Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang (Tetralogi Laskar Pelangi, #4)” as Want to Read:
Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang (Tetralogi Laskar Pelangi, #4)
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Maryamah Karpov: Mimpi-mimpi Lintang (Tetralogi Laskar Pelangi #4)

3.56 of 5 stars 3.56  ·  rating details  ·  7,313 ratings  ·  595 reviews
Keberanian dan keteguhan hati telah membawa Ikal pada banyak tempat dan peristiwa. Sudut-sudut dunia telah dia kunjungi demi menemukan A Ling. Apa pun Ikal lakukan demi perempuan itu. Keberaniannya ditantang ketika tanda-tanda keberadaan A Ling tampak. Dia tetap mencari, meski tanda-tanda itu masih samar.
Dapatkah keduanya bertemu kembali?
-
Paperback, 504 pages
Published November 28th 2008 by Bentang Pustaka (first published November 2008)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.
Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiSang Pemimpi by Andrea Hirata
Buku Indonesia Sepanjang Masa
27th out of 479 books — 1,668 voters
5 cm by Donny DhirgantoroPerahu Kertas by Dewi 'Dee' LestariLaskar Pelangi by Andrea HirataNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiDan Hujan Pun Berhenti by Farida Susanty
Unforgettable Indonesian Fiction
38th out of 106 books — 324 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 3,000)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Primadonna
Beberapa komentar setelah baca:

1. Lebay.
2. Lebay.
3. Lebay.
4. Adegan jambu mawar okelah, karena mengingatkan pada masa kecilku yang juga suka jambu mawar dan rebutan sama lutung.
5. Judul menyesatkan.
6. Ada orang bisa menyelam tanpa alat selama 20 menit? WOO HOO SAKTI!!!
7. Itu adegan ke dokter gigi buset amat. Dari halaman awal di 12 apa 13, baru disinggung lagi di halaman 400an.
8. Diksi okelah. Bertele-tele, ya mungkin khasnya ngalor ngidul Melayu begitu kali...
9. Katanya orang Melayu Dalam khas
...more
Bunga Mawar
Kalau saya akan membuat sinopsis dari buku yang sudah setahun lebih dinanti sejuta umat ini, maka saya akan menuliskannya seperti ini:

"Ikal telah berhasil menyelesaikan S2-nya di kampus mentereng Sorbonne, Perancis, dan kini kembali ke kampungnya di pedalaman Belitong. Tanpa pekerjaan yang sesuai dengan gelarnya, pemuda ini menjelma menjadi pengangguran kronis. Capek terus-terusan dikejar target berumahtangga oleh ibundanya, pemuda ini mengalihkan perhatian dengan memulai lagi mengamati lingkung
...more
Kanti
Siapanya Bang Anatoli?

Saya menamatkan bacaan ini dalam keadaan terkapar di tengah kompresan, jadi entahlah apakah kesimpulan ini memang asli dari bukunya atau jangan-jangan bercampur aduk dengan igauan.

Bintang 1: Setia berakar pada budaya Belitong
Intinya adalah mengenai semacam gegar budaya balik yang dialami sang tokoh, Ikal, sekembali dari melanglang buana bersekolah tinggi. Ternyata, ilmu dan pengalaman yang telah dia peroleh dari petualangan hebatnya itu pun tidak serta-merta menjamin dia
...more
Nilam Suri
okey, setelah menenangkan diri selama semalam suntuk rasanya saya sudah siap untuk menulis review ttg buku yang entah kenapa berjudul maryamah karpov ini.

dahulu kala sekali, saya pernah secara tak sengaja membaca sebuah interview andrea hirata. Dimana dalam wawancara tersebut dia bercerita sepintas ttg buku ini, yang kala itu masih jauh dari waktu diterbitkan. andrea bercerita, bahwa dalam sebuah book discussion dia bertemu dengan seorang pembaca wanita, middle age woman, yang sosoknya sangat pa
...more
Jatining Siti
Maryamah Karpov: Memoar Yang Surealis


Saat membaca lembar demi lembar Maryamah Karpov, sulit bagi saya untuk percaya bahwa buku itu adalah memoar. Pun saat tamat membacanya, saya sangsi.

Maryamah Karpov mengajak pembaca bertualang dalam dunia khayalan yang hiperbolis. Dahsyat nan menggugah imaji. Begitu imajinatif hingga condong kepada surealis, meskipun—menurut dugaan saya—Andrea mati-matian membuatnya realis. Karena itu, pada titik ini Andrea Hirata telah gagal.

Apakah ini lantaran persepsi yang
...more
Jimmy
2-3-1-4
Ah, Kawan (Andrea Hirata mode on), jangan mengira angka-angka di atas adalah formasi tim sepakbola Real Madrid, walaupun akan sangat seru menempatkan 4 striker sekaligus untuk membobol gawang lawan. Formasi angka tersebut adalah urutan pembacaan buku tetralogi Laskar Pelangi. Saya sudah lama mendengar nama Andrea Hirata dengan tetralogi Laskar Pelangi-nya. Namun saat itu, saya belum tertarik untuk membaca satu pun dari buku-buku tersebut. Sampai akhirnya, ketika buku “Sang Pemimpi” dipili
...more
Vivaldi
Rasanya ada yang mengganjal seselesainya baca ini buku. Mana Maryamah Karpov yang saya tunggu-tunggu itu ?? Maryamah yang katanya contoh perempuan Melayu yang teguh melawan budaya patriarki?? Dari awal sampe akhir, cuma ketemu selintas Makcik Maryamah, yang pandai bermain catur.

Saya curiga berat, Andrea gak cuma bermaksud nulis Tetralogi. Pentalogi mungkin ?? atau malah Heptalogi, menyaingi Harry Potter ?? hehehe. Supaya ada tempat menyelesaikan cerita Cik Maryamah ini, juga ada tempat mengelab
...more
nanto
Dec 09, 2008 nanto marked it as to-read
Shelves: nant-s-book, novel
udah tahu harganya kemaren, pas cari tempat aman buat nelpon penting :D

Udah punya bukunya. sampulnya kok bikin pengen denger the Corss.

Baca berapa bab. Sampai Ikal lulus thesis. Ngakak abis waktu LaPlagia meletup, "Woodward, pernahkah kau bayangkan bidang kita ini akan dimasuki mahluk keriting model begini?" Ternyata hanya orang ketus dan angkuh saja yang tidak bisa membedakan keriting dan ikal.

*update 06/12/08*

Ikal tetap lucu. Suka bagian humor yang dikaitkan dengan etnisitas. Karena nama-nama
...more
Uci
Seandainya Andrea berhenti di Edensor... :)
Sally Siawidjaja
Jan 01, 2009 Sally Siawidjaja rated it 1 of 5 stars
Recommends it for: Anyone who doesn't have any other book to read
Shelves: indonesia-fiksi
Setelah lama menanti buku terakhir dari tetralogi laskar pelangi, ternyata novel Maryamah Karpov ini jauh dari harapan gue. Mengecewakan dan ga sebanding dengan buku-buku sebelumnya.

Gue ngebayangin kalau di buku ke empat ini, akan muncul lagi karakter lain yang mengesankan seperti Lintang dan Arai atau menceritakan perjuangan Ikal mendapatkan pekerjaan, tapi ternyata novel ini isinya cuma fantasy berlebihan yang membodohi pembaca. Konyol!!

Novel 1-3 bisa menjadi inspirasi banyak orang karena ceri
...more
Sri
Dec 10, 2008 Sri rated it 3 of 5 stars
Shelves: fiction
Awal-awal aku ikutan Goodreads, aku masih menandai buku-buku tetralogi Laskar Pelangi (3 buku waktu itu) dengan tag biography-memoirs padahal setelah membaca Laskar Pelangi aku meyakini kalau kisah Laskar Pelangi dan selanjutnya adalah fiksi. Tapi di cover belakang bagian dalam, kenapa sih buku ini masih disebut sebagai nonfiksi? (Ini nyolong pernyataan Gary :D). Entahlah. Yang jelas, aku menikmati Maryamah Karpov sebagai kisah fiksi dan hasilnya aku lebih menikmatinya ketimbang dulu waktu memba ...more
Ambar
This is the last episode of Andrea Hirata. The rule to enjoy this book :

1. Stop make personification between Ikal and Andrea. They might be came from the same mind but the character and the flow of story could be different. I successfully avoided publisher's jargon before read it!
2. Being a dreamer doesn't mean a fiction nor an illusion.
3. For you who expect too much from this book, I think you should let the book tell itself. Just enjoy it, no matter what people say.
4. If you just want the sto
...more
Sisca tuning
kalo ada yg bilang "lebai", sepertinya sih...
kalo ada yang bilang "muter muter", bener juga...
kalo ada yang bilang "gak jelas", said so...
kalo ada yang bilang "gak nyambung" (sama judulnya), itu bener banget...!!!
sing penting terhibur banget lah sama ni buku...
masih bisa menangis terharu pas Anggota laskar pelangi muncul satu persatu membantu Ikal yg buntu dengan kapalnya.
masih tertawa2 geli pas ikal di ruang pucat....
kasian mas andre...emang harusnya dia harus kekeh dgn ide awal, cukup dengan 3
...more
Päk  Läng
Cinta itu terlalu misteri. Ia mampu mendorong seseorang melakukan sesuatu hal yang tidak pernah terjangkau dek akal sendiri. Ok, itu sahaja. Pak Andrea tetap seorang penulis dan pengkaji budaya yang terbaik.
Himawan
Dec 06, 2008 Himawan rated it 1 of 5 stars
Recommends it for: none
Setelah membaca buku ini saya berpikir apakah ada perubahan isi dari novel ini yang dilakukan pengarangnya. Kesan yang timbul adalah AH merubah isi cerita karena melihat respon masyarakat yang tinggi tentang Lintang dan anggota Laskar Pelangi maka para anggota LP dimunculkan dalam buku ini. Hal itu tidak masalah kalau konsisten antara novel MK dengan ketiga novel lainnya.

Dalam LP diceritakan bagaimana kehidupan para anggota LP yang sebagian merantau ke Jakarta dan berhasil seperti Syahdan akan
...more
Rahmadiyanti
MENIKMATI
Kembali, saya menikmati lokalitas yang Andrea tuturkan, setting geografis maupun sosiologi digarap dengan cermat. Saya juga menikmati metafora-metaforanya. Seperti tiga buku sebelumnya, Andrea menebar metafora di segala sudut. Meski di satu sisi, saya merasa kok banyak metafor yang terlalu hiperbola yak?

ANDREA DI MANA-MANA
Maksudnya, pemikiran penulis (dalam hal ini ya Andrea lah, masak Tukul? :p). Dalam fiksi biasanya kan penokohan itu berbeda-beda, dalam arti, cara bicara, sikap, pemik
...more
Fadilah
Dec 01, 2008 Fadilah rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: Everybody who wants to try the Laskar Pelangi sensation
Kalo baca awalnya, yang bagian adegan aneh bin misterius itu pasti langsung kepikir si Ikal entah disiksa atau diperkosa. Hahahaha. Ternyata! Kalo baca terakhirnya pasti senyum-senyum. Kali ini cerita Ikal fokus pada pengejaran A Ling. Lumayan penuh bumbu ketawa. Sayangnya, bahan akhir cerita malah rada garing dan kurang cocok dijadikan penutup tetralogi ini. Gapapa deh. Salut buat mas Hirata hirata akhirat (hehe).
Dwi
Dec 09, 2008 Dwi added it
Banyak pertanyaan yang ada dalam benak saya, yang belum mendapat jawaban dari buku ke4 tetralogi ini. Antara lain, dimanakah A Ling selama ini? Apa yang dikerjakannya? Kenapa dia meninggalkan Belitong? Kenapa dia ingin ke Singapura?
Saya selesaikan dalam 2 hari, dan tidak puas pada akhirnya. So my son, Ade, ask, kenapa judulnya tidak sesuai dengan isinya, Bu?
Amal Hamsan
Buku keempat Andrea Hirata.

Cerita dalam novel ni macam tak mencucuk sangat. Tak berapa nak logik pun ada. Kelakar tu jangan cakaplah. Itu memang kehebatan Ikal menulis, benda serius pun boleh jadi lawak. Walaupun Marymah Karpov tak boleh tanding Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, aku tetap kagumi Ikal, anak Belitong yang sangat sesuatu.

Terima kasih, Ikal. :-)
Rusdi
Dec 03, 2008 Rusdi rated it 2 of 5 stars
Recommends it for: No One

Awalnya membuat saya penasaran setelah membaca tiga buku sebelumnya...

Akan tetapi, Sangat kecil kolerasi sebuah ilmu dengan kehidupan pribadi seseorang...

Yang buta karena cinta pada seorang A Ling...

Tidak memberi contoh terbaik untuk seorang yang berilmu dimana ilmu semestinya bermanfaat untuk orang lain...

nur
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Handaka mukarta
jumat 28 nov 2008 lalu terbit novel yg banyak ditunggu2 orang, maryamah karpov. namun setelah usai menyelesaikan novel 504 halaman tersebut, tak kuasa menyimpan rasa kecewa.

penulis lebih banyak mempertontonkan ketrampilan melucu
dng guyon2an satire yg seringkali tanpa makna. berpuluh lembar pembaca
disodori kisah2 abrsurd bagaimana terbentuknya nama pangilan para
pelanggan warung kopi, satu persatu tanpa kecuali. saya jadi merenung,
apakah demikian kira2 potret pembaca yg diharapkan penulis dng seri
...more
Harun Harahap
KECEWA SUNGGUH KECEWA..

MERANA SUNGGUH MERANA..

KESAL SUNGGUH KESAL..

jiaaa ampun..novel yang gw tunggu2 ternyata mengecewakan gw banged...
mo tau alasannya...???

1. Kok Judulnya ga nyambung ya ma isinya..cuman nyenggol dikit doank..kasih judul nyang laen napa..

2. Nape ceritanya jadi kacau balau gini sih..ga nyambung bin ga jelas..dulu A ling pergi ke jakarta..sekarang tiba2 di pulau antah berantah..nah kan..konsisten napa om..

3. Ya ampun bang Hirata nih terinspirasi apaan seh..napa ceritanya jadi fa
...more
Haryadi Yansyah
Sama ketika menonton film Ayat-ayat Cinta, yang menurut pengakuan banyak orang filmnya tak seindah novelnya (dan ternyata itu benar), aku menurunkan kadar espektasiku begitu membaca Maryamah Karpov ini. Banyak yang bilang kecewa ini itu. Aku sendiri, secara umum kecewa dengan harganya yang mendewa. Berlipat-lipat mahalnya ketimbang buku lain yang jauh lebih tebal.

Harga sebuah nama besar. Ya, sepertinya kesuksesan Laskar Pelangilah yang membuat buku ini menjadi ’dewa’. Padahal, secara kualitas k
...more
Apop
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
icha
5 bintang untuk 'gaya penulisan' andrea yang marvellous!! beliau punya citarasa sastra yang luar biasa tinggi, sangat metaforik..
kebanggan bagi indonesia punya penulis spt beliau
tapi peringkat bintangnya menurun jadi 4 bintang yah..
coz dari segi Nilai kisahnya..
nilai & makna dari buku ini seakan menurun drastis dibanding membaca tetralogi sbelum2nya..
tidak memberi inspirasi yang 'cukup' berarti...
tak perlulah kuungkapkan, para pembaca juga tau.. :)

sebetulnya mel bisa memahami kekecewaan para
...more
Karamullah
Sudah membaca buku ini, dibawah ekspetasi sih,
jika edensor bisa mewujudkan mimpi-mimpinya di luar negeri,kebalikan dari maryamah karpov, menceritakan lulusan S2 perancis, ahli ekonom telekomunikasi, kembali ke perkampungan melayu, yang kali ini hanya mewujudkan mimpi kebanyakan orang, yaitu mengejar cinta.

Kata Maryamah karpov pun hanya bagian kecil dari cerita keseluruhan yang justru tidak penting ditonjolkan, mungkin lebih tepat jika Mimpi-mimpi lintang yang notobene nama kapal yang dijadikan j
...more
Haryadi Hamid
Setelah menelaah dari awal tetraloginya, ending Maryamah Karpov adalah cukup-cukup sakit. Buat kita simpati dengan Ikal yang selama ini jalan hidupnya mencari Edensor yang diperkatakan Ah Ling. Oh, sungguh kasihan.

Tapi, menuju ending, kesinambungan persahabatan Ikal dengan geng-geng Laskar Pelanginya di Belitong tampak sudah semakin jelas, disamping ada juga unsur siluet simpatetik dan adventure dalam petualangan mereka mencari khazanah yang tertanam di dasar sungai.

Ah, pendek kata Andrea Hirata
...more
Andri
atas jasa baik seorang teman, -many thanks to u nDy-, aku dapat buku ini, edisi launching yg ada tanda tangan andrea. ini bukan buku pertama tetralogi LP yang ada sign andrea sih.. yg LP aku jg dapat langsung, waktu diskusi di cafe omah sendok beberapa tahun silam.. saat-saat LP baru dirilis.. saat andrea jauuuuuh.. belom ngetop seperti sekarang.. masih enak diajak tegur sapa, bahkan menawarkan bantuan untuk mengajarku trik-trik meraih bea siswa dari luar..

what an old days...

mel bertanya.. loe n
...more
Shinta Irawati
masih suka gaya bahasanya yg penuh metafora dan sering menertawakan diri sendiri.
cerita tentang kaum melayu itu. tentang kue yang sepertinya sih martabak manis.
dan biduan kampung: bang zaitun.. hihihi..

tapi aku ga tertarik cerita ttg mencari a ling-nya. lebai deh /:)

yang bikin LP bagus itu, salah satunya karena pesannya yang kuat. tp di MK,sepertinya pesan itu jadi disorientasi.
logika vs cinta mate, sains vs klenik, melayu vs ho pho, ..
mau ke mana, boi? :p

nb: aku harus bilang aku suka desain
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 99 100 next »
topics  posts  views  last activity   
Anak Indonesia Menyusut? 4 73 Apr 26, 2012 09:28PM  
  • Ketika Cinta Bertasbih: Episode 2
  • Ranah 3 Warna (Negeri 5 Menara, #2)
  • Supernova: Petir (Supernova, #3)
  • Bilangan Fu
  • Moga Bunda Disayang Allah
  • Sekali Peristiwa di Banten Selatan
  • Tiga Kali Seminggu
  • De Winst
  • Negeri van Oranje
  • Nibiru dan Kesatria Atlantis
647438
Under a bright sunny sky, the three-day Byron Bay Writers’ Festival welcomed Andrea Hirata who charmed audiences with his modesty and gracious behavior during two sessions.

Andrea also attended a special event where he and Tim Baker, an Australian surfing writer, spoke to a gathering of several hundred school children. During one session, Andrea was on a panel with Pulitzer Prize winning journalis
...more
More about Andrea Hirata...

Other Books in the Series

Tetralogi Laskar Pelangi (4 books)
  • Laskar Pelangi (Tetralogi Laskar Pelangi, #1)
  • Sang Pemimpi (Tetralogi Laskar Pelangi, #2)
  • Edensor (Tetralogi Laskar Pelangi, #3)
Laskar Pelangi (Tetralogi Laskar Pelangi, #1) Sang Pemimpi (Tetralogi Laskar Pelangi, #2) Edensor (Tetralogi Laskar Pelangi, #3) Padang Bulan Cinta di Dalam Gelas

Share This Book

“Kawan, kadang kala, cinta dan gila samar bezanya” 68 likes
“Maka di negeri ini, para pemimpi adalah pemberani. Mereka Kesatria di tanah nan tak peduli. Medali harus dikalungkan di leher mereka.” 63 likes
More quotes…