Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Gaul Jadul: Biar Memble Asal Kece” as Want to Read:
Gaul Jadul: Biar Memble Asal Kece
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Gaul Jadul: Biar Memble Asal Kece

by
3.23  ·  Rating Details  ·  31 Ratings  ·  17 Reviews
Alamak jaaaaan, jangan bilang yang jadul itu nggak gaul, Cing. Hari gini yang jadul-jadul kembali eksis, lho. Coba ingat masa kemaren-kemaren, deh, pasti seru abis.

80's bisa dibilang masa paling keren tanpa tandingan. Liat aja musiknya, kaya dan variatif-dari pop cengeng, dangdut, rock, sampai fusion. Film-film TV dan bioskopnya juga seru untuk diinget-Little Missy, The A-
...more
Paperback, 280 pages
Published 2009 by GagasMedia
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Gaul Jadul, please sign up.

Be the first to ask a question about Gaul Jadul

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 61)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Hippo dari Hongkong
Sep 06, 2009 Hippo dari Hongkong rated it really liked it
Ngerasa jadi anak 80an? Ato lupa lagi pernah jadi anak jadul 80an? Oke, saya akan memberikan ciri-ciri dan profil mereka-mereka yang pernah merasakan "kemeriahan dan kenorakan" hidup *sebagai abegeh* di taon 80an.

Weeeiit, tunggu dulu! mari kita bahas dulu bukunya. secara pribadi saya menganggap buku ini sebagai "catatan sejarah" dimana saya pernah mengalaminya sendiri. semacam "kitab suci" buat para jaduler lah :D. memang gak semua dibahas sih, tapi bisa lah buat mengusik ingatan para jaduler u
...more
Peni
Feb 28, 2010 Peni rated it really liked it
Udah lama denger adanya buku ini. Taun 2009, sih. Pas ada kesempatan ke Togamas, buku ini malah ga ada. Disearch sama petugas di sana, malah masuk ke yang laen-laen. Iuuuh. Nasib!
Baru dapet buku ini pas temenku mau maen ke Gramedia awal bulan kemaren, aku nitip aja. Kenapa ga pergi sendiri aja? Bukan apa-apa, ga ada bujet beli buku untuk bulan Februari, tapi beneran ga tahan pengen baca ini buku. Akhirnya, memelas dan memohon sama si Argo buat mau dititipin beli buku ini. Hehehe.

Baca buku ini, i
...more
Indah Threez Lestari
mengaku jaduler...
*liat kanan kiri cari teman, ups... banyak juga euy*

era 80-an: masa wajib belajar 9 tahun, jadi so pastilah nyambung dengan uraian panjang lebar Q di buku ini.

Pas di bagian Catatan si Boy 1, jadi inget kalo adegan panas Onky Alexander dan Meriam Bellina itu adegan panas pertama (yang bikin serem merinding gimanaaaa gitu...) buat gw yang baru aja akil balig. Hihihi... habis waktu itu bacaannya masih Agatha Christie, belum kenal sama novel-novel Sidney Sheldon & Jackie Colli
...more
indri
Aug 01, 2009 indri rated it really liked it
Shelves: gri-author, feature
Buku ini berhasil gw baca dalam sehari, dimulai dengan di dalam berangkat kereta pagi, dalam kopaja PP waktu mo ke Pesta Buku Rakyat Mizan, dan tamat dalam perjalanan pulang naik kereta, dan sukses membuat gue TERKIKIK-KIKIK BERAT!!!! (karena kalo terkakak-kakak gw pasti diliatin orang segerbong)
wuah, my best book this month

resume :
ada ulasan acara tivi favorite, macam little house, little missy (yg dubbingnya norak), rumah masa depan, the A team
ada ulasan artis favorite, kayak ria resty fauzy,
...more
Q. Baihaqi
Jul 27, 2009 Q. Baihaqi rated it it was amazing  ·  (Review from the author)
Ini adalah kumpulan tulisan-tulisanku di blog Lapanpuluhan yang tentu saja isinya adalah banyak hal seputar nostalgia jaman-jaman dekade 80-an. Maunya sih semua tulisan yang ada di blog itu dibukukan, tapi atas pertimbangan penerbit yang masuk baru tulisan-tulisanku saja. Padahal kalau semuanya bisa masuk mestinya lebih seru dan lengkap.

Tujuan awal bikin tulisan-tulisan itu adalah untuk bikin dokumentasi semua kejadulan yang pernah aku alami, yang ternyata seru buat diingat-ingat bersama. Dan te
...more
htanzil
Aug 18, 2009 htanzil rated it liked it
“Zona 80… masih ada! “, Demikian slogan yang selalu diteriakkan para penonton pada acara zona 80, sebuah program musik plus talkshow di Metro TV yang mencoba mengangkat kembali berbagai musik, penyanyi, gaya hidup, trend, sampai peristiwa-peristiwa yang populer di era 80an. Seperti slogan di atas, walau telah dua dekade terlalui , era 80an masih ada dalam kenangan kita, berbagai peristiwa dan gaya hidup 80an selalu menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan dan dimunculkan kembali dalam berbagai ...more
Pra
Oct 11, 2009 Pra rated it liked it
Ingin mengingat masa kanak-kanak di tahun 1980-an (bagi yang menjalani masa jadi bocah ingusan di tahun 1980-an), buku ini bisa menjadi semacam referensi. Bagaimana setiap hari minggu pagi selalu nongkrong di depan tv hitam putih yang terkadang harus numpang di rumah tetangga untuk nonton Si Unyil, Ria Jenaka dan berdendang bersama Album Minggu Kita. Atau waktu SD setiap jam istirahat antre di depan gerbang sekolah untuk bisa menyewa gamewatch yang dikasih tali panjang oleh pemiliknya sebesar Rp ...more
Tukang Kueh Keren
Jul 27, 2009 Tukang Kueh Keren rated it really liked it
Shelves: indonesia
hwoa....baca buku ini sambil nemenin hari-hari pertama Tio masuk SD, cocok banget deh....beneran serasa balik ke jaman SD dulu di awal tahun 80, dan menghabiskan masa remaja di era 80an juga.

Termehe-mehe inget film-film, lagu-lagu, sampai ke jajanan.

Beneran masa yang indah :D
Trims ya, babah....karena sudah menulis buku ini, biarpun harus memperolehnya dengan sangat terpaksa mengeluarkan uang dari dompet sendiri karena ulang tahun saya udah lewat dan babah tidak berkenan mengirimkannya buat kado
...more
Nike
Feb 06, 2010 Nike rated it liked it
Shelves: bukunya-blogger
Ah, buku ini emang cocok bgt bagi yang bermasa kecil di tahun 80-an, sayangnya saya cuma mengecapnya sedikit, akhir 80-an baru lahir soalnya. Jadi cuma bisa ngerti dikit2 masa2 80-an itu. Bagi suamiku sih, ini mengingatkan kembali memang ke masa kecilnya. Dan saya pikir masa itu akan berulang kembali kejayaannya. :)
Wirotomo Nofamilyname
Jul 26, 2009 Wirotomo Nofamilyname rated it really liked it
Recommends it for: Sesepuh, Pengurus dan para Anggota Jadulers GRI
Mantap....!!!!

Para Jadulers anda wajib membaca buku ini untuk mengenang masa muda kita ... those good old days ....
Ini perintah!

Sesepuh The Jadulers,
Wirotomo :-)

NB:
Kalau bisa bikin juga dong buku seperti ini, cuma dari sisi "membaca" aja di tahun 80-an. Mungkin Oom Erie bisa bantu hahaha...
ana
Sep 22, 2010 ana rated it liked it
Shelves: lokal, non-fiksi
bukan, saya bukan anggota jaduler. tapi, saya kesaaalll sekali ketika hanya bisa mendengarkan para manusia jadul berkilas-balik ria..
Swesti Tika
Nov 30, 2010 Swesti Tika rated it really liked it
jadi menyesal karena cuma sempet menikmati sedikitttttttttttttttttttttttttttttt era 80-an yang keren itu :D
Bunga Mawar
Kenapa buku ini tidak sekalian menyebutkan tontonan "Si Unyil" sebelum yang bersangkutan berlaptop, yah? :)
Leli
Sep 30, 2010 Leli rated it liked it
Shelves: reference, indonesian
tu wa ga pat ma juh pan lan luh.. udah belom?
Wulan Smile
Jun 23, 2013 Wulan Smile rated it liked it
Shelves: non-fiction
paling nyantel si unyil hahaha.
Iyut
Aug 27, 2009 Iyut rated it liked it
Shelves: indonesian, own
juga dari Jogja Book Fair, 070809
Agatha Andari
May 26, 2013 Agatha Andari rated it liked it
to be reviewed.
Maharani Putri
Maharani Putri marked it as to-read
Apr 12, 2016
Cucu Setiawan
Cucu Setiawan marked it as to-read
Aug 18, 2015
Dion Yulianto
Dion Yulianto marked it as to-read
Jun 30, 2015
Kamaa_rlyna
Kamaa_rlyna marked it as to-read
Nov 27, 2014
Andika Reza
Andika Reza marked it as to-read
Nov 17, 2014
Hendro Nurwicaksono
Hendro Nurwicaksono rated it it was amazing
Jun 29, 2015
Dee Va
Dee Va marked it as to-read
Sep 16, 2014
Nonochka
Nonochka rated it really liked it
Jan 10, 2014
Anto
Anto marked it as to-read
Dec 11, 2013
Tezar Yulianto
Tezar Yulianto marked it as to-read
Nov 07, 2013
Yuniar Widiastuti
Yuniar Widiastuti marked it as to-read
Nov 06, 2013
« previous 1 3 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
2997755
Baihaqi dilahirkan di Bandung, masa 80an ia habiskan di kampung halaman orangtuanya di Kepanjen, Malang, Jawa Timur.

Kuliah di jurusan Teknik Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)Surabaya, sekarang bekerja di sebuah perusahaan marine consultant di Jakarta.

Ia menjadi blogger sejak tahun 2004 ketika di kantor baru ada fasilitas internet untuk online terus-menerus-nickname-nya "Q". Beb
...more
More about Q. Baihaqi...

Share This Book