Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Madicken dan Lisabet” as Want to Read:
Madicken dan Lisabet
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Madicken dan Lisabet (Madicken #2)

4.09  ·  Rating Details ·  856 Ratings  ·  28 Reviews
Hanya keluarga Madicken dan Lisabet-lah yang bisa merayakan ulang tahun Mama di atas pohon, dengan ditunggui serombongan sapi jantan galak di bawahnya. Dan hanya Madicken-lah yang cukup gila-gilaan mau menerima tantangan Mia untuk berjalan sepanjang atap sekolah, padahal Kepala Sekolah sedang mendengkur tepat di bawahnya! Dan siapa lagi kalau bukan Madicken yang berhasil m ...more
Paperback, 256 pages
Published August 2003 by PT Gramedia Pustaka Utama (first published January 1st 1976)
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Madicken dan Lisabet, please sign up.

Be the first to ask a question about Madicken dan Lisabet

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Manny
This is one of the greatest naturalistic novels for children I know. It scores on all counts. The characters are engaging and completely credible; the plot is excellent; it's perfectly written; and it's laugh-out-loud funny. Even by Astrid Lindgren's standards, it's a phenomenal piece of work. Not only that, the movie is brilliant too.

Madicken, who's about eight, lives in 1920s Uppsala, a pleasant university town near Stockholm. Her father has Progressive Views, and is the editor of the local ne
...more
Uci
Mar 08, 2009 Uci rated it really liked it
Astrid Lindgren keren karena menulis buku anak-anak dengan menyelipkan pesan serius tentang perbedaan kelas. Dia juga menggambarkan, ayah Madicken yang baik hati dan berjiwa sosial ternyata tidak percaya agama dan tidak pernah pergi ke gereja. Jadi, pesannya adalah bahwa ketekunan beribadah bisa saja berbanding terbalik dengan kebaikan hati.

Lisabet (saat ditegur Madicken karena tidak berdoa malam): "Aku sudah membaca doa tujuh kali di gereja. Cukup untuk satu minggu."

Di luar itu, saya suka seka
...more
indri juwono
Aug 24, 2009 indri juwono rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: childhood
“Pagi ini Madickens terbangun dan langsung ingat bahwa hari ini bukan hari biasa. Hari ini adalah hari istimewa dan menyenangkan yang jarang-jarang terjadi. Hari ini tanggal 30 April.”

Naaahhh.. itu favorit ku dari kata-kata pertama karena pertama kali aku dapat buku itu juga pada tanggal 30 April ketika aku kelas 2 SD, umurku 6 tahun waktu itu, masih tinggal di Semarang. Makanya aku ingat banget sama buku kenangan ini. . Sayangnya, setelah beberapa kali pindah kota, buku ini hilang entah kemana,
...more
Tu
Apr 12, 2013 Tu rated it it was amazing  ·  review of another edition
Funny, poetic, imaginative,... extraordinary! this no doubt i can read over and over again!
Susan Brooijmans
Wat was dit leuk om voor te lezen! Het enige nadeel is dat de hoofdstukken nogal lang zijn, maar je kunt ze best makkelijk in tweeën splitsen. Maar het was zo'n genot! Julia leefde heel erg mee, en we hadden vaak leuke, interessante gesprekken naar aanleiding van de verhalen, zoals over rechtvaardigheid en hoe mensen met elkaar omgaan en andere 'grote' thema's. Want het boek zit daar vol mee, terwijl het tegelijkertijd zo licht en geestig verteld wordt. Helemaal geweldig!
Märt
Feb 18, 2017 Märt rated it it was amazing  ·  review of another edition
Tore nagu Lindgren ikka. Teemasi seinast seina.
Priska
Dec 29, 2010 Priska rated it it was amazing
Shelves: cultural
Sukaaa banget sama buku ini. Sederhana, manis, menyenangkan, tapi sarat pelajaran. Kayaknya baru pertama kali nemu buku anak-anak yang punya nilai-nilai yang bener-bener bisa dirasakan dan dipetik sama pembaca yang lebih tua. Awalnya gue bahkan nggak tau punya buku ini, karena nyelip di tengah-tengah tumpukan buku-buku hukum nyokap, terlupakan selama beberapa tahun (gue juga heran, kok bisa ada disitu ya?).

Madicken adalah anak perempuan berumur tujuh tahun. Dia tinggal di rumahnya yang disebut J
...more
lita
"Matahari bulan Mei, tersenyum kembali!"

Kalimat ini diucapkan Madita dan Lisbet, bersama-sama penduduk di kota tempat kakak beradik ini tinggal pada perayaan Hari Valborg, yang diadakan setiap 30 April, untuk menyambut musim semi. *Saya membayangkan mereka meneriakkannya dengan gaya teriakan Sailor Moon*

Dan pengalaman sehari-hari Madita dan Lisben mulai tanggal 30 April sampai 30 April di tahun berikutnya mengisi cerita buku ini.

Meski sudah berkali-kali membacanya, baru semalam saya ngeh kalau
...more
Nilam Suri
Feb 14, 2010 Nilam Suri rated it really liked it
Shelves: children
tersebutlah dua orang kakak beradik bernama madicken dan lisabet,mereka tinggal di sebuah rumah bernama junibacken bersama Mama,Papa,dan Alva yang cantik. Tetangga mereka keluarga Hillson punya seorang anak lelaki berumur 15 tahun bernama ABbe, dan Madicken sudah memutuskan kalau besar nanti dia akan menikah dengan ABbe, kalau ABbe tidak mau, ya Madicken tidak akan menikah.

Madicken punya musuh bernama Mia Kutu, dan mereka sering bertengkar karena menurut Madicken Mia adalah anak paling tolol di
...more
Titish A.K.
Oct 07, 2011 Titish A.K. rated it it was amazing
Shelves: children, series, swedish
Saya memulai membaca Astrid Lindgren dari Ronya, pilihan yang salah karena buat saya ceritanya nggak menarik & menyebabkan saya menggeneralisasi semua karya Lindgren setara dg Ronya. Untunglah saya masih mau mencoba yg lain: Pippi (terlalu sederhana), Emil (bagus) & akhirnya Madicken (baguuuuusss!). Perjalanan membaca Lindgren jadi klimaks, puas :)

Madicken ini ... apa ya ... lucu, bandel, polos, konyol, baik hati, dll. Pesan moralnya bagus tp sama sekali nggak menggurui, menceritakan ke
...more
Harun Harahap
Nov 04, 2010 Harun Harahap rated it really liked it
Saat merapikan buku-buku beberapa hari yang lalu, saya menemukan sebuah buku karya Astrid Lindgren yang belum dibaca. Masih rapi terbungkus plastik, buku ini segera saya baca dan terhapuslah kerinduan saya dengan karya-karya Lindgren.

Madicken dan Lisabet adalah dua anak kecil dari sebuah keluarga di Junibacken, swedia. Madicken bersifat pemberani dan baik hati. Sedangkan Lisabet bersifat sedikit nakal dan cerewet. Keduanya menjalani hari-hari mereka dengan kebahagiaan. Walaupun kadang masalah da
...more
Be
Oct 02, 2012 Be rated it it was amazing
Madicken dan Lisabet (sempat diterbitkan dengan nama Madita dan Lisbet)di Indonesia, buku yang saya suka banget!!!. Dekripsi rumah orang tua Madicken dan Lisabet yang asyik (didepannya ada sungai), ada semak-semak untuk maik petak umpet, punya tetangga yang Abe yang pintar bikin kue tapi kadang suka jahil ke Madicken, ada papa Abe yang pemabuk.. Ada kucing dan anjing peliharaan, Gosan dan Sasso, ada Ida dan Alma yang suka bantu-bantu di rumah Madicken.. Oh ya, musuhnya Madicken.. Mia dan adiknya ...more
Cecillia
Jun 18, 2009 Cecillia rated it liked it
Madicken is a blend between Pippi Longstocking and Laura Ingalls. She has a little sister named Lisabet, a sweet girl who likes to say bad words aloud, in her closet. :) Light stories about two little Sweden girls, humorous, and sometimes touching. A nice read for kids around 5-10 years old or adults who still feel like a ten-year-old inside. lol. :)
Putri Pratiwi
Jul 07, 2012 Putri Pratiwi rated it it was amazing
Cerita yang hangat tentang dua bersaudara Madita dan adiknya, Lisbet. Dengan penyampaian yang sederhana dan dari sisi anak-anak, buku ini membuat saya tersenyum membaca tiap lembarannya. Madita yg tomboy dan usil, dengan adiknya yg unik dan suka bermain kata-kata dan suasana keluarga yang hangat membuat buku ini tidak bosan dibaca berulang kali. :)
Pujiyanto stiffy
Sep 21, 2013 Pujiyanto stiffy rated it really liked it
Astrid Lindgren emang salah satu pengarang buku anak-anak yang great, top en jempolan!!
lewat Madicken ini meskipun tokoh utamanya anak-anak tapi berisikan kritik sosial, dengan sudut pandang anak-anak tentunya.
Hobby
Apr 25, 2012 Hobby rated it it was amazing
Really love this book, it's about children and how they learned and grow-up through bad, ugly, and happiness. It's surprising to see it with a child point of view ...

more about this book, check on my review at here :
http://little-alice-garden.blogspot.c...
Andris
Dec 16, 2013 Andris rated it it was amazing  ·  review of another edition
Shelves: lasu-bērniem
Lasot Madikenas piedzīvojumu otro grāmatu nepamet sajūta, ka tieši šī ir izcilākā Lindgrēnes sērija. Ne tikai cilvēcīgi, asprātīgi, bērnišķīgi smieklīgi, bet, atšķirībā no Emīliem un Karlsoniem, arī ļoti pamācoši.
Johanna
Jul 29, 2014 Johanna rated it really liked it  ·  review of another edition
Inte läst sedan jag var barn. Men Madicken är en fin bok där det går att läsa mellan raderna om hur samhället var för många. Fattigdom och krig finns i bakgrunden
Riadiani Marcelita
Oct 04, 2011 Riadiani Marcelita rated it it was amazing
Shelves: owned
Buku yang menurut saya baguuus banget. Ingat ini buku karangan Astrid Lindgren yang paling saya sukai. :)
Rahmadiyanti
Jan 25, 2011 Rahmadiyanti rated it really liked it
Rasanya waktu baca saat SMP (SD?) dulu saya ulang hingga belasan kali, saking sukanya. One of my favorite Lindgren's works.
David De Wolf
David De Wolf rated it really liked it
Jan 15, 2016
Fannylin
Fannylin rated it really liked it
Sep 30, 2011
Skalman71
Skalman71 rated it really liked it
Dec 16, 2015
Naoy
Naoy rated it it was amazing
Feb 28, 2016
Maris Kurs
Maris Kurs rated it it was amazing
Oct 07, 2014
Hildur Björk  Jónsdóttir
Hildur Björk Jónsdóttir rated it really liked it
Oct 21, 2013
Maria
Maria rated it it was amazing
Nov 16, 2015
Angie
Angie rated it it was amazing
Jan 03, 2008
Ellinor
Ellinor rated it it was amazing
Mar 23, 2012
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Spring-Heeled Jack
  • Sipsik
  • Armer Pettersson
  • Londiste, õige nimega Vant
  • Karius und Baktus
  • Hugo and Josephine
  • Berts dagbok (Bert, #1)
  • Nukitsamees
  • Kunksmoor. Kunksmoor ja Kapten Trumm
  • Harry and the Wrinklies
  • Tommy si Pengadu Dan Cerita-Cerita Lain
  • Kiki's Delivery Service
  • My Naughty Little Sister's Friends (Naughty Little Sister, #5)
  • Viplala lood
  • Das doppelte Lottchen
410653
Astrid Anna Emilia Lindgren, née Ericsson, was a Swedish children's book author and screenwriter, whose many titles were translated into 85 languages and published in more than 100 countries. She has sold roughly 145 million copies worldwide. Today, she is most remembered for writing the Pippi Longstocking books, as well as the Karlsson-on-the-Roof book series.

Awards:
Hans Christian Andersen Award
...more
More about Astrid Lindgren...

Other Books in the Series

Madicken (2 books)
  • Madita

Share This Book