Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Catatan Hati Seorang Istri” as Want to Read:
Catatan Hati Seorang Istri
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Catatan Hati Seorang Istri

by
3.92  ·  Rating Details ·  2,514 Ratings  ·  216 Reviews
"Assalamu'alaikum, mba kamu benar-benar memberikan begitu banyak pencerahan bagi keutuhan rumah tangga kami yang hampir karam... tanpa kata tanpa bersua. Dua buah buku (Catatan Hati Seorang Istri dan Karenamu Aku Cemburu) menjadi jembatan pembuka bagi kami membuka diri. Subhanallah ibrah tutur tulisan dari mba telah membuka mata hati kami." (ruslirose.multiply.com dikutip ...more
Paperback, 212 pages
Published April 2007 by Lingkar Pena Publishing House (first published 2007)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Dwita Ariyanti
Sep 05, 2011 Dwita Ariyanti rated it liked it
Shelves: favorites

Saat cinta berpaling
Saat rumah tangga dalam prahara
Saat ujian demi ujianNya
Mengguncang jiwa
Kemana seorang istri harus mencari
Kekuatan agar hati terus bertasbih?

Buku ini nampaknya memang dipersembahkan khusus untuk para ibu, istri, atau calon istri. Beberapa kali saya hanya menaruh buku tersebut di lemari,tanpa sedikit ketertarikan untuk menyantap isinya. Hanya karena tidak ada buku bacaan lain, tidak saya duga, buku ini bukan cuma high recommended buat istri, calon istri atau para ibu. Tapi juga
...more
Nicegreen
May 22, 2008 Nicegreen rated it really liked it
Jika kau kira dengan sebelah sayap, aku akan terkoyak
Maka camkanlah
Dengan sebelah sayap itu
Akan kujelajah gunung, ombak-ombak samudera
Dan gemintang di angkasa

Beberapa hari yang lalu, aku lupa tepatnya hari apa? Kudapati sebuah bungkusan yang tertera nama dan alamat rumahku. Berikut nama dan alamat singkat pengirim (Rizki di Cimanggis). Segera kubuka bingkisan itu, sebuah buku yang sudah lama sekali ingin kubaca. Tapi selalu lupa ketika sedang berburu buku di toko buku ataupun pameran, karena beg
...more
Isnaini Nuri
Feb 25, 2011 Isnaini Nuri rated it liked it
Shelves: islamic
Gak sengaja baca buku ini gara-gara sudah tidak ada lagi ebook bahasa indonesia yang bisa saya baca. Kehabisan bacaan.. :D

dan hasilnya,,
Saya menemukan perspektif baru setelah baca buku ini. Laki-laki itu mengerikan..
gak nyangkaaaa...
ternyata oh ternyata,,
se-sholeh sholeh-nya laki-laki tetep aja ya...


Nyengir juga baca buku ini. Yang paling aman adalah,,titipkan suami pada Allah,,
Biarkan Dia yang menjaganya. Menjaga dari segi jasmani dan ruhani (terutama hatinya)...
Percayakan saja pada-Nya. Insya
...more
Penerbit Asmanadia
Persembahan spesial Penerbit Asma Nadia Buku terbaru dari Asma Nadia:
New Catatan Hati Seorang Istri (edisi revisi CHSI plus 12 tulisan baru)

Akankah abadi
cinta yang telah terikat oleh tali suci,
jika tak kau jaga sepenuh hati?

Apa yang sanggup diucap seorang istri, ketika melihat seorang gadis bersama keluarganya datang melamar sang suami?
Bagaimana harus bersikap saat suami berpaling, dan ingin menikah lagi?
Benarkah ketika suami berkata ingin menikahi perempuan lain, ia sedang jatuh cinta?

Apakah ya
...more
Ryan
Jan 23, 2008 Ryan rated it did not like it
Shelves: non-fiction
I truely didn't like this book. Masih lebih bagus karya beliau yang "Cinta Lelaki Biasa". Kali ini, memoar Asma Nadia memuat nuansa gender sangat terasa. Perhatikan salah satu paragraf, ketika sang Penulis (red. Mbak Asma) begitu berkeinginan memukul wajah seorang lelaki yang berkisah tentang keinginan poligaminya. Menunjukan secara jelas pemikiran Asma yang kurang menyetujui syari'at ta'adud ini.

Feminis. Ada kesan, begitu banyak KDRT yang terjadi karena kesalahan pihak laki-laki semata. Mbak A
...more
Aan Kurniasih
Feb 10, 2008 Aan Kurniasih rated it really liked it
Saya lebih suka membaca bagian2 akhir dari buku ini yang menceritakan tentang kelanggengan sepasang suami istri yang terbatas dari segi fisik dan materi, kesetiaan seorang suami terhadap isterinya sampai maut memisahkan...daripada kisah2 kegagalan sebuah pernikahan akibat pengkhiatan seorang suami..
Agustin
Jul 11, 2011 Agustin rated it liked it
Dalam buku ini Mbak Asma Nadia menyatakan "Telah lama saya meneropong, tidak hanya ke dalam hati sendiri, melainkan mencoba masuk ke bilik hati perempuan lain, lewat kisah-kisah yang mereka bagi kepada saya. Selama bertahun-tahun pula saya mencatat berbagai kisah itu dalam ruang hati, seraya berharap suatu hari bisa menuliskannya. Catatan Hati Seorang Istri, memuat sebagian kecil peristiwa itu. Isinya kisah-kisah yang mengharu biru dan membuat saya ternganga. Sebab ternyata betapa dahsyat kekuat ...more
je je
Aug 04, 2011 je je rated it liked it
Dalam buku ini Mbak Asma Nadia menyatakan "Telah lama saya meneropong, tidak hanya ke dalam hati sendiri, melainkan mencoba masuk ke bilik hati perempuan lain, lewat kisah-kisah yang mereka bagi kepada saya. Selama bertahun-tahun pula saya mencatat berbagai kisah itu dalam ruang hati, seraya berharap suatu hari bisa menuliskannya. Catatan Hati Seorang Istri, memuat sebagian kecil peristiwa itu. Isinya kisah-kisah yang mengharu biru dan membuat saya ternganga. Sebab ternyata betapa dahsyat kekuat ...more
rinda
Aug 21, 2012 rinda rated it liked it
Ketika Ibu melihat saya sedang membaca buku ini, komentar beliau adalah " Ngapain sih kamu baca-baca buku gituan? "

hahaha

Ini salah satu bentuk kekhawatiran ibu kalau saya nantinya akan berpersepsi buruk terhadap pernikahan karena dalam buku ini, penulis banyak menceritakan kisah-kisah mengenai seorang istri yang diselingkuhin suami, istri yang diduain sama suaminya, dan istri yang ditinggal suaminya. ow ow ow...

Na'udzubillahimindzalik..

Well, memang banyak kisah-kisah seperti yang saya sebutka
...more
Zenfira
Nov 21, 2013 Zenfira rated it really liked it
Waktu akal dah macam merajuk, jadi ambil masa untuk melihat sisi realiti kisah kehidupan manusia. Satu hal yang saya suka dengan saranan Mbak Asma Nadia, adalah perihal menulis.

Menulislah untuk diri sendiri, meski tak diwar-warkan kepada umum. Tidak pada waktu senang dan gembira sahaja tetapi juga pada waktu takut, resah dan marah.

Jua, hal kesetiaan dan lelaki ada disebut dan dikisahkan. Tidaklah aku jadi pesimis pula tetapi aku jadi sedar, 'it's not all about happiness'. Bukan macam kisah dong
...more
Biruhati Syaheed
Begitu membaca tentang berita tentang buku ini di milist, ketika sempat mampir ke toko buku, Sy langsung membelikan buku ini untuk istri.

Setelah istri membacanya, entah kenapa tiba-tiba istri jadi agak paranoid. kisah-kisah yang banyak mengungkapkan tentang KDRT sempat membuat istri memvonis laki-laki itu jahat. Wow?! sedemikian dahsyatnyakah isi buku itu?!

Kesibukan membuat buku itu hanya lembar demi lembar Sy cicil baca. Mungkin karena itu jadi terkesan datar saja.

Tak lama, sahabat Sy, Ryan men
...more
Aeron Tomino
Feb 10, 2008 Aeron Tomino rated it it was amazing
Persembahan spesial Penerbit Asma Nadia Buku terbaru dari Asma Nadia:
New Catatan Hati Seorang Istri (edisi revisi CHSI plus 12 tulisan baru)

Akankah abadi
cinta yang telah terikat oleh tali suci,
jika tak kau jaga sepenuh hati?

Apa yang sanggup diucap seorang istri, ketika melihat seorang gadis bersama keluarganya datang melamar sang suami?
Bagaimana harus bersikap saat suami berpaling, dan ingin menikah lagi?
Benarkah ketika suami berkata ingin menikahi perempuan lain, ia sedang jatuh cinta?

Apakah ya
...more
Siska Nurohmah
Feb 20, 2009 Siska Nurohmah rated it liked it
Buku ini memuat kumpulan kisah tentang kehidupan rumah tangga. Dari yang manis sampai yang tragis...
Tidak semua kisah merupakan pengalaman penulis, kebanyakan kisah2nya diambil dari curahan hati orang2 di sekitarnya.

Contoh kisah yang paling manis, ada di akhir cerita, tentang seorang laki-laki yang tetap menghormati istrinya setulus jiwa, biarpun orang2 di sekitar berpikir untuk mencarikan gantinya... keren banget... yang ini bikin nangis.
Kalo kisah yang romantis... hmm... ada. tentang dua pasan
...more
Rachmah
Mar 16, 2013 Rachmah rated it really liked it  ·  review of another edition
Saya baca buku ini setelah membaca buku "Sakinah Bersamamu" dengan pengarang yang sama. Isinya lebih kurang sama, mirip-mirip. tapi saya bisa menyimpulkan kalau "Catatan Hati Seorang Istri" lebih oke. Mungkin karena penyajian cerita yang bermacam-macam pahit manisnya dan berfokus ke kehidupan seorang istri saja.

Setelah membaca buku ini saya jadi ogah nikah! Hahaha eits jangan diartikan secara sekilas. Maksud saya, ogah nikah tanpa ada persiapan lebih dahulu. Buku ini menjelaskan bahwa menikah ng
...more
Swety Retna
Jan 06, 2013 Swety Retna rated it really liked it  ·  review of another edition
Buku yg cukup mengharukan di beberapa catatan.. sebagai seorang single yg belum menikah dan yang sedang berharap bisa segera menikah, buku ini cukup menimbulkan ketakutan tersendiri untuk menjalani mahligai rumah tangga. Selalu berdoa semoga dikaruniai suami yang taat Allah dan RasulNya. Demikian juga aku berdoa semoga Allah memberiku hati yang lapang, PEMAAF dan sabar dalam menghadapi peran sebagai istri.
Pada intinya, sebuah rumah tangga agar harmonis perlu usaha dari kedua belah pihak, baik s
...more
Nurla
Jan 06, 2008 Nurla rated it it was amazing
Buku bagus, based on true story…
Banyak bercerita tentang ketulusan pengabdian, kekuatan dan ketegaran seorang istri…
Sungguh dibalik kelembutan hati seorang istri..tersimpan kekuatan luar biasa..
Pelajaran bagus dari salah satu kisah, terkadang seberat apapun beban, sepahit apapun kenyataan yg harus dihadapi, sehancur apapun hati.. cukup kita sendiri yang tahu..karena dengan begitu qt menjaga keutuhan beberapa hati yg kita kasihi...
Bacaan bagus buat para istri (para suami harusnya juga baca buku
...more
Marwa Idah bone
Jun 15, 2014 Marwa Idah bone rated it it was amazing
suka banget sama ceritanya,luar biasa bisa jadi pelajaran bagaimana menjadi istri yang sabar,bisa menjaga harkat martabat suami dan menjadi refrensi buat yang belum menikah dan akan menikah bagaimana seharus nya berumah tangga yang baik dan saling menjaga dan tidak menjelek-jelekan suami di depan orang subhanallah,jika saya nanti menikah saya ingin menjadi salah satu wanita penghuni surga atas ridho suami saya amiiiinnn
M Mushthafa
May 15, 2009 M Mushthafa rated it liked it
URL: http://rindupulang.blogspot.com/2007/...


Asma Nadia tentang Poligami dan Perselingkuhan

Dalam beberapa tahun terakhir, melalui tayangan televisi dan media, masyarakat kita semakin akrab dengan isu poligami dan perselingkuhan. Tema poligami kembali populer ketika ada sejumlah tokoh nasional yang menjadi kontroversial karena kasus poligami, dengan bumbu pro-kontra yang kemudian juga difasilitasi oleh media. Tema perselingkuhan pada tingkat tertentu, dengan cara yang cukup unik, menyebar melalui
...more
Priha Tini
So touchy, even though i am the 14th teenager. Ada beberapa bagian yang membuat mata saya berkaca-kaca, tentang perjuangan seorang istri--tentang kasih sayang seorang ibu. Saya enggak bisa membayangkan bagaimana kalau saya dewasa nanti, yang jelas, buku ini dapat menginspirasi saya. Supaya menjadi wanita yang kuat dan tegar.

Dapet banget moral value-nya, 3 bintang untuk buku ini.
Fitri Melinda
Aug 27, 2012 Fitri Melinda rated it it was amazing  ·  review of another edition
Bagaimana harus bersikap saat suami berpaling, dan ingin menikah lagi?

Apa yang tercatat dihati seorang istri, ketika suami melakukan kekerasan fisik ataupun psikis? Ketika mendapatkan kabar bahwa pasangan tercinta konon terkena guna-guna?

Benarkah, ketika suami berkata ingin menikahi perempuan lain, ia sedang jatuh cinta?

Lalu apa tantangan pernikahan dengan pasangan muallaf? Bagaimana menguatkan keimanannya agar menjauh dari kebiasaan lama yang merupakan dosa di mataNya?

Dunia pernikahan tak selal
...more
Ronnie
May 18, 2011 Ronnie rated it it was amazing  ·  review of another edition
Persembahan spesial Penerbit Asma Nadia Buku terbaru dari Asma Nadia:
New Catatan Hati Seorang Istri (edisi revisi CHSI plus 12 tulisan baru)

Akankah abadi
cinta yang telah terikat oleh tali suci,
jika tak kau jaga sepenuh hati?

Apa yang sanggup diucap seorang istri, ketika melihat seorang gadis bersama keluarganya datang melamar sang suami?
Bagaimana harus bersikap saat suami berpaling, dan ingin menikah lagi?
Benarkah ketika suami berkata ingin menikahi perempuan lain, ia sedang jatuh cinta?

Apakah ya
...more
Sita
Feb 08, 2008 Sita rated it liked it
Recommends it for: anyone whose interested in women's studies
Sebetulnya buku ini buku menarik, tentang isi hati para istri yang tidak bahagia dalam perkawinannya dan bagaimana mereka menghadapinya. Ada yang memutuskan untuk bertahan ada juga yang memutuskan untuk keluar dari perkawinan tersebut.

Namun, seperti yang sudah pernah saya ungkapkan, meski topiknya cukup penting, sayang buku ini kurang seimbang. Mereka yang suaminya baik hati disini pasti sudah meninggal atau justru sedang mengenang istrinya yang sudah meninggal. Tidak ada cerita tentang sepasan
...more
Wit Witha
Sebuah buku sanggup menolong menyelamatkan satu keluarga dari sebuah perceraian? Itulah yang terjadi. Buku yang sama juga menggerakkan seorang anak. Bagaimana mungkin buku yang sama juga menggerakkan seorang anak yang selama ini tumbuh dewasa dalam kemarahan akan ayah-nya yang mengkhianati ibunya, kemudian menjadi memahami dan memutuskan memaafkan sang ayah.

Catatan Hati Seorang Istri telah membangkitkan gelombang empati puluhan ribu pembaca perempuan di tanah air, khususnya para istri, akan pers
...more
Hida Ajmain™
Sep 22, 2009 Hida Ajmain™ rated it really liked it
Shelves: indonesia
Setelah selesai baca, aq juga bingung dengan sikap kaum pria(suami) dan g ngerti jalan berpikir mereka, kenapaaa ya bisa seperti itu.. klo boleh dibilank keterlaluan, g punya perasaan, de el el(tidak bermaksud untuk menghakimi semua pria, krn di salah satu kisah terakhir 'Perempuan Istimewa di Hati Abah Agil', semua kemarahan pada kaum pria terobati (sedikit ^0^). SAlut dengan kegigihan para perempuan (istri) di kisah2 ini, mudah2an mereka diberikan kekuatan oleh Allah Swt.

Ada sebuah teori, sala
...more
Windy A. Alicia
Sebenernya saya bisa dibilang anti-sinetron tapi CHSI beda, setelah lihat beberapa episode jadi pengen baca bukunya. Dan Alhamdulillah, kemarin selesai menamatkan buku ini. Awalnya saya kira saya bakal menemukan kisah lengkap Hana-Bram di bukunya tapi ternyata saya salah. Bukunya ga menceritakan seperti sinetronnya tapi hanya penggalan kisah-kisah nyata seorang istri yang dikhianati suami. Memang sih, ada beberapa adengan di sinetron yang mengangkat kisah di buku asli. Tapi jauh dari kata sama, ...more
Anggi Hafiz Al Hakam
Dec 08, 2008 Anggi Hafiz Al Hakam rated it it was amazing
Recommended to Anggi by: aditsnote.blogspot.com
Beralih sejenak, saya sampai pada Catatan Hati Seorang Istri karya Asma Nadia. Buku yang dibeli tak lama sebelum keberangkatan saya ke Jakarta untuk sebuah wawancara kerja di bulan Oktober 2008. Buku berisi catatan-catatan singkat tentang perasaan dan suara hati kaum istri. Tentang bagaimana kaum istri memaknai peran mereka atas kehidupan ini. Sebagai seorang istri bagi suami mereka, seorang ibu bagi anak-anak mereka, dan kawan sekaligus lawan bagi diri mereka sendiri.

Buku ini sebenarnya jadi pe
...more
Ningrum
Sementara banyak buku yang menghadirkan indahnya masa pernikahan..buku ini memberikan nafas lain. tidak, tidak berarti buku ini menyajikan kisah-kisah yang membuat kita jadi takut akan menikah. justru buku inilah yang membuat kita (setidaknya saya) menjadi memahami, bahwa ketika gerbang pernikahan itu terbuka,ketika bahtera mulai dikayuh bersama..adakalanya Allah memberikan sedikit ombak, atau mungkin saja badai, yang akan menguatkan kayuhan kita dalam mempertahankan bahtera itu..agar tidak koya ...more
Fatma
Nov 09, 2008 Fatma rated it it was amazing
Awalnya pertama kali lihat buku ini, ga langsung tertarik.. malahan mikir agak ilfil.. halah.. tetapi setelah membaca resensi-nya dan entah angin apa yang membawa ku membeli buku ini.. (cieee..). salah satunya mungkin untuk membuka diskusi lagi dengan Abii..

Kemarin malam, aku membeli buku itu.. dan pagi ini, buku tersebut sdh selesai aku baca dan kini berpindah tangan..

Dari awal sampai akhir halaman, membuat aku benar2 terpana. alur buku sangat flow, entah bagaimana perasaan mbak asma, si penul
...more
Sawitri
Mar 29, 2015 Sawitri rated it really liked it
Gua suka penasaran dengan pasangan suami istri yang awalnya saling mencintai, tapi berujung pada perceraian dan saling menyakiti. Nah, di buku ini gua mendapatkan jawabannya. Buku ini menceritakan beberapa kisah mengenai petualangan cinta para suami yang membuat hati tokoh istri tersayat-sayat. Duh, entah berapa kali gua mengelus dada dan mewek sendiri baca cerita-ceritanya. Dari sekian banyak cerita, gua jadi berkesimpulan kalau laki-laki itu memang sulit dipercaya ya. Mau model kayak apa, yang ...more
Lailaturrahmi
Jun 06, 2014 Lailaturrahmi rated it really liked it
Shelves: owned-ebook
Membaca buku ini menyadarkan saya bahwa untuk memulai hidup baru dalam bahtera pernikahan, ada banyak bekal yang harus dimiliki oleh seorang istri. Tidak hanya kecantikan, kecerdasan intelektual, atau kemampuan secara finansial, seorang istri juga harus melayani suami dengan baik dan merawat anak-anak dengan sepenuh hati.

Di tengah berita-berita infotainment atau cerita di sekitar kita yang berisi tentang kabar perceraian si A dan B atau kabar poligami, atau laki-laki C yang tidak menafkahi istri
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
topics  posts  views  last activity   
Memangnya apa sih hebatnya seorang isteri? 2 75 Nov 29, 2008 05:17AM  
  • Risalah Cinta
  • Nadya: Kisah dari Negeri yang Menggigil
  • Agar Bidadari Cemburu Padamu
  • Dokumen Jibril
688171
Asma Nadia
Education: Bogor Agricultural University (IPB, 1991)
Home FAX: +622177820859
email: asma.nadia@gmail.com

Working Experiences: I was working as a CEO of Fatahillah Bina Alfikri Publications, and Lingkar Pena Publishing House, before starting AsmaNadia Publishing House (2008)

Writing residencies: in South Korea, held by Korean literature translation institute (2006) & and in Switzerland h
...more
More about Asma Nadia...

Share This Book



“Guruku mengatakan, coba tatap wajah suami di saat tidur. Pikirkan, seseorang yang tidak ada hubungan darah dengan kita, tiba-tiba sekarang berjuang untuk kita. Mencari nafkah, membahagiakan kita...” 54 likes
More quotes…