Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Perahu Kertas” as Want to Read:
Perahu Kertas
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Perahu Kertas

by
3.92 of 5 stars 3.92  ·  rating details  ·  10,971 ratings  ·  1,305 reviews
Namanya Kugy. Mungil, pengkhayal, dan berantakan. Dari benaknya, mengalir untaian dongeng indah. Keenan belum pernah bertemu manusia seaneh itu.

...

Namanya Keenan. Cerdas, artistik, dan penuh kejutan. Dari tangannya, mewujud lukisan-lukisan magis. Kugy belum pernah bertemu manusia seajaib itu.

...

Dan kini mereka berhadapan di antara hamparan misteri dan rintangan. Akankah do
...more
Paperback, 456 pages
Published August 29th 2009 by Bentang Pustaka & Truedee
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Perahu Kertas, please sign up.

Be the first to ask a question about Perahu Kertas

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
7th out of 454 books — 1,609 voters
Perahu Kertas by DeeI For You by OrizukaRefrain by Winna EfendiWinter in Tokyo by Ilana TanSummer in Seoul by Ilana Tan
Best Indonesian Romance
1st out of 121 books — 395 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 3,000)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Pandasurya
Surat Neptunus Buat Dewi ‘Dee’ Lestari
(Review Perahu Kertas)


Hai Dee yang baik,

Perkenalkan, saya salah seorang pembaca Perahu Kertas (PK). Kita memang belum pernah kenal sebelumnya. Tapi pastinya saya sudah tau seorang Dewi “Dee’ Lestari karena kamu penulis dan penyanyi terkenal di negeri ini.

Kalau boleh, Dee, izinkan saya menulis surat ini. Anggaplah ini sekadar kesan-kesan saya setelah membaca PK. Tapi mungkin saya nggak akan menghanyutkannya surat ini di sungai, kali, apalagi lautan.

Baiklah,
...more
Thesunan
ngejar setoran.. hohoho.. akhirnya bisa baca buku ini juga.. :D

ini dia review dari saya :

Hati tidak pernah memilih, hati dipilih. ia selalu tau kemana harus berlabuh.. hal 430

ini pertama kalinya saya menulis review tentang buku.. makanya saya bingung harus mulai dari mana nulis ini. kata orang, selalu ada yg pertama buat segala hal, mudah2an ini gak jadi yg terakhir..

Sebuah karya pertama dari Dee yang saya baca dengan serius (baca: sampai selesai dan berulang2 ), buku-buku Dee yang lain sebelu
...more
indri
ini kisah cinta.

benar-benar kisah yang dibungkus dengan dongeng dan lukisan.
cinta dewasa yang kekanak-kanakan yang berkembang menjadi platonic.

Karena hanya bersama kamu, segalanya terasa dekat, segala sesuatunya ada, segala sesuatunya benar. Dan Bumi hanyalah sebutir debu di bawah telapak kaki kita.

disuguhkan kisah yang mengharukan tapi tidak cengeng. cerita tentang penyangkalan, tanpa penghianatan, tentang persahabatan.

merenung sejenak, memahami cinta.

Dan kau ada diantara milyaran manusia..
...more
N,sy.
Satu lagi karya Dee yang (gue) banget dan bisa membuat bendungan itu jebol walau sesaat meskipun sempat ilfeel hingga setengah buku yang teen lit banget. Namun seiring keistiqomahan membacanya, semakin tersibaklah tabir antara realitas dan dongeng hingga klimaks yang mengikhlaskan kita untuk mengakhiri cerita ini. Tetap dengan selera humor yang renyah, penggambaran akan intuisi, emosi, dan rasio hingga ketulusan yang bermain-main dengan lincah. Membuat tokoh dalam cerita ini begitu berkarakter. ...more
Cintantya Sotya Ratri
Novel ini merupakan novel pertama Dewi Lestari yang bergenre populer. Yaitu yang berisi kisah cinta antara laki-laki dan perempuan. Kugy dan Keenan yang sebenarnya saling mencintai dan melengkapi, tapi harus melewati banyak konflik berbelit yang akhirnya mempertemukan keduanya kembali.
Menurut saya, dalam novel ini konflik berbelit yang sampai membuat buku ini setebal lebih dari 400 halaman itulah yang menjadikan kelemahan buku ini. Konfliknya cenderung bikin bosan dan gemas karena seperti baca
...more
Nura
It’s so me! (Belom apa-apa udah sangat berlebihan kan?) Hehehe... jarang-jarang gue mengasosiasikan diri gue sama sebuah novel. Tapi yang satu ini keren. Banyak konflik serupa yang dialami Kugy juga gue alami. Beberapa persamaan kita, antara lain kita sama-sama baca Candy-Candy (kenangan masa SMP), trus persamaan lainnya (atau mungkin perbedaan) gue mau jadi penulis dia mau jadi pendongeng. Menurut gue sih sama (maksa!). Bedanya, dia dapat seorang pelukis handal yang ngerti banget sama karakter ...more
Riri
Saya tidak tahu harus memberikan berapa bintang untuk karya Dee yang satu ini. Kalau bicara ingin, dari awal saya tahu akan beri bintang lima. Tapi kalau bicara harus...., sepertinya akan berbeda.

Saya meragu. Saya jadi segalau ini. Disatu sisi, saya sudah langsung jatuh cinta ketika membaca Rectoverso—karya Dee yang pertama saya baca. Yang artinya, saya percaya karya Dee sempurna. Membuat saya tidak hanya penasaran dengan ceritanya, tapi juga masuk ke dalamnya dan merasakan. Tapi di sisi lain,
...more
Rauf
Dec 04, 2009 Rauf rated it 3 of 5 stars
Recommends it for: penggemar genre romance
Recommended to Rauf by: the HYPE
Kalian pasti pernah nonton film dengan cerita seperti ini:

Si Pria punya kepribadian yang sensitif, melankolis, seidikit suram, dan setengah sinis. Terkadang dia juga punya jiwa seni yang tinggi. Dia mungkin akan memusuhi dunia sepenuhnya kalau dia tidak bertemu si Wanita. Si Wanita ceria, lucu, eksentrik. Si Pria belum pernah bertemu wanita yang seperti dia. Si Pria langsung jatuh hati sama si Wanita.

Kritikus film Nathan Rabin akan menyebut si Wanita sebagai Manic Pixie Dream Girl,
"That bubbly,
...more
Dian Mayasari Azis
Ini buku pertama Dewi Lestari yg saya baca.
Buku pertama yg langsung bikin saya jatuh hati sama gaya nulis mbak Dee. Dia pinter skali mengaduk-aduk emosi, menempatkan konflik yg tepat dengan problem solve yg apik. Jempol deh pokoknya :)
Tadinya malah hampiiiiiirrr aja ngasih bintang 5.
tapi pas halaman-halaman terakhir, saya dibikin kecewa sama endingnya!
Terkesan dipaksakan.

kenapa sih Kugy gak sama Remi aja?
gak mesti kan novel tuh harus slalu happy ending!
gak mesti kan dia harus sama Keenan!

atau ka
...more
Nanny SA
Kisah cinta sepasang manusia Kugy dan Keenan, walaupun kisah ini banyak tejadi 'kebetulan-kebetulan' tapi alurnya masih tetap asyik dan menarik untuk dibaca. Sayang 'kebetulan' diakhir cerita, baik pasangan Kugy maupun Pasangan Keenan (kebetulan) sama-sama mempunyai hati yang teramat tulus untuk melepas kekasihnya.
'Kebetulan' yang menurutku agak dipaksakan..(supaya happy ending) ?
 Δx Δp ≥ ½ ħ
Peringatan!!! Review buku ini hanya opini pribadi belaka. dan tidak ada maksud apa-apa, imho (syerem juga, banyak fans buku ini ternyata di GR T_T)

Kalo mau baca ripiyu yang memuji atau mau mulai baca buku ini, sebaiknya tidak dilanjutkan baca tulisan ini.

Pertama, oke, sebelum membaca buku ini, dengan mendengar gosip kiri kanan, buku ini adalah karya Dee yg paling lain, jangan harap bakal "secanggih" Supernova. (cuma yg buku 1 ajah seh yg keren, yg buku 2 seru cuma coz ada tokoh si Bodhi yg unik,
...more
Endah
Pertama kali mendengar judul novel Dee yang keempat ini, yang teringat oleh saya adalah judul buku kumpulan puisi Sapardi Djoko Damono yang terbit tahun 1982. Saya kira tadinya Dee terinspirasi oleh puisi Sapardi tersebut. Tetapi, ternyata tidak. Malah tulisnya di halaman belakang, ilham itu datang setelah membaca cerita bersambung di majalah Hai yang bertitel “Ke Gunung Lagi” milik Katyusha, seorang penulis cerpen yang beken di era 80-an. Ya, cerbung itu pun ditulis pada tahun 80-an.

“Kelincaha
...more
Diah Ayu
hmm, baca novel ini serasa lagi nonton drama Korea.
iya sih, pas awal2 baca sbenernya juga uda tau klo ini novel ringan yg mungkin lebih mirip sm chicklit/teenlit gitu. agak ke tengah juga mulai nyadar bahwa ini ntar bakal mellow2. tapi makin lama makin dibaca kok jadinya makin cheesy yah?

i'm fine with love story. yg mellow2 sekalipun. tp yg aku gak 'sreg' dari novel ini adalah bahwa kedua tokoh utama merasa perlu menghabiskan banyak waktu berputar-putar kesana kemari sebelum akhirnya ketemu, han
...more
Ririn
4.5 bintang

Saya turut tenggelam dalam dunia 'Perahu Kertas'. Hati seolah-olah tidak keruan selagi tidak menamatkan kisah ini. Telah agak lama tidak berperasaan sebegini bilamana membaca kisah yang dihikayatkan dalam sesebuah novel. Yang membuat jiwa meruntun-runtun untuk membacanya sehingga penamat. Sampaikan makan dan segala apa pun diketepikan (kalau la tak kerana perlu menyiapkan report penting untuk esok, kerja pejabat pun terabai ;P).

17 Jun 2014

Mungkin kerana ianya karya dari Indonesia (wal
...more
Niendria
I hope Dee is not planning to write book like this in the future, anymore.
Aku beharap ini terakhir kalinya Dee nulis buku dgn genre teen-lit, chick-lit atau apapun namanya itu. Because it's sucks.

Ketika tahu Dee baru buat buku lagi, aku berharap sesuatu yg lebih dr bukunya Dee, bukankah kita semua? Tapi nyatanya Perahu Kertas gagal memberikan itu, paling ga buat aku.

Aku setuju sama salah satu reviewer yg bilang bahwa Perahu Kertas ga ubahnya drama korea. Dgn karakter-karakter yg terasa dipaksaka
...more
Yekti Pratiwi

"Kalo gak begini, kamu akan terjebak terus, Kugy."

Menurut saya, di sini lah konflik antara Keenan dan Kugy dimulai. Susah yah kalo dua hati hanya saling menerka dan masing-masing lebih memilih tidak ingin sakit hati atau menyakiti orang lain. Novel Dee yang pertama ini, lebih banyak bercerita tentang terjebak dalam cinta. Pak Wayan yang terjebak dalam 20 tahun cintanya pada Ibu Lena, Luhde yang tidak ingin terjebak pada cintanya kepada Keenan, dan Kugy yang terjebak dalam cintanya Ojos serta ing
...more
Miss Kodok
Thank you so much to Mas Sus for giving me this lovely book.

Awal membaca buku ini kok kayak baca kisah cinta remaja yang terlalu biasa ya... tapi memasuki bab-bab berikutnya ternyata memang beda.

Kugy & Keenan, dua tokoh sentral dalam buku ini bener2 bikin gw gemez karena dua-duanya enggak berani mengungkapkan perasaan mereka selama bertahun-tahun. Tapi kalo mereka cepet tau bahwa ada cinta diantara mereka, pasti bukunya enggak akan setebel ini dan mungkin juga ceritanya enggak akan jadi seme
...more
Ra
Perahu Kertas,- Actually, It's not my typical genre. Tapi,cukup penasaran kenapa buku ini sempat heboh dan sampai detik ini belum sempat menonton filmnya,yang katanya bisa menguras air mata sebaskom. Untungnya, aku dapat e-booknya,- jadi nggak perlu beli bukunya,- dan aku baca e-book Perahu Kertas disela-sela waktu senggang dan Okay, aku nggak tau, apa selera aku yang aneh, atau mungkin memang aku udah kehilangan otot-otot romantis,-..... aku nggak bisa menangis sedikitpun baca buku ini, berkaca ...more
Yunita1987
Perahu Kertas…

Tidaaaakkk,,,,jangan sampe aku dilihat seperti orang stress karena baca buku tapi sambil nangis,,,mungkin seperti terlalu berlebihan, tetapi itulah yang benar-benar aku alami saat aku membaca perjalanan kisah cinta dan persahabatan antara Kugy dan Kennan.

Menurutq, Perahu Kertas bukan hanya menceritakan kisah cinta yang simple antara Kugy dan Kennan tetapi kisah cinta yang detail dan terlalu rumit. Mungkin terlihat sederhana sekali dengan cerita mereka, kisah antara Kugy dan Kennan
...more
Sahidzan
Ini....ini buku cinta. Kalau bukan kerana si Kugy ini minatnya menulis, dan si Keenan seorang pelukis - misalnya, Kugy seorang pekerja McD, dan Keenan seorang pegawai Bank - saya tak akan dapat menghabiskan novel ini.

Bukan aliran saya barangkali. Tapi novel ini tetap ada 'isi'. Sesuai sekali bagi penggemar novel-novel cinta yang berkualiti.

It was okey!
Asmar Shah
4.75* untuk naskah ini! Yeay...

Saya jatuh cinta dengan kisah yang naskah ini sajikan. Saya bagi sekali percikan bunga api yang banyak.

Ini adalah buku dari seberang dan saya baca yang telah diterjemah oleh PTS. Owh ya ianya adalah novel cinta!

Tidak saya nafikan bahawa cerita Perahu Kertas ini sudah kerap kita temui di dalam novel-novel yang ada di negara ini (bertemu-berpisah-happy ending). Dan agak kejam kalau saya perkatakan ianya ceritera yang agak klise. Malahan tidak saya nafikan juga apa y
...more
Fatma
Perahu Kertas, novel Dewi Lestari yang paling tidak mutu dibanding karyanya yang lain, apalagi setelah aku membaca Recto Verso yang kaya makna. Novel populer yang berkisah tentang Kugy, perempuan muda yang penghayal, dan Keenan, laki-laki yang punya kemauan kuat menjadi pelukis. Keduanya jatuh cinta, namun tidak pernah saling membahasakan perasaan mereka. Mereka terapung-apung bagai perahu kertas akan perasaan mereka sendiri. Kisah cinta yang berliku-liku, namun berputar disitu-situ saja. Aspek ...more
Primadhani Setyaning Galih
Jadi ini pertama kalinya aku baca novel karya Dee. Bener-bener pengalaman menakjubkan dan aku ga bisa berhenti sampe selesai. Butuh kira-kira 4 jam untuk nyelesaiin novel ini. What a great experience!!

Jadi ini kisah tentang Kugy & Keenan, 2 orang manusia yang beda tapi se-'frekuensi'. Mereka kenalan, cepat akrab, dan akhirnya jadi sahabat. Dalam prosesnya muncul perasaan cinta satu sama lain dalam diri mereka. Cuma sayang, 'frekuensi'-nya ga pernah nyambung. Jadi mereka terpaksa memendam per
...more
P e t t y
Sep 28, 2009 P e t t y rated it 3 of 5 stars
Recommends it for: light reading in a summer brezze
Membaca Perahu Kertas bagaikan tiduran diatas ban plastik di kolam renang saat musim panas yang disertai angin sepoi-sepoi...hehe.. Enak banget pastinya... Sejujurnya gue gak surprise kalo Dewi Lestari bisa menulis novel pop dengan baik. Because I think she's a very talented writer. Walaupun lebih dikenal sebagai penulis dari genre sastra (yang pasti agak lambat buat dicerna untuk bacaan sehari-hari...hehe) Perahu Kertas successfully caught me. It's simple, clever and witty.

Dua karakter utama K
...more
Azzura
Semestinya Merapat Lebih Awal ke Pantai (review singkat Perahu Kertas)


Apakah ia salah karena tidak merasakan kebahagiaan yang sama? Apakah ia puas atas kesuksesannya menyenangkan orang lain? Dan apakah ia cukup berduka atas pengkhianatannya pada diri sendiri? (hal. 12)

Ketika membaca buku yang merupakan properti saya sendiri, biasanya saya punya kebiasaan untuk menggarisbawahi kalimat-kalimat yang saya sukai secara redaksi ataupun makna. Itulah mengapa buku The Da Vinci Code favorit saya jadi sem
...more
Tukang Kueh Keren
Baiklah.....saya terpaksa baca novel ini karena penasaran sama akhir ceritanya, karena terlanjur nonton film bagian pertamanya :)) dan tergoda karena ratingnya berbintang-bintang di goodreads, tapi ketika tiba di akhir cerita.....what???? cuma gini doang? ah....cerita beginian sih sama aja sama kisah-kisah di buku romance favorit saya (dan aki hippo tentunya :p, mending twilight aja deh :D ato baca bukunya Nora Roberts. Konfliknya kurang seru ah....kirain si Keenan itu anaknya Pak Wayan.....huha ...more
Reiza
ceritanya standar banget dan gampang ditebak...dari pertama aja udah ketauan akhir ceritanya, pertama kali nama Remigius Aditya muncul, udah ketauan pasti dia kolektor lukisannya Keenan, sama kayak Kugy yang liat Luhde di pura...
trus ada yg ganjel di halaman 111-112, lagi ngomongin harga lukisan, eh di halaman berikutnya tau-tau Keenan udah megang cek sepuluh juta, kayak nggak ada korelasinya sama sekali sama paragraf berikutnya, tapi ga ada tanda2 kalo dua paragraf itu udah ga nyambung. trus sa
...more
Riska
Setelah saya membaca buku Dee sebelumnya, "Madre" dan "Filosofi Kopi" , jujur saya berharap novel ini memberikan pengalaman hati seperti pendahulunya. Tapi nyatanya saya salah. Novel ini bertutur lebih ringan dengan tema cinta yang kalau boleh dikategorikan biasa saja buat saya. Lantas apa yang mendorong saya memberikan bintang 4 pada novel ini? Prosesnya.
Proses dimana 2 orang remaja untuk saling bertemu lalu merajut cinta yang patut diacungi jempol.
Seperti buku Dee yang lain, saya jatuh hati
...more
Ochie Fauzi
Dee atau Dewi Lestari memberikan kisah percintaan melalui novel ini yang happy ending, layaknya Cinderella, bukan Romeo dan Juliet.

Kisah percintaan antara Kugy dan Keenan. Kugy, sosok gadis periang, cerdas, paling tidak tahu menggambar dan ingin menjadi penulis dongeng. Keenan adalah lelaki pendiam, cerdas dan ingin menjadi pelukis. Perasaan cinta timbul antara mereka diawali dengan simpatiknya Keenan ketika melihat karya tulisan Kugy dan suka dengan tulisannya. Dan Kugy merasa begitu senangnya
...more
Ayu Larasati
Kugy, gadis yang periang, penghayal, dan berantakan. Ia bercita-cita menjadi seorang penulis dongeng, cita-cita yang tak pernah benar-benar terwujud. Lewat sahabatnya Noni dan Eko yang merupakan sepasang kekasih, ia diperkenalkan dengan seorang lelaki yang bernama Keenan, sepupu Eko.

Waktu berlalu, persahabatan mereka semakin erat dan mulai tumbuh perasaan yang berbeda diantara mereka. Namun, saat itu Kugy masih berpacaran dengan Ojos. Melihat status Keenan yang masih single membuat Noni dan Eko
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 99 100 next »
topics  posts  views  last activity   
Goodreads Indonesia: BANDUNG : Nonton Bareng Perahu Kertas : Kuis :) 183 157 Aug 16, 2012 12:00PM  
Bandung: Perahu Kertas the Movie : Info Kuis 2 31 Aug 09, 2012 05:05AM  
  • Montase
  • Antologi Rasa
  • 5 cm
  • Negeri 5 Menara (Negeri 5 Menara, #1)
  • Negeri van Oranje
  • Spring in London
  • Bangkok: The Journal
  • Sang Pemimpi (Tetralogi Laskar Pelangi, #2)
  • Melbourne: Rewind
  • Titanium (Hanafiah, #7)
  • Restart
  • The Truth about Forever: Kebencian Membuatmu Kesepian
  • Kastil Es dan Air Mancur yang Berdansa
164478
Dewi Lestari, was born on January 20, 1976. She was firstly known as one third of a female vocal trio “Rida, Sita, Dewi”. She began her music career in 1995 and had produced four albums with the trio. Her passion in words and music has led her to become a songwriter, and she has been writing songs for many renowned Indonesian artists. Using a pen name “Dee”, Dewi began her writing debut in 2001 wi ...more
More about Dee...
Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade Supernova: Akar (Supernova, #2) Supernova: Petir (Supernova, #3) Rectoverso

Share This Book

“Karena hati tak perlu memilih, ia selalu tahu kemana harus berlabuh” 279 likes
“aku gak mau sepuluh, dua puluh tahun dari hari ini, aku masih terus-terusan memikirkan orang yg sama. bingung di antara penyesalan dan penerimaan.” 261 likes
More quotes…