Cinta di Atas Perahu Cadik
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Cinta di Atas Perahu Cadik (Cerpen Pilihan Kompas)

3.58 of 5 stars 3.58  ·  rating details  ·  89 ratings  ·  15 reviews
Kumpulan Cerpen Kompas Pilihan 2007
Paperback, 166 pages
Published June 2008 by Penerbit Buku Kompas (first published 2008)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Cinta di Atas Perahu Cadik, please sign up.

Be the first to ask a question about Cinta di Atas Perahu Cadik

Community Reviews

(showing 1-30 of 176)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Ayu Fitri Kusumaningrum
Aku kasih 3.5 bintang.
Cerpen-cerpen sastra kayak gini selalu bikin aku bingung 'mengartikannya' sekaligus bikin aku kagum karena selalu bisa bikin aku 'memikirkan soal kehidupan'.

Kalo ditanya mana cerpen favoritku, aku nggak bisa jawab.
Semua cerpen sukses mengajarkan suatu hal ke aku.

Aku emang butuh genre bacaan kayak gini di antara genre bacaan-bacaanku biasanya :D
Ivan
Oct 15, 2008 Ivan is currently reading it
Suka skali penuturan kalimat-kalimatnya.
indri
#2010-49#

Terima kasih untuk Ayu Utami dan Sapardi Djoko Damono yang telah memilih 10 dari 52 cerpen yang dimuat di Kompas Minggu untuk dibukukan dalam buku ini.

Favorit saya satu kisah berjudul Pilot Bejo, karya Budhi Darma. Bejo, yang garis keturunannya menjadi pengendara, kakeknya yang kusir kereta, ayahnya yang masinis, menjadi pilot di Sontoloyo Airlines, perusahaan yang hanya mencari untung semata, tanpa mengindahkan etika penerbangan.
Bejo, berarti beruntung, satu nama yang bagus untuk peng...more
Endah
Beberapa waktu lalu, seorang teman cerpenis di Bandung, curhat. Katanya dengan nada masygul, ia baru saja mendapat penolakan dari salah satu penerbit untuk naskah calon buku kumpulan cerpennya. Alasan penerbit, buku kumpulan cerpen seret pemasarannya. Kurang diminati, tidak seperti novel.

Teman saya bertanya kepada saya (karena katanya saya kan senang baca fiksi), apa benar demikian? Apa benar novel lebih disukai ketimbang kumpulan cerpen?

Setelah pura-pura mikir beberapa saat, saya menjawab, bi...more
Anggi Hafiz Al Hakam
Sudah sejak 2008 lalu saya memendam keinginan untuk membaca buku ini. Maklum, dalam kumpulan cerpen terbaik ini ada cerpen dari penulis favorit. Sebut saja, Seno Gumira Ajidarma dan Budi Darma. Serta tidak ketinggalan, Agus Noor dan Djenar Maesa Ayu. Seringkali saya hanya mampu menatapi buku ini setiap mampir ke toko buku langganan di Palasari. Tanpa mampu menggenggamnya hingga ke meja kasir.

Lima tahun kemudian, saya berhasil menamatkan pembacaan buku ini. Saya rasa ada alasan mengapa Tuhan baru...more
Meliana
Oct 20, 2008 Meliana rated it 2 of 5 stars
Recommends it for: yang selama ini suka baca cerpen dan ga suka teenlit
Shelves: indonesia-puitis
sekian lama tidak membaca kumpulan cerpen, akhirnya terbeli juga: kumpulan cerpen terbaik kompas tahun 2007. membaca nama-nama penulis hebat yang berderet di cover belakangnya, seperti seno gumira ajidarma, puthut ea (my favourite writer), eka kurniawan, agus noor, gus tf sakai, budi dharma sampai djenar maesa ayu, tidak salah dong kalau aku menyimpan pengharapan yang sebesar gunung pada buku ini. apalagi ditambah dengan nama pemilihnya, ayu utami dan sapardi djoko darmono!

nah, tema apa yang di...more
Pradhany Indrarama
Lebih bagus dari tahun sebelumnya, walaupun masih sama-sama realis tapi twist-twist nya lebih ngena.
Anggraeni Purfita Sari
Saya membeli buku ini karena banyak penulis favorit saya disini dari mulai penulis angkatan tua seperti Budi Darma hingga yang muda seperti Ugoran Prasad. Cerpen favorit saya disini selain cerpennya SGA adalah cerpen karya Budi Darma yang judulnya Pilot Bejo. Bagi saya cerpen itu lucu, penuh sindiran disana-sini tapi tetap menyenangkan untuk dinikmati. Mana ada pilot berwajah kocak yang selalu beruntung selain di dunia Budi Darma? :)
Danis Syamra
Kumpulan cerita pilihan yang benar-benar pilihan. Cerita Gerimis yang Sederhana milik Eka Kurniawan merupakan cerit yang sebenar-benarnya sederhana tapi 'mengejutkan' :)
Risnatt
Baru sempat baca buku ini. Dari 15 Cerpen yang 'diplih' oleh Ayu Utami dan Sapardi DJoko Damono, aku palig tersentuh oleh cerpen "LAMPU IBU" Adek Alwi.
Teguh Affandi
PILOT BEJO, tetap bikin ngakak....
Diy Autumn
Nov 27, 2010 Diy Autumn marked it as to-read
mauuu ....
Andi
Nov 20, 2010 Andi rated it 3 of 5 stars
Shelves: idn, kumcer
3.5!
Nufira Stalwart
Nufira Stalwart marked it as to-read
Jul 11, 2014
Usman Arrumy
Usman Arrumy marked it as to-read
Jul 09, 2014
Fahtur
Fahtur marked it as to-read
May 22, 2014
Luthfi
Luthfi marked it as to-read
May 02, 2014
Dian Afri
Dian Afri marked it as to-read
Apr 12, 2014
Aiko
Aiko added it
Apr 02, 2014
Bobaaah
Bobaaah marked it as to-read
Mar 09, 2014
« previous 1 3 4 5 6 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
512651
Seno Gumira Ajidarma is a writer, photographer, and also a film critic. He writes short stories, novel, even comic book.

He has won numerous national and regional awards as a short-story writer. Also a journalist, he serves as editor of the popular weekly illustrated magazine Jakarta-Jakarta. His piece in this issue is an excerpt from his novel "Jazz, Parfum dan Insiden", published by Yayasan Benta...more
More about Seno Gumira Ajidarma...
Sepotong Senja untuk Pacarku: Sebuah Komposisi Dalam 13 Bagian Sebuah Pertanyaan untuk Cinta Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi Jazz, parfum, dan insiden Atas Nama Malam

Share This Book