Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Surat Kecil Untuk Tuhan” as Want to Read:
Surat Kecil Untuk Tuhan
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Surat Kecil Untuk Tuhan

3.88  ·  Rating Details ·  1,451 Ratings  ·  226 Reviews
True Story Gita Sesa Wanda Cantika.
Perjuangan gadis remaja melawan kanker ganas.

Hai, sobat. Kenalkan namaku Keke. Umurku 13 tahun. Aku remaja aktif yang duduk di kelas 2 SMP. Suatu pagi aku terbangun dengan mata memerah kemudian hidungku berdarah. Ayah membawaku ke Dokter untuk diperiksa.

Awalnya kupikir, aku hanya flu biasa dan kelelahan sehabis mengikuti olah raga volley.
...more
Paperback, 168 pages
Published July 2008 by Inandra Published
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Surat Kecil Untuk Tuhan, please sign up.

Be the first to ask a question about Surat Kecil Untuk Tuhan

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Aveline Agrippina
Jun 18, 2011 Aveline Agrippina rated it it was ok
Mungkin memang saya yang tidak punya perasaan
atau malah penulisnya yang tidak bisa mendeskripsikan perasaan
sampai-sampai saya sendiri tak tahu bagaimana harusnya
saya mendeskripsikan perasaan saya saat membaca ini

Harusnya, sekali lagi seharusnya
saya berurai air mata karena penderitaan Keke
tapi tak setetes pun sanggup saya keluarkan
berempati pun tidak, malah sebaliknya
saya lebih melihat Keke seperti pengemis
ia lebih mengharap agar dikasihani dalam penderitaan

ah, entahlah salah siapa. Bisa jadi say
...more
Annisa
Dec 26, 2010 Annisa rated it it was ok
Saya merogoh kocek saya sendiri yang notabene "cuma" kocek mahasiswa untuk beli buku ini di toko buku terdekat setelah mendapat rekomendasi dari teman sekelas saya waktu SMA. Katanya, buku ini menyentuh banget dan membuat dia menangis tersedu-sedu sewaktu membaca. Tersulut rasa penasaran, karena saya tahu teman saya satu ini biasanya sangat jaim dan sok cool (?), saya langsung beli dan saya baca di perjalanan kemarin ke Cirebon dan sekitarnya.

Betapa kecewanya saya ketika disapa oleh editing yang
...more
Kagetsuki Arai
Sep 08, 2011 Kagetsuki Arai rated it did not like it
mari kita mulai!
tentunya kita sudah tidak asing dengan SKUT. sebuah film yang di adaptasi dari novel berjudul sama yang bercerita tentang Keke, seorang gadis 13 tahun (14 menjelang akhir buku) yang berjuang melawan kanke jaringan lunak yang merusak(?) wajahnya.

sudah menjadi kebiasaan kalau saya akan membaca novelnya lebih dulu sebelum menonton filmnya. jadi kemudian buku di tangan setelah transaksi dengan Togamas di Sidoarjo kota. namun saat sepulang dari sana saya langsung kecewa.

apa yang membu
...more
Biruhati Syaheed
Oct 22, 2008 Biruhati Syaheed rated it really liked it
Tertarik beli buku ini karena ada yg bilang lebih bagus dari laskar pelangi.

Beredar di milis dan di forum-forum yang mulai mengangkat topik buku ini, konon katanya buku ini berhasil membuat pembacanya menangis dan bertobat. Penasaran juga apa sih yang membuat orang-orang begitu tersentuh dengan kisah buku yang diberi judul "SURAT KECIL UNTUK TUHAN" ini? Ternyata memang tidak salah buku ini dibilang hebat.

Jawabnya adalah

"Buku ini buku kisah nyata perjalanan gadis Indonesia berumur belasan tahun y
...more
Nurul isnaini
Apr 14, 2013 Nurul isnaini rated it it was amazing
Identitas Buku
Judul Buku : Surat Kecil Untuk Tuhan
Penerbit : Inandra Published
Tahun Terbit : 2008
Cetakan : Jakarta,September 2011
Edisi : Ke – 8
Tebal : 232 Halaman
Pengarang : Agnes Danovar
Resensi
***
Novel ini menceritakan kisah Gita Sesa Wanda Cantika atau lebih di kenal dengan Keke, seorang gadis remaja yang berusia 13 tahun telah menghinggap penyakit langka Rabdomisarkoma (kanker jaringan lunak) pertama di Indonesia. Kanker ini menyerang bagian wajahnya hingga berubah menjadi monster. Walau dal
...more
Eka Masih SMA
Sejujurnya, gaya penulisannya Agnes kacau. Tanda baca yang tidak tepat dan sebagainya bertebaran dimana-mana.

Satu lagi, penggunaan sudut pandang yang aneh. Buku ini menggunakan sudut pandang pertama dari sisi Keke kan, tapi bagaimana bisa juga Keke tahu kejadian-kejadian lain yang padahal tak melibatkan dirinya -_- Aneh banget. Ini adalah Keke yang bicara, tapi dia tahu apa saja yang dilakukan orang, apa yang dikatakan orang, apa yang dipikirkan orang, seakan dia Tuhan :s

Tapi sudah lah... toh, k
...more
Stebby Julionatan
Jul 15, 2011 Stebby Julionatan rated it it was ok
buku ini ternyata sudah tergeletak setahun lebih di lemari bukuku. hadiah dari seorang kawan yang tak sempat aku buka-buka dan aku baca, dan baru aku baca setelah beberapa hari lalu aku melihat di televisi mengenai pemutaran perdana filmnya.

well, jika dibandingan dengan filmnya, kualitas di buku ini buruk sekali. pengarang dengan nama agnes danovar, menulis mirip sekali seperti adik saya yang masih duduk di bangku sekolah dasar kelas 6. maaf, tapi itulah kenyataannya.
ulaniori
Jan 31, 2012 ulaniori rated it liked it
..
Sebenarnya, saya sudah cukup lama tahu tentang novel SKUT yang kemudian diangkat ke layar lebar. Namun, saya baru berkesempatan membacanya setelah seorang teman sejawat memperlihatkan beberapa novel miliknya. Saat itu saya bergumam, “Ah, paling buku ini adalah satu dari sekian kisah nyata yang bertujuan memberikan motivasi.. Kurang lebih sama dengan yang lainnya..”:D

..Yang membuat saya heran, setelah membaca SKUT, saya kok gak meneteskan air mata yes? :D Ada apa dengan saya? Atau mungkinkah se
...more
Ruru
Nov 05, 2013 Ruru rated it did not like it
Saya denger judul ini dari adik, yang berkoar-koar bilang cerita ini keren banget (filmnya). Jadilah saya tertarik beli novelnya (walaupun kala itu agak males liat cover yang dipenuhi iklan besar-besar).


Singkat cerita, saya beli novel ini, dan langsung baca begitu sampai di rumah.

Respon pertama saya waktu buka halaman pertama: kening berkerut, liat cover untuk memastikan kalau penulisnya bukanlah Keke, si tokoh utama.
Ternyata, ya, penulisnya bukan Keke. Dan ini bikin kening saya makin berkerut.

K
...more
Faiz Nisa
Mar 23, 2011 Faiz Nisa rated it it was amazing
Keke adalah seorang gadis cilik yang berumur 13 tahun, ketika ia masih kecil, ia sudah di vonis penyakit kanker ganas bernama Rabdomiosarkoma, sulit baginya untuk mengerti penyakit apa yang menyerang bagian wajahnya itu. Dokter bilang Keke terkena kanker jaringan lunak yang sangat langkah dan menjadi orang pertama di Indonesia yang mengalami penyakit itu.Keke sedih ketika ayahnya menangis menolak permintaan dokter untuk melakukan operasi di wajah anak perempuan satu - satunya itu. Dokter Keke b ...more
Taritsa Rizqy
Apr 25, 2013 Taritsa Rizqy rated it it was amazing
Judul Buku /Novel : Surat Kecil Untuk Tuhan
Penerbit : Inandra Published
Tahun Terbit : 2008
Jumlah halaman : 228
Pengarang : Agnes Danovar
Uraian :
Novel ini mengisahkan kehidupan gadis berusia 13 tahun bernama Gita Sesa Wanda Cantika (Keke) yang mengidap kanker jaringan lunak yang sangat ganas. Kanker ini sangat ganas dan belum ditemukan metode yang tepat untuk mengobati jenis kanker ini kecuali dioperasi. Untuk dioperasi pun, Keke harus merelakan setengah dari wajahnya diangkat. Tidak mau melihat a
...more
Rizky
Mar 20, 2011 Rizky rated it it was amazing
This novel tells the story of a teenage girl who brave, steadfast, unyielding in the face of terrible illness. She named Gita Sesa Wanda Cantika always is called Keke. Gita was living with his father and two older brother, Chika and Chiki. She does not live with her mother because since 6th grade her mother and father split up (divorce).
Keke suffered Rhabdomyosarcoma cancer when she was 13 years old. At that time the cancer was sitting in 7th grade junior high school. His cancer is highly malig
...more
M Abdul
Nov 12, 2013 M Abdul rated it really liked it
Judul Buku : Surat Kecil Untuk Tuhan
Penulis : Agnes Davanor
Penerbit : Inandra Published Jakarta tahun 2008
Tebal Novel : 232 halaman
Dalam novel ini menceritakan tentang perjuangan seorang gadis yang mengidap penyakit kanker ganas Rabdomiosarkoma. Berawal dari inspirasi seorang gadis ini Agnes Davanor seorang cerpenis online mendapatkan kesempatan untuk menuangkan kisah nyata gadis ini dalam bentuk karya sastra Novel. Novel ini menceritakan tentang seorang gadis yang terserang penyakit kanker g
...more
Lizzy
May 19, 2012 Lizzy rated it really liked it
Surat kecil untuk Tuhan adalah salah satu novel Agnes Davonar yang menceritakan tentang kisah nyata seorang gadis remaja Indonesia yang bernama Gita Sesa Wanda Cantika atau yang biasa dipanggil Keke. Keke adalah gadis remaja yang cantik,pintar dan baik hati. Keke lahir pada tgl 15 Juni 1991 tepatnya di kota Jakarta. Namun,pada saat umurnya 13 tahun, Keke menderita kanker jaringan lunak yang menyerang wajahnya yang cantik sehingga menjadi monster dan dokter mengatakan kalau hidupnya tinggal bebe ...more
Bibah
Oct 26, 2011 Bibah rated it really liked it
Judul : Surat Kecil untuk Tuhan
Penerbit : Inandra Publisher
Penulis : Agnes Davonar
Jumlah halaman: 232 halaman

Gita Sesa Wanda Cantika atau sebut saja Keke, mantan gadis cilik era 1998 yang diserang kanker ganas pada usia 13 tahun. Kanker tersebut menyerang wajahnya dan membuat dirinya berwajah monster, dokter memvonis Keke akan mati apabila tidak segera dioperasi. Berat bagi papanya, Joddy untuk bisa mengiyakan operasi tersebut, beliau tidak tega melihat wajah anaknya rusak. Berbagai pengobatan a
...more
Retno Palupi
Surat Kecil untuk Tuhan

Identitas Buku:
a. Judul : Surat Kecil untuk Tuhan
b. Pengarang : Agnes Davonar
c. Penerbit : Inandra Publisher
d. Jumlah Halaman : 232 Halaman
Sinopsis:
Buku ini menceritakan perjuangan seorang gadis bernama Gita Sesa Wanda Cantika yang hidup melawan kanker ganas dan langka bernama Rabdhomiosarchoma. Dia adalah sosok yang sangat pintar, baik pada sesama, berbakti pada orang tua, dan setia pada sahabat-sahabatnya. Selama dia sakit, dia selalu bersabar, tidak pernah mengeluh di
...more
Elcharyzza
Buku ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak bernama Gita Sesa Wanda Cantika atau yang biasa dipanggil keke, dalam perjuangannya melawan penyakit ganas. Keke Bersekolah di SMP Al-Kamal dan dia adalah anak ke 3 dari 3 bersaudara. Dia adalah anak yang aktif dan berprestasi.Tapi kedua orang tuanya bercerai. Suatu saat keke merasa tidak enak badan dan dia mimisan setelah diperiksakan ke dokter dia didiagnosa sinus. Kemudian dia dibawa ke dokter yang lebih pengalaman ternyata dia didiagnosa ...more
Ian Ninda
Mar 31, 2011 Ian Ninda rated it really liked it
This novel tells the story of the struggle an active teenagers 13-year-old named Keke in combating malignant cancers suffered. Because of ferociously, it could kill Keke cancer within five days. one morning, Keke woke up with unusual circumstances. His eyes were red and his nose-bleed. Keke Parents directly bring her to the doctor for checkup. Originally Keke just think that it's just the common cold. But Keke wrong, it was not the common cold but a malignant cancer. keke's father was keep this ...more
Wilda
May 21, 2012 Wilda rated it it was amazing
Buku ini menceritakan tentang seorang anak bernama Gita Sesa Wanda Cantika atau yang biasa disapa Keke. Keke adalah siswa SMP Al-Kamal. Keke adalah anak ke-3 dari 3 bersaudara. Keke merupakan anak yang aktif dan berprestasi. Sayangnya ibu dan ayahnya telah bercerai. Suatu saat, Keke merasa tidak enak badan kemudian dia mulai mimisan. Oleh sang ayah dibawa kedokter dan hanya didiagnosis sinus. Oleh dokter diberi obat, namun jika tidak segera sembuh, akan diberi rujukan ke dokter yang lebih berpen ...more
Nike
Oct 25, 2010 Nike rated it really liked it
Shelves: true-story
Buku pertama Agnes Davonar yang saya baca, My Blackberry Girlfriend membuat saya kurang minat untuk lanjut beli buku yang lain dari Agnes Davonar. Tapi, setelah baca sinopsis buku ini di bagian belakang buku, saya lanjut membawa buku ini ke kasir.

Buku ini memang dari kisah nyata perjuangan seorang anak perempuan berusia 15 tahun yang mendapati ia terkena kanker jaringan lunak yang sudah mencapai stadium 3. Malah jenis kanker ini langka sekali dan baru pertama kali di Indonesia.

Saya coba googling
...more
Rizky
Nov 13, 2013 Rizky rated it it was amazing

Surat Kecil Untuk Tuhan
Pengarang : Agnes Davonar
Penerbit : Inandra Publisher
Tebal Buku : 228 halaman
Ukuran Buku : 19 x 13 x 1,5 cm


Gita Sesa Wanda Cantika atau akrab dipanggik Keke adalah gadis cilik berusia 13 tahun yang pintar dan aktif mengikuti segala kegiatan di sekolah, Keke tinggal bersama ayahnya yaitu pak Joddy Tri Apriyanto yang bijaksaa dan sabar serta kedua kakaknya yang setia.
Awalnya ia hidup bahagia bersama keliarganya, meski sempat meraa sedih karena perceraian kedua orang tuanya
...more
cher m.
Jun 21, 2016 cher m. rated it did not like it
Tidak seperti kebanyakan orang yang menemukan dirinya berurai air mata saat membaca cerita ini, aku malah dibuat kesal oleh banyaknya kesalahan EYD di buku ini. Peletakkan tanda baca yang tidak tepat, kesalahan ejaan yang membuat diri meringis. Tentu hal ini bukan masalah kalau kesalahan hanya ditemukan di beberapa bagian, tapi penulis sukses membuatku menyesal telah mengeluarkan uang untuk membeli buku ini karena, katakanlah saya melebih-lebihkan, sepertinya ada kesalahan yang bisa saya temukan ...more
Dzafiq Fiqhi
Apr 24, 2013 Dzafiq Fiqhi rated it really liked it
Judul buku : Surat Kecil Untuk Tuhan
Tahun terbit : 2008
Pengarang : Agnes Danovar
Tebal : 232 halaman

Novel ini merupakan nyata menceritakan seorang gadis yang yang sangat tegar menghadapi cobaan. Dirinya difonis dokter mengalami kanker ganas dipipinya. Tumor itu tumbuh pesat setiap 5 hari. Sempat suatu waktu dia dikatakan sembuh dari penyakitnya. Namun setelah beberapa hari setelah itu dia menderita penyakit itu. Cerita ini semakin menarik ketika ada seorang cowok yang menyayanginnya apa adanya t
...more
Abid
Mar 21, 2011 Abid rated it it was amazing
seorang gadis yang sangat cantik dan pandai harus menahan sakit yang luar biasa sakitnya yaitu penyakit tumor ganas, tetapi gadis tersebut tidak pantang menyerah dia tetap sabar dan taat beribadah kepada Tuhan, walau akhirnya dia tidak tahan dengan rasa sakitnya yang luar biasa dan sampai dia meninggal dunia.
buku ini memberikan motivasi kepada setiap pembaca agar menerima hidup apa adanya dan senantiasa ingat kepada anugrah Tuhan Yang Maha Esa.
Pitra
Jan 09, 2010 Pitra rated it really liked it
baca ini di bis dari solo menuju jakarta, sesengukan sendiri sambil diliatin ibu2 yang duduk di sebelah *kebingungan..
salut sama keke..
usia masih sangat muda tapi sudah mengerti makna hidup..
ikhtiar, sabar, dan ikhlas..
betapa kekuatan cinta dari orang2 sekitar yang sangat kuat bisa jadi dukungan yang sangat-sangat berarti..
Egita
Oct 29, 2014 Egita rated it it was amazing
awesomeeeeeeeeeeeeeeeeeee
Mayda AF
Jul 05, 2017 Mayda AF rated it really liked it
I read this book years years ago, so I judged this book according to how I perceive it back then.

The story was nice. I borrowed this book from a classmate, read it in one sitting in class, and tried not to be seen crying hard.

This book was excellent. Perhaps it IS excellent because it gets adapted to the big screen.

Bravo to Ms. Writer.
Carpediem Fanny
May 05, 2017 Carpediem Fanny rated it really liked it  ·  review of another edition
Baca ini waktu SD kelas 6 atau 5, saya lupa tepatnya
Menurut saya novel ini (pada waktu itu) bagus dan saya sempat sedih bacanya, saya ikut terharu dalam tulisan penulisnya
wali_yeah
Jun 30, 2017 wali_yeah rated it did not like it
Shelves: book-i-hate
Emang sih based on real people, tapi plotingan etc MIRIP BANGET AMA DARI NOVEL LETTER TO GOD!!!! Kasihan Tyler Doherty hidupnya di remake ama dua mahluk ini.....keknya Gita hanya dipakai sebagai based inspiration saja, sisanya remake Letter to god...zzzzzz
Maulida  Nurussa'adah
Buku ini menceritakan kisah nyata dari seorang penderita kanker jaringan lunak. Dia bernama GITA SESA WANDA CANTIKA atau dalam buku ini dipanggil Keke. Keke adalah satu-satunya anak perempuan dan anak bungsu dari tiga bersaudara. Dia adalah korban brokenhome orang tuanya. Sempat ia dan dua kakaknya menjadi down karena peristiwa tersebut. Untuk menghilangkan trauma anak-anaknya, ayah mereka memutuskan untuk pindah ke Jakarta. Kebetulan ayahnya mendapat tugas di Jakarta. Setelah pindah, trauma Kek ...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Ma Yan
  • Bukan di Negeri Dongeng
  • 9 Summers 10 Autumns
  • Habibie & Ainun
  • Berjalan Menembus Batas (Man Jadda Wajada Series, #1)
  • I Can (not) Hear: Perjalanan Seorang Anak Tuna Rungu Menuju Dunia Mendengar
  • From Beirut to Jerusalem
  • Moga Bunda Disayang Allah
  • 1 Litre of Tears
  • Sebelas Patriot
  • 2
  • Isabella
  • Novus Ordo Seclorum
  • Anak Kos Dodol
  • Life Traveler
  • Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar
  • Notes From Qatar
  • Till We Meet Again
2926623
Hai nama saya agnes davonar, banyak orang yang menyebut saya penulis online dan novel fiksi. Saat ini saya tinggal di satu tempat dimana saya memiliki 3 anjing sebagai teman setia yang mencintai saya sepenuh hati.

saya penggila tenis dan saat ini hidup di satu tempat yang dapat membuat saya menulis dengan indahnya. banyak yang bilang saya penulis kontroversial karena sering membuat kisah-kisah yang
...more
More about Agnes Davonar...

Share This Book