Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Istana Emas” as Want to Read:
Istana Emas
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Istana Emas

3.63  ·  Rating Details ·  153 Ratings  ·  13 Reviews
Sebagai gadis yang dibesarkan dalam keluarga sederhana penuh dengan kehangatan cinta, Retno merasa amat prihatin melihat kejanggalan-kejanggalan yang disaksikannya di rumah besar dan mewah milik Yanti, sahabat karibnya.

"Istana emas", demikian ia menamai rumah itu, penuh dengan basa-basi, kaku dan terlalu banyak formalitas yang menurutnya sama sekali tak perlu. Retno tahu,
...more
Paperback, 408 pages
Published May 2010 by PT Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Istana Emas, please sign up.

Be the first to ask a question about Istana Emas

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Yuliana
Feb 10, 2012 Yuliana rated it it was amazing
Sebagai gadis yang dibesarkan dalam keluarga sederhana penuh dengan kehangatan cinta, Retno merasa amat prihatin melihat kejanggalan-kejanggalan yang disaksikannya di rumah besar dan mewah milik Yanti, sahabat karibnya.
"Istana emas", demikian ia menamai rumah itu, penuh dengan basa-basi, kaku dan terlalu banyak formalitas yang menurutnya sama sekali tak perlu. Retno tahu, penyebab situasi tak menyenangkan itu adalah Mas Yoyok, suami Yanti. Meskipun masih muda, sikap laki-laki itu sangat bossy, o
...more
Delisa sahim
Feb 23, 2012 Delisa sahim rated it liked it
Saya seperti membaca karya Mira W,
Tapi versi jaman sekarang.

Sudut pandang yang diberikan penulis sudut pandang tokoh utama wanita-nya yang bernama Retno.

Ceritanya sih sederhana dan dalam. Sepertinya saya harus beralih sebentar untuk tidak membaca romance terlebih dahulu.
Karena saya merasa sepertinya kisah negeri dongen sedang "In" yang dimana menikah dengan pria yang kaya raya dan dingin. Ini subjektif saya jadi jangan diikuti :D

Di dalam novel ini banyak pelajaran yang diberikan retno kepada ki
...more
Seffi Soffi
Dec 23, 2016 Seffi Soffi rated it really liked it
3,5 bintang.

cerita nya bagus, mengalir. Meskipun narasi banyak gak bikin bosen!
Apalagi Mas Yoyok gemesin yah..

Kadang di kalimat akhir, saya selalu mengumpat : kenapaaaa sih udh abis lagiii!!
Astrid Pakilaran
Dec 25, 2016 Astrid Pakilaran rated it really liked it
Dari beberapa karya Oma Maria yg sdh saya baca, baru judul ini yg akhir ceritanya nda digantung ... sukaaaaa
Nadine Aulia
Nov 07, 2016 Nadine Aulia rated it liked it
Salah satu krya Bu Maria favorite ku
Sue
Jul 16, 2015 Sue rated it really liked it
Shelves: read-in-2015
Retno akhirnya datang mengunjungi sahabat dekatnya, Astuti, yg sdh bertubi-tubi mengirimkan surat untuk mengunjungi. alasan kesepian, bosan dan rindu. Rumah Astuti bak istana tapi kaku dan monoton. tidak ada keramahan atau kehangatan di dalam nya. itu nampak jelas begitu suami Astuti datang. dia jadi berubah, penurut dan patuh. Pandangan Retno sdh tahu bahwa Dono bukan orang yg hangat tp sdh biasa memerintah dan harus dipatuhi. bantahan dan penolakan tidak dalam kamus nya. bentuk perhatiannya de ...more
Palinda
Sebenernya udah lama bikin riviewnya setelah saya dapet dan baca buku yang edisi lama tapi saya simpen aja di notes. Saya lebih suka sama edisi revisi terbitan GPU daripada penerbit yang dulu, Sanjaya. Konflik dan inti ceritanya sama tapi lebih menggigit. Tapi saya tetap menyukai terbitan Sanjaya karena terkesan klasik dan bersettingkan tahun 80an (menurut saya sih tahun 80an soalnya novel ini pertama kali terbit pada tahun 1982), tentu dengan gaya penulisan pada masa itu yang menurut saya diksi ...more
Yulia Anggraini
satu lagi wanita MAS yg sok pintar n sok benar sok idealis...
emg c yg dkatakanx itu benar adax...tp crax menyampaikan pendapat srasa menggurui...jd x agak menyebalkan...

retno bisa menasehati yanti untuk sabar, berkompromi n mengikuti arus dalam menjalani pernikahanx dgn mas yoyok...
tp giliran dy cm tahan 3 bulan...wkwkwk...paraaah...

yanti nurut aj ap yg dkatakn n dperintahkan suamix...klo retno tnpa alasan yg jelas dy selalu melawan n membantah perkataan suami hnya untuk melihatkan klo dy tidak
...more
Lina Maria
Sep 10, 2011 Lina Maria rated it liked it
cerita yang menarik, selain karena saya memang suka novel-novel karangan Bu Maria A. Sardjono. Retno, seorang wanita Yogya, terjebak dalam pernikahan dengan Yoyok, suami dari Alm sahabatnya. Semua berawal dari surat wasiat Yanti yang meminta Retno menikah dengan Yoyok. ^^
Asuka Mai
Dec 08, 2014 Asuka Mai rated it really liked it
Shelves: indonesian
Suka sama alur cerita dan konflik nya... :) cuma aku prihatin sama nasib yanti yang ga pernah ngerasain kebahagiaan
✿❤~m49913~❤✿
Sep 02, 2012 ✿❤~m49913~❤✿ rated it it was amazing
Ceritanya agak tipikal Harlequin...

Ternyata nama lgkp Mas Yoyok bgs jg. Hardoyo Irawan. Wuih.. Gk jelek kok.
Yoaz Sondakh
Yoaz Sondakh rated it really liked it
Jul 01, 2014
Annisa Purnomo
Annisa Purnomo rated it liked it
Jun 24, 2011
Roshpinna
Roshpinna rated it liked it
Oct 09, 2013
Emelda
Emelda rated it it was amazing
Nov 10, 2014
▪》sen
▪》sen rated it it was ok
Apr 11, 2012
Erina
Erina rated it really liked it
Nov 15, 2010
Nurjuwitasari Utami
Nurjuwitasari Utami rated it it was amazing
Jun 30, 2010
Riesna Zasly
Riesna Zasly rated it liked it
May 15, 2014
Nissa Lauren
Nissa Lauren rated it really liked it
Oct 30, 2011
Azka Merci
Azka Merci rated it really liked it
Mar 04, 2013
Christine
Christine rated it it was amazing
Dec 19, 2010
Kiyura Kyurara
Kiyura Kyurara rated it really liked it
May 26, 2016
Najwa Khaira
Najwa Khaira rated it it was amazing
Dec 27, 2016
Jingga Langit
Jingga Langit rated it liked it
Sep 21, 2014
Elly Mustrianita
Elly Mustrianita rated it really liked it
Dec 31, 2015
Kimchiriuza
Kimchiriuza rated it did not like it
Mar 02, 2014
Yayah Nenenk
Yayah Nenenk rated it liked it
Sep 14, 2015
Idah Andriyani
Idah Andriyani rated it really liked it
Aug 31, 2016
Naisbel Matom
Naisbel Matom rated it it was amazing
Feb 05, 2016
« previous 1 3 4 5 6 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Pink Project
  • Sleepaholic Jatuh Cinta
  • Dil3ma
  • One Last Chance
  • Skenario Dunia Hijau dan cerita-cerita lain
  • Quarter Life Dilemma
  • Honey Money
  • Jodoh Terakhir
  • Grey Sunflower
  • Tesa
  • 1000 Musim Mengejar Bintang
  • I Hate Rich Men
  • A Romantic Story About Serena
  • After Rain
  • Ramuan Drama Cinta
  • Alita @ First (Alita, #1)
  • Morning Brew
1268371
Maria A. Sardjono sudah menulis sejak remaja tetapi baru dipublikasikan mulai tahun 1974. Hingga kini karyanya berjumlah 80 buku, sebagian dimuat sebagai cerita bersambung terlebih dulu, 150 cerpen, belasan cerita anak-anak, beberapa naskah sandiwara radio, satu buku ilmiah, dan puluhan artikel tentang berbagai macam topik. Ia adalah sarjana Filsafat Sosial Budaya dan master di bidang Filsafat Hum ...more
More about Maria A. Sardjono...

Share This Book



No trivia or quizzes yet. Add some now »