Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Cinta di Ujung Sajadah” as Want to Read:
Cinta di Ujung Sajadah
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Cinta di Ujung Sajadah

by
3.59  ·  Rating Details  ·  305 Ratings  ·  43 Reviews
Kenapa saya menulis buku ini?
Karena saya ingin menghangatkan kembali cinta ibu
di hati pembaca.

Rekan..., semoga buku ini maupun cd berisi senandung religi-nya
bisa menjadi teman baik di hari-hari ramadhan

salam

Asma Nadia
---------------

Namanya Makky Matahari Muhammad
dan Cinta menyimpan nama itu dengan baik di kepalanya.
Bukan karena salam yang diucapkan lelaki itu saat pertama
...more
Paperback, 348 pages
Published August 1st 2008 by Lingkar Pena (first published 2008)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Cinta di Ujung Sajadah, please sign up.

Be the first to ask a question about Cinta di Ujung Sajadah

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 592)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Rizki Nurhidayah
Apr 14, 2013 Rizki Nurhidayah rated it it was amazing
Cerita yang sangat bagus, menyentuh, tentang perjuangan seorang anak bernama Cinta yang rindu akan kehadiran sosok ibu kandungnya. Dengan membaca buku ini, kita akan tahu bagaimana arti seorang ibu dari kacamata seorang anak, yang bahkan tidak pernah tahu sosok ibunya seperti apa. Tidak hanya itu, kehidupan Cinta pun tidak mulus seperti seharusnya. Hidup bersama dengan ibu dan saudara tiri yang jauh dari kata baik, dan sikap sang ayah yang terkesan menutup-nutupi siapa sosok ibu kandungnya. Perj ...more
Zee
Mar 25, 2016 Zee rated it really liked it
sebuah kisah perjuangan seorang gadis bernama cinta dalam mencari sosok ibu yang hilang selama 16 tahun, dengan beraneka lika-liku kehidupan.
on page 143-144
"bagi cinta, inilah sedikit yang bisa ia lakukan untuk almarhummah ibu. upaya lebih dekat menggapai jejak surga membalas segenap kasih yang betapapun singkat, cinta yakin telah dicurahkan ibu dengan penuh perasaaan"
on page 268 (nasihat mendiaang ayah Makky)
"seburuk apapun yang kamu lakukan, nak..ingatlah, kamu menyandang nama Muhammad"
(dengan
...more
Ariza
Jan 25, 2016 Ariza rated it liked it  ·  review of another edition
Penceritaan tentang pencarian Cinta menjejaki ibunya yang tidak pernah dikenali sejak dari lahir lagi.
Kerinduan yang tulus terhadap ibunya membawa perubahan kepada diri Cinta kerana ingin sentiasa berbakti kepada ibunya walau dengan apa cara sekali pun. Penulis menimbulkan sifat ingin tahu kepada pembaca untuk mengetahui rahsia sebenar ibu Cinta dan pengakhiran apa yang bakal ditemuikan Cinta.

Sedikit twist di akhir cerita membuat pengakhiran yang lebih menarik.

Tapi aku agak kecewa dengan pilih
...more
Suhailah A
Jan 17, 2016 Suhailah A rated it liked it
Judul : Cinta di ujung Sajadah
Oleh : Asma Nadia
Tahun : 2008

Merupakan sebuah novel bergenre remaja dengan alur maju mundur, yang menceritakan kisah sederhana seorang gadis bernama cinta. Ia menjalani hari-hari nya tanpa merasakan kehangatan belaian kasih seorang ibu. ia tak tahu apa-apa soal ibunya, kecuali sebuah fakta bahwa: ibunya telah meninggal.
Ia Hidup bersama ayah yang dingin- yang sayangnya sering tak berpihak padanya, bersama mama Alia ibu tirinya yang cuek dan 2 saudara tirinya Anggun
...more
Lailaturrahmi
Jun 25, 2014 Lailaturrahmi rated it really liked it
"Kasih Ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah."
Mungkin peribahasa itu tak asing bagi kita, tetapi terkadang ada saja yang mengusik hati untuk tidak memberikan bakti yang selayaknya bagi ibunda.

Melalui tokoh Cinta yang punya tekad kuat untuk membahagiakan sosok perempuan yang melahirkannya, saya dibawa ke dalam kisah yang hangat dan berliku. Ada Neta dan Aisyah, sang sahabat, ada Makky, lelaki yang tak lepas dari kamera dan rumput, ada Adji yang agak slengekan tapi perhatian. Juga ada Pa
...more
Astecia P.
Jun 13, 2015 Astecia P. rated it really liked it
biasanya saya tidak suka membaca buku dengan tokoh yg masih remaja. atau kalaupun bukunya sudah terbeli, biasanya saya akan membaca di awal dan diakhir saja.

namun berbeda dengan buku asma nadia yang satu ini. membacanya seolah2 mengerti betul kondisi yang sedang Cinta -tokoh utama- alami. bahasanya mengalir, konfliknya pun tidak bertele2 dan tidak 'dibuat2'

namun ada beberapa kritik kecil dari saya. dari awal saya membaca buku sampai akhir, saya masih binggung dengan sosok Makky. misalnya berapa
...more
Nashtiti Aliafari
Jul 26, 2013 Nashtiti Aliafari rated it really liked it
Terkadang alurnya bisa ditebak, terkadang mengejutkan. Apik, mengalir, dan banyak memberi keteladanan disana-sini dengan cara yang tidak kita sadari. Keran air mata kebuka waktu baca buku ini, subhanallah, jadi keinget Ibu saya. :')
Hilya Asyahidah
Jun 20, 2014 Hilya Asyahidah rated it really liked it
# I Like it
Sebutlah Cinta, seorang gadis yang hanya mempunyai ayah dan ibunya tidak diketahui keberadaannya. Ayahnya yang menikah lagi dengan seorang janda beranak 2, yang merupakan bekas mantan model. Ibu tirinya cinta mempunyai nama Alia dan mempunyai anak yang bernama Anggun dan Cantik. kasih sayang ayahnya kepada cinta semakion berkurang setelah keberadaannya ibu tiri dan anak tirinya itu. Cinta mendapat perhatiaan penuh dari pembantunya yang bernama Mbok Nah, mboknya ini sudah ada sejak C
...more
Aulia Anggraini
Dec 12, 2013 Aulia Anggraini rated it liked it
Perjuangan dalam mencari kebenaran, ditempuh dengan melewati jalan yang panjang.

Sinopsis:
Namanya Makky Matahari Muhammad
dan Cinta menyimpan nama itu dengan baik di kepalanya.
Bukan karena salam yang diucapkan lelaki itu saat pertama bertemu.
Tetapi karena kehadirannya membawa pelangi dalam hidup Cinta.

Belasan tahun menjalani hidup sebagai piatu, Cinta bahkan tidak tahu wajah ibunya.
Ayah dengan sempurna melenyapkan setiap jejak perempuan terkasih itu.
Saat Ayah menikah dengan Mama Alia, dan membawa
...more
Anisah Zuhriyati
Mar 01, 2013 Anisah Zuhriyati rated it it was ok
Ceritanya agak ngambang. Sayang banget, sudut padang ketiga serba tahu juga di beberapa tempat agar 'terlalu tahu' dan mengupas hal-hal yang sebenernya bisa ditunjukkan lewat hal yang lain daripada dijelaskan blak-blakan. Terkadang ngerasa kehicupan cinta terlalu menderita sekaligus terlalu mudah di beberapa cerita, seperti mendapat tumpangan di rumah ibu-ibu di bandung ketika dia sendirian malem-malem sampe bandung. Jakarta-bandung-jogja sendiri buat cinta yang baru pertama kali ke sana digamba ...more
Antin Azizah ali
Jun 13, 2015 Antin Azizah ali rated it liked it
Pertama liat buku ini ya. Covernya. Aku pikir isinya akan kaya ayat ayat cinta gitu. Tapi waktu liat penulisnya asma nadia. Aku yakin ini akan bagus dan beda. Aku udah baca asma nadia dari smp. Dari yg topiknya abg banget. Sampe rumah tangga banget. Dari serenade biru dinda sampe surga yang tak dirindukan.

Novel ini isinya ttg anak yg udah bertahun tahun terpisah dari ibu kandungnya. Ceritanya melakukan pencarian gitu.
Detailnya baca sendiri.
Muh Reza
Buku ini menceritakan tentang pencarian anak akan ibunya yang terpisah akibat perceraian. Secara keseluruhan isi buku ini memeberikan pesan kepada kita bahwa kasih ibu tak dapat tergantikan walau bagaimana, dan apa status ibu itu.
Pada bab bab akhir pencarian Cinta sang tokoh yang mencari ibunya terasa bertele-tele membuat rasa jemu pembaca.
wina
Jan 31, 2014 wina rated it really liked it
setelah perahu kertas, baru kali ini baca buku non stop.
novel-novel islami insightnya selalu menyenangkan...
teach you to be strong and leave anything to Allah subhana wata'ala...karena sebagai manusia yg bersifat lemah, ketika cobaan datang lalu diri jadi terhempas, bersandar pada Allah selalu menenangkan <3
Siti Awaliyah
Sep 24, 2015 Siti Awaliyah rated it liked it
Ini tentanb kisah seorang anak dan Ibu. Betapapun buruknya seorang Ibu, kita tetap lahir dari rahim nya dan tetap berkewajiban untuk berbakti padanya.
Cik Aini
Sep 22, 2011 Cik Aini rated it liked it  ·  review of another edition
Shelves: read-2011, asean
Kisah yang tulus tentang Cinta yang sering dibuli saudara tirinya, ketemu cinta remaja, dan akhirnya ketemu ibunya, cinta sejati. Permulaan yang santai seperti kisah anak tiri yang diketepikan, jua kisah cinta remaja. Dan kemudian rentak penceritaan bertambah menduga minda taktala Cinta mencari ibunya. Terkutik perasaan membacanya, cuma saya hairan adakah ibu Cinta menyepikan diri kerana tidak mahu kisah silamnya timbul? Dan saya sangat hairan, adakah ibu Cinta memilih bergelumang dengan dosa se ...more
Septy Anggraeni
Sep 01, 2014 Septy Anggraeni rated it liked it
realized someone so precious when they are not around us.
Love your mom..!
Siti Zulaichah
Jul 21, 2013 Siti Zulaichah rated it liked it
rasanya saya harus obyektif dan jujur,
saya merasa kecewa dengan novel ini, ekspektasi saya sepertinya terlalu tinggi mengingat ini karya seorang Asma Nadia,
cerita terlalu biasa (kalo tidak bisa dibilang klise)
namun, saya cukup senang dengan tokoh2 yang ditampilkan terutama sosok Makky Matahari Muhammad, meski saya tetap merasa kurang untuk penggambaran tokohnya, dan saya merasa cukup terhibur dengan ending yang dibuat tak sederhana.

akan tetapi,terlepas dari isi novel, karena ini novel pemberian
...more
Evi Sunrise
Cinta karena-Nya semata tak pernah mengharap balas atau alasan.
Dewi Desila
Oct 29, 2015 Dewi Desila rated it it was amazing
inspiratif dan bikin terharu
Annisa HR
Jan 20, 2015 Annisa HR rated it really liked it
penuh haru :)
Muhammad Ibrahim
Apr 20, 2014 Muhammad Ibrahim rated it liked it
Shelves:
:)
icha
May 07, 2009 icha rated it it was ok
cerita tentang seorang gadis yang merindukan sosok ibundanya, yang belum pernah sekalipun ditemuinya.
Karna apa? mel pun ga inget? hhe
maklum, bacanya 'loncat kodok' :)
soale agak tertipu :p dengan cover&judul yang cukup provokatif n bikin penasaran...mengingat sejak best-sellernya Habibburahman dengan AyatAyatCinta-nya, makin menjamur buku2 berjudul cinta.. :)
tapi, eit..ga taunya..ceritanya 'teenage' banget..bner2 khas mba asma...
jadinya ya..baca sekenanya aja..
[sok dewasa banget..?:]
yani
Sep 22, 2012 yani rated it it was ok
ternyata hanya cukup waktu sehari utk menuntaskan buku ini.
awalnya sih agak ogah2an utk memulai..padahal buku itu ku punyai sejak awal september..
tapi ternyata..setelah di baca,ada perasaan cukup penasaran juga..nah di lanjutlah sampai kelar..
pencarian cinta sejati cinta..cinta kpd Rabbnya, ibu, dan laki2 yg mendampinginya..
cinta yg saling menghormati,menjaga dgn tulus ikhlas :)
Lukman hakim
Jan 16, 2014 Lukman hakim marked it as to-read
Sedah lama beli buku ini, tapi belum sempat dibaca.
masih adakah bukunya???
L.handayani
Jan 19, 2009 L.handayani rated it liked it
"Privacy"...ok juga,asalkan tidak mengganggu dan meresahkan orang sekitar..tp ko' prakteknya beda ya..

btw, Novel ini bisa membuat aku menjatuhkan air mata,hati terasa berdebar. dan sampai terlintas dipikiran ku,mudah-mudahan anakku tidak seperti Cinta, dimana Cinta Tumbuh dan besar bersama saudara tiri berikut ibu tiri..:)

Dian Eka Putri
May 27, 2009 Dian Eka Putri rated it really liked it
16 September 2008, pertama kali membaca buku ini

30 Maret 2013, ternyata hari ini untuk kedua kalinya menamatkan buku ini lg... (Walaupun sdh 5th yg lalu, tp ttp masih terbawa emosi dan masih kepikiran jg baca buku ini, selalu setiap selesai baca buku2nya Asma Nadia)
Restu Hestiyati Moo
Oct 16, 2013 Restu Hestiyati Moo rated it really liked it
Belasan tahun menjalani hidup sebagai piatu, Cinta bahkan tidak tahu wajah ibunya. Ayah dengan sempurna melenyapkan setiap jejak perempuan terkasih itu. Saat Ayah menikah dengan Mama Alia, dan membawa dua saudara tiri Cinta semakin tersisih.
Afifah
Nov 04, 2012 Afifah rated it it was ok
Mengingat kesenioran dan nama besar Mbak Asma, semestinya beliau bisa lebih eksploratif lagi dalam mencari tema-tema novel yang ditulisnya. Novel ini sungguh sangat ringan, meski memang tetap asyik dinikmati dan cukup menghibur.
putra links
Jul 10, 2010 putra links rated it really liked it
menarik..ahir yang tak disangka2 dan membuat pembaca sedikit berfikir..mengyingkap ahir yang suprise di 2 lembar halaman terahir buku ini

bonus sd soudtrack dari buku ini membuat pembaca semakin mejiwai isi cerita..
Adillah Nadhriyah
Feb 12, 2013 Adillah Nadhriyah rated it really liked it
awalnya dikira tentang perjuangan cinta suci, tapi ternyata lebih dari perjuangan 'Cinta' :) Tambah sayang Ummi dan menyadarkan diri kita bahwa setiap orang punya jenis masalahnya masing-masing ;)
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 19 20 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Titian Pelangi
  • Diorama Sepasang Al Banna
  • Cinta Fansuri
  • Nadya: Kisah dari Negeri yang Menggigil
  • Apa Kabar Cinta?
  • Pingkan: Sehangat Mentari Musim Semi
  • The Road to the Empire: Kisah Takudar Khan, Pangeran Muslim Pewaris Mongol
  • Bidadari Bidadari Surga
  • Pitaloka: Cahaya
  • Ketika Cinta Bertasbih: Episode 2
688171
Asma Nadia
Education: Bogor Agricultural University (IPB, 1991)
Home FAX: +622177820859
email: asma.nadia@gmail.com

Working Experiences: I was working as a CEO of Fatahillah Bina Alfikri Publications, and Lingkar Pena Publishing House, before starting AsmaNadia Publishing House (2008)

Writing residencies: in South Korea, held by Korean literature translation institute (2006) & and in Switzerland h
...more
More about Asma Nadia...

Share This Book



“Teman sejati akan terus ada di sisi, bahkan ketika semua orang memusuhi” 3 likes
More quotes…