Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Ziarah: Sebuah Novel” as Want to Read:
Ziarah: Sebuah Novel
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Ziarah: Sebuah Novel

3.97 of 5 stars 3.97  ·  rating details  ·  235 ratings  ·  36 reviews
dahsyat. wajib baca. novel yang sarat hikmah kehidupan.
Paperback, 3rd ed., 152 pages
Published 1983 by Djambatan (first published 1969)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Ziarah, please sign up.

Be the first to ask a question about Ziarah

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 469)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Melancholythron
Saya menemukan novel ini tergeletak diantara tumpukan buku-buku pelajaran sekolah di rumah saya.

Walikota:
Hidupnya sehari-hari terlalu penuh dengan pekerjaan merobek enpelop-enpelop dinas, membaca surat-surat dinas berstempel, dengan gaya bahasa yang kelu dan sekejang-kejangnya. Hidupnya penuh dengan catatan-catatan, dengan kattebelleces, dengan sebentar-sebentar melihat kepada arlojinya, dengan tilpon berdering-dering, dengan kartu nama dari tamu-tamu yang semuanya datang dengan tampang pintar d
...more
ana

Apakah hidup? Bertanya opseter, meneruskan renungannya. Pelan-pelassn dia menyusuri tembok-tembok pekuburan. Hari telah larut malam. Bahkan malam hampir habis. Dia tinggal menantikan pijar fajar, yang bakal menjadi alasan baginya nanti untuk segera masuk ke dalam rumah dinasnya.

Apakah hidup? Jawab yang dipetiknya malam kemarin dari burung pungguk yang memanggil-manggil kepada bulan sabit, tak membuat dia puas. Jawab itu, yang baginya kurang lebih berbunyi: kehidupan adalah suasana, adalah iklim
...more
Vetri
Jul 31, 2008 Vetri rated it 5 of 5 stars  ·  review of another edition
Recommends it for: Everyone
Recommended to Vetri by: Joko 'perancis'
Sebuah novel dengan tokoh-tokoh tanpa nama.

Ada pelukis
Ada istri pelukis
Ada walikota
Ada opseter penjaga kuburan

Indah. Absurd. Menembus batas-batas imajinasi. Menembus batas rasio.

Review:
Buku ini dimulai dengan gambaran sosok pelukis yang istrinya sudah mati. Pelukis tersebut tak pernah ziarah atau datang ke pemakaman. Ia hanya mabuk-mabukan tiap hari. Lalu bekerja serabutan maksimal 5 jam sehari.

Lalu datanglah opseter pekuburan yang menyewa tenaganya untuk mengapur dinding luar pekuburan, pada
...more
Aziz Zabidi
Saya beli novel ini dengan harga RM6 di satu jualan murah buku-buku. Tapi seusai membacanya saya tahu saya telah membaca sebuah novel yang tidak ternilai harganya.

Sangat dasyat. Sangat bijak. Sangat memikat.

Mungkin inilah apa yang dikatakan sebuah novel 'avant-garde'.

Saya juga cuba mencari novel-novel lain pengarang ini 'merahnya-merah' & 'kering'. Masih belum ketemu. Insyaallah satu hari nanti.

5 bintang untuk novel yang sangat bijak.
Firda
selama membaca novel ini sering sekali saya cekikikan XD. memang novel surealis Indonesia yang wajib baca :D
Amweird
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Diego Christian
Absurditas adalah realitas, begitu kata dosen sastra bandingan saya, Mas Ibnu Wahyudi. Dalam ziarah kita diajak berkontemplasi kepada semiotik kehidupan yang akan terus berulang di dalam kehidupan kita. Meski muse ini diambil dari novel Orang Asing karya Albert Camus, kita dapat mengetahui dan memperluas khazanah asastra Indonesia dalam absurditas yang disediakan oleh Iwan Simatupang. Filsafat dan psikologi manusia yang serba absurd dapat Anda baca dalam novel, yang menurut saya, sedap untuk dib ...more
Nesya Dewaputri
i do know , but i want tu read this book because i think this book is interesting. and i want to read this in online not buy this book thanks so i hope can read
Shalsa Nabila
Novel majenun! Perkawinan antara sastra dan filsafat. Novel ini dipenuhi dengan gaya bahasa yang kompleks dan banyak pemikiran filosofis

Mulanya, saya pikir tokoh-tokoh dalam novel ini gila semua atau jenius semua. Karena penggambaran emosi tokoh-tokohnya begitu kompleks, seperti orang gila atau orang jenius (betapa sangat tipis bedanya). Alur dalam novel ini maju-mundur-mundur-mundur-maju-mundur-mundur-mundur-maju dst. Baru kemudian saya menyadari ada beberapa sindiran dalam novel ini yang dituj
...more
Jeanie Morkel
Very abstract and avante garde. Happy to have read a true contemporary Indonesian classic.
Ariska Anggraini
Setiap perjalanan adalah ziarah
Yudi_ardie
wah.....bukunya bagus banget karena semuanya tentang eksistensi manusia dalam novelnya dilihat dari penokohanya sangat berbeda dari novel yang lain disitu hanya tokohnya sedikit semuanya punya karakter masing-masing dan juga latar yang digunakan tidak jelas membuat para pembaca jadi ada jarak sama pengarangnya dan juga novrl ini juga memberikan gambatan tentang kehidupan kita didunia ini. tapi satu pesan untuk para pembaca novel ini jangan menyerah untuk membaca. key!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ...more
za
Buku ini aku beli atas rekomendasi teman ku, Muh. Arief Nugroho dan Maya Irawati. Mereka bilang, novel ini sungguh penuh makna. Aku pun akhirnya memutuskan membelinya.

Yang aku ingat dari novel ini, bercerita tentang orang gila yang mengapur taman pemakaman di suatu kota. Plot novel ini memang agak lambat.
Abdul Hair
Sangat brilian. Karakter pelukis dan opseter pekuburan sangat kuat. Nuansa surealisnya sangat kental. Penuh dengan dialog filsafat, tapi terkadang membuat pembaca terpingkal.
Membaca novel ini, membuat saya berpikir bahwa Iwan Simatupang adalah salah seorang pencerita paling jenius di dunia
Yusnia Laili
Jul 07, 2011 Yusnia Laili is currently reading it
Shelves: novel-indonesia
Udah lama punya versi fotokopian dari SAC dan akhirnya menemukan versi 'buku asli' di Kompleks buku bekas Velodrom: terselip diantara novel-novel yang agak 'nggak bener'. Yeah, karya Iwan Simatupang umumnya bikin nagih untuk dibaca.
Ita Purnamasari
saya ingin beli novel tersebut,tapi susah banget nyarinya.. yang ada dimana yah?ada temen yang baik mau bantuin nyari keliling toko buku jogja tp ga nemu kalau pengn beli lewat internet bisa ga..carana gimana? ko susah nyarina yah..
Ika
Sebenarnya sudah baca lama sekali waktu awal kuliah di jatinangor dulu. Yang saya ingat, ceritanya cukup absurd tapi meninggalkan kesan yang mendalam dan mengesankan. Hmm...need to read 'em again :p
Maulida Sri Handayani
Gila gila gila!!!! Iwan Simatupang adalah...penulis paling gila di Indonesia. Tidak ada tragik yang membuatku tertawa terbahak-bahak sejauh ini selain tragik dalam Ziarah!
Rahman seblat
novel surealistik klasik ini mewarnai kehidupan remaja saya. sat masih kelas 1 SMA saya baca buku ini. mempengaruhi gaya melukis saya saat masih sekolah di SMSR...
Ingrid h
Aug 31, 2007 Ingrid h rated it 5 of 5 stars  ·  review of another edition
Recommends it for: literature fans
Shelves: favorite
cantik.

love.

bitter.

devotion.


karena hidup itu adalah ziarah yang tak habis2nya

you better read this one too,

awesome
Rifka Fitrotuzzakia
Ziarah adalah novel paling filosofis yang pernah saya baca.... pengarangnya pun seorang filsuf yang pernah menjaja pendidikan di prancis :D
Uty
wah t'nyata..



ziarah tu bikin pusing y..




uda tebel trus alurna muter-muter lagi...


cape d...


Mikael
best openin sentence and this great scene where guy rips pages off kants critique of pure reason
nawir nawir
lumayanlah. beneran pas dijudulin ziarah.ngomongin mati berkali-kali.
Irma Agustina
emmm..alurnya maju mundur..memebuat saya bingung memebacanya..
De Astrimiati
dimana aku harus mencari buku ini? *ganemunemu ):
eti
#5 - 2013

karena setiap langkah adalah ziarah.
Irfan
a book i read in my PPL time. . .
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 15 16 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Olenka
  • Harimau! Harimau!
  • Aku Ingin Jadi Peluru (Kumpulan Puisi)
  • Cantik itu Luka
  • Di Tepi Kali Bekasi
  • Atheis
  • Duka-Mu Abadi
  • Pengakuan Pariyem: Dunia Batin Seorang Wanita Jawa
  • Kuda Terbang Maria Pinto
  • Khotbah di Atas Bukit
  • Para Priyayi: Sebuah Novel
  • Burung-Burung Manyar
  • Kitab Omong Kosong
  • Belenggu
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • O Amuk Kapak
  • Ronggeng Dukuh Paruk (Dukuh Paruk, buku 1 - 3)
703723
Iwan Simatupang dilahirkan di Sibolga, Sumatera Utara, 18 Januari 1928, dan meninggal di Jakarta, 4 Agustus 1970.

Sastrawan yang pernah memperdalam antropologi dan filsafat di Belanda dan Perancis serta sempat meredakturi Siasat dan Warta Harian. Ia dikenal dengan novel-novelnya yang mengusung semangat eksistensialisme: Merahnya Merah (1968), Kooong (1975; mendapat hadiah Yayasan Buku Utama Departe
...more
More about Iwan Simatupang...
Merahnya Merah Tegak Lurus Dengan Langit Kering Kooong: Kisah tentang Seekor Perkutut Ziarah Malam: Sajak-Sajak 1952-1967

Share This Book