Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Emak Ingin Naik Haji” as Want to Read:
Emak Ingin Naik Haji
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Emak Ingin Naik Haji

by
3.9 of 5 stars 3.90  ·  rating details  ·  287 ratings  ·  37 reviews
Mak
ingin kubawa kau pada rumah mimpimu
yang dari dalamnya terpancar keindahan Ilahi
dan berjuta tanda kebesaran-Nya

Tapi Mak
tanganku terlalu lemah dan daya yang kupunya
seperti hembusan angin melintas celah batu karang

Mak
rumah mimpimu
entah kapan kupersembahkan
tapi ia selalu ada dalam doaku

------

(100% royalti dipersembahkan untuk membantu memenuhi mimpi ke tanah suci, bagi sale
...more
Paperback, 224 pages
Published 2009 by AsmaNadia Publishing House
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Emak Ingin Naik Haji, please sign up.

Be the first to ask a question about Emak Ingin Naik Haji

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 459)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Dani Noviandi
Mak
ingin kubawa kau pada rumah mimpimu
yang dari dalamnya terpancar keindahan Ilahi
dan berjuta tanda kebesaran-Nya

Tapi Mak
tanganku terlalu lemah dan daya yang kupunya
seperti hembusan angin melintas celah batu karang

Mak
rumah mimpimu
entah kapan kupersembahkan
tapi ia selalu ada dalam doaku





Mungkin tidak semua orang memanggil ibunya emak... (dan itu pasti)
Mungkin juga tidak semua orang (karena keanekaragaman agama yang ada di Indonesia) ingin membawa ibunya naik haji...
Tapi satu yang pasti
...more
Imas
Mengharukan, kisah yg banyak dialami di Indonesia...menurut ku...mengingatkan pada omak yg begitu merindukan baitullah...nonton filmnya dulu br baca cerpennya...Asma Nadia menuliskan dg bgt menyentuh...ya mbak Asma...menulis juga berjuang...keep fight..
Euisry Noor
Membaca buku ini membuatku bernostalgia. Mengingatkanku saat dulu semasih SMA & kuliah senang banget baca fiksi-fiksi Islami yang saat itu sedang booming-boomingnya. Sudah lama tak membaca buku-buku Asma Nadia. Dan saya tetap suka. Cerpen-cerpen Asma Nadia di buku ini banyak mengangkat wacana realita sosial masyarakat, dibalut dengan tema cinta yang tak habis-habisnya mengalirkan guliran cerita. Cerpen-cerpen yang tersaji di buku ini menghadirkan kisah-kisah cinta yang menyentuh. Entah itu t ...more
Sweetdhee
Mak menatap jendela yang menghadap rumah Juragan Haji.
Mak menatap mimpinya, mimpi yang diketahui sulit terjangkau tapi menancap kuat pada asa, hingga berani menjadikannya suatu keinginan.

Mak membayangkan berjalan kaki demi menemui Allah di rumahNya.
Mak ingin melihat megahnya Mesjid yang katanya berlimpah cahaya lampu.
"Mak pengin naik haji, Zein..pengin banget."
"Kapan ya, Zein..."

Kata-kata yang dihindari Zein, namun akhirnya terdengar lirih dari perempuan yang belum sanggup dibahagiakannya.
Zein t
...more
Vienna Yunistia Sasmita
Saya kira, Emak Ingin Naik Haji ini judul sebuah novel, eh ternyata... kumpulan cerpen. Dan cerpen Emak Ingin Naik Haji ini cukup singkat, hanya sebanyak 7 lembar yang ukurannya sebesar buku tulis. Saya kurang suka covernya sih, diadaptasi dari filmnya. Beberapa hari setelah pinjem buku ini di perpustakaan, ga langsung saya baca, tapi ketika baca kalimat demi kalimat di buku ini, membuat saya sulit untuk berhenti untuk tidak menyelesaikan membaca sampai cerita terakhir. Semua ceritanya membuat s ...more
Saiful Mohtar
Judul : EMAK INGIN NAIK HAJI
Penulis : Asma Nadia
Penerbit : Asma Nadia Publishing House
Cetakan : Tiga, Februari 2010
Tebal : 210 halaman
Resensi :
Buku “Emak Ingin Naik Haji” ini adalah buku yang menarik untuk dibaca dan banyak terdapat hikmah di dalamnya. Buku ini mengangkat berbagai nilai kehidupan seperti: ketulusan, kasih sayang, berserah diri, kegigihan, ban berbagai nilai kehidupan lainya. Membaca buku ini membuat kita semakin mencintai keberadaan sosok ibu di kehidupan kita.
Buku ini menceri
...more
Salma Al mahmudy
Judul Buku : Emak Ingin Naik Haji
Penulis : Asma Nadia
Penerbit : Asma Nadia Publishing House
Cetakan ke : 3 (Pebruari 2010)
Tebal Halaman : 210 hal

Haji merupakan rukun islam yang kelima dan wajib dilaksanakan bagi umat muslim yang mampu. Ibadah ini dilakukan di tanah suci Makkah. Seluruh umat islam pasti mempunyai keinginan untuk melakukannya. Namun, keinginan beberapa mereka pasti terhalang dengan tidak adanya biaya untuk pergi ke tanah suci itu.

Novel ini, menceritakan perjuangan seorang wanita tu
...more
Nicegreen
Terdiri dari 12 kisah hidup yang mungkin pernah kita alami

Keinginan besar seorang ibu yang ingin menunaikan ibadah haji. Dari keterbatasan dana yang dimiliki, Alhamdulillah Allah mengijinkannya pergi ke tanah suci.

Seorang pria yang tak mempunyai keberanian untuk mengungkapkan isi hatinya pada wanita yang ia cintai. Padahal wanita itu menunggu sang pria mengungkapkan isi hatinya. Tapi keberanian itu baru muncul ketika mereka sudah berusia 50 tahun. Setelah sang wanita memiliki dua orang anak dan
...more
Suzan Oktaria
Buku ini terdiri dari beberapa kumpulan cerpen. Di awali dengan cerpen Emak Ingin Naik Haji, lalu diikuti cerpen Cinta Begitu Senja, Koran, Jadilah Istriku, Cut Rani, Sepotong Cinta Dalam Diam, Jendela Rara, Laki-Laki yang Menyisir Rindu, Bulan Kertas, Sepuluh Juta Rupiah, Air Mata Bireun, dan diakhiri dengan cerpen Cinta Laki-Laki Biasa. Bagiku, cerpen terakhir ini begitu membekas, sejak dulu aku membacanya dari kiriman seorang teman, pun juga hingga saat ini, saat membaca kembali di buku kumpu ...more
Evi Sunrise
Buku penuh pesan yang mengharukan, sosok yang berjiwa besar suka bersedekah kapan saja akan terbalas dengan tak di sangka-sangka. keinginan terbesar, mimpi yang mulia niat yang tulus jalani Allah yang merestui. heppu ending tangisan bahagia. Ayo kita naik haji bagi yang mampu. kalau belum berdoa dan berusaha. semangat
Bunga Mawar
Buku nyasar dari Surabaya yang nyampe di rumah dibawa Om kemarin :;-)

Waktu beberapa tahun lalu berkesempatan nonton pemutaran perdana filmnya, rasanya hati begitu rindu pada Baitullah di Mekkah...dan filmnya happy ending pulak:-P Jadi senang liat Reza Rahadian, hehe.. *tambahan tidak penting*

Buku ini tidak melulu tentang haji, ternyata. Ini kumpulan cerita dengan beragam latar yang akhirnya punya kesamaan tema: hidup manusia yang tidak berakhir bahagia rupanya lebih seru untuk diceritakan kemba
...more
Anggi
Kumpulan Cerita hebat. Saya terinspirasi banyak hal dari buku ini. Menjalani kehidupan memang banyak lika-likunya. Fokus pada keinginan, membuat saya harus tulus dan tau bagaimana tindakan tulus yang senantiasa berserah diri dan tetap istiqomah berusaha. Allah Maha Penyayang, setiap kesempitan pasti ada jalan. Sebuah Ayat dalam surat Al Insyirah terasa nyata buat saya.

Dan dalam buku ini, saya belajar membuat setting cerita dalam menulis. Sekali lagi, saya bisa bilang kumpulan cerita di buku ini
...more
Sari Nursita
Sebenernya baca buku ini pengen tau cerita ttg Emak Naik Haji, tapi ternyata isinya kumpulan cerpen yah? :D I like cerpen pertama yaitu Emak Naik Haji, tapi yg bikin penasaran masa ngga happy ending siiih... kalo film nya harusnya happy ending kan ya? Kirain cerita disini yang sesuai film gitu.. hiks.. ok moving on, cerita yg lain yg sy suka ttg cinta Nania yang; tak perlu ada alasan kenapa.

"Why do you love him, Nania?"

"... Just because."

^_^
Ika Karunia Purnamasari
smoga smua anak bisa memberangkatkan haji orangtuanya. nonton filmnya dlu baru baca. cukup menyenangkan dan sesuai yg dituliskan.

semua laki-laki mudah mendapatkan perempuan, tapi hanya ada SATU yg menjadi sebenar2nya istri. #Cut Rani

kumpulan cerita vitamin jiwa.
Kumala Dwiputri
Buku Asma Nadia yang sangat menyentuh, ditulis dengan kepekaan luar biasa terhadap lingkungan sosial. Asma Nadia tidak sekedar "membaca" dengan mata, namun juga dengan hati yang begitu tulus menuliskannya menjadi kisah inspiratif yang begitu menggugah. Two thumbs up !!
Anazkia
Sebuah cerpen, kisah seorang Emak, yang merindukan tanah suci. Dan seorang anak yang berusaha sekuat tenaga, ingin mewujudkan mimpi Emak. Juga beberapa cerpen2 apik, yang tersusun indah di dalamnya
Helene Koloway
Buku yang merupakan kumpulan cerpen yang terinspirasi dari kejadian kehidupan sehari-hari. Seperti biasa, Asma Nadia menuliskannya dengan bahasa sederhana yang mudah dicerna dengan makna yang dalam.
Koko Nata
Merupakan kompilasi dari cerpen-cerpen Asma Nadia di beberapa antologi bersama dan buku-buku kumpulan cerpen Asma Nadia lainnya
Imaima
kumpulan cerpen emak ingin naik haji ini emang keren banget!
cerita-ceritanya penuh hikmah dan bikin penasaran..
Hairi
paling suka dengan cerpen Cinta Begitu Senja.
Bersyukur membaca kumcer ini setelah menonton filmnya. :))
Rika Maulida
Sastra yang bagus, kata-katanya mengalir indah, untai demi untai,, sastra Indonesia banget
Toony Vasgard
abis nonton film nya baru baca buku nya ..
ehehhe ..

mengharukan ,, jadi inget emak dirumah ..
Rahmadiyanti
Sebagian besar cerpen yang termuat di dalam buku ini, sudah pernah saya baca di buku lain :).
Tezar Yulianto
Cerpen Emak Ingin Naik Haji-nya bagus. Sayang cerpen-cerpen lainnya tidak begitu.
Hawari
Suka buku ini cuma karena banyak cerpennya di dalam yang endingnya mengenaskan. Haha!
Chi
Kumcer yang mengentuh, Asma Nadia selalu tau bagaimana cara menyentuh pembaca.
Nana Triana
terharu... kapan ya giliranku?
Han
Ya ampun Maakkkkk :'D
Raidah Intizar
i'll definitely read it.
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 15 16 next »
  • Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua)
  • Sang Pencerah
  • Notes from Qatar 2
  • Wawasan Al-Qur'an
  • Balada Ching-Ching dan Balada Lainnya
  • Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan
  • Open Your Heart, Follow Your Prophet
  • Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim
  • Rahasia Selma: Kumpulan Cerita
  • ESQ
  • 33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut
  • ipung
  • Berjalan Menembus Batas (Man Jadda Wajada Series, #1)
  • Totto-chan's Children: A Goodwill Journey to the Children of the World  (Anak-Anak Totto-chan: Perjalanan Kemanusiaan untuk Anak-Anak Dunia)
  • Indonesia Mengajar 2
  • Boleh Gak Sih Ngarep? Belajar Tentang Sedekah
  • Sejuta Pelangi: Pernik Cinta Oki Setiana Dewi
688171
Asma Nadia
Education: Bogor Agricultural University (IPB, 1991)
Home FAX: +622177820859
email: asma.nadia@gmail.com

Working Experiences: I was working as a CEO of Fatahillah Bina Alfikri Publications, and Lingkar Pena Publishing House, before starting AsmaNadia Publishing House (2008)

Writing residencies: in South Korea, held by Korean literature translation institute (2006) & and in Switzerland h
...more
More about Asma Nadia...
Catatan Hati Seorang Istri Sakinah Bersamamu Jangan Jadi Muslimah Nyebelin! Catatan Hati di Setiap Sujudku Aisyah Putri 1: Operasi Milenia

Share This Book

“Perempuan, Kau pasti tahu sakitnya cinta yg tak terkatakan.Cinta yg hanya mampu didekap dlm bungkam, Kata orang bahkan diam berbicara. Tapi, menurutku hal itu tdk berlaku dlm cinta. Sebab cinta harus diekspresikan dan pantang dibawa diam. Sebab cinta harusnya dinyatakan, lalu dibuktikan dgn sikap.Bgtu seharusnya cinta.Tapi, aku memang tidak punya pilihan. Maafkan!” 71 likes
More quotes…