Cinta di Dalam Gelas
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Cinta di Dalam Gelas (Padang Bulan #2)

3.85 of 5 stars 3.85  ·  rating details  ·  2,694 ratings  ·  204 reviews
CINTA DI DALAM GELAS bertutur tentang tugas berat di pundak Ikal. Dia harus membantu Maryamah memenangkan pertandingan catur saat 17 Agustus nanti. Maryamah, yang menyentuh bidak catur saja belum pernah, harus mengalahkan juara catur selama dua tahun berturut-turut yang sekaligus juga mantan suaminya. Namun, lebih dari itu, jenis kelamin Maryamah menjadi tantangan berat un...more
Paperback, 270 pages
Published June 2010 by Bentang Pustaka
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.
Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
47th out of 431 books — 1,490 voters
Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin by Tere LiyeHafalan Shalat Delisa by Tere LiyeNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRanah 3 Warna by Ahmad FuadiAyahku (Bukan) Pembohong by Tere Liye
hafalan shalat delisa
11th out of 57 books — 241 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 3,000)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
indri
#2011-34#

Akhirnya, Pakcik!!! Akhirnyaa!!
Kutemukan juga bagaimana seorang Maryamah berubah menjadi Maryamah Karpov..
Lalu, kenapa judul buku ini bukan Maryamah Karpov saja? Kenapa bisa buku sebelumnya tentang Menyelamatkan cinta tersasar di seberang Lautan itu mendapatkan judul yang amat dramatis ini??

Lihat bagaimana Pakcik menggambarkan permainan catur laksana medan perang, di mana kuda menyerang, benteng bertahan, Raja yang tertusuk, prajurit pelindung, seperti berada di suatu pertempuran yang d...more
Primadonna
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Alisyah Samosir
Andrea oh Andrea, wawasan mu sungguh luas. Entah mengapa lulusan S2 Paris bisa-bisanya kerja di warung kopi. Semakin membingungkan lagi ketika dirunut, ternyata semua itu karena alasan klasik, seorang cewek :D

Buku ini masih sama dengan buku yang lainnya, banyak humor ringan tentang masyarakat Melayu, yang terkenal dengan sarung dan warung kopinya.

Ternyata Enong itu adalah Maryamah Karpov, dulunya gadis cilik yang malang nasibnya, yang senang belajar Bahasa Inggris di kelas, namun harus meninggal...more
Juliana Es
Seorang penulis yang mampu menceritakan semula permainan catur dalam perspektif yang berbeza dan sangat menarik pula, bagi saya beliau sudah boleh dimasukkan ke dalam kategori genius. Mungkin bukan genius nombor 1, tapi masih lagi genius kerana permainan catur itu sekiranya diceritakan semula pola pergerakannya cara yang biasa-biasa, tampak amat membosankan walaupun permainanan itu sebenarnya amat merangsang minda dan menuntut daya pemikiran strategik.

Di saat debaran telah terbina pada tahap tin...more
ijul (yuliyono)
Sep 15, 2010 ijul (yuliyono) rated it 4 of 5 stars Recommends it for: Andrea Hirata's fans
Kopi-nya enak...

Demi merekatkan hubungannya dengan A Ling dan memenuhi gerutuan Ibu yang tak rela anak lelakinya menyandang gelar pengangguran, Ikal memantapkan hati untuk tekun bekerja di kedai kopi milik pamannya sendiri. Meski pula harus rela menebalkan kuping demi mendengar serangkaian makian/omelan sang paman yang kesohor galak itu setiap hari, Ikal justru jatuh sayang pada paman yang bawel dan kedai kopinya yang menginspirasinya untuk menyusun Buku Besar Peminum Kopi serta menyuntikkan mot...more
Päk  Läng
Maruah dan pengorbanan, ilmu dan kegigihan, kopi dan manusia, catur dan kehormatan, persahabatan dan kesetiaan...semuanya diadun sempurna lantas membangkitkan rasa yang luar biasa. Ah, kau patut baca sendiri!
DuniaFriskaIndah
Dibandingkan dengan buku yang pertama, aku lebih suka buku yang kedua ini. Cinta di dalam gelas. Dalam buku ini aku kemali mengangumi Andrea Hirata karena berhasil memasukkan arti filosofi kopi dan catur menurut sudut pandang “Melayu’ dan “Fiksi”. Mengapa aku bisa bilang begitu?

Kopi. Banyak buku yang aku baca, Novel matsudnya. Memasukkan arti kopi dengan makna yang ekslusif dan mahal. Kopi dicampur dengan mocca, latte, susu misalnya buku Coffee Prince. Bagaimana makna kopi dan pembuat kopi menja...more
Ditta
Mereka yang pura-pura suka kopi - Penerbit Buku (114)
helllooo,,,gw beneran suka kopiiii!!! @_@

Kalo ada tambahan bintang, gw mau kasih buku ini empat setengah bintang, karena lebih bagus dari padang bulan tapi masih di bawah sang pemimpi lah,,tapi karena ga ada,,yasud cukup 4 bintang ajah
Cinta di Dalam Gelas menceritakan tentang perjuangan enong - yang kemudian diperkenalkan sebagai Maryamah...Kesukaan enong berbahasa Inggris dan tekadnya yang kuat untuk mati-matian belajar catur demi mengalahka...more
Dhana P
Oct 09, 2012 Dhana P rated it 5 of 5 stars
Recommended to Dhana by: Karyawan TB Tisera PGC
Novel kedua Dwilogi Padang Bulan. Dalam novel kedua ini barulah Enong lebih jelas tampil sebagai tokoh utama. Catatan: Dwilogi ini sepertinya punya 2 tokoh utama, yakni Ikal dan Enong dengan kisahnya masing-masing yang kadang berkaitan kadang tidak :D.

Tema "kekuatan perempuan" dan "kekuatan cita-cita" sebenarnya klise. Namun dikemas secara menarik oleh Andrea Hirata melalui sudut yang cukup unik: permainan catur. Potret masyarakat Melayu "kampung" disajikan dalam bahasa ringan, jenaka, kaya kosa...more
Sri
Aku tidak menyangka ternyata permainan catur bisa seseru itu. Seru dan juga mengharukan.
Menurutku inilah inti dari kisah Maryamah Karpov. Seharusnya buku ini yang diberi judul Maryamah Karpov. Buku Maryamah Karpov lebih baik diberi judul Obsesi (Ikal a.k.a Andrea Hirata) pada Bajak Laut hehe. Sedangkan buku Padang Bulan cuma menjadi bagian pengantar saja dari kisah Maryamah Karpov.
Berbeda dengan Padang Bulan, tak ada lagi kisah cinta mellow-nya si Ikal. Yang ada, si Ikal jatuh cinta lagi. Dia bi...more
Sam
May 10, 2011 Sam rated it 3 of 5 stars
Shelves: novel
Akhirnya aq menemukan Maryamah,
dalam hati seorang gadis cilik pendulang timah, dalam gelas kopi yang diagungkan kaum Melayu dan di antara susunan bidak catur, lomba 17 Agustusan

Cerita yg bersemi dari kisah sebelumnya ini memang cukup membingungkan di awal, AH terus membawa pembacanya melompati ruang waktu, memahami culture Melayu nan puitis dan ikut terombang-ambing memaki-maki 'pemerintah' yg tidak tahu adat

Akhirnya aq menemukan Maryamah,
yg mencoba membalas dendam atas perlakuan yg diterimanya...more
Hafizul Osman
Dalam masa 3 hari, aku habiskan novel ini ketika sibuk melayan pengunjung di UiTM, Shah Alam. Walaupun tidak sesedap Laskar Pelangi mahupun Sang Pemimpi, tetapi novel ini tetap seronok dan mengujakan aku untuk aku habisi hingga akhir tinta. Pak Andrea mengenengahkan salah satu sukan popular di Indonesia, catur sehingga persatuan catur di Indonesia berusaha untuk meletakkan catur sebagai salah satu sukan yang dipertandingkan dalam Sukan Olimpik setelah dipertandingkan dalam Sukan SEA di Palembang...more
Harun Harahap
Tetap konyol seperti novel pertamanya, Padang Bulan. Namun, yang ini lebih seru karena fokus utamanya bukan ke tokoh Ikal tapi ke tokoh Enong a.k.a Maryamah. Setelah menyelesaikan novel ini saya berpendapat bahwa seharusnya novel inilah yang diberi judul Maryamah Karpov. Karena disinilah akhirnya terkuak ada apa dibalik nama Maryamah Karpov.
Titi Estiningrum
aduuuh... senangnya, tidak pernah sesenang ini, saat mendapat kan buku yang 'bersambung' dan sambungannya udah ada nempel di punggung buku pertama.
Walaupun sejujurnya agak su'uzhon sama Andrea, jangan jangan ini sebenernya satu buku kok. habisan aku tidak bisa membedakan dimana titik pecahnya dua buku ini.
Kisahnya masih tentang tokoh tokoh yang sama dalam padang bulan, hanya dalam berbagai realita yang lebih pelik.
Enong sang pahlawan, akhirnya menikah, tapi sayang pernikahannya tidak bahagia, ba...more
Muhammad_Taufiq
Episode Paling Gila Perjalanan Hidup Ikal

Review by Muhammad Taufiq

Cinta di Dalam Gelas

“Berikan aku sesuatu yang paling sulit, aku akan belajar,” Maryamah Karpov

Seolah menjawab pertanyaan sekaligus keluhan dari pembaca novel “Maryamah Karpov (Mimpi-mimpi Lintang)”, Andrea Hirata kembali menghadirkan novel yang memikat nan menawan hati, “Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas”

Membaca dwilogi “Padang Bulan” ini, serasa membaca sosiologi dan budaya Belitong lengkap dengan karakteristik orang-orang di dalamnya. Andrea...more
ayanapunya
Buku besar peminum kopi, catur dan orang melayu.

Itulah tiga hal yang bisa saya simpulkan dari buku kedua dwilogi Padang Bulan-Cinta dalam Gelas ini. Tiga bahasan yang tentunya sangat menarik bagi mereka yang tidak minum kopi, tak mengerti aturan bermain catur, dan bukan orang melayu, seperti saya misalnya.

Cinta dalam Gelas bercerita tentang Maryamah binti Zamzami yang ngotot mempelajari bermain catur hanya untuk mengalahkan Matarom -mantan suaminya- dalam kejuaraan catur 17 Agustus. Matarom send...more
Edy
Buku ini merupakan buku kedua atau sambungan dari Padang Bulan.. Dalam novel ini diceritakan budaya masyarakat di Belitong yang suka nongkrong di warung kopi sambil minum kopi, membual, mengkritik dan main catur, Budaya nongkrong ini mungkin sebagai media rekreasi setelah lelah bekerja seharian sambil sekaligus mencari inspirasi untuk menemukan lading tambang yang baru…

Dengan setting warung kopi ini, dilanjutkan kisah perjuangan Enong yang sudah berumahtangga namun mengalami penindasan dari suam...more
El bintang
Setelah menyelesaikan Padang Bulan, kali ini memutuskan untuk menjauh dari hal-hal yang bernama logika. Ya, Baca Buku Andrea Hirata harus dengan semangat...apa adanya :p

Cerita masih tentang Ikal-Enong dan tentunya si Tuan Detektif. A Ling kali ini digantikan oleh Blender dan Kopi.

Untuk urusan kopi ini...entahlah, mungkin ada waktu lain saya bisa tertarik.

Enong berjaya-jaya dalam buku ini. Pokoknya semua penderitaan dibayar lunas semasa hidup. Perempuan berjaya. Cinta berjaya. Pokoknya demikian.

D...more
Uci
Akhirnya saya mencoba menerapkan teknik baru untuk bisa menikmati buku kedua dari dwilogi Padang Bulan...go with the flow alias ikut saja ke mana angin bertiup eh ke mana Andrea Hirata hendak membawa kita.

Satu saat dia bercerita tentang sepeda yang kecepatannya bisa sampai 70 km/jam, ikutlah saya terbirit-birit. Kali lain dia bercerita tentang jatuh cinta pada blender, turutlah saya termehek-mehek. Begitu pun ketika dia memaparkan beragam strategi catur dan teori kopi, saya membacanya tanpa ban...more
Fariza
Kisah Maryamah yang berjuang di papan catur sangat mengesankan. Saya seolah mendapat semangat baru dari semangat juang Maryamah. Andrea membawa kita kepada kesimpulan iaitu tiada yang mustahil di dunia ini jika berazam dan berusaha malah jika punya strategi. Bukan sekadar strategi malah jika punya kawan yang luar biasa juga.

Lagi sekali, Jose Rizal dan tuannya sentiasa menjadi watak favorite saya.. Paling tidak, tanpa mereka tiada cinta saya buat buku ini. haha

Menulis ini sahaja sudah membuatkan...more
Bunga Mawar
Baca review-nya Andri di sini, ... jadi mau nambahin dikit ah, masih tentang mozaik "Buku Besar Peminum Kopi" di bukunya Ikal ini. Salah satu bagiannya adalah ini (kalo ga salah2 kata, pokoknya beginilah!):

...Mereka yang menjual kopi dengan harga lebih dari sepuluh ribu rupiah per gelas... utusan pemuja setan.
:)

... Maap ya, 'Ndri... -lho?-
Wida
Ini karya Andrea Hirata saya yang kedua setelah Padang Bulan. Semua karakter bagi saya baru. Saya hanya pernah menonton filmnya saja (itupun hanya Laskar Pelangi, sisanya belum pernah, entah kenapa.. hehehe).
Harus saya akui, Andrea Hirata memiliki kekuatan tersendiri dalam bercerita (bahasanya dimirip-miripin critics biar keren). Ini entah memang ia pandai bercerita atau saya yang kurang pandai mengkritisi karya sastra (asik), tapi hampir selalu jantung saya berlari cepat setiap kali ia menceri...more
Hae-nim
walaupun cerita ini berkisar tentang usaha gigih bagaimana seorang wanita tidak bepelajaran membalas dendam terhadap kesusahan hidupnya melalui pertandingan catur, pengamatan penulis tentang budaya masyarat melayu melalui kopi sangat benar. tak ada bezanya antara melayu Indonesia da melayu Malaysia. :)
Arifa Hilma
masih dengan manusia keriting yang tinggal di Belitong itu kawan.

Diawali dengan Padang Bulan yang lebih ringan dan konyol sebagai pemanasan, Cinta dalam Gelas --yang juga diartikan sebagai kopi-- mulai berkisah inti ceritanya.
Kalau di Padang Bulan kita lebih sering tepok jidat melihat ulah Pak cik Ikal dan Ortoceria, disini Ikal lagi-lagi memamerkan kelihaian silat kata-nya. Lihatlah manusia keriting itu, bisa-bisanya dia menulis Buku Besar Peminum Kopi yang fenomenal. Belum lagi narasi-narasiny...more
Zulwaqarakram
Daripada main catur, elok main congkak.
Rino Ferdian
Ini novel yang dikasi juga buatku. Ya karena sebelumnya aku dikasi buku padang bulan. Ya karena novel ini jadi satu dengan novel padang bulan. Bikin mereka berdua dwilogi. Kreatif pula si Bang Andrea ini. heea..dan 2 novel ini juga saling kebalik. Bikin orang yang ngeliat aku baca, bingung, terlihat seperti baca terbalik. haha..
Tapi teman, ini buku hanya kutamatkan satu hari...seringnya dalam bus,, mengiringi petualanganku hari ini...asik ya!
Ya, walau di covernya tertulis "novel kedua dwilogi pa...more
Wijayanto
Ah, penipu benar si Ikal itu. Mana ada tetralogi Laskar Pelangi? Yang ada adalah pentalogi. Atau kalau memang benar novel terakhir itu dibagi menjadi 2, maka yang sebenarnya ada adalah heksalogi Laskar Pelangi. Itu juga kalau dia sudah puas menceritakan dirinya sendiri, teman dan kawannya, saudara dan kerabatnya, kampung Belitong bersama penduduk Melayu-nya, maskapai timah, dan warung kopi.

Nyata benar jika dwilogi Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas masih menceritakan kisah tentang Ikal. Tapi...more
Suzan Oktaria
Cinta di Dalam Gelas adalah buku kedua dari Dwilogi Padang Bulan. Bagi yang penasaran dengan siapa sebenarnya Maryamah Karpov. Cepat baca buku ini :D.

Disini Andrea meramu kopi, catur dan kehidupan masyarakat Belitong menjadi satu kesatuan. Bahkan yang mengejutkan adalah sosok Ikal, ternyata memiliki Buku Besar Peminum Kopi. Ada-ada aja ya :D

Bagi saya dan pecinta kopi inilah minuman ajaib, bahkan para kaum laki-laki itu rela menghabiskan waktu di warung kopi, untuk yang satu ini saya masih tidak...more
Novia
Cinta di Dalam gelas adalah buku kedua dari dwilogy Padang Bulan. Menurut saya, buku ini jauh lebih menarik daripada Padang Bulan. Padang Bulan menceritakan tentang perjuangan Maryamah untuk dapat mewujudkan mimpinya belajar bahasa Inggris dan tentang perjuangan Ikal dalam mendapatkan kembali cinta ALing. Perjuangan Ikal memang lucu dan menghibur tapi mungkin karena saya memanng bukan penikmat cerita cinta, jadi Padang Bulan terasa lebih kurang menarikdibandingkan Cinta Di Dalam Gelas.

Cinta di D...more
Meinar
O, Maryamah Karpov... Akhirnya terbuka juga misteri siapa dirimu sebenarnya !

Inilah tokoh yang setahun ini mungkin sangat dinanti-nanti oleh para Andreanis. Setelah sempat disebut sekilas saja di novel-novel sebelumnya, bahkan menjadi judul bukunya yang ternyata tidak membahas Maryamah itu sendiri, di buku ini Andrea Hirata akhirnya membuka rahasia mengenai siapa Maryamah Karpov.

Membaca buku ini bagi saya seperti membaca sebuah ilmu pengetahuan. Dalam buku ini saya menemukan bukan hanya cerita,...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 99 100 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Ranah 3 Warna (Negeri 5 Menara, #2)
  • Burlian (Serial Anak-Anak Mamak, Buku 2)
  • Negeri van Oranje
  • Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah
  • Madre: Kumpulan Cerita
  • Manikam Kalbu
  • Kedai 1001 Mimpi: Kisah Nyata Seorang Penulis yang Menjadi TKI
  • Indonesia Mengajar
  • The Naked Traveler 2
647438
Under a bright sunny sky, the three-day Byron Bay Writers’ Festival welcomed Andrea Hirata who charmed audiences with his modesty and gracious behavior during two sessions.

Andrea also attended a special event where he and Tim Baker, an Australian surfing writer, spoke to a gathering of several hundred school children. During one session, Andrea was on a panel with Pulitzer Prize winning journalis...more
More about Andrea Hirata...
Laskar Pelangi (Tetralogi Laskar Pelangi, #1) Sang Pemimpi (Tetralogi Laskar Pelangi, #2) Edensor (Tetralogi Laskar Pelangi, #3) Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang (Tetralogi Laskar Pelangi, #4) Padang Bulan

Share This Book

“Beri aku sesuatu yang paling sulit, aku akan belajar!” 112 likes
“aku belajar menaruh hormat kepada orang yang menegakkan martabatnya dengan cara membuktikan dirinya sendiri, bukan dengan membangun fikiran negatif tentang orang lain.” 51 likes
More quotes…