Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Bumi Cinta” as Want to Read:
Bumi Cinta
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Bumi Cinta

3.93  ·  Rating Details  ·  3,166 Ratings  ·  301 Reviews
Apa jadinya, jika seorang santri salaf, bernama Muhammad Ayyas, hidup di negeri paling menjunjung tinggi seks bebas dan pornografi, yaitu Rusia? Akankah iman dan kehormatannya dipertaruhkan demi memenuhi hasrat duniawi nonik nonik muda Moskwa, yang kecantikannya tiada tara?
Paperback, 546 pages
Published 2010 by Basmala
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.
Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad TohariNegeri 5 Menara by Ahmad Fuadi
Buku Indonesia Sepanjang Masa
83rd out of 495 books — 1,738 voters
Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin by Tere LiyeHafalan Shalat Delisa by Tere LiyeNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRanah 3 Warna by Ahmad FuadiAyahku (Bukan) Pembohong by Tere Liye
hafalan shalat delisa
45th out of 64 books — 274 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 3,000)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
ijul (yuliyono)
Aug 09, 2010 ijul (yuliyono) rated it did not like it
Recommends it for: Kang Abik lovers
Hambar

Muhammad Ayyas melaksanakan perintah profesor pembimbing tesisnya untuk melakukan riset di Moskwa, Rusia, dalam rangka penyusunan tesis tentang sejarah Islam di Rusia pada masa kepemimpinan Stalin. Dengan bantuan kenalan teman SMP yang sekarang sedang kuliah di Rusia, Ayyas mendapatkan sebuah apartemen yang cukup nyaman meskipun sayangnya harus ia bagi dengan dua perempuan warga Rusia yang telah lebih dulu menempati apartemen itu. Serasa tak kurang godaan nafsu pada perempuan, Ayyas juga h
...more
Sinta Nisfuanna
Sep 07, 2011 Sinta Nisfuanna rated it it was ok
Shelves: spiritual
Sebenarnya pengalaman membaca AAC dan KCB tidak terlalu bagus, tetapi karena penasaran dengan pengambilan latarnya di Rusia jadi tertarik--- secra liat koleksi buku Kang Abik milik suami, rata-rata pengambilan setting di Mesir, Negeri Arab, dan Indonesia.

Semua yang sudah baca novel "fenomenal" sebelumnya, begitu dihadapkan dengan novel 'Bumi Cinta' pasti komentar, yah... teteeeeepp aja model ceritanya begini. Ya. itu yang juga saya rasakan. Memang untuk cerita cintanya hampir setipe---gak hampir
...more
Sylvia
Nov 14, 2010 Sylvia rated it liked it
Shelves: indonesian
Bumi Cinta ini muncul di toko buku padahal yang saya harap-harapkan adalah Di bawah Mihrab Cinta. So, well... oke lah yang ini dulu dibaca. Terus terang, ceritanya membuat saya tertarik karena settingnya di Rusia. Saya ingin membaca hal-hal yang berbau Rusia. Sekaligus beberapa hal yang mungkin dapat dipelajari tentang negara tersebut. Saya memang membaca beberapa kata Rusia di dalamnya, antara lain kata 'Spasiba Balshoi' yang artinya terima kasih :) yah paling nggak ada yang nyangkut :p

Jalan ce
...more
NurMaulid
Apr 17, 2012 NurMaulid rated it really liked it
Recommended to NurMaulid by: pecinta novel islami
Membangun Jiwa

Ya , harapan membangun jiwa pada novel kang abik kali ini masih sangat terasa dan seperti yang saya harapkan. Mulai dari kang abik mengingatkan tentang sholat pada waktunya, sholat ibadah yang selayaknya diperhatikan seorang muslim, nikmat momen berdzikir, membaca alquran yang sangat indah, sampai keteguhan ayyas dalam melakukan amar ma'ruf nahi munkar. Semuanya mengairi nurani dan iman saya. Mencambuk saya betapa kadang saya tidak menyesal dengan penyesalan yang besar pada sebuah
...more
Muhammad_Taufiq
Jun 04, 2011 Muhammad_Taufiq rated it really liked it
Semegah The Godfather, Seromantis Winter Sonata

Review by Muhammad Taufiq

Bumi Cinta by Habiburrahman El Shirazy

Kang Abik is Back!

Novel yang paling ditunggu-tunggu di tahun 2010 ini telah hadir. Lagi-lagi Kang Abik kembali membuat Indonesia harus jujur mengakui Kiai yang “nyastra” ini adalah salah satu novelis terbaik sepanjang masa. Dan Anda tak perlu terkejut jika sesaat setelah membuka sampul plastik novel, lalu mulai membaca, dan membacanya terus, hingga Anda tak bisa menghentikannya …

Novel yang bersetting musim dingin bersalju h
...more
Agustin
Walaupun saya bukan termasuk fans Kang Abik, naun novel Bumi Cinta ini masih merupakan novel yang segar dan patut untuk dibaca. Banyak pesan dan hikmah yang mengalir di tulisan ini. Seperti biasa, novel Kang Abik banyak berisi ilmu-ilmu agama yang teraplikasi secara detail dalam kehidupan sang tokoh utamanya. Saya begitu menikmati melihat Ayyas menghabiskan malamnya dengan Tahajjud, mengisi paginya dengan Tilawah dan Al Matsurat juga berperilaku sangat sopan. Nilai-nilai luhur ini kuat mengakar ...more
Nor Azzah
Aug 11, 2010 Nor Azzah rated it really liked it  ·  review of another edition
Recommends it for: all readers
Shelves: zamri-norazzah
Menarik..penggunaan latar tempat di Rusia dengan musim saljinya digambarkan dengan menarik sekali oleh penulis. Gaya penulisan yang membawa pembaca seolah2 turut berada di tempat setiap watak berada. Perbincangan mengenai ketuhanan dibicarakan secara panjang lebar di banyak tempat dalam buku ini, dengan platform yang pelbagai. Perdebatan tentang ketuhanan disampaikan melalui pandangan beberapa agama, secara tidak langsung tambah meyakinkan diri sekiranya perlu berhujah mengenainya dengan mana2 p ...more
Nike
Aug 16, 2010 Nike rated it it was ok
Shelves: fiksi-islami
Lama euy baca buku ini, akhirnya kelar juga. Entah apa karena buku ini lumayan tebel atau sayanya yg kayaknya kurang suka dengan novel Kang Abik kali ini.

Novel Kang Abik adalah buku yang wajib beli bagi suami saya, setelah terpesona dengan buku-buku sebelumnya. Tapi kali ini suami saya harus bilang bahwa dia juda kurang menyukai Bumi Cinta.

Tentang Ayyas yang tengah menyelesaikan program magisternya, lalu ia terbang ke Moskwa, Rusia untuk penelitian thesisnya tsb. Disana ia bertemu beberapa wanit
...more
Rhea
May 31, 2010 Rhea rated it it was ok
1 bintang untuk jalan ceritanya + 1 bintang untuk isinya yang mengajak untuk kebaikan dan mengenal Islam.

Ceritanya sangat standard serta alur yang terlalu lambat. Kurangnya penggambaran apa yang sedang dirasakan oleh si tokoh membuat saya kurang terbawa emosi. Satu satunya adegan yang saya suka dalam buku ini adalah ketika Ayyas berkelahi dengan Sergei, yang hanya beberapa lembar dan jika di film kan hanya akan menjadi adegan sekian menit. Sungguh, saat saya membaca perkelahian itu, emosi saya t
...more
Barukisu (Balqis)
Jul 28, 2010 Barukisu (Balqis) rated it it was amazing
Selesai baca. Tak sangka ini adalah buah tangan Kang Abik. Tidak seperti novel-novel beliau yang sebelum ini, Bumi Cinta membawa kelainan yang amat. Siapa sangka Kang Abik memilih Russia sebagai latar? Kang ABik pernah sampai ke sanakah? Atau setidak-tidaknya menetap di sana? Sangat teliti, mulai dari soal jalannya, metro, makanan dan sosiobudaya, ia hampir lengkap. Seandainya Kang ABik tidak pernah menjejak Russia mahupun Ukraine, tetapi dapat menulis sebegini,subhanallah, aku tabik!

Ada juga u
...more
Adib
Mar 27, 2010 Adib rated it it was amazing
Novel yg menarik. Alhamdulillah saya berhasil membaca novel ini kurang dr 24 jam. Sayang novel ini tdk dilengkapi dgn gambar2 dan peta Rusia. Padahal setelah sy browsing di internet, setting tempat dlm novel ini sungguh mengagumkan. Sy berharap Kang Abik segera merilis Bumi Cinta 2, soalnya ending Bumi Cinta 1 nggak jelas. Apakah sofia selamat dan menikah dgn Ayyas?
Nanny SA
Jul 27, 2010 Nanny SA rated it liked it
Shelves: novel, borrowed, 2010
Saya sudah lama tidak membaca buku kang Abik, sejak bukunya yang pertama dan satu-satunya yang saya baca dan tonton filmnya yaitu Ayat-Ayat Cinta.
Ketika membaca buku ini saya menjumpai ide dan pola cerita yang sama dengan tokoh yang sempurna hanya tempat dan nama para pelaku yang berbeda.
It's another Ayat-ayat Cinta !

Muhammad Ayyas mahasiswa Indonesia yang sedang mengadakan penelitian di Rusia. Di sana dia bertemu dengan wanita-wanita cantik yang menurut Ayyas sangat menggoda imannya. Ayyas ada
...more
Melyn Mel
Dec 07, 2010 Melyn Mel rated it it was ok
yah, sedikit kecewa sama endingnya.
terkesan seperti kang abik tiba2 mati gaya dan cuma pengen pengerjaan novel ini selesai secepatnya.
diksinya juga agak bikin bosen menurutku. aku lupa apa gaya nulis kang abik memang gini atau perasaan bosen ini cuma efek abis baca cinta di dalam gelas yang khas citra andrea.

tapi penjelasan2 tentang islam dan segala macamnya sangat meluaskan wawasan.

paling nggak novel ini bikin aku mupeng habis2an tinggal di eropa lewat roti pirozhki, kotlety, sup ukha, kentang
...more
Diya Nordin
Sep 09, 2012 Diya Nordin rated it it was amazing
Bumi Cinta, karya Habiburrahman El Shirazy seperti novelnya yang terdahulu sarat dengan pengajaran. Menceritakan keteguhan iman seorang lelaki Indonesia bernama Muhammad Ayyas dalam mengharungi kehidupan di Moscow.

Berdepan dengan wanita-wanita cantik seperti Anastasia Palazzo dan Yelena. Mengisahkan bagaimana demi menyiapkan thesisnya, Ayyas ke Moscow untuk mendapatkan bantuan dari teman baik pensyarahnya. Di sana dia tinggal serumah dengan dua wanita cantik. Berdepan dengan gaya hidup yang jauh
...more
Azzam
Jul 09, 2010 Azzam rated it it was amazing
buku yang sangat menarik sekali. Menceritakan tentang seorang ayyas yang harus ke Rusia untuk menyelesaikan tesisnya. Ayyas mengalami cobaan yang sangat berat sejak awal kedatangannya di Rusia. Ia harus satu kamar dengan Linor, agen mossad yang cantik dan pandai bermain biola, dan Yelena seorang pelacur kelas atas. Lalu ia harus terkena fitnah(ini ciri khas tokoh utama Habiburrahman El Shirazy), dan sebagainya. Namun akhirnya Ayyas mampu menyelesaikan permasalahannya dengan baik. Selain itu di b ...more
Uthie Putri Utama
Sep 29, 2010 Uthie Putri Utama rated it it was ok
sama seperti novel-novel Habiburrahman el Shirazy yang lain, mudah ditebak alur ceritanya... namun patut diancungi jempol untuknya karena berusaha menghadirkan cerita Islam yang tidak terlalu menjemukan...

tidak seperti banyak cerita Islam lain yang terlalu banyak hal dilarang dalam Islam (yang bila membacanya bukan orang muslim maka akan berpikir Islam itu terlalu mengekang), novel ini lumayan bisa membuat perbedaan...

tapi sayang endingnya terlalu datar (sofia meninggal tertembak) dan sad endin
...more
Meliya Indri
Apr 01, 2016 Meliya Indri rated it liked it
”Aku tidak mau mendapat ciuman dari perempuan yang tidak halal bagi saya. Anda bukan siapa-siapa saya. Bukan ibu saya, bukan kakak saya, dan bukan adik saya. Anda tidak halal bagi saya. Anda tidak boleh mencium saya. Dan saya tidak boleh mencium Anda. Kalau Anda mencium saya atau saya mencium Anda, kita telah menodai kesucian diri kita. Kita telah melakukan dosa. Itu ajaran agama saya.” (Bumi Cinta, hal 378-379)

Seperti yang dirasakan tokoh Doktor Anastasha Palazzo saya pun sama, dibuat kagum den
...more
Titi Estiningrum
Oct 27, 2010 Titi Estiningrum rated it liked it
Membaca buku buku Kang Abik, seperti membaca buku siraman rohani yang "membangun jiwa" seperti iklannya. Begitu pula membaca si Bumi Cinta ini.

Buku ini menceritakan seorang Ayyas, mahasiswa dari Indonesia yang mengambil S2 di Moskwa. Ayyas yang masih bujangan ini, tinggal satu apartemen dengan Yelena dan Linor atas usaha David -teman SMP Ayyas- yang mencarikan apartemen.

Yelena yang ternyata seorang pemandu wisata merangkap perempuan bayaran, sering mengumbar aurat di depan Ayyas. Linor pun tidak
...more
Dea Arie Kurniawan
Mar 18, 2010 Dea Arie Kurniawan rated it liked it
Inginnya nanti-nanti saja menyelesaikan membaca novel ini, tapi karena gak tahan godaannya walhasil kuselesaikanlah novel ini dalam waktu <24 jam.

Sinopsis


Novel ini menceritakan seorang santri salaf bernama Muhammad Ayyas, S1 lulusan Madinah dan sekarang sedang melanjutkan studi pasca sarjana di New Delhi, India. Dalam Proses pengerjaan Tesisnya Ayyas diminta pembimbingnya untuk langsung pergi ke Rusia guna mengumpulkan data-data. Di Moskwa Ayyas tinggal satu apartemen 2 orang gadis rusia bern
...more
M. Azhaari Shah
Jun 28, 2012 M. Azhaari Shah rated it really liked it
Rasanya memang tak sah kalau tak ada sekotak tisu bila mengingat diri sedang membaca karya Habiburrahman El Shirazy. :')

Tapi ada beberapa persoalan yang buat saya tertanya tanya, kalau Dr. Anastacia yang digambarkan begitu pintar oleh penulis, tetapi mengapa kepintarannya tidak terlihat dalam wataknya, yang nampak begitu jahil tentang islam, walau dikatakan pakar dalam Sejarah Asia Selatan?

Kedua, agak tidak logik bila Victor Murasov yang dikatakan begitu hebat mudah terpaku dan terlongo saja bil
...more
Lamun Lamuna
Mar 15, 2010 Lamun Lamuna rated it it was ok
Nopel ini adalah nopel Kang Abik yang baru. Menceritakan tentang Muhamad Ayyas seorang mahasiswa Endonesa yang lagi ngadain penelitian di Rusia.
Disana dia tinggal bareng Yelena(yang kerjanya ngelayanin om-om) dan Linor (Agen Jionis yang nyamar sebagai wartawan).
Nah dalem penelitiannya die dibantu sama Dr. Anastasia Paloja. Ahli sejarah yang ternyata... cakep.
Yang jadi tema sentral dari nopel ini adalah gimana perjuangan Ayyas menjaga godaan dari cewek-cewek entu.
Nopel ini bagi gw sih, masih dib
...more
Damas
May 20, 2012 Damas added it
Seorang pemuda Indonesia bernama Muhammad Ayyas, seorang mahasiswa pasca sarjana di Delhi, India yang juga seorang santri. Muhammad Ayyas yang sebelumnya kuliah di Madinah ini berniat ingin mengerjakan tugas penelitian dari Dosen pembimbingnya yaitu mengenai Kehidupan Umat Islam di Rusia pada masa pemerintahan Stallin.
Tibalah ia di Rusia dengan disambut oleh teman lamanya David. David inilah yang mencarikan apartemen tempat tinggal untuk Ayyas. Dengan alasan keterbatasan budget yang dimiliki Ayy
...more
Nurin Ni'ami
Apr 20, 2013 Nurin Ni'ami rated it liked it
Sinopsis
Novel ini menceritakan kehidupan seorang pemuda asli Indonesia yang tinggal di negeri orang untuk melaksanakan tugasnya sebagai seorang mahasiswa dari india.Ia berkelana ke negeri Rusia,di mana negeri ini menganut free sex bebas.Sebagai seorang santri alumni di salah satu pondok pesantren di tempat tinggalnya dulu di indonesia,ia harus kuat dengan ujian iman tersebut.Ayyas itulah namanya,ia terus berperang melawan hawa nafsunya di negeri penganut free sex bebas itu.Ketika berhadapan den
...more
Ira syarif
Dec 10, 2011 Ira syarif rated it it was ok
Shelves: novel-islami
Sebenernya saya cuma niat ngasih 1 bintang, 1/2 untuk jalan ceritanya, 1/2nya lagi untuk ide-nya.. tapi karena novel ini bertujuan untuk mengajak orang kepada kebaikan saya kasih tambahan 1 bintang lagi :S.

saya tahu, kang Abik punya banyak penggemar, salah satunya adalah kakak saya yang kayaknya punya semua seri novelnya. pertama kali baca Ayat-ayat Cinta saya merasa cukup OK, begitupun KCB walaupun mulai "mengernyit" tapi okelah..
ketika bumi cinta terbit, saya berharap ada cerita yang sedikit b
...more
Mabrur Muhammad
Nov 30, 2010 Mabrur Muhammad rated it liked it
Shelves: novel-islami
Ini perlu dijadikan contoh, si mas Ayyas yng imannya seperti Nabi Yusup.
Seorang mahasiswa pasca sarjana di Delhi, India yang juga seorang santri. si Mas Ayyas yang sebelumnya kuliah di Madinah ini berniat ingin mengerjakan tugas penelitian dari Dosen pembimbingnya yaitu mengenai Kehidupan Umat Islam di Rusia pada masa pemerintahan Stallin.

Tiba di Rusia, si Mas Ayyas disambut oleh teman lamanya David. David adalah teman Mas Ayyas sewaktu SMP dan David ini juga yang mencarikan apartment tempat tin
...more
Galih Satria
Jul 23, 2010 Galih Satria rated it it was ok
Shelves: fiction
Ayyas agak terlalu keras buat saya (yah maklumlah dia kan santri salaf). Gaya cerita masih sama seperti AAC dan KCB. Sepertinya novel ini ditulis berdasarkan studi perpustakaan saja, nggak yakin Kang Abik pernah tinggal lama di Moskva. Pesan yang dimasukkan agak terlalu harsh, kurang smooth, contohnya pesan kebencian terhadap Zionis Israel yang keluar dari Mama Linor yang berdarah Israel, rasanya bukan Mama Linor yang bicara, tapi orang Islam dari Indonesia bernama Kang Abik.

Tapi paling tidak, b
...more
Vinia
Nov 12, 2014 Vinia rated it liked it
So far its okay, but the ending was not clear and the ending not describe what the main role did.

Naurah Najla
Apr 02, 2016 Naurah Najla rated it really liked it
didnt finished the book yet.. but i almost finished it.. ayee such an intereting book :))
Sakinah Mariz
Dec 27, 2014 Sakinah Mariz rated it really liked it
Buku ini spesial karena dihadiahkan langsung oleh almarhum dosen yang saya idolakan, Drs.Antilan Purba, M.Pd.

Bumi Cinta adalah novel islami yang menggugah aqidah kita untuk lebih meyakini keesaan Allah. Saat saya dihadiahi buku ini oleh dosen saya, saya memang sedang mengalami krisis akidah dan cinta dunia. Hebatnya dosen saya, beliau menyadarkan saya dengan cara ini. Menyodorkan novel ini pada saya yang bebal adalah cara cerdas. Hingga saat ini, buku ini selalu memberikan kesan tersendiri pada
...more
Wahyu Firmansyah
Jun 19, 2014 Wahyu Firmansyah rated it it was amazing
Cerita ini berawal dari seorang mahasiswa berasal dari Indonesia yang diutus dosennya untuk menemui seorang profesor di negara pengakses situs porno terbesar yaitu Rusia, Ayyas namanya. Lugu, santun, berbudi pekerti dan teguh dengan satu keyakinan yaitu Islam…

Dan… Di masa-masa hidup di negara Beruang itu banyak sekali duri yang harus dihindari, bertemankan dua wanita cantik. Yelena dan Linor, Ayyas benar-benar harus mengunci semua pintu nafsunya agar tak terbuka oleh goda dua bidadari tadi.

Yele
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 99 100 next »
topics  posts  views  last activity   
Novel Bumi Cinta 2 37 Dec 14, 2013 12:46AM  
  • Ranah 3 Warna (Negeri 5 Menara, #2)
  • Tautan Hati
  • Bidadari Bidadari Surga
  • Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua)
  • Denyut Kasih Medik
  • Tunggu Teduh Dulu
  • Agar Bidadari Cemburu Padamu
  • Nota Hati Seorang Lelaki
  • Cinta di Dalam Gelas
  • Isabella
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan
  • Salju Sakinah
  • Aku Terima Nikahnya 3: Murabbi Cinta
489970
Kang Abik, demikian novelis ini biasa dipanggil, adalah sarjana Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir dikenal sebagai dai, novelis, dan penyair. Karya-karyanya banyak diminati tak hanya di Indonesia, tapi juga negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei. Karya-karya fiksinya dinilai kental nilai Islaminya dan mendorong semangat para pembacanya.

Selama di Kairo, kang Abik banyak menul
...more
More about Habiburrahman El-Shirazy...

Share This Book



No trivia or quizzes yet. Add some now »

“Bagi orang-orang yang beriman, dimana pun ia bisa rukuk dan sujud kepada Allah, maka ia menemukan bumi cinta. Dan sesungguhnya dunia ini adalah bumi cinta bagi para pecinta Allah Ta'alla. Bumi cinta yang akan mengantarkan kepada bumi cinta yang lebih abadi dan lebih mulia yaitu surganya Allah” 128 likes
“Ia kembali teringat nasihat kiai Lukman saat masih di pesantren dulu, "Eling-Elingo yo Ngger, endahe wanojo iku sing dadi jalaran batale toponing poro santri lan satrio agung” 29 likes
More quotes…