Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Padang Bulan” as Want to Read:
Padang Bulan
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Padang Bulan (Padang Bulan #1)

3.78  ·  Rating Details  ·  3,969 Ratings  ·  337 Reviews
Melalui pergolakan nasib seorang perempuan dan huru-hara kecemburuan, Andrea Hirata kembali memilih sudut yang tidak terduga untuk menampilkan kisah yang inspiratif tentang kegigihan karakter-karakter di dalam novelnya. Novel Padang Bulan bermula dari kisah seorang gadis kecil berusia 14 tahun, Enong namanya, yang sangat gemar pada pelajaran bahasa Inggris, namun secara me ...more
Paperback, 254 pages
Published June 2010 by Bentang Pustaka (first published 2010)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.
Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiSang Pemimpi by Andrea Hirata
Buku Indonesia Sepanjang Masa
38th out of 491 books — 1,726 voters
5 cm by Donny DhirgantoroPerahu Kertas by Dee LestariLaskar Pelangi by Andrea HirataNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiDan Hujan Pun Berhenti by Farida Susanty
Unforgettable Indonesian Fiction
39th out of 109 books — 337 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 3,000)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
indri
Nov 26, 2011 indri rated it liked it
Shelves: sastra-indonesia
#2011-32#

Pakcik, buat saya sih nggak masalah apabila cerita ini dikasih judul Padang Bulan atau Serunai burung Punai misalnya. Bukannya di buku sebelumnya anda sudah 'menceritakan' Maryamah Karpov yang cuma menjelaskan sekilas lalu dan menuai amat banyak kritik, menghabiskan energi membacanya untuk mencari tahu siapa itu Maryamah, dalam seluruh cerita yang bertema 'Penyelamatan A Ling bukan oleh Maryamah, tapi oleh mimpi-mimpi Lintang'.

Cerita cinta lanjutannya, dengan judul 'Padang Bulan' (yang
...more
Primadonna
Jul 09, 2010 Primadonna rated it liked it
Konsep kovernya cerdas. Tidak ada blurb, sinopsis, atau apa pun sehingga saat membaca tidak ada ekspektasi berlebihan. Kover juga ditata artistik, sehingga sejuk mata ini memandangnya.

Andrea Hirata kembali mengetengahkan perjuangan orang miskin di Belitong. Kisah keluarga Enong yang tragis, miris, namun juga bisa membuat pembaca tersenyum. Beberapa perumpamaan yang terlalu berlebihan (misal, vacuum cleaner yang saking kuatnya mampu menyedot rambut balita/bayi hingga botak?) barangkali adalah cir
...more
ijul (yuliyono)
Sep 15, 2010 ijul (yuliyono) rated it liked it
Recommends it for: Andrea Hirata's fans
Padang Mbulan Enake Obak Dhelik'an

Enong, 14 tahun, menggemparkan kampung halamannya oleh sebab keputusannya untuk menjadi pendulang timah perempuan pertama di Belitong. Adalah kematian tragis ayahnya yang memaksa gadis itu drop out dari kelas lima SD dan memikul sebagian tanggung jawab keluarganya selaku anak sulung. Berkat kata-kata penyemangat yang ditulis oleh ayahnya dalam Kamus Bahasa Inggris Satu Miliar Kata yang dihadiahkan kepadanya, Enong menerjang segala rintangan untuk merengkuh kebah
...more
Bunga Mawar
Aug 09, 2010 Bunga Mawar rated it liked it
Shelves: it-s-mine
Wahai kawan para penggemar karya Andrea, dengarlah satu nasihatku: jangan baca buku ini di tempat umum. Utamanya di buku kedua "Cinta di Dalam Gelas", wa bil khusus bagian Mozaik "Buku Besar Peminum Kopi".

Minggu sore, buku ini belum khatam terbaca ketika saya keluar kamar. Ibu menyodorkan sebungkus permen berplastik kuning dan biru. "Nih, buat mengurangi batukmu," ujar beliau.

Huahahaha... Beliau belum tahu saya terbatuk2 setengah jam sebelumnya karena repot menutup mulut dengan bantal untuk meng
...more
Päk  Läng
Apr 19, 2012 Päk Läng rated it it was amazing
Shelves: favorites
Telah kuduga, karya manusia bernama Andrea Hirata ini memang sangat bagus! Bukan main boi, bukan main.
Handaka mukarta
Jun 25, 2010 Handaka mukarta rated it did not like it
semalam sambil menemani anak cari percy jackson 5 yg bulan ini terbit, mendapatkan novel terbaru andrea hirata.

membaca 'padang bulan' adalah membaca suatu fenomena. setelah kecewa dng maryamah karpov, saya berharap menemukan pengganti dng buku terbaru.

kesan saya : kocak terkadang terlewat konyol, piawi merangkai kalimat utk membangun kesan-kesan yg tak terduga, imajinatif, dramatis malah terkesan bombastis. penulis benar-benar "terlatih" meramu kisah-kisah tragedi secara parodi. namun sayang, ha
...more
Rifa farah
Jun 26, 2010 Rifa farah rated it it was amazing


Selamat apa saja sahabat pecinta sastra,

Mungkin sudah ditakdirkan,selesai membaca Animal's People (Indra Sinha-this work was shortlisted for 2007 Man Booker Prize) saya membaca buku Dwilogi Padang Bulan (andrea hirata). Saya punya sejarah dengan Andrea HIrata. Sejarah tentang pembaca yang pesimis dengan novelis Indonesia. Dalam musik orang menyebutnya sebagai one hit wonder. Yaitu dengan satu karya yang ngetop abis, bagus abis, lalu hilang. Berkaya tapi keok. Contohnya lagu this love! nggak tahu
...more
Harun Harahap
Dec 21, 2010 Harun Harahap rated it liked it
Shelves: punya, fiksi, indonesian
Bwahahahaha..KONYOL!

Dari buku Laskar Pelangi sampai sekarang gw selalu berkata di didir gw bahwa bukan IKAL yang jadi tokoh utama dalam novel Andrea Hirata. Selalu ada tokoh lain yang bisa menarik perhatian karena kisahnya lebih enak untuk dinikmati.

Namun, memang ikal ini sungguh benar-benar menyedihkan.

KONYOL!
DuniaFriskaIndah
Dalam cerita ini ikal dan teman-temannya melakukan hal-hal konyol yang kadang kala kelihatan sangat bodoh dan ga masuk akal. Karena dibakar cemburu tingkat tinggi, Ikal harus mempertaruhkan segalanya untuk menyatakan bahwa dirinya lebih jago dibandingkan dengan Zinar. Siapa Zinar? Zinar adalah cowok yang digosipkan akan menjadi calon suami untuk Aling. Padahal sebenarnya semua teori-teori Ikal dan rombongannya adalah suatu kesalahan besar.

Buku ini masih mengemas tindakan konyol ala orang melayu
...more
Blue_tooth7
Jul 08, 2010 Blue_tooth7 rated it really liked it
Jika dikatakan bahwa novel ini (dwilogi Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas) untuk mejawab rasa penasaran sebagian besar pembaca karena kisah di dalam Maryamah Karpov tidak tuntas memang ada benarnya. Novel kedua yang berjudul Cinta di Dalam Gelas menurutku justeru lebih pantas diberi judul tersebut. Di novel inilah sepak terjang Maryamah digambarkan dengan jelas bukan hanya sekilas seperti dalam Maryamah Karpov

Jika dibandingkan dengan tetralogi sebelumnya, dwilogi ini terasa lebih nakal. Andr
...more
Syah Hasnul
Sep 07, 2011 Syah Hasnul rated it it was amazing
Andrea Hirata bukan lagi nama asing bagi pembaca-pembaca novel Melayu, tapi ini merupakan kali pertama saya membaca karyanya. Bukan sedikit karya beliau yang mendapat perhatian, dan dengan satu karyanya diadaptasi ke filem, tentunya beliau bukan calang-calang orangnya. Hari ini baru saya tahu. Ayatnya tidak meleret, cukup untuk menyampaikan makna tapi terkesan dalam hati. "Sungguh mengerikan hidup ini kadang-kadang.", ironiknya saya tetawa ketika kali pertama membaca kata-kata tersebut kerana pe ...more
mutiara
May 28, 2011 mutiara rated it it was ok
Sepertinya saya berharap terlalu tinggi. Setelah tetralogi Laskar Pelangi yang fenomenal, saya menunggu-nunggu karya Andrea Hirata berikutnya yang mampu membangkitkan imajinasi dengan keunikan cerita, kecermatan diksi, keindahan kalimat, dan kelihaian dalam mendeskripsikan karakter, situasi, budaya, semuanya. Yang mampu mengaktifkan tombol kesenangan, membuat saya menari-nari bersama semua tokoh diiringi irama riang, tak henti bahkan ketika saya menghabiskan lembar terakhir.

Sayangnya Padang Bula
...more
Annisa Anggiana
Jul 10, 2010 Annisa Anggiana rated it liked it
Ada yang bisa mengingatkan saya pada bagian mana dalam buku keempat Andrea Hirata “Maryamah Karpov”, tokoh bernama Maryamah diceritakan.. Duh.. Due to my short term memory.. I completely forgot!! Argh !!

Ketika menunggu buku keempat Andrea Hirata, saya sungguh tidak sabaran. Begitu saya dengar bukunya muncul di toko buku, langsung titip Dino untuk beli (karena waktu itu saya masi di Indramayu). Begitu sampai di tangan langsung dilalap tak bersisa. Dan sudah saya ceritakan di http://annisaanggiana
...more
Alisyah Samosir
Sep 26, 2010 Alisyah Samosir rated it liked it
Nuansa humornya masih ada, meski tidak sebanyak yang ditemukan di buku Laskar Pelangi. Ikal emang penulis humoris.

Karakter baru: ada Enong, sang pengagum Bahasa Inggris. Salut buat Enong, sekali ya tetap ya. Sekali cinta Bahasa Inggris, karir sebagai kuli timah sekalipun tidak menjadi pembatas. Kebayang gak kalo kuli timah dikuliahin Bahasa Inggris? :D

Ayah Ikal tetap ayah juara satu sedunia. Ibunya tetap sibuk dengan kegiatan 'ludah darah'nya. Hubungan Ikal dan A Ling akhirnya oke-oke aja. Tapi
...more
Dewi Masna
May 25, 2016 Dewi Masna rated it it was amazing
Pada novel ini pun ternyata masih berkisah tentang perjuangan cinta Ikal dan A ling. Awalnya saya kira novel ini sudah lepas dari bayang- bayang ikal dan kawan-kawan. Ternyata kisah Enong hanya menjadi awal cerita saja, dan kisah pelengkap dari kisah perjuangan panjang ikal melawan kecemburuannya terhadap Aling dan Zinar. Cerita bermula dari Enong, seorang anak perempuan kelas 6 SD yang sangat suka pelajaran bahasa inggris, tetapi terpaksa harus berhenti sekolah karena ayahnya meninggal dalam ke ...more
Elsa Maharani
Aug 27, 2012 Elsa Maharani rated it liked it
si ikal makin gila,,nampaknya sengaja dibuat seperti itu,tapi karakter enong,,keren abis, membuat saya pengen belajar catur. Banyak aspek budaya melayu yang diangkat, disertai analisis2nya yang kadang serius,,kadang konyol..

satu hal yg masih terkait dengan novel2 andrea hirata sebelumnya, yaitu mengajak pembaca untuk selalu belajar..memecahkan hal-hal yang sulit dan mustahil menjadi sebuah kenyataan..

"berikan aku hal paling sulit, aku akan belajar "

Kartika Winta
Sep 12, 2010 Kartika Winta rated it really liked it
Saya mencatat petikan yang bernas dari buku ini:

"Darinya, aku mengambil filosofi bahwa belajar adalah sikap berani menantang segala ketidakmungkinan; bahwa ilmu yang tak dikuasai akan menjelma di dalam diri manusia menjadi sebuah ketakutan. Belajar dengan keras hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang bukan penakut".
(Cinta di Dalam Gelas:99)
Dzikrina N
May 08, 2016 Dzikrina N rated it really liked it
Awalnya tertarik pada ceita awal yang mengisahkan tentang Enong, anak kecil yang sudah harus menjadi tulang punggung keluarga. Cerita yang tidak biasa dari seorang anak putus sekolah di desa daerah Belitong.

Tapi, kok ada tokoh "aku" ya? Padahal dari awal, ceritanya menggunakan sudut pandang ketiga. Setelah beberapa bab berlalu, akhirnya baru sadar kalau "aku" itu adalah sosok Ikal. Sebelumnya tidak baca serial Laskar Pelangi, hanya nonton filmnya saja. Jadi mulai tidak paham alur ceritanya. Nam
...more
Anindya
Mar 20, 2016 Anindya rated it liked it
I know I am so behind in getting this book. After the tetralogy, I must admit that I 'lost appetite' a bit with Andrea Hirata's writings -- more because the fourth novel, Maryamah Karpov, was not so satisfactory. I decided then to grab it from my local bookstore when I felt like missing Andrea's works and his humble yet amusing stories.

At first I have no idea that Ikal, again, becomes the centre of attention. This kinda a let down as I felt like it would be great if this book is dedicated to foc
...more
Wit Witha
Dec 14, 2015 Wit Witha rated it it was amazing
Novel ini menceritakan tentang kehidupan seorang gadis bernama Enong berusia 14 tahun yang terpaksa berhenti sekolah karena ayahnya meninggal dunia. Enong terpaksamenjadi tulangpunggung keluarganya menggantikan ayahnya sebagai pendulang timah.

Meskipun begitu semangan Enong untuk belajar tidak pernah sirna, khususnya belajar bahasa Inggris. Sampai pada usianya yang hampir menginjak 40 tahun Enong memutuskan untuk kursus bahasa Inggris meskipun harus menempuh jarak yang cukup jauh.

Kisah menarik la
...more
Rahmadiyanti
Jul 30, 2010 Rahmadiyanti rated it liked it
Rasa Melayu yang makin kental, dan mengobati kekecewaan novel Maryamah Karpov yang cuma judul semata tanpa ada kisah MK di dalamnya :)
miss
Oct 25, 2010 miss rated it liked it
Shelves: 2010
Judul, OK.
Pengarang, OK.
Cover, OK.

Isinyaa.. Gitu2 aja, kirain ada nuansa baru yang gmn gitu.. Dg berat hati, harus kutulis -> Ga OK..
Barukisu (Balqis)
May 15, 2011 Barukisu (Balqis) rated it it was amazing
Beli kerana direkomendasi oleh seorang teman?

Ya.

Bila mahu membacanya?

Nanti.

Tapi sungguh mahu segera.

Dan beredar.
Indra Darmawan
Aug 12, 2015 Indra Darmawan rated it it was amazing
Ceritanya lucu dan menarik, Jose rizal kalau difilmkan pasti bisa mengalahkan free willy boi!!
Eka Herlyanti
Pertama-tama, aku mau menyampaikan keherananku dulu. Kok jumlah halaman novel Padang Bulan-ku jauh lebih banyak ya daripada yang ada di web ini??? Pantesan tadi update halaman 262 lalu tertulis 103%. Tapi setidaknya bukan kekurangan halaman, jadi gak masalah banget sih. Cuma bingung aja. Hihi.

Kebiasaanku, kalo beli buku atau mau baca buku gak pernah baca blurbnya. Makanya aku kira buku ini nggak bakalan cerita soal Ikal. Tapi ternyata masih ada Ikalnya juga, toh. Agak bete sih sebenernya. Aku m
...more
Kartika Eka Riyanti Putri
Sebenernya udah baca buku ini dari lama, tapi baru sempet ngelanjutin sekarang =)) Overall, yah, lumayanlah. Diksinya masih khas Andrea Hirata sekali. Cantik, unik, dan sedikit tradisional <3

Awalnya saya ngira kalau ini adalah cerita tentang Enong dan bukannya tentang Ikal, tapi ternyata enggak. Saya juga ngira kalau Enong bakal punya peran lebih bagi Ikal, tapi ternyata cuma jadi temannya saja. Ya udah.

Sebenernya saya agak aneh sama Ikal disini. I mean, dia bukan orang bodoh. Dia pernah dap
...more
Dewi Rudianti
Apr 24, 2014 Dewi Rudianti rated it really liked it
Padang Bulan merupakan novel fiksi karya Andrea Hirata. Sama seperti novel-novel karya Andrea Hirata sebelumnya, tokoh utama pada novel ini adalah Ikal. Namun, kali ini, Ikal bukanlah satu-satu tokoh utama. Di awal novel ini diceritakan tokoh lain yang bernama Enong.

Lika-liku kehidupan Ikal dan Enong sangat berbeda. Meskipun keduanya berasal dari keluarga miskin, namun masalah yang mereka hadapi berbeda. Enong, seorang anak perempuan yang ditinggal mati ayahnya dan harus rela meninggalkan cita-c
...more
Sally Siawidjaja
Feb 07, 2014 Sally Siawidjaja rated it liked it
Recommends it for: Fans of Andrea Hirata
Shelves: indonesia-fiksi
Bagi gue buku ini sedikit menebus kekecewaan gue atas buku Maryamah karpov. Memang tidak sebagus buku 1-3, tapi bolehlah untuk memuaskan kekangenan gue membaca kekonyolan orang belitung dan cara penulisan bang Ikal yang puitis.

Di buku ini bang ikal mencoba kembali untuk memberikan inspirasi perjuangan dan kerja keras lewat tokoh Enong. Tapi sayangnya inspirasinya kurang kena sama gue karena buku ini terbagi dengan kisah drama percintaan Bang Ikal dan Aling.

Karena gue bukan suporter Bang Ikal da
...more
Rino Ferdian
Oct 20, 2011 Rino Ferdian rated it liked it
Shelves: novel
Ini lagi salah satu buku yang diberikan untukku. Tentu saja, dari embel Sang Andrea Hirata bikin buku ini banyak diminati para manusia untuk baca tanpa liat reviewnya dulu. Apalagi ada embel Penulis novel fenomenal laskar pelangi pada cover buku ini. Yakin lah kita kalau buku ini bikin hati buncah oleh motivasi. Ekspektasiku mungkin terbatasi karena tetralogi sebelumnya (sebenarnya si aku hanya baca Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi saja). Jadi berandailah aku kalau buku ini bercerita tentang moti ...more
Wijayanto
Aug 14, 2011 Wijayanto rated it really liked it
Sempat terkecoh, saya kira novel ini akan berkisah seluruhnya tentang si Enong. Kalau kemudian si Enong dan Ikal saling bertukar cerita, pastinya harus ada benang merah yang menyatukan cerita keduanya. Pembaca tampaknya harus sabar untuk menemukan benang merah itu, di mana akhirnya mereka bertemu di Kantor Pos. Dan bagian itu berada cukup jauh di dalam buku. Masih kurang jelas buat saya mengenai peran si Enong dalam curhatan panjang Ikal tentang cintanya kepada A Ling, dan kecemburuannya kepada ...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 99 100 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Ranah 3 Warna (Negeri 5 Menara, #2)
  • Manikam Kalbu
  • Madre: Kumpulan Cerita
  • Pukat (Serial Anak-anak Mamak, Buku 3)
  • Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah
  • Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?
  • Negeri van Oranje
  • Kedai 1001 Mimpi: Kisah Nyata Seorang Penulis yang Menjadi TKI
  • Ronggeng Dukuh Paruk
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • The Naked Traveler 2
647438
Under a bright sunny sky, the three-day Byron Bay Writers’ Festival welcomed Andrea Hirata who charmed audiences with his modesty and gracious behavior during two sessions.

Andrea also attended a special event where he and Tim Baker, an Australian surfing writer, spoke to a gathering of several hundred school children. During one session, Andrea was on a panel with Pulitzer Prize winning journalis
...more
More about Andrea Hirata...

Other Books in the Series

Padang Bulan (2 books)
  • Cinta di Dalam Gelas

Share This Book



“Orang-orang itu telah melupakan bahwa belajar tidaklah melulu untuk mengejar dan membuktikan sesuatu, namun belajar itu sendiri, adalah perayaan dan penghargaan pada diri sendiri. (hlm. 197)” 98 likes
“Begitu banyak hidup orang berubah lantaran sebuah pertemuan. Disebabkan hal itu, umat Islam disarankan melihat banyak tempat dan bertemu dengan banyak orang supaya nasibnya berubah” 77 likes
More quotes…