Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Katastrofa Cinta” as Want to Read:
Katastrofa Cinta
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Katastrofa Cinta

by
3.8  ·  Rating Details ·  75 Ratings  ·  16 Reviews
Zaman yang bergerak membawa pengembaraan Astuti melewati ruang-ruang yang terus berganti. Sesak napasnya dalam kegelapan mata dan hati. Negeri matahari tak menyisakan cahaya, ia tetap dalam ruang gelap. Menjadi perempuan yang terus merayap. Karena pahlawannya ternyata lelaki yang lemah hati.

Deraan terus mengamit langkah, Astuti harus berjibaku di ruang gelap lain. Turut b
...more
Paperback, 264 pages
Published November 2008 by Lingkar Pena Publishing House
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Katastrofa Cinta, please sign up.

Be the first to ask a question about Katastrofa Cinta

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad TohariNegeri 5 Menara by Ahmad Fuadi
Buku Indonesia Sepanjang Masa
172nd out of 495 books — 1,744 voters
Ayat-Ayat Cinta by Habiburrahman El-ShirazyKetika Cinta Bertasbih by Habiburrahman El-ShirazyKetika Cinta Bertasbih by Habiburrahman El-ShirazyAkira by Helvy Tiana RosaMuhammad by Tasaro G.K.
Novel FLP Terbaik
41st out of 113 books — 227 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Sinta Nisfuanna
Nov 04, 2016 Sinta Nisfuanna rated it really liked it
Shelves: spiritual
Sangat pelik dan padat konflik. Itulah kesan yang saya dapatkan setelah membaca buku garapan Afifah Afra ini. Sejak awal membaca, saya sudah disuguhi dua alur yang membuatku terus bertanya-tanya, apa hubungan kedua cerita ini yang terlihat seperti tidak ada hubungannya. Pertanyaan itu terus muncul dan baru terjawab di ujung cerita, benar-benar di ujung halaman akhir. Untungnya, penulis berhasil 'memelihara' rasa penasaran saya hingga menamatkan cerita.

http://yukbacabukuislam.blogspot.co.i...
Afifah
May 09, 2010 Afifah rated it really liked it  ·  (Review from the author)
Ini novel yang kutulis dalam waktu paling lama, 7 tahun! sebenarnya nggak puas, karena masih banyak yang harus dikembangkan. Mestinya, dengan kisah yang sedemikian panjang selang waktunya (1930-an hingga 1998), novel ini bisa 2 atau 3 kali lebih tebal, dengan berbagai pemaparan yang mendetail.
Tetapi, saya senang dengan perwatakan yang saya bangun... meski juga masih banyak yang harus diperbaiki
Rahmadiyanti
Afifah selalu membuai pembacanya dengan plot dan tokoh-tokoh cerita yang memikat. Kita diajak menyusuri sejarah bangsa dari era 40-an hingga 98. Cinta dan idealisme berbaur dalam novel.
Akhi Dirman Al-Amin
Mar 22, 2012 Akhi Dirman Al-Amin rated it it was amazing
Banyak sekali teman2 di Fb yang bertanya kepada saya, Apakah judul buku terbaik Afifah Afra menurut saya?
Mungkin karena saya begitu antusias menginfokan buku-buku bagus di akun saya, lebih-lebih buku-buku yang ditulis penulis favorit saya; Helvy Tiana Rosa dan Afifah Afra.
Saya tidak ragu mengatakan bahwa Katastrofa Cinta adalah buku terbaik Afifah Afra yang telah saya baca. Membaca novel ini sangat berbeda rasanya jika dibandingkan dengan 'cita rasa' novel-novel sejarah lain yang saya baca. Konf
...more
Haya Nufus
Mar 18, 2012 Haya Nufus rated it really liked it
Seperti beberapa buku Afra yang lain buku ini berlatar sejarah dari era 40-an zaman kolonial, pergerakan komunis hingga kerusuhan Mei 1998. Menarik, meski banyak kalimat-kalimat yang terkesan 'canggih' juga percakapan dalam bahasa jawa yang tidak diterjemahkan, sedikit mengganggu pembaca yang tidak mengerti bahasa jawa.

Sampai ke akhir cerita saya penasaran : Apakah Cempaka memiliki pertalian darah dengan Firdaus yang akan menikahinya?
Hairi
Jun 13, 2011 Hairi rated it really liked it
Sepanjang membacanya bertanya2 apa sih arti Katastrofa. Googling deh saya, dan menemukan artinya : Katastrofa merupakan sebuah malapetaka akbar yang sifatnya tiba-tiba dan besar. Dapat diartikan juga sebagai perubahan yang hebat pada permukaan bumi.

Suka tulisan mbak Afifah.. bikin penasaran. Dan juga.. menebak2 benang merah yang menghubungkan dua tokoh beda zaman itu. Btw.. masalah ending nih. Berarti.. yang nikah di ending itu sepupu kan ya?
Vinny Erika Putri
Feb 14, 2014 Vinny Erika Putri rated it it was amazing
Padat konflik dari masa ke masa. Kita dibawa menjelajah ke masa silam hingga ke masa "kekinian". Astuti menjadi tokoh yang tertempa derita sedemikian kuat. Afifah Afra selalu bisa menghadirkan konflik yang begitu kompleks dan mengaduk-ngaduk rasa. Pula memindahkan rasa kita dari satu penderitaan ke penderitaan lainnya yang dialami oleh sang tokoh.
Muhammad Rasyid Ridho
Jul 04, 2012 Muhammad Rasyid Ridho rated it it was amazing
Mba Afra dengan khasnya, menulis novel lintas zaman dengan begitu apik. Kisah sejak zaman penjajahan dari Belanda sampai Jepang sampai reformasi. Sangat menarik, memang mba Afra menurut saya begitu lihainya menulis kisah epik. Empat jempol untuk mba Afra. Saya suka sekali.
Cha Muchisha
Apr 08, 2012 Cha Muchisha rated it liked it
novel yang menarik... & it's so nice....

di awal membaca mungkin pembaca agak dibuat bingung karena seperti ada 2 cerita berbeda dalam 1 novel..... tapi semua itu menemukan benang merahnya sendiri ketika sudah sampai di bagian akhir novel...

Hikari Azzahirah [susieNcuss]
benar-benar novel lintas zaman..

it's awesome...!!!
ga nyesel gue beli novel inih...
dan aku beli di Indonesia Book fair, di lapaknya MIZAN. harganya 10rebu. hehehe

novel yang menggambarkan bagaimana sebuah takdir didesain dengan begitu tak disangka-sangka.

very recommended..!
:-bd
Lia Wibyaninggar
Jul 17, 2014 Lia Wibyaninggar rated it really liked it
Apakah terjemahan kata Inggris "catastrophe" itu benar "katastrofa"? Sepertinya tidak tepat karena di KBBI tidak ditemukan "katastrofa". Hmm..
Haya Najma
Jun 13, 2010 Haya Najma rated it really liked it
Awalnya aku nggak paham, pas baca bagian awal. Tapi di bagian akhir aku senyum2 sendiri.. Ooooh gini to!!
Cincin Tia
Cincin Tia rated it liked it
Aug 12, 2015
Wesyukron
Wesyukron rated it liked it
Aug 24, 2011
Zyazmy Alvazari
Zyazmy Alvazari rated it liked it
Jan 24, 2013
Naimmah Nur Aini
Naimmah Nur Aini rated it really liked it
Sep 08, 2013
maringan wahyudianto
maringan wahyudianto rated it really liked it
Jul 14, 2010
Tati Haryani
Tati Haryani rated it liked it
Jun 01, 2011
Veny
Veny rated it it was amazing
Sep 02, 2015
Aimi Lutfia
Aimi Lutfia rated it really liked it
Apr 15, 2013
Helna
Helna rated it liked it
Aug 21, 2011
Majalah Gizone
Majalah Gizone rated it it was amazing
Jun 25, 2010
Dwi Puspita
Dwi Puspita rated it it was ok
Jan 21, 2012
Nur Baiti
Nur Baiti rated it liked it
Dec 27, 2013
Desil
Desil rated it it was amazing
Jan 30, 2011
Ambar
Jun 08, 2010 Ambar rated it liked it
awalnya agak membingungkan, namun setelah lama membaca ternyata sangat menarik.
Halimah  Mardhyah
Halimah Mardhyah rated it liked it
Jan 04, 2013
Saptorini
Saptorini rated it it was ok
Jun 29, 2011
Helvy
Helvy rated it liked it
Feb 18, 2010
Tri
Tri rated it it was amazing
Mar 12, 2012
« previous 1 3 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
711601
Afifah Afra telah aktif menulis sejak kecil. Hingga sekarang, telah menghasilkan lebih dari 50 judul buku, serta ratusan cerpen, artikel dan syair yang dimuat di berbagai media. Aktif di Forum Lingkar Pena, sekaligus menjadi pendiri dan CEO di PT Indiva Media Kreasi (penerbit buku).
More about Afifah Afra...

Share This Book