Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Dalam Dekapan Ukhuwah” as Want to Read:
Dalam Dekapan Ukhuwah
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Dalam Dekapan Ukhuwah

by
4.34 of 5 stars 4.34  ·  rating details  ·  979 ratings  ·  98 reviews
Di buku ini, Dalam Dekapan Ukhuwah, kita ingin meninggalkan bayang-bayang Narcissus. Kita ingin
kecintaan pada diri berhijrah menjadi cinta sesama yang melahirkan peradaban cinta. Dari Narcissus yang dongeng, kita menuju Muhammad yang menyejarah. Pribadi semacam Sang Nabi ini yang akan menjadi telisik pembelajaran kita. Inilah pribadi pencipta ukhuwah, pribadi perajut persa...more
Paperback, 472 pages
Published 2010 by Pro-U Media
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Dalam Dekapan Ukhuwah, please sign up.

Be the first to ask a question about Dalam Dekapan Ukhuwah

La Tahzan by Aidh bin Abdullah al-QarniDalam Dekapan Ukhuwah by Salim Akhukum FillahKhadijah - The True Love Story of Muhammad SAW by Abdul Mun'im MuhammadThe Quran by AnonymousJalan Cinta Para Pejuang by Salim Akhukum Fillah
1001 Islamic Books to Read Before You Die
2nd out of 108 books — 129 voters
Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin by Tere LiyeHafalan Shalat Delisa by Tere LiyeNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRanah 3 Warna by Ahmad FuadiAyahku (Bukan) Pembohong by Tere Liye
hafalan shalat delisa
34th out of 60 books — 250 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 2,233)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Dewayanie prasetio
Dalam dekapan ukhuwah, kita mengambil cinta dari langit. Lalu menebarkannya di bumi. Sungguh di surga, menara-menara cahaya menjulang untuk hati yang saling mencinta.

-----------
karena beda antara kau dan aku sering jadi sengketa
karena kehormatan diri sering kita tinggikan di atas kebenaran
karena satu kesalahanmu padaku seolah menghapus
sejuta kebaikan yang lalu
wasiat Sang Nabi itu rasanya berat sekali:
"jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara"

mungkin lebih baik kita berpisah sementara, sejenak s...more
Aina Dayana Hilmi
Bismillahirrahmanirrahim.

Naskah indah.

Padat dengan kisah sirah Nabi dan para sahabat, motivasi diri, ilmu semasa daripada tokoh-tokoh seperti Dale Carnegie dan Stephen Covey (sekadar menyebut beberapa nama) dan untaian puisi.

Masya Allah.

Saya tidak pandai mengulas karya ini. Ini karya ketiga beliau yang saya baca selepas jatuh hati dengan garapan dan mesej yang disampaikan melalui buku Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim (dan hingga kini masih diulang baca) dan Agar Bidadari Cemburu Padamu (tetap...more
Ruqaiyah.
Demi Nusrah, saya tuliskan review ;)

Dimulakan dengan puisi Berkilaulah, Dalam Dekapan Ukhuwah, terasa buku ini benar-benar dekat dengan hati (walapun baru berada di halaman 7).

Kombinasi kisah-kisah para sahabat, ditambah pula dengan penelitian daripada buku-buku seperti Winning With People - John C. Maxwell, Every Word Has Power - Yvonne Oswald dan sebagainya, diselangi puisi yang mampu membuat diri menutup buku sejenak dan berfikir, bersama dengan buah fikiran serta pengalaman-pengalaman Salim...more
Thiya Renjana
Bismillahirrohmaanirrohiim...

Salah satu bagian yang saya suka dari buku DDU yang sedang saya baca dan tidak kunjung khatam adalah sebuah chapter yang berjudul "Keterhijaban dan Baik Sangka"

Chapter tersebut dimulai dengan sebuah quote hikmah:
Ada banyak hal yang tak pernah kita minta
tapi Allah tiada alpa menyediakannya untuk kita
seperti nafas sejuk, air segar, hangat mentari,
dan kicau burung yang mendamai hati
jika demikian, atas doa-doa yang kita panjatkan
bersiaplah untuk diijabah lebih dari apa y...more
sinta nisfuanna
Tak dipungkiri bahwa ukhuwah menyimpan keindahan dan ketulusan yang tak terkira. Dari sana tercipta sebuah komunitas yang dapat saling membantu dan mengingatkan dalam kebaikan. Dua lebih baik dari satu, tiga lebih baik dari dua.

Namun, menjalin sebuah ukhuwah tidaklah mudah, karena di sana kita tidak bisa mendewakan ego. Ada orang lain yang harus kita jaga, hormati dan sayangi. Ada toleransi dan kesabaran yang sangat besar ketika kita memutuskan untuk menjalin ukhuwah. Banyak, sangat banyak sekal...more
Lia Aprilia
"engkau pasti tau" katanya.
saya hanya bisa meraba dan menduga. bahwa agar terasa bagi sesama, dalam dekapan ukhuwah kita harus belajar menghadirkan rasa terbaik kita. bukan gemerlap cahaya. bahwa dalam dekapan ukhuwah yang berharga adalah apa yang bisa kita nikmati bersama, bukan sesuatu yang secara egois kita sesap sendiri. inilah asa agung bg buku ini, dalam dekapan ukhuwah. maka untuk meraihnya kita telah diajari menelusur beberapa butir pokok:
1. dalam dekapan ukhuwah, iman kita diukur dengan...more
Rahman Elfath
Inilah letak perbedaan baca buku fiksi dan non fiksi. Kalau membaca fiksi bisa cepat selesai karena kita terbawa oleh emosi penulis. Sedang di Nonfiksi kita selalu diajak berpikir. Tak jarang saya membaca berulang-ulang setiap kalimat atau bagian-bagian dalam buku dengan 471 halaman. Itulah alasan mengapa lama sekali saya menyelesaikan membaca Dalam Dekapan Ukhuwah terbitan Pro-U media ini.


Terlebih Ust.Salim A.Fillah memberikan contoh-contoh yang sangat dekat dengan saya. Dan banyak juga menceri...more
Farid Ikhsan
Menjadi pembaca pertama adalah sebuah beban. Sebab, jika ada kesalahan di sana, maka itu akan dilimpahkan kepada sang pembaca pertama. Maka, saya mencoba melakukan peran itu sebaik mungkin, meski dengan sebuah risiko: fokus saya bukan pada isi, tapi pada teks! Namun, meski terfokus pada teks, bukan berarti saya lantas kehilangan kontak dengan isi buku ini. Barangkali jika diprosentasekan menjadi 60 % teks, 40% isi.

Baiklah, Dalam dekapan Ukhuwah, sejatinya naskahnya telah hadir semenjak sebelum...more
Zahwa az-Zahra
pokoknya buku ini bagus bangeeet... jadi bingung mau review apa. banyak yang bisadikutip dari buku ini. makanya saya sarankan beli lalu dibaca. hehe..

btw, salah satu bagian yang saya suka yyang ini:

SULIT, MUDAH , RIDHONYA

“ jika Muhammad berfikir sebagaimana engkau menalar
Tidaklah ia punya banyak saat untuk memilih berhenti?
Tapi Muhammad tau, kawan
Ridha Allah teletak pada sulit atau mudahnya
Berat atau ringannya, bahagia atau sedihnya
Senyum atau lukanya, tawa atau tangisnya”

“ ridha Allah terletak...more
Nurul Fitriyah
mungkin lebih baik kita berpisah sementara, sejenak saja
menjadi kepompong dan menyendiri
berdiri malam-malam, bersujud dalam dalam
bertafakur bersama iman yang menerangi hati
hingga waktunya menjadi kupu-kupu yang terbang menari
melantunkan kebaikan di antara bunga, menebar keindahan pada dunia
Cinantya
wuaah..
agak2 nggak kebayang apa isinya waktu pertama baca..
tapi begitu baca.. >.<
hmm, mungkin buku ini mirip chicken soup versi indonesia-islami.
Sesuai judulnya, secara umum buku ini memberi tips buat kita tentang gimana carany menjalin persaudaraan yang baik, atas dasar iman tentunya.
Banyak cerita2 yg diambil dari kisah khulafaur rasyidin, sahabat2 rasulullah yg enggak perlu diragukan lagi ke-amazing-an kisah2nya.
Meski begitu, buku ini nggak bikin ngantuk lho, beneran.
Bahasanya mengalir i...more
Afiqah Rosali
tulisan tentang ukhuwwah tak pernah ada yang tak membakar atau mencarik-carik hati, mengetuk-ngetuk kesombongan untuk pergi, mengingatkan kita pada pelukan ikhwah/akhawat yang menghangatkan diri, malah tuntas sekali memanggil kita untuk bermuhasabah diri tentang perlakuan kita kepada yang menerima ukhuwwah kita.
finished, yet not to be kept on the shelf. Now we know a lot from this book, we have to learn to know that we know. As quoted from few last pages of the book, 'belajar mengetahui bahwa ki...more
Hadiyatussalamah Pusfa
Ukhuwah itu, ga bisa hanya dilihat dari satu sisi dan sebenarnya, mengokohkan ukhuwah itu bukan hanya soal memperbaiki kesalahan-kesalahan orang lain yang tampak, tapi justru sangatlah banyak untuk memperbaiki diri sendiri. Karena kita dan saudara kita itu layaknya cermin. Kesalahan saudara kita yang terlihat, mungkin sebenanya adalah kekurangan diri.

Bukunya bagus sekali :)
Worth to read, very very woth to read
Ibnu
Jika kau merasa besar, periksa hatimu
mungkin ia sedang bengkak
Jika kau merasa suci, periksa jiwamu
mungkin itu putihnya nanah dari luka nurani
Jika kau merasa tinggi, periksa batinmu
mungkin ia sedang melayang kehilangan pijakan
Jika kau merasa wangi, periksa ikhlasmu
mungkin itu asap dari amal shalihmu yg hangus terbakar riya'
Novi_khansa
Like this :)
Kalau ada kesempatan, akan me-review ^_^

Ukhuwah itu indaaah banget
Ukhuwah itu nikmat banget
tapi memang penuh ujian....
dan dengan membaca buku ini, kita diajarkan untuk bisa mengatasi ujian-ujian dalam dekapan ukhuwah
mawmaw
- asbabun nusul dari kalamullah, digambarkannya dengan gaya yg sangat unik..
- motifasi untuk terus berbuat yg terbaik (bekerja dan bersyukur)
- menjadikan mukmin yg lain sebagai cermin diri...
Ratih
Jatuh cinta pada setiap kata yang diukir ust. Salim. Menemukan semangat kembali setelah membaca buku ini, dibagian manapun. Yang kemudian merindu pada lingkaran yang tak mudah untuk dibuat melingkar, rindu pada setiap pertemuan disela-sela masing-masing kesibukan.
Dalam Dekapan Ukhuwah, membuat masing-masing kita lebih banyak berkaca, khususnya aku. Terkadang ego terlalu tinggi menutupi diri untuk berkaca. Terkadang gengsi terlalu tebal menutupi hati kecil yang mulai mengetuk walau tak terasa.
Dal...more
Khairuddin Ismailiy
pantas dan layak untuk di jadikan teladan kisah kisah yang terdapat dalam buku ini, bagi siapapun yang ingin mengetahui keteladan para sahabat.
Fathiyyah
sy akan tulis reviu tentang buku ini dalam blog nanti

kalau boleh, nak bagi lebih dr lima bintang :)
Dwi Hardianti
Buku yang sangat menampar jiwa2 yang sedang ringkih dalam keramaian manusia...
Iqbal
Nov 21, 2010 Iqbal rated it 5 of 5 stars
Shelves: islam
Ah, SAF memang pintar merankai cerita
Norma
Kesan pertama terhadap buku Dalam Dekapan Ukhuwah karya Salim. A Fillah, "Ah, palingan buku ini biasa saja. Apa istimewanya membahas ukhuwah. Bukankah tidak banyak yang bisa dibahas tentang tema ini? Yah, palingan gak jauh-jauh dari hak-hak seorang muslim terhadap muslim lainnya. Atau himbauan agar sesama umat muslim bersatu, menjaga ukhuwah."

Tapi tetap saja aku membelinya ketika ada pameran buku kemarin. Penasaran. Seperti apa isi buku yang dibilang banyak orang bagus itu.

Baru screening bukuny...more
Rizki Kurnia
Dalam Dekapan Ukhuwah adalah buku kelima Mas Salim A. Fillah, penulis muda ber-genre nonfiksi Islami yang nyaris semua bukunya masuk dalam jajaran best-seller. Berbeda dengan buku-buku sebelumnya - yang banyak bicara cinta dalam dimensi pernikahan - Dalam Dekapan Ukhuwah memotret cinta dari perspektif berbeda, yakni sesuai judulnya: ukhuwah.

Membaca buku ini seperti mendapat pencerahan tentang bagaimana membina hubungan yang baik dengan sesama, khususnya sesama Muslim. Banyak sudut pandang baru y...more
Akmal A.
"Dalam Dekapan Ukhuwah" merupakan salah satu catatan indah karya Salim A. Fillah. Terdapat banyak kisah-kisah yang begitu membuktikan betapa indahnya hidup berukhuwah, di mana cinta disatukan atas nama Allah. Terdapa satu persitiwa yang membuat aku betul-betul tersentuh, apabila pada satu ketika Mua'wiyah bertanyakan kepada Dhirar ibn Dhamrah Al-Kinani (lelaki yang berada dekat bersama Ali ibn Abi Thalib) ketika Mua'wiyah berseturu di Siffin, tentang keperibadian Saidina Ali. Ternyata kata-kata...more
Ainol Ismail
Buku yang penuh pengajaran, menceritakan indahnya ukhuwah salam kehidupan tetapi tidak menjadi sahabat dan tabiin sebagai 'malaikat' tanpa kekurangan. Sebaliknya ia menggambarkan keindahan hidup dan interaksi yang disulami dengan keikhlasan dan jujur kerana Allah; toleransi dan rendah hati yang jauh dari amal-amal serta kesombongna jahiliyyah; ukhuwah yang disulami dengan ketaqwaan.
Nursih Dwi
takkan menyesal udah beli buku ini.
baguuuuss!!!

saya suka bagian ini:
nah itu dia, ada kotak amal datang. Dalam beberapa keadaan berikut:
a. Di dalam dompet ada uang 110ribu. terdiri dari pecahan 100ribu dan 10ribuan. berapa yg akan anda amalkan??

b. Rezeki bertambah. Di dalam dompet ada uang 115ribu. terdiri dari pecahan 100ribu, 10ribuan, dan 5ribu. berapa yg akan anda amalkan??

c. Rezeki bertambah lagi. Di dalam dompet ada uang 116ribu. terdiri dari pecahan 100ribu, 10ribuan, 5ribu, dan seribuan....more
Anisah
Buku ini adalah buku yang paling #jleb yang pernah saya baca seumur hidup. Kadang membuat tersenyum, kadang jadi ingin menangis membacanya.
Jadi lebih menghargai dan menjaga ukhuwah dengan saudara-saudara tercinta <3
Bekti Ruliyanti
Gue seneeng banget sama buku satu ini. Buku paling manis tentang persaudaraan. Tak sekedar sahabat, tapi saudara.
Resty Kiswandari
Buku ini sebetulnya sudah lumayan lama beredar..baru belinya satu tahun lalu..,tapi menjadi salah satu buku favorit untuk dibaca.
Sangat mendalam untuk memahami seperti apa sih ukhuwah itu sebenarnya. Kata-kata yang begitu indah terjalin dan menyesakan dada, hingga tanpa disadari kadang mata ini gak mau kompromi meneteskan airnya...

Pokoknya TOP BGT :)

Malam berlalu
tapi tak mampu kupejamkan mata dirundung rindu kepada mereka
yang wajahnya mengingatkanku akan surga
Wahai fajar terbitlah segera,
agar se...more
Nur Jannah
Salim A Fillah keren dalam menyajikan sejarah... Beda dengan buku-buku Islam lain
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 74 75 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Ketika Mas Gagah Pergi... dan Kembali
  • Serial Cinta
  • Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan
  • Cinta di Rumah Hasan al Banna
  • Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah
  • Muhammad Al-Fatih 1453
  • Sakinah Bersamamu
  • Eliana (Serial Anak-Anak Mamak, Buku 4)
  • Ranah 3 Warna (Negeri 5 Menara, #2)
  • 33 Pesan Nabi Vol. 2: Jaga Hati, Buka Pikiran
  • Khadijah - The True Love Story of Muhammad SAW
  • Notes From Qatar
710334
Salim A. Fillah adalah seorang penulis buku Islami dari Yogyakarta, Indonesia. Hingga 2014, ia telah menulis beberapa buku, 'Agar Bidadari Cemburu Padamu' (2004), 'Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan' (2004), 'Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim' (2007), 'Jalan Cinta Para Pejuang' (2008), 'Gue Never Die' (2006), 'Barakallahu Laka: Bahagianya Merayakan Cinta' (2005) dan 'Dalam Dekapan Ukhuwah' (2010...more
More about Salim Akhukum Fillah...
Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim Jalan Cinta Para Pejuang Agar Bidadari Cemburu Padamu Nikmatnya Pacaran Setelah Pernikahan Barakallahu Laka: Bahagianya Merayakan Cinta

Share This Book

“Kita kadang merasa lebih benar, lebih baik, lebih tinggi, dan lebih suci dibanding mereka yang kita nasehati.

Hanya mengingatkan kembali kepada diri ini: jika kau merasa besar, periksa hatimu. Mungkin ia sedang bengkak.

Jika kau merasa suci, periksa jiwamu. Mungkin itu putihnya nanah dari luka nurani.

Jika kau merasa tinggi, periksa batinmu. Mungkin ia sedang melayang kehilangan pajakan.

Jika kau merasa wangi, priksa ikhlasmu, mungkin itu asap dari amal shalihmu YANG HANGUS DIBAKAR RIYA'.”
142 likes
“Semua orang yang ada dalam hidup kita,
masing-masingnya, bahkan yang paling menyakiti kita
diminta untuk ada disana
agar cahaya kita dapat menerangi jalan mereka”
82 likes
More quotes…