Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Ciao Italia: Catatan Petualangan Empat Musim” as Want to Read:
Ciao Italia: Catatan Petualangan Empat Musim
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Preview

Ciao Italia: Catatan Petualangan Empat Musim

3.37 of 5 stars 3.37  ·  rating details  ·  279 ratings  ·  51 reviews
Apakah kamu memiliki impian keliling Eropa? Atau sangat ingin bersekolah di luar negeri dan bergaul dengan teman-teman baru yang selalu haus petualangan?

Ciao Italia! mengajakmu untuk melewati ruang-ruang kelas universitas di Italia, galeri seni ternama, sampai pesta-pesta mahasiswa Eropa yang seru.

Perjalanan penulis akan membawamu menikmati tempat-tempat di pelosok Mediter
...more
Paperback, 300 pages
Published 2008 by Gagas Media
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Ciao Italia, please sign up.

Be the first to ask a question about Ciao Italia

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 406)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Laras
Wow... catatan perjalanan yang menarik!

Selalu menyenangkan mencermati perjalanan petualang seperti yang tertuang dalam buku ini, atau buku-buku sejenis seperti travaler's talenya adhitya mulya, dkk.

Menelusuri sudut-sudut Italia dan sedikit tentang Prancis, disertai detil hasil pengamatan kebiasaan sehari-hari orang-orangnya, membuat saya seakan ikut 'hidup' disana...

Merasakan naik bus air, melihat gondola, menikmati memberi makan burung, melihat museum dan galeri lukisan, menyesap secangkir espr
...more
Sarashanti
Setiap negri di tanah Eropa selalu menjadi destinasi dambaan setiap pelancong untuk dikunjungi. Tidak terkecuali dengan si negri pasta yang terletak di bagian selatan Eropa Barat dan berbatasan dengan Laut Mediterania, Italia. Sebagai pusat peradaban di masa pencerahan lalu, hingga kini Italia mampu melestarikan setiap jejak peninggalan seni dan sejarahnya dengan baik. Maka tidak heran apabila seringkali Italia terdengar ‘mahal’ bagi para turis dan pelancong.

Dalam buku Ciao Italia!, dituturkan k
...more
Harun Harahap
*BUONGIORNO!!!!*

buku yang satu ini ga bisa dibilang buku travelling..karenaGama memang tidak hanya sekedar berjalan2..dia juga menjadi residen tetap di italia untuk belajar bahasa itali di salah satu universitas di Perugia...*walalupun sepertinya Gama ni sering madol..alias bolos*

buku ini secara spesifik hanya menceritakan kota2 di Italia..yah adalah beberapa kota di prancis yang ia ceritakan..tapi yah entah kenapa..saya jadi ga terlalu berminat datang ke Italia..padahal biasanya klo abis baca b
...more
Inna
Dec 02, 2008 Inna rated it 3 of 5 stars
Shelves: travel
Buku2 travel selalu mendapat tempat dihati. seolah melancong gratis, terbang dari satu tempat ketempat lain tanpa harus menggeserkan badan dari kasur *biasa baca sambil tidur soalnya* he..he.

Petualangan Gama sang penulis di negeri sejuta meseum di Italia. mengikuti perjalanan musim dan mengahabiskan masa seperti layaknya backpacker melompat dari satu tempat ketempat lain dengan fasilitas, akomodasi serta duit minim.

Dari satu kota kekota lain diceritakan dengan runut menurut urutan bulan, sesuai
...more
Asriani
Jalan – jalan keluar negeri ataupun mengunjungi kota – kota lain di Indonesia adalah satu dari sekian banyak mimpi yang saya tulis di jurnal sejak kecil. Bahkan saya telah menjadikan satu kota dan satu negera menjadi resolusi seumur hidup. Sayangnya sampai usia yang setahun lagi memasuki seperempat abad ini, Kesempatan dan kemampuan memang belum datang menghampiri. Jadi wajar saja kalau sampai umur segini saya hanya bisa menikmati cerita –cerita orang lain melalui artikel mereka di koran, buku, ...more
Maya Widiatmoko
Lamaaa banget buat ngelesaiin baca ini. Soalnya selalu aku ulang2 bahkan sebelum selesai baca sampe halaman akhir. Tulisan Gama udah kaya kamus buat aku, selalu aku buka dan baca...dimana-pun halam tersebut terbuka! Awesome.
Aku jd semakin jatuh cinta sama Italia. Baik dan buruknya! Semoga memang banyak jalan menuju Roma...
Laura Desy
Woah.. jadi tau tentang tempat - tempat di Italia, beberapa vocab nya, sedikit sejarah mengenai tempat dan cerita - cerita konon yang berkembang di sana. Sambil baca juga bisa sambil membayangkan objek nya karena dibantu dengan beberapa foto yang dicantum di tiap bab nya.
Anggraeni Purfita Sari
Awal baca buku ini sempet kagok dengan penggunaan bahasa yang campur-campur antara Italia, Inggris dan Indonesia, dikit2 liat halaman sebelumya untuk mencari padanan kata bahasa Italia yang digunakan, dan karena padanannnya sering make bahasa Inggris, mikirnya harus dua kali deh, hehe. Lama2 oke juga kok.

Saya sempet bosen di tengah-tengah karena tebalnya buku dan isinya nggak begitu lucu terus lagi karena yang nulis cowok jadi nggak ada deh itu cerita borong2 baju atau souvenir lucu2 gitu di It
...more
Bonar Fitriarman
Selalu menarik untuk membaca sebuah buku tentang suatu negara. Dikata traveling bukan juga ya, secara gama menetap di Italia. Tapi ada beberapa perjalanan ke kota-kota di Italia, nah itu bagian travelingnya. Buku ini termasuk komplit membahas Italia. Mulai dari makanan, tempat yg harus dikunjungi, kebiasaan penduduknya (tradisi), suasana kota-kota di Italia, dan banyak lainnya.

Gama sepertinya sangat menikmati Italia, sehingga bisa menceritakan Italia secara fun dan mendetail. Dan yg membaca buku
...more
Dika Nadya larasari
Sep 15, 2012 Dika Nadya larasari marked it as to-read
Suka travelling?? Ingin keliling Eropa? Selain Naked Traveller, buku ini juga wajib dimiliki oleh kalian yang ngefans banget sama negara pizza. Dalam buku ini dipaparkan berbagai keperluan wisata ke italia atau bersekolah disana dengan akomodasi ala mahasiswa tentunya.

Ciao Italia! mengajakmu untuk melewati ruang-ruang kelas universitas di Italia, galeri seni ternama, sampai pesta-pesta mahasiswa Eropa yang seru.

Perjalanan penulis juga memberi tips bagi kita untuk mencari hostel, tiket, dan maka
...more
Dhini
gama harjono yang jatuh cinta pada italia, memutuskan untuk tinggal di negeri itu..selama setahun,sebagai mahasiswa, dengan demikian, dia bisa menceritakan italia tidak semata dari sudut pandang seorang turis, tapi juga sebagai seorang "warga negaranya".

Dengan membagi kisahnya dalam empat musim, gama cukup dapat membantu para pembaca merasakan aktivitas yang terjadi dalam satu periode musim...

Pokoknya asik banget baca buku ini... atmosfir itali rasanya benar2 hadir di sekeliling kita, paling tid
...more
Monica Riska Riana Dewi
Saya suka sekali dengan Italia, makanya pada saat tau ada buku seperti ini, saya langsung beli dan tiba-tiba jadi penggemar Gama Harjono! Hehehehe.

secara keseluruhan sih saya suka dengan penggambaran Gama mengenai 4 musim di Italia, namun pada bagian tertentu kok saya agak tersinggung sedikit ketika membahas Paus. Tapi it's okay sih kalo itu mungkin pendapat pribadinya dia.. Saya gak kepingin ngebahas panjang lebar tentang itu. Yang jelas Gama telah berhasil membuat pemandangan dan bangunan2 nan
...more
ian Adiwena
memang suka buku yang berbau-bau cerita kehidupan di luar negeri ini terutama eropa, buku ini lumayan bagus menurutku karena penulis dapat menceritakan dengan cukup detail tentang pengalamannya hidup di italia. tapi setelah membaca buku ini aku jadi tahu bahwa g semua negara eropa tu mempunyai tatanan ekonomi dan sosial yang maju, yang ternyata birokrasi dan tetek bengek lainnya kayaknya lebih parah dari negara berkembang di Asia. But, ttp menarik karena ada cerita tentang kuliner Itali yang pas ...more
Zaza
Sep 21, 2008 Zaza rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: trave lovers
Shelves: i-own
Saya termasuk penikmat buku-buku yang bercerita tentang sebuah tempat, perjalanan di suatu tempat sampai sejarah suatu tempat. Jadi buku Ciao Italia ini bisa masuk menjadi salah satu buku favorit saya.

Ceritanya simpel, tentang perjalanan Gama, si penulis, yang jadi pelajar di Italia. Juga perjalanannya ke negara-negara Eropa di sekitar Italia.

Cara dia bercerita juga enak buat diikuti. Jadi berasa kita ikutan jalan-jalan disana. Terasa menyenangkan, jadi ingin segera menjejakkan kaki di benua Ero
...more
Sari
Suka amazed sama org2 yg melakukan perjalanan keluar negri yg tujuannya sebnrnya buat plesiran tp krn ga ada duit jadi nyari beasiswa deh biar bisa dpt uang saku hihi..

Tapi kalo yg ini kayanya dia cm ambil short course aja deh (lupa krn bcnya uda agak lama) utk pelajaran bhs italia, dia ceritain ttg pengalamannya disana ktemu org2 Spanyol jg, dr buku ini saya tau kalo org Spain itu doyan party dan pergaulannya bebas bgt bok! Selebihnya saya lmyn lupa apa yg ditulis disini..haha..
Nanie
Ada yang suka makan pizza atau spagheti? Atau Penggemar klub sepakbola Lazio, Juventus dan lain-lain? Atau suka berpetualang ke tempat-tempat sejarah seperti colosseum? Ataukah pernah mendengar pepatah " banyak jalan menuju Roma"?Ya, pikiran kita biasanya akan tertuju pada pilihan-pilihan tersebut bila menyebutkan kata Italia.
Sisi romantis saya selalu membayangkan bisa berkunjung ke kota terapung Venesia, naik gondola menikmati pemandangan di kota tua itu. Oh so sweet :)
Cintantya Sotya Ratri
Novel Ciao Italia! bikin aku jadi pengen bisa tinggal di negeri orang, khususnya eropa, nggak cuma Italia aja. Penulis menceritakan kebudayaan Eropa dengan sangat mendetail dan juga kritis sehingga pasti dapat banyak pengetahuan baru setelah baca buku ini.
Sayangnya, kualitas percetakannya jelak banget. Seperti banyak kertas yang dobel dan kualitas jilidan yang payah bikin novel ini jadi kurang nyaman pas dibaca.
Ika Nur'afiyah H
Caranya menceritakan setiap sudut kota di Italia sangat detail, saking detailnya, terkadang saia hrs dua kali mengulang untuk membaca tiap bab-nya ditambah lagi istilah-istilah Italiano yg mash agak susah saia cerna. Insert pictures yg kembali menegaskan betapa vintage-nya salah satu negara di Eropa ini. Sejauh ini, kota yg saia bisa ingat hanya Tuscan sama Umbria. Maklum, short memory saia sangat payah, he he.
Rahmadiyanti
Satu lagi buku tentang traveling. Sepertinya tahun ini dan beberapa tahun ke depan dunia literasi kita akan diramaikan genre baru: memoar perjalanan. Bila buku-buku traveling sebelumnya berisi perjalanan penulis ke beberapa negara, maka Gama khusus membidik Italia. Dari Roma hingga Venesia, dari Tuscany hingga Milan. Cukup menarik, karena fokus pada satu negara. Terutama mengulik kultur dan gaya hidup Italian.
indri
my 300th book!!!
Seperti tidak baca buku, seperti baca blog aja, dengan kata2 lisan yang diverbalkan. Keseluruhan ceritanya menarik, namun mungkin karena tujuannya untuk menceriakan 'asyiknya' di Italia, untuk guide, yah banyak yang subjektif. Makanya banyak keseling bacanya.
Kalau mau lebih banyak tau soal Italia, lebih baik baca buku yang lebih informatif. Sebagai selingan ini, okelah..
Levine
Buku ini bagus. Jadi bisa sedikit belajar bahasa Italia karena banyak kalimat" dengan bahasa italianya di buku ini. Asik dan seru aja sih baca dan ngebayangin pemandangan dan suasana yg digambarin di buku ini.
Di buku Ciao Italia ini, juga sedikit mengulas ttg keindahan dan sejarahnya Perancis lhooo
Pokoknya seru deh!
Gara" buku ini , jadi tertarik ke Venesia :/
Linda Singagerda
Diajak berkenalan dgn berbagai tempat di Italia, sejarah dan makanannya. Gama Harjono bertualang mengitari Italia sambil menjalani studi bahasa Italia. Bagaimana dia bersosialisasi menggambarkan kebiasaan orang2 di sana merayakan hari2 besar mereka. Menyenangkan utk bisa mengenali Italia dari sudut pandang org Indonesia. Bisa dibilang buku yg lengkap!
Erika Gustiana
Keren sampe ada resep masakan Italia-nyaa di akhir buku.
aulia biben
selalu menarik menemui cerita lengkap suatu negeri, termasuk buku ini. cerita lengkap dari musim ke musim dengan tradisi yang berbeda di setiap belahan italia. belajar mengenal pizza, dan capucino. belajar jika bangsa italia berkata dengan tangan.
sedikit kurang adalah gambar atau foto-foto di buku ini...
ariverdeci
Elmo
Mau jalan-jalan keitalia?? kudu baca buku ini dulu. ni buku berisi perjalanan penulis selama berada di italia.Serunya buku ini juga dilengkapi foto-foto perjalanan penulis. paling nggak,kita punya bayangan lokasinya. selain itu,ada resep makanan italia---- mantab!
Talitha
buku yang sangat membantu rasa ingin tahu tentang budaya eropa khususnya italia. dilengkapi gambar-gambar indah dan juga informasi yang sangat bermanfaat, saya selalu membaca ulang buku ini. termasuk di dalam nya adalah resep masak yg sudah pernah saya coba :">
Eva Kartika
Beli buku ini karena penggemar makanan italia ;) tapi ternyata seru juga bukunya. Selain cerita tentang people, culture n food..ada juga foto-fotonya. Tambah seru karena dia kasih info n tips cara melancong dengan murah atau dapetin beasiswa.
Arief_13
sebuah catatan perjalanan. menarik, pengalaman selama Gama (si penulis) studi di Italia dituangkan dalam bentuk tulisan. sangat informatif dan cukup provokatif, saya jadi semakin terobsesi untuk menjejakan kaki di negeri pizza itu.
Rosa
Just Read it And You will love it!!!
I can have a "FREE" trip to Italy by reading this book, Inside there full Gama Harjono activity in Italy, every corner he went and done helps me imagine that what if i were there...

Shara Zayn
buku ini mengajak kita untuk mengetahui lebih lanjut tentang Italia

membuat saya menancapkan mimpi tinggi,
saya akan hidup di Italia sutu saat nanti
dan kini... saya sedang berburu beasiswa ke Italia :)
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 13 14 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Back "Europe" Pack: Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1.000 Dolar
  • Life Traveler
  • The Journeys
  • The Naked Traveler 3
  • Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah
  • Travellous: A Travel Journal
  • Meraba Indonesia: Ekspedisi "Gila" Keliling Nusantara
  • Kedai 1002 Mimpi
  • The Journeys 3: Yang Melangkah dan Menemukan
  • Menyusuri Lorong-Lorong Dunia: Kumpulan Catatan Perjalanan Jilid 1 (Menyusuri Lorong-Lorong Dunia, #1)
  • 40 Days in Europe: Kisah Kelompok Musik Indonesia Menaklukkan Daratan Eropa
  • Generasi 90an
  • Trilogi Insiden
  • After Orchard
  • J.P.V.F.K: Jakarta - Paris via French Kiss
Lupakan Palermo The Journeys

Share This Book