnya saat acara di museum mandiri*

Malah akan lebih seru karena setiap orang akan memberikan pandangan berdasarkan apa yang dia percaya (dari sudut pandang agama tertentu).

Cuman akan ada efek sampingnya, ketika peserta diskusinya ngotot-ngototan atau tidak rela, seperti kata ijul, "agree to disagree", akan muncul sakit hati.

*jadi ingat saat dulu ada diskusi yang dikait2kan dengan agama, teman2ku itu jadi pada menghilang*


message 8: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee ijul (yuliyono) wrote: "bisa ditanyain langsung ke penulisnya pas buk-kleb ntar, tp kmu ga dateng ya, Dhiet? ...too bad ."

iyaaa, padahal pengen banget dateng..tapi gimana, ga enak kalo ga dateng..udah janji soalnya


message 9: by Jimmy (new)

Jimmy sperti kata mas jimmy juga disini (kutip yaaa, Mas..)

silahkan, sweetdhee :)


message 10: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee hehehehehehehe...ga berani berdebat banyak soal ini
masih kecil ilmu nya, nih
^_^
cuma emang aneh aja sih, pengen nanya knpa sama sekali ga dsebutin soal agama di buku ini
semuanya cuma dibandingkan dengan keinginan untuk bahagia versus budaya dan sosial
ada alasan apa..

mungkin benar kata Mas Tomo, mba Sanie tidak ingin pembahasannya jadi 'mati' kalau memasukkan unsur agama


message 11: by ijul (yuliyono) (new)

ijul (yuliyono) yup, meskipun akhirnya banyak gak setujunya pada beberapa hal, saia sendiri bersyukur mbak Sanie nggak memasukkan unsur agama, karena pasti akan menjurus...

baiklah, tp ntar coba saia tanyakeun ke bliau deh...tp lebih ke pertanyaan soal knapa gak ada unsur agamanya, bukan soal pandangan penulis soal agama ke bukunya ini...


message 12: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee ijul (yuliyono) wrote: "baiklah, tp ntar coba saia tanyakeun ke bliau deh...tp lebih ke pertanyaan soal knapa gak ada unsur agamanya, bukan soal pandangan penulis soal agama ke bukunya ini.."

duh, ijul baik banget...
*memancing gosip lagi..kekekekekekekekek*


message 13: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee jimmyneutronwannabe wrote: "*jadi ingat saat dulu ada diskusi yang dikait2kan dengan agama, teman2ku itu jadi pada menghilang* ."

hehehehehe...menghilang knp, mas?
karena saling gontok2an?
musti nya khan ga gitu yaaa
tapi yang terjadi emang begitu..
bicara ttg iman memang sensitif yaaa


message 14: by Jimmy (new)

Jimmy Ya begitulah, Sweetdhee..
Susah ngomongin hal-hal yang sensitif jika ga membuka hati untuk menerima perbedaan.
Ga sampe gontok2an kok, hanya sayat-sayatan aja *minjam cutternya spiker, ga deng, hanya karena berbeda pandangan saja.

Suit-suit-prikitiuuuu...., cieee Ijul dan Sweetdhee..
*nyamber umpan di pancingan gosip*


message 15: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee yep...buat ngomongin sama orang2 sama agama nya aja kadang perbedaan persepsi nya jaaaauuuuh banget..
dan masing2 merasa benar..
apalagi kalo diskusi sama yang beda agama..
mending diskusiin gosip makanan aja dah..
hehehehehe
*minum jamu godok sebelum tidur*


message 16: by Speakercoret (last edited Apr 10, 2010 07:45PM) (new)

Speakercoret eh brasa ada yg manggil2...
:p
mas jimmy mo pinjem cutter?
gak usah pinjem mas, saya kasih slusin..
persediaan saya banyak kok :p


message 17: by Jimmy (new)

Jimmy Asyikk...dapat selusin cutter gratis, bisa dijual lagi buat nambahin beli buku :D


message 18: by Speakercoret (new)

Speakercoret hehehe gak laku lah mas, cutternya kan dah karatan :p


message 19: by Jimmy (new)

Jimmy wahhh..masa spiker tega ngasih cutter karatan

*terlaluuuuu - bang Rhoma mode ON*


message 20: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee laku, kok laku...kasih kang nenangs aja..
beliau pasti senang, artinya mengurangi -sedikit- ancaman mute di kemudian hari
hehehehehhehehe


message 21: by Jimmy (new)

Jimmy Kasih??? Kan niatnya mau jualan biar dapat tambahan uang belanja buku :D


message 22: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee iyaaaaa...maksutmya jual ke Kang Nenangs, getho...
^_^


message 23: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee lho, khan aku pinjem kacamata kamu, Bub
*nyengir*


message 24: by Azia (new)

Azia aku musti make juga niy..baru mulai mau baca


message 25: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee *mijemin kacamata nya Bubud*


message 26: by Aini (new)

Aini dhee aku aku sudah baca tapi baru beberapa lembar.baru cerita pasarannya/mainan jaman kecil dulu...mungkin moodku masih jelek ,jd belum di baca...*pinjem ijul,bikin gara2 supaya dhe manyun..


message 27: by Sweetdhee (new)

Sweetdhee hahahaha, kayaknya emang musti bagus moodnya, Ai..
aku juga kurang 'dapet' kok baca buku ini


back to top