Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “The Ninth - Anak Kesembilan ” as Want to Read:
The Ninth - Anak Kesembilan
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

The Ninth - Anak Kesembilan

3.0 of 5 stars 3.00  ·  rating details  ·  67 ratings  ·  18 reviews
Bagaimana mungkin seseorang bisa mengutarakan isi batinnya di tengah dunia yang rusak nyaris di segala bidang?

Novel ini mengajak pembaca memasuki alam pikiran seorang anak kecil dengan ingatan luar biasa. Dia menceritakan rahasianya yang paling kelam, mimpi-mimpi paling brutal karena tekanan hasrat terpendam ingin menyalurkan dendam, iri dengan bekal milik kawannya, bertah
...more
Paperback, 296 pages
Published February 2010 by PT Gramedia Pustaka Utama (first published January 1st 2006)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about The Ninth - Anak Kesembilan, please sign up.

Be the first to ask a question about The Ninth - Anak Kesembilan

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-29 of 124)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Marina Zala
** Books 112 - 2014 **

Buku ini secara keseluruhan menceritakan sudut pandang anak kecil dimana dia adalah anak kesembilan di keluarganya. keluarganya sangat miskin dan disini diceritakan mereka sedang menunggu rumah mereka dibangun jadi sementara tinggal dirumah kecil lama mereka yg dimana tidurpun harus berdempet2an..

si anak kecil ini selalu was was akan hari esok karena mereka terkadang sulit untuk makan sehingga dia harus memabantu ayah ibunya bekerja sebagai penjual rosario dan foto agar bi
...more
Tom
A strange and sad novel about a large, devoutly Catholic family living in Hungary during the Soviet Era. The narrator--the ninth of ten children--is a struggling, introverted child. All of his siblings, including himself, have emotional and/or physical disabilities. His father is a staunchly anti-Communist, erratically violent man, whose business schemes--having his family make religious objects for sale; an illegal activity under the Communists--ensure only that his family remain deeply impover ...more
Monica Carter

Salonica World Lit
Hungry in Hungary
Theme: Eastern Europe


Ferenc Barnas' novel, The Ninth, resides in misery. The kind of misery that only a large, stridently Catholic family living in Communist Budapest in 1968 can fathom. What saves the reader from enduring the same misery and oppression is the sweet and wise voice of the nine year old narrator, a hapless victim of the double barreled gun of Communism and Catholicism. Having been born into a family of eleven children(one died-perhaps he knew bet
...more
Hobby

Books “ANAK KESEMBILAN”
Judul Asli : THE NINTH
Copyright © 2009 Ferenc Barnás
English translation copyright © Paul Olchváry
From Hongarian edition with title “A Kilencedik”
Translation from English edition by Saphira Zoelfikar
Editor from the original edition : Katalin Böszörményi Nagy
Indonesia edition published by PT. Gramedia Pustaka Utama
Editor : Anwar Holid
Cover design by : Ariani Darmawan ; photos © by Paulo Costa
Cetakan I : Februari 2010 | 296 hlm | ISBN 978-979-22-5459-4
Rate : 3 of 5

Ini adal
...more
Wawan
Buku yang menarik. Si anak kecil suka memperhatikan sekeliling dengan seksama meskipun ya... dengan daya telaah anak kecil umur sembilan yang naif. Sepertinya, kegemarannya menelaah dan memikirkan ini diamplifikasi oleh hambatan wicara yang dialaminya. Dia selalu mencoba melatih di pikiran apa yang akan diucapkannya dan lumayan bingung kalau harus membaca dengan banyak huruf 'r'.

Keluarganya berasal dari Rumania dan pindah ke Hongaria pada masa rezim komunis. Bapaknya mantan tentara rakyat dan ak
...more
pri ambodo
Novel ini mengksplorasi hal-hal yang ada dalam pemikiran anak usia sembilan tahun. Fokus awal adalah ketika keluarga besar tersebut tinggal di rumah berukuran kecil. Ditandai dengan terbatasnya ruang tidur, sehingga anak-anak tidur dalam satu ruang yang sama.

Kemudian, seiring dengan peningkatan pendapatan yang diperoleh sang ayah, keluarga tersebut membangun tempat tinggal yang lebih besar, sekaligus mereka pindah rumah.

Alur ceritanya sendiri terkesan datar. Cerita berkutat di seputar sekolah, p
...more
Trisno
Buku ini bisa aku katakan buku yang cukup serius untuk dibaca, karena isinya menggambarkan psikologi seorang anak yang berumur 9 tahun. Bagaimana dia dengan pengamatannya terhadap sekalilingnya.

Mungkin selama ini kita liat anak-anak itu biasa saja, tapi ternyata mereka juga mampu menganalisa cukup jauh, bahkan sudah lebih dewasa dibandingkan pemikiran orang dewasa pada umumnya.

Diceritakan juga bahwa apa yang dia lakukan semua untuk menarik perhatian orang-orang disekitarnya. Dia tidak mengucap
...more
Josh
My full review appeared in The Quarterly Conversation , and later as part of the Review-A-Day feature at Powells.com. Here's the opening:


Telling a story from a child's point of view is one of the most difficult modes of fiction to write successfully. The narrator of Ferenc Barnas's The Ninth is a nine-year-old boy -- the ninth child of ten (eleven, counting the brother who died) in a large Hungarian family -- whose inexperience and bare vocabulary are compounded by a speech disability.

In writing
...more
Marcus
From my perspective, the Ninth is a pretty bleak look at the effect of poverty and religious and political fundamentalism on children. The narrator grows up in a very poor household overpopulated with kids(like so many) where the parents condemn communism and strive to be good Christians while showing their children no affection and forcing them to labor over rosaries and devotional pictures that they'll later sell. Without having much knowledge of Hungary during this era I have to assume that t ...more
eti
#24 - 2014

membaca ini saya jadi teringat Oeroeg-nya Hella S. Haasse. dari awal cerita sampai menamatkannya, saya gak berhasil menemukan nama tokoh si aku. demikian juga dengan aku si anak kesembilan dalam cerita ini. sementara nama saudara-saudaranya bolak-balik di sebut dengan lancar oleh si aku, urutan nama anaknya begini :
1. Klaro
2. Bubu
3. Tera
4. Pater
5. Kaus
6. Risi
7. Imuka (saudara ketujuh yang sudah meninggal)
8. Mara
9. si "aku"
10. Jungkit
11. Benjamin
Vira Cla
Agak membosankan. Yang menarik, tak diberitahu nama si anak ke-9 tersebut. Sepanjang cerita, ia nyerocos terus tentang keluarganya yang tinggal di Rumah Kecil, membangun Rumah Besar, pekerjaan semua anggota keluarga, sekolahnya, teman-temannya, kegiatan di gereja, dan mimpi-mimpi absurdnya.

Jadi sebenarnya si anak ke-9 itu mengalami mental disorder.

Walaupun agak bosan menyimak racauannya, saya kasih bintang 2.75 deh.
Sandra dewi
Buku yang sangat menarik......
baca buku ini kayak lagi masuk ke dalam pikiran seorang anak. bahasanya sangat sederhana, persis seperti bahasa anak-anak (bukan orang dewasa yang mencoba mengerti anak). gak pernah terpikirkan bahwa seorang anak bisa merekam sekian banyak kejadian (lagi-lagi dengan sangat sederhan). dunia yang rumit dan sengaja dibikin rumit ini membuat si anak menjadi bingung....

ahhh.....
Nia
Wow...unbelievably boring ..!!!
nggak jelas cerita nya tentang apa...
nggak ada juntrungan nya
dan kian lama kian malas baca nya....
sebenar nya belom kelar sih tinggal dikiit lagi tapi males banget ngelanjutin nya...
idk why dia bisa jadi writter tenar...mungkin karena keanehan nya itu ya?
Angga
Tolong jangan sebut kakak perempuanku gendut.
Tolong serahkan uang tunjangan anak kepada mama, karena menurut dewan desa seharusnya uang itu untuk kami.
Tolong jangan cambuk punggung kakak-kakakku dengan ikat pinggang.
Brenda Srof
Written in the voice of a Hungarian school boy growing up in poverty during the communist regime.
Olivia
Oct 09, 2010 Olivia marked it as to-read  ·  review of another edition
Shelves: tls
reviewed in TLS 26 February 2010
Husnul Ma'arief
Husnul Ma'arief marked it as to-read
Sep 25, 2014
David
David marked it as to-read
Jun 25, 2014
willyam bong
willyam bong marked it as to-read
Apr 28, 2014
« previous 1 3 4 5 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
2938067
Barnás Ferenc 1959-ben született Debrecenben. Középiskolai tanulmányait a Szentendrei Ferences Gimnáziumban végezte. 1978 és 1982 között fizikai munkás. 1982 és 1988 között egyetemi tanulmányokat folytatott Debrecenben, Budapesten és Münchenben, illetve magánúton zenét tanult. 1983 és 2000 között évente 3-4 hónapot utcazenészként fuvolázott Németországban, Svájcban, Angliában, Franciaországban, Ol ...more
More about Ferenc Barnás...
Másik halál A kilencedik

Share This Book