Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Pengakuan: Sekumpulan Cerita Pendek” as Want to Read:
Pengakuan: Sekumpulan Cerita Pendek
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Pengakuan: Sekumpulan Cerita Pendek

3.55  ·  Rating Details ·  92 Ratings  ·  21 Reviews
Kemunafikan, kecenderungan untuk memanipulasi orang lain, serta praktek penjilatan dan korupsi adalah sebagian tema cerita pendek buku ini, yang diterjemahkan langsung dari bahasa Rusia. Ditulis dengan gaya satire yang begitu memikat, cerita-cerita ini menggambarkan keadaan masyarakat Rusia yang sedang membusuk menjelang abad XX.

"Apa yang saya inginkan hanyalah berkata kep
...more
Paperback, 150 pages
Published 2004 by Penerbit KPG
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Pengakuan, please sign up.

Be the first to ask a question about Pengakuan

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Lailaturrahmi
Aug 27, 2016 Lailaturrahmi rated it really liked it
Dan tahu-tahu, saya tiba di halaman terakhir buku ini. Nyaris tak terasa.

Cerpen-cerpen Anton Chekhov ini begitu relevan dengan kondisi masyarakat sekarang. Tunggu, bukan relevannya yang ingin saya komentari pertama kali, melainkan sindirannya yang mengena sekaligus menggelitik. Chekhov banyak mengisahkan kenaifan, kejujuran, dan optimisme yang harus takluk dengan kebusukan dan kemunafikan terorganisasi. Selain itu, Chekhov banyak menggunakan plot twist yang tak tertebak, tapi tunggu, alih-alih t
...more
Dini
Apr 19, 2015 Dini rated it it was ok
Shelves: fiction, translation
Beli di Indonesia Book Fair 2008, Rp10.000 saja. Kumpulan cerpen ini bernuansa muram dan menonjolkan kemunafikan, korupsi serta kebobrokan masyarakat Rusia menjelang abad 20. Kisah-kisahnya sangat pendek, mengingatkan pada Cerita-cerita di Telapak Tangan (Palm-of-the-Hand Stories) milik Yasunari Kawabata. Yang berkesan buat saya adalah "Perundingan" dan "Perempuan Tanpa Prasangka". Cerpen-cerpen dalam buku ini sekaligus menjadi cermin, seberapa jujurkah kita? Atau kita sebenarnya mirip dengan ga ...more
Teguh Affandi
Jun 23, 2014 Teguh Affandi rated it liked it
Akhirnya setelah menunggu lama, punya juga buku kumpulan cerpen PENGAKUAN by Anton Chekov, yang diterjemahkan oleh Koesalah Soebagyo Toer, adik Pramoedya Ananta Toer. Dari pengantar dari penerjemah kita bakalan tahu kira-kira cerpen-cerpen dalam buku ini bercorak bagaimana.

Ke-24 cerpen dalam buku ini bisa dibilang cerita yang pendek, bahkan sangat pendek bila dibandingkan cerpen terjemahannya Kenangan Cinta yang diterbitkan Serambi, atau Ruang Inap no.9 oleh KPG. Tetapi kependekannnya tidak bera
...more
Sulhan
Jul 29, 2016 Sulhan rated it liked it  ·  review of another edition
3,5/5 sih sebenarnya

Membaca buku ini merupakan pengalaman yang menyenangkan.
Kumpulan cerita pendek penulis Rusia. Sesuatu yang baru buatku.

Cerita-cerita pendek dalam buku ini berisi tentang kehidupan sosial yang penuh intrik, kemunafikan, kecenderungan untuk memanipulasi orang lain, serta praktik penjilatan dan korupsi. Sayangnya tidak semua cerita dapat aku nikmati. Namun, beberapa cerita justru sangat aku suka dan betul-betul nikmati.

Ada beberapa cerita pendek yang begitu aku sukai, yaitu Perg
...more
an
Jun 11, 2009 an rated it really liked it
Shelves: kumpulan-tulisan
g plu bny komen buat buku ni.

hanya cerita yg tepat di saat yg tepat. ketika sesuatu sudah mjd rutinitas n kita trima apa ada na, bukan ada apa na... satu crita buat rhe sadar, bahwa skrg saat na unjuk gigi, bukan lagi jd org bebal.

thx buat yg dah kasih pinjam.
hehehehe...

Bernard Batubara
Apr 16, 2016 Bernard Batubara rated it really liked it
anton chekhov adalah raja cerpenis rusia. kumpulan cerita 'pengakuan' yang diterjemahkan oleh almarhum koesalah soebagyo toer, adik dari sastrawan pramoedya ananta toer ini berisi kisah orang-orang rusia yang berada pada salah satu titik terendah peradabannya: penuh korupsi, kolusi, dan nepotisme. seperti semua cerita bagus, cerita-cerita pendek dalam 'pengakuan' tak hanya menjadi cerminan orang-orang rusia, tapi juga beresonansi dengan manusia di belahan dunia mana pun, termasuk indonesia, sala ...more
Rahardian Shandy
Jun 09, 2016 Rahardian Shandy rated it liked it
Buku yang bagus, sebetulnya. Pada buku ini Anton Chekhov menunjukkan banyak sisi berengsek manusia: korup, munafik, kurang ajar, pengkhianat dan banyak lagi. Tapi, jujur, secara subyektif saya mengatakan kalau saya adalah penikmat cerita. Pada buku Pengakuan ini tentu saja saya sangat mengagumi isi dan pesan yang berusaha diungkapkan oleh Chekhov. Namun, barangkali, Chekhov bukan tipe yang senang memberikan drama atau bentuk keindahan lain pada kisahnya. Karena itu, untuk buku ini saya memberika ...more
Sigit  Raharjo
Bener-bener cekak aos. Cerpen pendek. Banyak berisi humor yang satir dengan terjemahan yang luwes. Tapi seperti biasa, karena setting cerita banyak di Rusia jadi membuat cerpen-cerpen ini agak berjarak dengan kita.
Indah Threez Lestari
327 - 2016
Rifatus Sariroh
Baru pertama kali membaca buku karangan Anton Chekov rasanya agak aneh. Mungkin karena topik yang dibahas cukup berbeda dari apa yang biasanya saya baca. Secara garis besar, cerita-cerita dalam buku ini menyinggung pemerintahan dan masyarakat pada kala itu.

Cukup lama sih membaca buku ini. Saya perlu berada dalam kondisi kepala (otak dan pikiran) yang jernih dan tidak stres untuk membacanya. Maklum topik yang diangkat cukup berat dan kata-katanya memerlukan pemahaman yang agak mendalam.
Nanny SA
May 05, 2009 Nanny SA rated it really liked it
Shelves: short-stories, 2009
Sudah lama baca kumpulan cerpen ini, sepertinya harus dibaca ulang lagi :) - Baca ulang buku ini gara2 habis nonton 'three sister'-nya yang kocak,jadi penasaran sama cerpennya. Ga rugi baca ulang buku ini.
Cerita2 pendek Anton menceritakan kehidupan Rusia jaman dulu,penuh dengan kemuraman,kecurangan tapi kadang ada kejutan. Kocak, satire penuh sindiran tentang kehidupan pada masa itu (tapi banyak yang masih relevan dengan kehidupan masa kini)
Ahmad
Jun 20, 2016 Ahmad rated it really liked it  ·  review of another edition
Shelves: sastra-dunia
Bagus.
harri pratama
Apr 22, 2010 harri pratama rated it it was amazing
dahsyat...wajar penulis yang berporfesi sebagai dokter ini dianggap sebagai salah satu master cerpenis kelas dunia.

cerita pendeknya singkat-singkat, tapi menohok. kebanyakan kisahnya berisi kritik sosial politik di rusia di masa hidupnya dulu. Chekov mengajak kita untuk menertawakan diri sendiri.

salah satu cerpenis yang menginspirasiku untuk mulai menulis cerpen.
Dian
Feb 14, 2009 Dian rated it it was amazing
Shelves: cerpenters
Ada lagi ga ya buku2nya Anton Chekhov yang udah diterjemahn ke bahasa indonesia?? menurut gue sih, cerita2nya bagus. mungkin karena gw penikmat cerita pendek ya, dengan latar belakangnya yang dokter apalagi waktu itu zaman perang, heboh aja kali ya bo, nulis cerpen sambil degdegplas. keren lah. temenku seneng yg cerita cermin perot tuh.
Dessy
Mar 21, 2012 Dessy rated it liked it
kumpulan 24 cerita pendek-- yg menurut saya terlalu pendek.
berisi sindiran tentang korupsi dan berbagai permasalah pada zamannya, penuh kritikan dan cendrung sinis.saya tidak tahu apakah gaya bahasa Anton Chekov emang seperti itu atau ada yang kurang pas dengan gaya bahasa atau penerjemahannya. entahlah...
Fairynee
Jul 01, 2012 Fairynee rated it liked it
Shelves: short-stories
cerpen-cerpen dalam buku ini sangat pendek-pendek. Ada yang hanya dua halaman atau tiga halaman. Banyak mengkritisi kehidupan sosial politik di Rusia, terutama gaya hidup para pegawai negeri atau pejabat pemerintahan.
Jimmy
May 31, 2009 Jimmy rated it did not like it
Belum juga mudeng isi ceritanya, ehhh..udah game over aja.
Buku yang aneh.
Robby
Aug 26, 2009 Robby rated it really liked it
Satir banget dengan sedikit humor khas Anton Chekhov
Dini
Aug 31, 2016 Dini rated it really liked it
That's one rad translation, Mr. Toer!
Sancaka
Sep 01, 2010 Sancaka rated it it was amazing
bacaulang..cari ide :D
Indah Threez Lestari
Jul 23, 2013 Indah Threez Lestari rated it really liked it
Shelves: indonesian, kumcer
490 - 2013
Wandha
Wandha rated it really liked it
Sep 28, 2016
FeBryan Abdi Ramadhan
FeBryan Abdi Ramadhan marked it as to-read
Sep 13, 2016
Ekayanthi Ekayanthi
Ekayanthi Ekayanthi marked it as to-read
Sep 12, 2016
Lilov
Lilov marked it as to-read
Sep 10, 2016
Yulan
Yulan marked it as to-read
Sep 08, 2016
febriani
febriani marked it as to-read
Sep 05, 2016
« previous 1 3 4 5 6 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
5031025
Anton Pavlovich Chekhov was born in the small seaport of Taganrog, southern Russia, the son of a grocer. Chekhov's grandfather was a serf, who had bought his own freedom and that of his three sons in 1841. He also taught himself to read and write. Yevgenia Morozova, Chekhov's mother, was the daughter of a cloth merchant.

"When I think back on my childhood," Chekhov recalled, "it all seems quite glo
...more
More about Anton Chekhov...

Share This Book