Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Bidadari Bidadari Surga” as Want to Read:
Bidadari Bidadari Surga
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Bidadari Bidadari Surga

by
4.26  ·  Rating Details  ·  5,543 Ratings  ·  487 Reviews
Bidadari-Bidadari Surga bercerita tentang pengorbanan seorang kakak (Laisa) untuk adik-adiknya (Dalimunte, Ikanuri, Wibisana dan Yashinta) di Lembah Lahambay agar adik-adiknya dapat melanjutkan pendidikan mereka, meski ia harus bekerja di terik matahari setiap hari, mengolah gula aren setiap jam 4 pagi serta dimalam hari menganyam rotan, meski pada dasarnya keempat adik-ad ...more
Paperback, 365 pages
Published June 1st 2008 by Republika
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Bidadari Bidadari Surga, please sign up.

Be the first to ask a question about Bidadari Bidadari Surga

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
15th out of 491 books — 1,732 voters
Bumi Manusia by Pramoedya Ananta ToerLaskar Pelangi by Andrea HirataAnak Semua Bangsa by Pramoedya Ananta ToerRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad TohariNegeri 5 Menara by Ahmad Fuadi
Novel Indonesia Terbaik
14th out of 342 books — 352 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 3,000)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Azia
Oct 08, 2008 Azia rated it it was amazing
Resensi novel ini saya tulis, 21 Juni 2008, tanggal segitu novelnya belum dimasukin ke goodreads...jadi baru sekarang di-posting

Sungguh tak enak memang hidup dalam kondisi keterbatasan. Namun bukan berarti kita harus menyerah kepada keadaan. Dan jangan jadikan takdir sebagai “kambing hitam”. Laisa, putri sulung Mamak Lanuri, mengerahkan segala kemampuannya untuk membela nasib adik-adiknya, Dalimunthe, Ikanuri, Wibisana, Yashinta. Babak (ayah) mereka telah lama pergi, dimangsa Harimau Gunung Ken
...more
Cik Aini
Ah, apakah mungkin kukomentar tentang buku ini? Sungguh mengusik perasaanku membacanya. Baca dan menangis, baca dan menangis lagi. Dua kali membaca novel ini, dua kali berjuraian air mata.

Pengorbanan seorang kakak untuk 4 orang adiknya yang langsung tiada kaitan darah daging dengannya. Bukannya mudah menjadi Laisa, bekerja keras seawal 3 pagi, semata-mata untuk mencari sesuap nasi untuk menyekolahkan adik-adiknya. Bukannya mudah, Laisa bukannya wanita yang cantik, malahan digambarkan sebagai ga
...more
Gobokairina
Karya yang menyentuh hati sesiapa yang membacanya. Bukan sedikit ‘isi’nya, maka perlulah kamu meneliti sedalam-dalamnya. Tere Liye sememang bukannya penulis calang-calang. Setiap patah disulam dengan penuh keikhlasan. Bikin hatiku sebak, bergenang air mata. Terima kasih pada Kak Ummu Auni yang sudi meminjamkan naskhah hebat ini padaku ;)

BBS merungkai kisah pengorbanan seorang kakak terhadap adik-adiknya; Dalimunte, Ikanuri, Wibisana dan Yashinta. Walau mereka bukannya sedarah, seibu dan sebapa i
...more
S
Jan 19, 2014 S rated it it was amazing  ·  review of another edition
Pengorbanan yang tulus tidak pernah meminta sekelumit balasan apatah lagi untuk ditagih setiap pemberian

Laisa
Kudratku ini pinjaman dari Allah. Begitu juga dengan setiap nafas yang terhela. Pasti..ya pasti akan ditanya untuk apa desah ini terus menghuni tubuh. Perlu ada jawapannya. Lalu, inilah jawapan untukMu ya Ilahi.
Aku sudah mempersembahkan segala kudratku buat mereka, adik-adikku yang amat aku sayangi - Dalimunte, Ikanuri, Wibisana dan Yashinta. Merekalah yang menjadi sinar dan kekuatan untu
...more
Ied
Mar 25, 2009 Ied rated it really liked it
Shelves: fiksi
I love this book. Alur maju mundurnya membuat tidak ngebosenin untuk membuka halaman demi halaman buku ini. Ceritanya tipikal Tere Liye untuk menulis sesuatu yang sederhana diolah menjadi amat menyentuh. Latar cerita terdeskripsi dengan cantik sehingga membuat saya penasaran tentang perkebunan stroberi dan segudang cerita tentang mite Lembah Lahambay. Selain itu, karakter yang beragam dalam keluarga Mamak Lainuri membuat saya merasa mendapatkan beberapa alternatif tindakan ketika kita menghadapi ...more
Limau Nipis
Apr 02, 2012 Limau Nipis rated it really liked it  ·  review of another edition
Recommended to Limau Nipis by: Cik Aini
Ada 2 perkara aku belajar dari buku ini:

1. Bahawa Laisa sebenarnya wujud di dalam mana-mana wanita. Dia cekal, tabah untuk insan-insan yang disayanginya dan sanggup berkorban untuk mereka.

2. Bahawa janji Allah itu pasti benar, untuk para wanita yang telah mengorbankan segalanya, hatta sekadar menyediakan makanan untuk keluarganya, dan sentiasa berlaku baik di atas dunia, kalianlah bakal bidadari-bidadari syurga.

Sebuah novel yang mengharukan, pada dasarnya. Ini novel pertamaku nukilan Tere Liye.
...more
Asma
Aug 04, 2008 Asma rated it really liked it
Bidadari-Bidadari Surga bercerita tentang pengorbanan seorang kakak (Laisa) untuk adik-adiknya (Dalimunte, Ikanuri, Wibisana dan Yashinta) di Lembah Lahambay agar adik-adiknya dapat melanjutkan pendidikan mereka, meski ia harus bekerja diterik matahari setiap hari, mengolah gula aren setiap jam 4 pagi serta dimalam hari menganyam rotan, meski pada dasarnya keempat adik-adiknya tersebut berasal dari darah yang berbeda dengan dirinya.

Satu sisi Laisa digambarkan sebagai kakak yang galak dan tegas,
...more
Afifah Nur.
Aug 31, 2012 Afifah Nur. rated it it was amazing  ·  review of another edition
Saya bagi bintang penuh untuk Bidadari-bidadari Syurga ini walaupun saya mengambil masa yang agak lama bila membaca nashkah ini dek kerana sukar untuk mencerna lenggok bahasa Indonesia.

Ini kisah cinta. Cinta luar biasa, yang bisa membuatkan kita sebak, turut sama menangis. Cinta dari seorang saudara angkat terhadap adik-adiknya. Kasih seorang kakak kepada adik- adiknya.

Pengorbanan Laisa untuk Dalimunte, Ikanuri, Wibisana dan Yashinta terlalu besar. Sanggup berhenti sekolah semata- mata mahu me
...more
azie
Jul 27, 2010 azie rated it it was amazing
* juga disiarkan di sini, http://azieinwonderland.blogspot.com/... *

Bukan sekali, malah banyak kali sudah saya baca kisah perjuangan yang walau perih tapi jangan mengalah, harus terus berusaha dan tetap berani bermimipi demi mengejar ilmu dijadikan inti utama atau sekurangnya ada sisipan cerita sedemikian dalam novel-novel bestseller dari negara jiran kita seperti Laskar Pelangi dan sekuensnya, juga Ketika Cinta Bertasbih, Matahari Di Atas Gili dan kini Bidadari-Bidadari Syurga(BBS).

BBS saya kir
...more
Rela
Oct 26, 2011 Rela rated it it was amazing
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
ijul (yuliyono)
Mar 20, 2010 ijul (yuliyono) rated it really liked it
Shelves: novel-favorit
Janji bidadari surga

Saya mengenal, maksudnya tahu dan baca karyanya (bukan bertemu muka dan bejabat tangan langsung), tere-liye ketika genre Metropop baru dirintis oleh Gramedia, lewat sebuah novel metropop bergaya laki-laki, The Gogons: James & the Incredible Incident. Tidak terlalu mengesankan, namun nuansa macho-nya memberikan kesegaran tersendiri di tengah lautan metropop yang lebih bercita rasa perempuan. Selanjutnya, saya tak lagi menyimak sepak terjangnya dalam dunia kepenulisan, sela
...more
Hanif Nurcintia
Feb 21, 2016 Hanif Nurcintia rated it really liked it
Novel ini mengulas kehidupan keluarga yang hidup pas-pasan namun penuh kesyukuran, kerja keras, dan pengorbanan. Peran besar seorang kakak mendominasi dalam alur cerita ini. Adalah Laisa seorang kakak dari 5 bersaudara yang berhasil mengubah kehidupan keluarganya bahkan tempat tinggalnya(Lembah Lahambay) menjadi kehidupan yang penuh kebahagiaan. Novel ini menyentil hati saya, mengingat posisi saya yang juga seorang kakak belum bisa berbuat apapun untuk keluarga bahkan untuk diri sendiri sekalipu ...more
Wan  Farahana
May 08, 2014 Wan Farahana rated it it was amazing
Definitely 5 stars..masih terbawa-bawa emosi sekalipun telah menyudahkan pembacaan.. Buku pertama yang menyebabkan hujan yang lebat di sungai petani..hingga saat menulis..rintik hujan masih ada di pupuk mata..

terima kasih airina (gobokairina) yang kenalkan buku ini pada saya..terima kasih atas review airina dan kak shahzy yang buat saya turun naik keluar masuk dari satu mall ke satu mall, dari satu kedai buku ke satu kedai buku semata-mata mencari buku ini. Alhamdulillah ia satu kisah yang sanga
...more
Amena
May 14, 2013 Amena rated it it was amazing
Membaca buku ini membuat aku semakin jatuh cinta pada tulisan-tulisan bang Tere. Bagaimana tidak, jika membaca bukunya telah memberikan aku banyak sekali pelajaran moral.

Lewat cerita kak Lais -seorang kakak yang mempersembahkan seluruh hidupnya demi keluarga dan adik-adiknya, bang Tere mengajari kita (para wanita) bahwa hidup tidak semata soal kecantikan luar saja. Namun pengorbanan yang ikhlaslah yang akan membuat kita memperoleh banyak cinta dari orang-orang di sekeliling.
Kak Lais mengorbankan
...more
Subarashii aidea
Jun 23, 2011 Subarashii aidea rated it it was amazing
Bidadari-bidadari Surga,,,ketika membaca judulnya yang terfikir adalah
“bah novel ini pasti berkisah tentang tokoh utama yang cantik, akhlaknya baik, fisik sempurna, en bla bla bla”
Tapi ketika saya membacanya terjadi error report tentang pemahaman saya itu seketika saya blok n delete!!!
BBS bercerita, akan pengorbanan, keikhlasan, kebahagiaan, kesyukuran, kekeluargaan, dan kasih sayang, jodoh, rezeki, wah masih banyak lagi deh,,, *gag bisa diketikkan semua makanya cepetan baca yah biar bisa share
...more
drg Rifqie Al Haris
Feb 17, 2012 drg Rifqie Al Haris rated it really liked it
“Pulanglah. Sakit kakak kalian semakin parah. dokter bilang mungkin mingu depan, mungkin besok pagi, boleh jadi pula nanti malam. Benar-benar tidak ada waktu lagi. Anak-anakku, sebelum semuanya telambat, pulanglah....”

Itulah kutipan paragraf pembuka di halaman pertama novel ini. Kalimat itu adalah isi dari SMS seorang ibu yang dikirimkan ke anak-anaknya. Sederhana saja kisahnya. Kisah ini sebenarnya hanya menceritakan proses kepulangan dari keempat anak yang mendapatkan SMS yang berisi kabar te
...more
Hendra
Feb 03, 2012 Hendra rated it it was ok
Shelves: ready-stock
Saya tidak mau berkomentar banyak.. Tidak mau membuat resensi (apalagi menceritakan plotnya).. Itu bakalan menjadi spoiler yang benar-benar spoiling..

Saya tidak berniat mengkritik keburukan buku ini..
Tapi ini benar-benar mengganggu..
perhatikan pengaturan waktu di novel ini.. Benar-benar amburadul..
Pertama kali membaca,,ada hal ganjil.. umur yash yang sama dengan wibi.. padahal yash bungsu.. malah ikanuri yang umurnya paling muda..
OKElah,,mungkin ini cuma salah tulis,,salah cetak,,ato salah perse
...more
Inna
Dec 02, 2008 Inna rated it it was amazing
Shelves: fiksi-indonesia
Dalimunte adalah ilmuwan yang saat ini mengemukan penelitian tentang gelombang elektomagnetik antar galaksi sebelum hari kiamat. ilmuwan religius sangat disegani dan disanjung2 seantero bumi.
Wibisana dan Ikanuri anak nakal yang kemudian sukses dengan dunia otomotif.
Yahsinta, seorang gadis cantik yang menekuni hidup untuk konservasi alam, sudah melalang buana untuk penelitian dan proyek2 alam.
Anak-anak hebat!!
Anak mamak, seorang ibu dari lembah Lahambay dan adik-adik dari seorang kakak yang...sem
...more
Ahfie Rofi
Jun 11, 2012 Ahfie Rofi rated it really liked it
Shelves: tere-liye
apa yang harus aku katakan??

aku hanya bisa bilang ke keempat adikku bahwa aku nggak pernah benar-benar marah sama kalian...
kalian tetap adik-adikku yang terbaik..yang paling spesial..
(adududuh, jadi pengen nangis, tapi ini kan warnet..malu ah..)

***

cerita yang mengharukan tentang seorang kakak yang suka marah-marah(dalam arti sayang), kini harus menjalani detik-detik terakhirnya dalam kondisi terbaring lemah...
dan yang paling mengharukannya adalah ketika kedua adiknya, Wibisana dan Ikanuri menang
...more
Dini
Jan 04, 2012 Dini rated it it was amazing
Shelves: e-book
Saya baca ebook ini pas lagi down nya tentang skripsi. Kisah yang diceritakan mengenai seorang kakak yang berkorban demi adik-adiknya. Sama seperti saya yang juga seorang kakak. Mungkin ketakutan saya terlalu melampaui batas logika, membuat saya nangis pas membacanya.. Thanks David atas ebooknya (dari 2009 baru dibaca 2011 ;) )

Dan selain itu novel ini sarat nuansa Islam, saya tersentuh ketika membaca sepenggal ayat yang ada di akhir novel :

Dan sungguh di surga itu ada bidadari-bidadari bermata j
...more
Nisrina
Apr 09, 2014 Nisrina rated it it was amazing
gak bisa berkata-kata kalo ngomongin novel ini, bener-bener terharu sama perjuangan laisa buat adik-adiknya, tanpa mengharapkan imbalan sedikitpun. walaupun dia sering dicampakan oleh orang lain, dihina, dicela tetapi tak ada sedikitpun rasa dendam di hatinya. dan jika dibandingkan film nya, kalau jauh dari novelnya deh. very very recommended for you!
syafiqah
Mar 13, 2013 syafiqah rated it it was amazing  ·  review of another edition
Air yang dicincang tidak akan putus.


“Wahai, wanita-wanita yang hingga usia tiga puluh, empat puluh, atau lebih dari itu, tapi belum juga menikah (mungkin kerana kekurangan fizikal, tidak ada kesempatan, atau tidak pernah 'terpilih' di dunia yang amat keterlaluan mencintai harta dan penampilan wajah.) Yakinlah, wanita-wanita solehah yang sendiri, namun tetap mengisi hidupnya dengan indah, bersedekah dan berkongsi, berbuat baik dan bersyukur. Kelak di hari akhir sungguh akan menjadi bidadari-bidad
...more
Agustin
Apr 09, 2013 Agustin rated it it was amazing
Buku Bang Tere yang berhasil membuatku nangis bombay. Bang Tere Liye mengajak pembaca merenungkan kembali makna kemuliaan wanita, kebahagiaan yang sejati dan bidadari-bidadari surga yang dijanjikan Allah dalam Al Quran..

Buku yang harus dibaca para wanita, walo tidak menutup kemungkinan para pria juga. Buku ini adalah novel yang sarat makna akan kerja keras, pengorbanan dan penghormatan. Sungguh sebuah rangkaian cerita yang bernilai untuk dibaca.. Enggak percaya? Silahkan baca sendiri :)
Fira
Aug 21, 2013 Fira rated it it was amazing  ·  review of another edition
love this book beri beri muchowww! watak kak laisa yg sangat memberi inspirasi. aku yg normal begini pun susah mahu diterima org apatah lg kak laisa yg fizikalnya jelek itu. tapi hati dia..
hati itu... membuatkan aku sendiri jatuh cinta dgn watak itu :') semoga saja aku setabah kak laisa...
Pia Devina
Jun 02, 2016 Pia Devina rated it really liked it
Baru baca sampai tamat novelnya Tere Liye. *ke mana aja, Bu?*

Dibuat terenyuh berulang-ulang, dengan narasi dan deskripsi yang seringkali bikin mikir, "Wooww... risetnya, wooww".

Dari novel ini rasanya saya nggak cuma menikmati cerita, tapi kayak disuguhi ilmu secara nggak langsung tentang: "gini loh caranya nulis yang baik tuh".

Tapi, masih ada beberapa hal yang jadi pertanyaan saya *lupa detailnya*. Tentang Juwita dan Delima, terutama soal tanggal lahir mereka. Juga sejarah percintaan Wibisana d
...more
Sharulnizam Mohamed Yusof
Terus-terang, buku ini terlalu banyak "bawang". Mujur membacanya di pejabat (kerja sudah siap, ya!), kalau tidak merembes-rembeslah air mata keluar. Itupun sudah jatuh terlepas setitis dua.

Ahahaahah!

Karya Tere Liye ini memang "lain macam". Tidak pernah aku bayangkan ada novel yang mampu untuk membuatkan aku begitu terkesan dengan penceritaannya. Rasanya, ini yang pertama kali aku benar-benar terbenam dengan kisah yang menyayat perasaan. Kebijaksanaan Tere Liye menukar mood, kelancaran plot imbas
...more
Ambar
Jan 04, 2010 Ambar rated it really liked it
sebuah buku yang banyak mengajarkan sesuatu yang nyata. Tere-Liye dengan khasnya membuat seseorang belajar tan[a merasa diajari. Novel yang bisa membuat saya menangis di tengah malam dan tak ingin tidur.
"Kalau Dali sekolah minggu depan, Berarti Dali tidak bisa membantu Mamak dan Kak Lais lagi," Dali menunduk, berdiri disebelah Kak Laisa, berpegangan ke pagar kebun.
"Kau tetap bisa membantu." Kak Laisa berkata ringan.
"Tapi Dali setiap Shubuh harus menumpang Starwagoon, baru pulang lepas Maghrib. B
...more
Vita Azizah
Aug 01, 2011 Vita Azizah rated it it was amazing
Salah satu karya dari bang Darwis yang membuat Qt semakin tau apa arti bersyukur dan menyayangi arti keluarga...keluarga tidak dinilai dari tautan darah yang mengalir dalam tubuh, tidak mengindahkan apakah saudara kandung ataukah saudara angkat...Novel yang berhasil membuat airmata saya menetes terharu dan malu pada kebesaran hati tokoh-tokoh yang ada di dalamnya...

Satu hal lagi yang membuat saya selalu tertarik untuk membaca karya-karya Tere Liye adalah Tere Liye tidak pernah membuat saya meras
...more
Carni Hajr
Mar 04, 2012 Carni Hajr rated it it was amazing
Judul buku : Bidadari-bidadari surga
Pengarang : Tele Liye, Penerbit : Republika,
Jumlah Halaman : 367 Halaman.
Novel ini bercerita tentang bagaimana orang yang sedang jatuh bercinta dan pengorbanan seorang kakak (Laisa) untuk adik-adiknya (Dalimunte, Ikanuri, Wibisana dan Yashinta) di Lembah Lahambay. Dia rela berkorban segala-galanya demi kesuksesan adik-adik. Dia tidak pernah terlambat dalam menyelamatkan adik-adiknya.
Laisa rela berkorban agar adik-adiknya dapat melanjutkan pendidikan mereka,
...more
Dwi Suci Lestariana
Dec 26, 2010 Dwi Suci Lestariana rated it liked it
pertama membaca novel ini cukup membingungkan, dengan alur yang maju-mundur, tapi inilah yang membuat semakin penasaran,cukup mempermainkan perasaan....
Perjuangan seorang Laisa untuk keluarganya (terutama adik-adiknya), dan dia dengan ikhlas menerima keadaan dirinya yang jauh "tertinggal" dari adek2nya.
Lewat tokoh Laisa kita diajarkan apa arti perjuangan dan pantang menyerah untuk menuju kepada keadaan yang lebih baik. Cintanya pada Ibu dan adik-adiknya (yg pada akhirnya diketahui bahwa mereka t
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 99 100 next »
topics  posts  views  last activity   
mungkin ini adalah sebuah takdir 1 28 Nov 11, 2013 12:39AM  
  • Ranah 3 Warna (Negeri 5 Menara, #2)
  • Cinta di Dalam Gelas
  • Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?
  • Ketika Mas Gagah Pergi (Edisi Kedua)
  • Dalam Dekapan Ukhuwah
  • Ketika Cinta Bertasbih: Episode 2
  • Habibie & Ainun
  • Perahu Kertas
  • Di Bawah Lindungan Ka'bah
  • Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah
  • Diorama Sepasang Al Banna
  • Cinta di Ujung Sajadah
838768

"Jangan mau jadi kritikus buku, tapi TIDAK pernah menulis buku."

"1000 komentar yang kita buat di dunia maya, tidak akan membuat kita naik pangkat menjadi penulis buku. Mulailah menulis buku, jangan habiskan waktu jadi komentator, mulailah jadi pelaku."
More about Tere Liye...

Share This Book



“Wahai, wanita-wanita yang hingga usia tiga puluh, empat puluh, atau lebih dari itu, tapi belum juga menikah (mungkin kerana kekurangan fizikal, tidak ada kesempatan, atau tidak pernah 'terpilih' di dunia yang amat keterlaluan mencintai harta dan penampilan wajah.) Yakinlah, wanita-wanita solehah yang sendiri, namun tetap mengisi hidupnya dengan indah, bersedekah dan berkongsi, berbuat baik dan bersyukur. Kelak di hari akhir sungguh akan menjadi bidadari-bidadari syurga. Dan khabar baik itu pastilah benar, bidadari syurga parasnya cantik luar biasa.” 362 likes
“Bukankah kepercayaan itu sebuah rasionalitas ilmiah?” 49 likes
More quotes…