Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Kuantar ke Gerbang: Kisah Cinta Ibu Inggit dengan Bung Karno” as Want to Read:
Kuantar ke Gerbang: Kisah Cinta Ibu Inggit dengan Bung Karno
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Kuantar ke Gerbang: Kisah Cinta Ibu Inggit dengan Bung Karno

4.06 of 5 stars 4.06  ·  rating details  ·  312 ratings  ·  44 reviews
Kisah cinta Inggit Ganarsih dengan Bung Karno, berjalin dengan perjuangan dan pengorbanan. Inggit bagi Soekarno adalah alter ego -kewanitaan yang abadi ( das ewig weilbliche ), kata pujangga Goethe. Tapi apakah yang abadi di dunia ini? Di muka gerbang kemerdekaan Inggit berpisah dengan Soekarno, hatinya tetap penuh kasih, maaf dan doa.
Ramadhan K.H. menuangkan episode terin
...more
Paperback, 1st ed., 466 pages
Published May 1981 by Sinar Harapan (first published January 1st 1981)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Kuantar ke Gerbang, please sign up.

Be the first to ask a question about Kuantar ke Gerbang

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 1,113)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Harun Harahap
”Sejak kawin dengan Kang Uci, aku sudah punya pegangan bahwa kalau kita ingin merasa bebas dan leluasa bergerak serta tidak tertekan oleh laki-laki kita, kita mesti berdiri sendiri.” (Hal.29)


Kalimat itulah yang bisa sedikit menggambarkan sosok Ibu Inggit Garnasih. Seorang perempuan yang mandiri dan teguh pendiriannya. Tak banyak yang mengenal sosok beliau, khususnya sebagai seorang mantan istri dari Bung Karno. Buku sejarah yang diberikan oleh sekolah lebih banyak menyoroti Fatmawati sebagai ist
...more
Jatining Siti
Roman sejarah yang ditulis oleh Ramadhan KH ini berjudul "Kuantar Ke Gerbang", dengan subjudul "Kisah cinta Ibu Inggit dengan Bung Karno". Awalnya kukira isi buku ini lebih banyak tentang kisah berkasih-kasih antara Bung Karno dan Bu Inggit. Tapi ternyata tidak, lebih bagus dari itu! Tentang kisah cinta yang tidak cengeng, tentang kisa cinta yang dewasa.

Tertarik baca buku ini gara-gara HUT 62 RI yang marak diperingati di mana-mana. Mulai dari lingkungan RW, koran, majalah, hingga TV. Apalagi set
...more
Mia Queen
Terus terang sebelum mulai membuat review buku Kuantar ke Gerbang, saya bersyukur bisa membaca buku ini tepat di momen kemerdekaan Indonesia yang ke 66 tahun. Tanpa seorang Inggit Ganarsih belum tentu Ir. Soekarno bisa membawa Indonesia ke depan pintu gerbang Kemerdekaan Indonesia. Tidak, saya tidak meremehkan beliau tapi setelah membaca Kuantar ke Gerbang, saya menyadari begitu besar peranan seorang Inggit Ganarsih. Memang benar seperti apa yang tertulis di sekapur sirih S. I. Poeradisastra dal ...more
Yunita1987
Kisah seorang wanita yang sangat luar biasa bernama Inggit. Mungkin nama ini tidak begitu banyak dikenal orang, padahal dia merupakan salah satu dari istri dari president pertama RI. Istri kedua dari sukarno, walaupun jarak umur yang terlalu jauh, tapi kisah cinta mereka cukup menarik untuk diikuti.
Buku ini tidak hanya menceritakan kisah cinta saja, tetapi kehidupan yang mereka lewati, mulai dari awal pertemuan mereka dirumah Inggit disaat Sukarno yang tidak memiliki tempat tinggal selama menjal
...more
Helvry Sinaga
Bung Hatta mengutip dua bait sajak penyair tenar Rene de Clerq
"Hanya ada satu negeri yang bisa menjadi tanah airku. Yaitu negeri yang berkembang karena perbuatan, dan perbuatan itu adalah perbuatanku."

Soekarno. Siapa yang mengenal orang terbesar Indonesia ini. Putra sang fajar yang lahir di Blitar, 6 Juni 1901 dari pasangan Raden Soekemi dan Ida Ayu Nyoman Rai, diberi nama kecil, Koesno. Dialah tokoh sentral roman karangan Ramadhan KH ini.

Soekarno hidup jauh dari orang tuanya di Blitar sejak dud
...more
Tezar Yulianto
Di balik Soekarno yang hebat, ternyata ada sosok Inggit Ganarsih. Istri yang kebanyakan orang tidak mengetahui sosoknya. Tapi apa yang tak dikenal itu, justru berpengaruh besar pada Soekarno.

Buku ini menghubungkan kita akan sosok tak dikenal itu, Inggit Ganarsih. Sosok yang pernah dicintai oleh Soekarno, ditulis dengan sangat apik oleh Ramadhan K.H. Banyak kisah Soekarno, yang selama ini tak diketahui oleh umum, disarikan dalam buku ini. Bagaimana ibu Inggit menghidupi kehidupan dengan Soekarno,
...more
AyuShafiyah
Sangat mengharukan membaca buku ini. Selain kita diajak berkelana mengikuti jejak perjalanan Soekarno sebelum masa kemerdekaan, kita juga diajak mengikuti perjalanan perasaan seorang Enggit, Ibu Inggit Ganarsih, isteri yang sangat setia mendampingi Soekarno dalam masa suka dukanya.

Awalnya, ragu-ragu keinginan saya untuk melanjutkan membaca buku ini, setelah mengikuti kisah pertama, bagaimana awal mereka bertemu dan saling jatuh cinta. Karena buat saya, tidak boleh seseorang yang telah beristri a
...more
Alisyah Samosir
Dibalik seorang pria hebat, ada wanita hebat. Di balik kehebatan Soekarno, ada wanita yang jauh lebih hebat lagi, Ibu Inggit Garnasih.

Seokarno tugasnya belajar, berpidato, memimpin perkumpulan masyarakat, menentang penjajah, menyuarakan kemerdekaan. Sementara Ibu Inggit tugasnya menjahit, berdagang, mencukupi ekonomi keluarga. Terlebih lagi orang yang akan dikasih makan setiap hari semakin banyak, seiring bertambahnya orang-orang yang merintis kemerdekaan dengan Soekarno.

Dipenjara di Banceuy, ke
...more
Nanny SA
Membaca kisah dalam buku ini kita bisa melihat dan merasakan kasih yang tulus dari seorang istri, Inggit Garnasih, yang diperistri oleh Sukarno. Inggit ikut merasakan kepedihan dalam perjuangan, baik ketika Soekarno dalam bui,dalam pembuangan dan dalam segala susah dan duka dengan mengorbankan segala yang dimiliki termasuk harta benda. Tapi menjelang kemerdekaan Sukarno berpaling hati kepada Fatmawati yang diangkat anak oleh mereka ( ketika Bung Karno dibuang ke Bengkulu ). Inggit merelakan Suka ...more
htanzil
"Ini tentang pengalamanku dengannya, dengan seseorang yang mementingkan segi membangkitkan semangat dan solidaritas bangsa untuk mencapai apa yang dicita-citakannya, apa yang sebenarnya kita cita-citakan bersama, yakni kemerdekaan bagi bangsa kita. Dibalik itu, ia pun adalah seorang yang sangat penuh romantika. Aku mengikutinya, melayaninya, mengemongnya, berusaha keras menyenangkannya , meluluhkan keinginan-keinginannya,.

Namun, pada suatu saat, setelah aku mengantarkannya sampai di gerbang apa
...more
Ariefmai Rakhman
Kisah yang dituturkan serta ditulis dengan sangat menarik, dan benar-benar mencerminkan besarnya cinta dan pengorbanan ibu Inggit kepada Bung Karno.

Saya pribadi menilai jatuh cintanya Bung Karno kepada Ibu Inggit yang notabene Ibu Kostnya bisa dibenarkan, siapa yang bisa menolak sosok wanita yang lebih dewasa, cantik, matang dan memiliki sifat mengayomi dan melindungi. Ideal banget :) mirip Rasulullah yang mencintai Khadijah yang lebih tua, bedanya Rasululah gak pake acara "Berduaan dan Terjerum
...more
Nura
saya terkejut melihat sisi lain dari seorang Soekarno di buku ini. sang singa podium yang begitu hebat ternyata tumbuh dan berkembang berkat seorang wanita biasa. seorang inggit ganarsih. salut dengan perjuangannya yang terus setia dan rela menemani putra sang fajar selama dua puluh tahun. Ikut merasa kesal dan sakit hati ketika Soekarno memutuskan untuk meminang Fatmawati, gadis yang bahkan lebih muda dari putri angkatnya sendiri. sempat terperangah ketika empat serangkai meminta Soekarno menca ...more
Theresia
Inggit Ganarsih was truly a one-of-a-kind woman. An outstanding, long-suffering woman, she much less shaped Soekarno into the Soekarno the world saw in 40's and stood by Soekarno's side until the most famous founding father of Indonesia decided to marry Fatmawati, his second wife (third in religious view, if Oetari was counted, too) as well as the nation's first First Lady. I really admired her strength as well as her feminine independence when she said she's not into polygamy and would never st ...more
Budiono Budi
Menilik sejarah bangsa yang dituturkan istri seorang tokoh, buku ini membawa kita ke kehidupan era pra-kemerdekaan yang penuh dilema dan perjuangan. Gaya penulisan ala roman membuat buku ini tidak membosankan. Rasa penasaran membuat saya ingin terus membacanya karena ingin mengenal lebih jauh sisi lain perjalanan hidup sang proklamator. Saya rasa buku ini pantas untuk menjadi bacaan wajib para siswa sekolah menengah. Mereka dapat belajar sejarah sambil mengapresiasi karya sastra.
Roswitha Muntiyarso
Buku ini berisi roman dari kisah nyata seorang istri dari penggagas kemerdekaan negara kita tercinta, Soekarno. Buku ini bercerita tentang sejarah, tentang kehidupan rumah tangga, dan sifat-sifat dari seorang bung karno dari mata orang terdekatnya sendiri, sang istri keduanya. Betapa tulus cinta dari seorang Inggit Garnasih menempa dan mendamaikan mental seorang besar. Benar adanya bahwa dibalik pria yang hebat terdapat wanita yang hebat pula. Sebuah cinta yang tidak mengenal adanya pamrih, ibar ...more
Dia Febrina
Tokoh sentral dalam roman dengan latar belakang sejarah ini tentu saja Soekarno. Pemuda yang cita-citanya adalah menjadikan Indonesia sebagai Tanah Air yang merdeka. Dalam roman ini kisah kehidupan Soekarno justru dituturkan dari sudut pandang Istri Keduanya, Inggit Ganarsih. Perempuan yang dijanjikan Soekarno menjadi Ibu Negara namun justru dilepaskannya beberapa langkah sebelum ia memasuki gerbang Istana.

Pertemuan Soekarno dan Inggit terjadi pertama kali ketika Soekarno menumpang di rumah suam
...more
Siti Robiah A'dawiyah
Kisah Bung Karno dan Inggit Ganarsih tertuang dalam buku setebal 416 halaman ini. Tak banyak yang mengenal sosok Inggit Ganarsih sebagai pendamping orang nomor satu di Indnesia, padahal sumbangsih beliau pada kemerdekaan Indonesia sangat banyak. Bukan! , bukan dengan mengangkat senjata melawan penjajah. Tapi dengan "menempa Soekarno menjadi pemimpin" begitu kata Tito Zeni Asmara Hadi pada kata sambutan di awal buku ini. Ada pepatah mengatakan, "Di balik lelaki hebat, ada perempuan hebat" mungkin ...more
Pretty Wuisan
Time to review :D

Ini buku roman berbau sejarah, sehingga gejolak yang terjadi sebelum masa kemerdekaan Republik Indonesia sedikit tergambar jelas di otak saya. Dan Subhanallah, Bu Inggit Garnasih mengingatkan saya pada loyalitas Siti Khadijah, istrinya Rasulullah Saw. yang selalu berada di sisi Pak Karno dalam keadaan apa pun tanpa terkecuali :')

Jujur, saya baru tahu Bu Inggit sewaktu di bangku kuliah, pada saat saya berada di Bandung. Saya menemukan nama Jalan Inggit Garnasih. Selama masa SD-SM
...more
Agoes
Buku ini akan terasa lebih seru kalau dibaca oleh penggemar sejarah Indonesia, terlebih yang memang mengagumi tokoh-tokoh proklamasi, khususnya Bung Karno. Buku ini diceritakan dari sudut pandang Ibu Inggit, istri pertama Bung Karno (yang sebetulnya adalah bini orang... yang sebenarnya adalah induk kostnya... yang kemudian... ah, nanti saya malah dibilang mengata-ngatai tokoh nasional).

Yang jelas, buku ini ditulis dengan menggabungkan catatan sejarah, hasil wawancara, dan juga transkrip pidato y
...more
Edisty Friskanesya
Fix saya tetapkan Inggit Garnasih sebagai idola wanita kedua saya, setelah Khadijah.
1. Inggit Garnasih punya kepribadian yang luar biasa. Sebagai wanita ia mandiri, bahkan seringkali ia yang membiayai Soekarno krn Soekarno fokus pada kuliah dan pergerakan memerdekakan Indonesia. Tak manja, bangga dengan jalan yang ia pilih, jalan perjuangan yang tak bertabur bunga.
2. Beliau ikhlas dan tabah, bahkan saat Soekarno berkhianat atas ikatan pernikahannya..ia tak mempersoalkan semua pengorbanan yang t
...more
Haratulisanah
Ya memang benar kalau penulisnya bilang buku ini adalah sebuah roman bukan sebuah tulisan sejarah karena di buku ini lebih dititikberatkan kepada kisah percintaan Ibu Inggit dan Soekarno. Tetapi dari buku ini juga bisa diketahui bagaimana kisah hidup Soekarno dan Inggit saat diasingkan, bagaimana perjuangan Soekarno membentuk partai dan memperjuangkan kemerdekaan RI, dll. Dari buku ini juga dapat diketahui sifat Soekarno dan Inggit yang sama-sama keras dan teguh pada pendirian. Ada paragraf yang ...more
Chaniago
Ini adalah salah satu novel biografi yang saya sukai. Kisahnya mengharu-biru, saya seakan terlempar ke dalam suasana pasca kemerdekaan RI. Saya memahami perjuangan para pengawal kemerdekaan, apalagi dia adalah seorang wanita. Hanya satu yang masih menjadi pikiran saya saat ini, apakah Inggit selingkuh?
Indah Rahma
Setelah membaca buku ini, ada satu pertanyaan dalam pikiranku:
Perjuangan sedemikian rupa, kok jarang sekali namanya disebut dalam buku sejarah di sekolah? Oh, sejarah mungkin memang tak pernah ditulis lengkap ataupun apa adanya. Seperti cerita antara Jang Okjung dan Dongyi.
Azti Arlina
Baca buku ini di rumahnya bu Inggit, tepatnya di daerah Bandung jl.asia afrika. Waktu itu Bentang bikin acara bedah buku di museum bu Inggit. Diisi oleh sejarahwan yang keren banget bahasannya..
Jadi sebelum baca udh merinding duluan ngedenger bedah bukunya, ngeliat rumahnya bu Inggit, ngeliat cobek dan ulekan bu inggit yang pertama kali menjadi sumber dana keluarga...
Keren abiis..
Ga pernah kebayang deh gimana sosok bu Inggit yang keibuan, tapi tetap menggairahkan seorang pemuda, yang sabar dan
...more
Sigit Yunanto
kesetiaannya mendampingi pasangan mencatatkan sejarahnya sendiri. walau harus berakhir dengan pendirian yang kuat utk tidak mau dimadu.

Sebagai seorang ibu, istri dan teman bagi sukarno. meneduhkan.......
Arham Barki
ibu inggit, perempuan yg mampu menjadi istri, teman dan ibu dalam satu peran sekaligus.
kisah cinta dan pengorbanan yg sangat mendewasakan.
Aida
Buku roman sejarah pertama yang membuatku ingin selalu membalik halaman berikutnya :D
Marlangen P.
Buku yg wajib dimasukan dalam list: harus dibaca lagi dan lagi.
Dian
I just wanna read this book
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 37 38 next »
topics  posts  views  last activity   
minat 2 11 Jun 14, 2013 05:40AM  
  • Entrok
  • Gadis Kretek
  • Pulang
  • Rara Mendut: Sebuah Trilogi
  • Bukan Pasarmalam
  • A.M.S.A.T - Apa Maksud Setuang Air Teh
  • Titik Nol: Makna Sebuah Perjalanan
  • Semusim, dan Semusim Lagi
  • Amba: Sebuah Novel
  • Kedai 1001 Mimpi: Kisah Nyata Seorang Penulis yang Menjadi TKI
  • Kitab Omong Kosong
  • Sang Pencerah
  • Habis Gelap Terbitlah Terang
  • Selama Kita Tersesat di Luar Angkasa: Kumpulan Cerita Absurd
  • Tanah Tabu
  • Orang-orang Proyek
  • Biografi Gus Dur
  • Soe Hok-Gie...Sekali Lagi: Buku Pesta dan Cinta di Alam Bangsanya
768776
Ramadhan K.H. yang nama lengkapnya adalah Ramadan Karta Hadimadja (lahir di Bandoeng, 16 Maret 1927 – meninggal di Cape Town, Afrika Selatan, 16 Maret 2006 pada umur 79 tahun) adalah seorang penulis biografi Indonesia.

Ramadan pernah bekerja selama 13 tahun sebagai wartawan Antara. Lalu, dia minta berhenti karena tak tahan melihat merajalelanya korupsi waktu itu. Dia tercatat sebagai mahasiswa ITB
...more
More about Ramadhan K.H....
Rantau dan Renungan: Budayawan Indonesia tentang Pengalamannya di Prancis (jilid II) Ali Sadikin: Membenahi Jakarta Menjadi Kota Yang Manusiawi Ladang Perminus Royan Revolusi Rantau dan Renungan III

Share This Book