Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Fantasy Fiesta 2010: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2010” as Want to Read:
Fantasy Fiesta 2010: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2010
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Fantasy Fiesta 2010: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2010 (Fantasy Fiesta #1)

by
4.0 of 5 stars 4.00  ·  rating details  ·  137 ratings  ·  52 reviews
Mari sejenak berkelana ke tanah angan.

Tanah di mana yang Hidup Seribu Tahun masih terus bernafas dan melangkah. Tempat di mana Burung Api masih mengarungi langit. Panggung di mana para dewa mementaskan Drama Terhebat Yang Pernah Ada. Dan realita di mana Nama Terlarang mengintip dari balik angkasa.

Mari bersama-sama menerbangkan daun harapan di Bukit Angin. Menelusuri kota m
...more
Paperback, First Edition, 280 pages
Published November 2010 by Adhika Pustaka
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Fantasy Fiesta 2010, please sign up.

Be the first to ask a question about Fantasy Fiesta 2010

Revelation by Shienny M.S.Chronicle by Shienny M.S.Discord by Shienny M.S.Genesis by Shienny M.S.Fantasy Fiesta 2011 by R.D. Villam
Indonesian Fantasy
6th out of 116 books — 158 voters
9 dari Nadira by Leila S. ChudoriKarena Kita Tidak Kenal by Farida SusantySeribu Kunang-kunang di Manhattan by Umar KayamRobohnya Surau Kami by A.A. NavisKereta Tidur by Avianti Armand
Kumpulan Cerpen Indonesia Terbaik
26th out of 90 books — 155 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 320)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Jimmy
Undangan itu saya terima bulan Januari 2011 yang lalu, di sana tertulis “Fantasy Fiesta 2010”. Lho? Telatkah saya? Sama sekali tidak. Undangan ini tidak akan pernah kadaluarsa karena pestanya berlangsung hingga akhir masa. Meski kurang suka berada di tengah-tengah keramaian – kecuali saat menonton konser dan pertandingan olahraga – saya memutuskan untuk menghadiri pesta ini. Fantasi. Kata itu yang membuat saya penasaran untuk berfantasi.

Dress code: Fantasy. Dan setelah melayangkan angan ke nege
...more
Truly
Jakarta tahun 20XX
Sesaat lagi tahun 20XX+1 akan tiba!

Di halaman sebuah rumah mewah bertingkat, terlihat sebuah pesta kebun digelar dengan semarak. Seorang wanita paruh baya terlihat tidak perduli dengan ramainya suasana pesta yang digelar. Ia berjalan dengan santainya menuju sebuah ruangan yang terletak tak jauh dari lokasi pesta. Sebuah perpustakaan tepatnya.

Saat ini ia berada di daerah kekuasaaannya, perpustakaan pribadinya yang terletak di sisi lain halaman. Dan sudah menjadi semacam undang-u
...more
Ivon
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Harun Harahap
Terima kasih untuk mbak Tyas Palar yang telah memberikan buku ini buat gw. Berikut kesan gw setelah membaca tiap cerpen:

Bocah Serigala dan Isyrata-Isyarat Api :"Cakar Serigala Memecah Bulan, Cakar Gagak Membelah Gunung, Sayap Angsa Menghalau Mendung" mengingatkan gw jurus-jurus silat di Wiro Sableng Kapak Geni 212. Bwehehehehe..

Hujan : Agak nanggung yah, mungkin cerita ini akan lebih bagus kalo dibuatkan novel saja.

Candu Aksara : Ini masuk genre Fantasi yah? Jadi bingung definisi fantasi itu apa
...more
Bonmedo Tambunan
Dec 12, 2010 Bonmedo Tambunan rated it 5 of 5 stars  ·  (Review from the author)
Shelves: indonesian, fantasy
Sebuah karya yang spektakuler dan didukung oleh para penulis fantasy Indonesia papan atas. Sebuah legenda dan merupakan sebuah milestone yang sangat penting di dalam perkembangan penulisan Indonesia, terutama penulisan fantasy lokal.

Kumpulan cerita pendek di dalam Fantasy Fiesta 2010 ini sangatlah beragam. Masing-masing dengan ciri khasnya masing-masing, unik, melepaskan diri dari anggapan fantasy yang melulu harus meniru novel2 fantasy terjemahan yang belakang ini bermunculan. Dan, dengan keun
...more
Andry Chang
Fantasy Fiesta 2010
Rangkuman Resensi
oleh Andry Chang

Setelah menyimak pembahasan pada resensi/parodi Sang Musafir di bagian-bagian sebelumnya dan beberapa resensi lain, Sang Musafir merasa tergelitik untuk merangkum semua itu dan menjabarkannya dalam bentuk klasifikasi jenis cerita fantasi beserta tafsiran dan hikmah dari setiap cerpen dalam Antologi Fantasi Fiesta 2010 ini. Berikut rinciannya:


1. Bocah Serigala Dan Isyarat-Isyarat Api – Jaladara

Sebuah dongeng yang merupakan twist dari dongeng “Bo
...more
Serpentwitch
Kumpulan cerpen yang begitu unik dan tak terduga. It's better than what I expect, though some stories are better skipped rather than ruining your mood. So, saranku kl baca FF dan ketemu cerita yang bikin illfeel, lgsg di skip aja, masih banyak cerita bagus yang menanti. Sayang kan kl minat bacamu rusak krn 1 cerita jelek dan malah ga mood lanjut baca FF. :)

Favoriteku kini pindah ke Labirin (Aphrodite), diikuti ketat oleh Candu Aksara (Dewi). Very nicely done.

===================================
...more
winda
Feb 03, 2011 winda rated it 4 of 5 stars
Recommended to winda by: bonmeda
Shelves: my-bookshelf
Menulis adalah menciptakan duniamu sendiri (Stephen King)

Setelah membaca buku ini, saya merasa bahwa menulis tidak hanya menciptakan dunia kita sendiri,
tetapi bagaimana membawa orang lain turut larut dalam dunia yang telah kita ditulis. Dan dengan membaca buku ini saya masuk ke dalam berbagai dunia yang tidak pernah terbayangkan oleh saya sebelumnya...

Masuk ke dalam dunia Bocah Serigala dan Isyarat-Isyarat Api yang konsisten dengan penamaan tokoh gabungan hewan dan alam, "cakar serigala memec
...more
Feby
sampai saat ini, favorit saya tetap Kota Para Penjarahnya mbak Luz ^^
kedua Candu Aksara dan Drama Terhebat Yang Pernah Ada :D
.........................
UPDATE (setelah selesai baca):
------

Akhirnya selesai juga membaca kumcer ff 2010. Untunglah karena sebagian besar sudah pernah saya baca di blog resminya, jadi lumayan cepat selesai. Demi menghormati para penulis yang sudah bersusah payah membuat cerita ini dan iseng maka saya menulis review singkat ini, yang sebenarnya hanya kesan kasarnya saja si
...more
ahmedoank
Akhirnya selesai juga membaca kumcer ff 2010,buku hasil tukeran
dpt hadiah buku "iron king" jadi ironi, karena pas bersamaan, baru bngt beli buku "Iron king", sama mas Ijul, tp karena baik hatinya salah satu
penggarang di buku ini "fred", maka berhasilah memiliki buku ini.

-------------------------

1. Bocah Serigala dan Isyrata-Isyarat Api : Dari banyak cerita yang ada,cerita Bocah Serigala dan Isyrata-Isyarat Api, adalah salah satu dari beberapa yang berhasil membangun "setting" waktu dan tempat,
...more
F.A. Purawan
Jan 19, 2011 F.A. Purawan rated it 4 of 5 stars  ·  (Review from the author)
Bagi saya ini bukan sekedar ngumpulin cerita terus dijilid bersama jadi satu buku. Kumpulan ini punya sejarah yang berkesan, ulet dan penuh harapan. Di buku inilah kiranya sebuah kolaborasi kreatif dicanangkan, dan sekelompok penulis, yang sejatinya sosok penulis biasanya adalah penyendiri-kreatif di alam semesta, telah bersatu untuk goal yang lebih luas: bersatu demi berkembangnya sebuah genre yang selama ini dianggap (dan diperlakukan) sebagai 'kerdil' di tengah percaturan kesusastraan lokal.

J
...more
Suzan Oktaria
Awalnya saya membeli buku Fantasy Fiesta 2010 ini dari Nike. Nah, pas ikutan acara MATA GRI 2010 di Jakarta, kemarin. Saya lupa membawa buku yang sudah dibeli tersebut. Tapi beruntungnya Mbak Trully yang baik hati memberikan saya buku ini plus memaksa para penulis Fantasy Fiesta membubuhkan tanda tangannya.

Ada Dian, Bonmedo, Fredrik, hingga Dewi Jawaranya Fantasy Fiesta 2010 membubuhkan tanda tangannya dibuku saya. Wuiiiih.... asyiknya gak rugi ikutan MATA GRI 2010.

Siapkanlah diri anda terbang
...more
Lina
Akhirnya selesai juga bacanya, baiklah saya akan coba berikan kesan yang saya rasakan pada setiap cerpen. Saya bukanlah professional dalam bidang literature dan juga belum pantas dikatakan pembaca fantasy advance atau hardcore, hanya seseorang yang suka baca buku cerita yang bisa memberikan inspirasi dan rasa penasaran setelah membacanya, jadi ini hanya penilaian subyektif. Semua tergantung dari selera masing-masing pembaca. Yang pasti buku ini ternyata lebih seru dari yang saya kira.

1. Bocah S
...more
Shienny M.S.
Akhirnya setelah sekian lama membaca buku ini dan sempet 'diculik' ama teman sampe dua bulan lebih kesampaian juga niat ngereview :D

I'm not good with long review, so I'll keep it short ^_^

Reading this book is like eating in an all you can eat international buffet, you got Japanese food stall, European food stall, American BBQ stall, Mexican, Italian, and even Indonesian cuisine. All's there ready to be eaten >:) Great place to be if you happen to have glutton and able to eat as if you have su
...more
Uci
Fiesta = party, feast, festival. Pesta!

Buku ini seolah mengajak pembacanya berpesta dengan kisah-kisah fantasi yang 'liar' dan tak terbayangkan.

Mudah-mudahan belum bosan mendengar saya berkata begini: "Jika bicara cerita fantasi, yang terbayang adalah kisah serupa Lord of the Rings, dunia antah berantah bernama sulit dengan nama tokoh-tokoh yang juga sulit, makhluk-makhluk aneh, peperangan, dan sebagainya." Sampul buku ini pun seakan menguatkan pendapat awam saya. Alhasil saat membuka halaman
...more
Lutfi Jayadi
Buku ini adalah trobosan bagi dunia fiksi Indonesia. penulis-penulis yang ada di dalam buku ini memiliki kemampuan intelejensi fantasi yang cukup mengagumkan. Tidak mudah memang menulis sesuatu yang di luar kelaziman. Fantasi tetaplah cerita fiksi tapi tidak dalam kondisi yang normal. Para penulis dalam buku ini bisa menghidupkan dimensi kehidupan yang lain. Ada pula yang tetap dalam dimensi manusia hidup tapi terselip di dalamnya hentakan fantasi. inilah yang membuat genre fantasi jauh lebih li ...more
Marchel
Akhirnya dapat juga buku ini, sejak pertama tahu ada buku ini. Hahaha senangnyaaa...

Kumpulan cerpen yg menarik. Gw ga nyangka pengarangnya masih imut-imut, ga bakal percaya kalo nda liat sendiri.


Cerita fantasi yg sangat di luar dugaan, ending cerita masing-masing tidak kusangka. Berani, dan detil. Serasa mengalami sendiri.

Sayang cuman cerpen. Kapan dong cerita lengkap 1 buku???

Jadi ga sabar tunggu novel hasil karya masing-masing pengarangnya.
m. ulinnuha
Setelah lama nyari buku ini, akhirnya ketemu bulan kemarin, di rak Sastra deketnya kamus-kamus (doh)

Ternyata cerpen-cerpen di buku ini nggak murni fantasi, ada beberapa yang dicampuri dystopian (kalau nggak salah :p). Dan saya salah menduga kalau cerpennya bakal nanggung. Saya awalnya mengira cerpen-cerpen di sini bakalan cuma bagian kecil dari kemungkinan novel yang akan di buat masing-masing pengarang. Tapi ternyata tidak. Tanpa bertele-tele di deskripsi, kebanyakan cerpen di sini sudah cukup
...more
Magdalena Amanda
Dec 31, 2010 Magdalena Amanda rated it 4 of 5 stars  ·  (Review from the author)
Kenapa saya pelit ngasihnya bintang 4 sementara yg lain berlomba2 ngasih bintang 5?

Well, bisa dibilang itu rata2 dari penilaian yg beda2 utk masing2 cerita. :D :D Ditambah faktor eksternal berupa saya terakhir baca kumcer tu Wizards yg isinya macem Neil Gaiman, Garth Nix, Eoin Colfer, dkk jd ada rasa membanding2kan juga padahal beda kaliber. :D :D

Kumcer yg satu ini direkomendasikan buat pengamat karya2 dalam negeri, terutama buat mereka yg "menuduh" para penulis Indonesia kalau bikin fiksi/fanta
...more
Dion Yulianto


Serangan telah diluncurkan, 20 mantra pemikat imaji telah dirapalkan, 20 pedang pemancar kreativitas telah dihunus, 20 teknik pengubah-rupa angan telah dipersiapkan, 20 deret aksara sakti pemotivasi pikiran telah ditorehkan, 20 pistol pendobrak kebuntuan kreativitas pun tak lupa ditembakkan. Bersiaplah Indonesia, inilah 20 cerita fantasi yang akan melindungimu dari kemarau fiksi fantasi yang selama ini menderamu. Sambutlah persembahan ini, Fantasy Fiesta 2010, Antologi Cerita Fantasi Terbaik 20
...more
R. Mailindra
Dec 13, 2010 R. Mailindra rated it 5 of 5 stars  ·  (Review from the author)
Shelves: indonesian, indonesia
Fantasy Fiesta, buku yang berawal dari sebuah ajang pesta para penulis cerita fantasi. Seperti halnya pesta, undangan yang hadir pun beragam, demikian pula hidangannya--cerita fantasi. Buku ini sungguh lezat, baik untuk penikmat cerita fantasi maupun yang baru ingin mencoba menikmati rasa genre fantasi.
Adhika-Pustaka
Wajib untuk semua pencinta cerita Fantasy!
Kuro
Apr 26, 2011 Kuro rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: Your child, yourself, and perhaps your other selves
Shelves: indonesian
Hmmm... Apa yang harus aku tulis ya? Sinopsis di cover belakang telah menjelaskan semua tentang cerita-cerita yang ada di dalam buku ini. Endorsemen di situ pun juga (untungnya) tidak menipu dengan bermain kata sekedar untuk lari dari derita rasa sakit untuk mengatakan kepalsuan.

20 Cerpen, dengan tema yang hampir tidak bisa dibilang sama. Bayangkan, ada cerita tentang olahraga tinju dgn setting futuristik dan sentuhan nuansa fantasi, ada cerita yang merupakan gabungan surealis + fantasy, bahkan
...more
Dewi Kirana
Dec 14, 2010 Dewi Kirana rated it 5 of 5 stars  ·  (Review from the author)
Shelves: indonesian, fantasy, novel
Buku wajib buat pencinta fantasi atau pun yang baru mau berkenalan dengan fantasi. Buku yang akan mendefinisikan ulang genre "fantasi" yang melulu identik dengan zaman medieval, The Lord of The Ring, cerita untuk anak-anak, dan lain sebagainya.

Jangan takut nggak punya waktu untuk melahap buku ini. Karena formatnya yang merupakan kumpulan cerpen, pembaca bisa menikmati karya-karya di dalam buku ini satu setiap harinya, yang pastinya tidak akan menyita waktu terlalu banyak.

Mari sejenak berkelana k
...more
Mia Queen
Fantasy Fiesta 2010, kumpulan cerita pendek dengan satu benang merah yang menyatukan mereka semua,fantasi. Menuntaskan buku setebal 280 halaman butuh waktu yang cukup lama juga, mungkin karena kumpulan cerita sehingga harus menunggu mood membaca cerita selanjutnya. Namanya kumpulan cerita pasti dari sudut pandang pengarang yang berbeda pula. Ada yang dengan mudah saya ikuti, ada pula yang seolah susah dicerna otak.

Bocah Serigala dan Isyarat Api pas menjadi cerita pertama, nuansa fantasinya dapa
...more
Speakercoret
Pada dasarnya gw memang kurang suka cerpen, karena merasa kisahnya terlalu cepat selesai, disaat masih ingin mengenal tokoh2nya, ingin mengembara bersama tapi harus diakhiri karena kisahnya memang cuma sampai di situ. Dan ini kumpulan cerpen Fantasy pula.. disaat imajinasi dibawa terbang kemana-mana, dan tiba-tiba dijatuhkan ke tanah.. karena kisahnya sudah selesai #lebay hehehe.
Tapi akhirnya gw akuin, buku ini menarik dan sebagian besar cerpen bisa gw nikmati, sebagian menjadi favorit, sebagian
...more
Weni
Kumpulan cerpen fantasi yang menarik :)
Saya suka sebagian besar ceritanya, sebut saja: 'Anak Lelaki dan Si Pengubah Wujud', 'Rhytma', 'Candu Aksara', 'Matahari Sylvania', 'Drama Terhebat yang Pernah Ada' (kocak & segar), 'Aku Hidup Seribu Tahun', 'Speak of The Devil'...
Ada juga cerita yang kurang bisa saya tangkap maksudnya. Mungkin perlu dibaca ulang, atau mungkin memang otak saya yang nggak nyampe :D

Jika disuruh memilih satu dari semua cerita dalam buku ini, maka favorit saya adalah kisah
...more
Calvin
Nov 17, 2011 Calvin added it  ·  (Review from the author)
Saya menikmati tiap cerita yang tertulis di cerpen ini. Bagi mereka yang mencari fiksi fantasi lokal, kumcer ini wajib dimiliki karena menawarkan sesuatu yang berbeda diantara lainnya. Anda bisa menemukan berbagai genre fiksi fantasi mulai dari high fantasy, urban, fiksi ilmiah, dan horror.

cerpen favorit secara pribadi? candu aksara, ngebacanya ampe ngakak2 sendiri, terutama adegan terakhir sebelum cerita abis.
R.D. Villam
Dec 11, 2010 R.D. Villam rated it 5 of 5 stars  ·  (Review from the author)
Shelves: indonesian, fantasy
Penghargaan saya yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan penulis yang telah bergabung bersama saya membuat buku kumpulan cerita pendek fantasi ini. Terima kasih, Teman-teman, seluruh bintang dari saya untuk kalian, penerbit dan semua pihak yang telah membantu. Love you all. :-)
Klaudiani
Jan 03, 2011 Klaudiani rated it 5 of 5 stars  ·  (Review from the author)
Dua puluh cerita. Dua puluh rasa. Satu genre.
Terima kasih untuk semua yang sudah berkontribusi untuk buku ini :)
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 10 11 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Chronicle (Ther Melian, #2)
  • Hailstorm (Vandaria Saga)
  • Anak Rembulan: Negeri Misteri di Balik Pohon Kenari
  • Selama Kita Tersesat di Luar Angkasa: Kumpulan Cerita Absurd
  • Kisah-kisah Tengah Malam
  • Dorohedoro, Vol. 1
  • おやすみプンプン 1
  • ワンパンマン 1 (Onepunch-Man #1)
  • Nocturnal
  • Coming Home
  • Garudayana Vol. 1 (Garudayana #1)
  • Harimau! Harimau!
  • Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah
  • Tanah Tabu
  • Metropolis
  • Adolf : Days of Infamy
  • Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC
  • Senopati Pamungkas #1
3290671
Was a bad dreamer & always a newbie writer.
Contact me at rdvillam@yahoo.com to get my books, or just to say hello.
And yes ... feel free to add me as friend. I don't use challenge question for friend request, I promise. XD
More about R.D. Villam...
Fantasy Fiesta 2011: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2011 Akkadia: Gerbang Sungai Tigris Di Tepi Sungai Ordelahr (Estarath: Seri Hikayat Orang Utara, #1) Anak-Anak Dunia Mangkuk (Anak-Anak Dunia Mangkuk, #1) Bocah dan Penyihir (Estarath: Seri Quazar dan Ksatria, #2)

Share This Book

“Gerisik angan dan deru lembut laju harapan.
Waktu itu adalah menit-menit akhir menjelang malam di Bukit Angin. Daun-daun berwarna-warni dalam berbagai wujud melayang ke langit dan berkumpul mengelilingi puncak pusaran angin. Di sana, di balik awan, beradalah studio Sang Pelukis.”
3 likes
“Dua kebaikan yang berbeda tidak mungkin berada pada satu intesitas yang sama. Sesederhana itu.” 2 likes
More quotes…