LANANG (Novel)
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

LANANG (Novel)

by
2.78 of 5 stars 2.78  ·  rating details  ·  63 ratings  ·  27 reviews
Doktor Dewi seorang antek korporasi asing. Berkepentingan memasok produk rekayasa genetika dari luar negeri, dia ciptakanlah hewan transgenik penyebar virus penyakit, Burung Babi Hutan. Sejak kemunculan makhluk aneh ini, area peternakan sapi perah tempat Lanang bekerja tiba-tiba terserang penyakit gaib. Ribuan sapi mati. Warga pun gempar.

Bersama pemerintah dan masyarakat,...more
Softcover, 440 pages
Published 2008 by Alvabet

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.
Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
280th out of 428 books — 1,540 voters
Saman by Ayu UtamiSemusim, dan Semusim Lagi by Andina DwifatmaSurat Panjang Tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya by Dewi Kharisma MichelliaJukstaposisi by Calvin Michel SidjajaDari Hari Ke Hari by Mahbub Djunaidi
Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta
24th out of 26 books — 13 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 107)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Windry
Yusi said,

"saat mental kalian sedang drop, buka buku ini. halaman berapa saja. tertawa-lah. dan kalian akan merasa lebih baik.

karena masih banyak yang lebih buruk dari tulisan kalian.
dan tulisan itu menang sayembara DKJ."

:D
Caklul Foe
Yonathan bercerita dengan ungkapan yang, menurut saya, sangat indah. Sosok drh. Lanang yang menjadi tokoh utama dalam kisah ini ditampilkan sebagai manusia yang kompleks. Pada saat tertentu, Lanang, adalah sosok yang penuh kasih sayang, tanggung jawab, dan kokoh, namun di saat yang lain, Lanang adalah sosok yang kurang peduli alias egois, tidak bertanggung jawab, dan rapuh. Aku suka sekali dengan pengungkapan yang seperti ini. Dengan demikian, Lanang menjadi sosok manusia yang memang mempunyai k...more
Pembaca Novel Lanang
oleh:
Juni Eka Prihatini
Pengajar Bahasa Jepang

Novel Lanang adalah Novel bergizi dan mudah dicerna. Mengenyangkan dengan pengetahuan akan sainfuturistik, simbol-simbol filsafat.
Tapi, sebagai perempuan saya sedih dan pedih karena perempuan patah hati/kecewa bagaikan hewan transgenik (otak kancil+monyet yang dicangkok ke kepala singa betina dengan tubuh angsa).
Saya sendiri sangat senang membaca buku dengan beragam tema, fiksi ataupun non-fiksi. membaca Lanang saya merasa ada di antara keduanya. Ap...more
Arul Syah

Nggak asik. Njomplang abis ah dengan karya-karya pemenang sayembara DKJ sebelumnya...
Ariont
BUKU PALING BAGUS YANG PERNAH KUBACA
Universitasibnukhaldunbedahnovellanang
Like watching a movie

By:
Shinta Suciati
FKIP
Universitas Ibn Khaldun Bogor
06211210498
Semester IV Afternoon

Novel Lanang tell about a man the name is Dr. Lanang, he is veterinarian and he lived in the village and his wife was named Putri. The night he halp born Cow property Sukarya bat in the morning the little cow that he halp died. He was very shocked, then he had made some investigation.
All Doctor make a seminar for this cause, in the Seminar he meet Dr. Dewi she was a holder of doctorate who work...more
UniversitasPakuanBedahNovelLanang
Yonathan, Rahardjo.(2008).Lanang.Alvabet sastra (Reflection)

http://lenimulyanasari.blogspot.com/2...

Yonathan, Rahardjo.(2008).Lanang.Alvabet sastra (Reflection)

Name : Leni Mulyana Sari

NPM : 031104067

Class : VIII/C

Subject : Extensive Reading

REFLECTION

Yonathan, Rahardjo.(2008).Lanang.Alvabet sastra

Lanang is story where this novel tells about a veterinarian life, named Lanang. He has wife. her name is Putri. They lived in the village. One day, a doctor named Dewi is a veterinarian too. She create t...more
an
terlalu banyak pendapat untuk buku ini, bingung mulai na dari mana :-?

dari ide cerita na, seperti anggapan beberapa juri, memang ini baru. walo tema utama tetep cinta-cinta, ga bisa lepas. tapi percintaan ini dibungkus dalam bioteknologi, mutasi transgenik dan rekombinasi dna lain na. hanya...

kebaruan ilmu dan ide ini tidak dibarengi dengan kemampuan mendeskripsikan, ntah penulis takut pembaca tidak memahami, atau memang itu hanyalah imajinasi yang masih sulit ditelusuri bukti-bukti yang ada. ma...more
htanzil
Sebenarnya agak terlambat untuk membicarakan novel Lanang – Yonathan Rahardjo, pemenang harapan II novel DKJ 2006. Novel yang terbit sejak Mei 2008 ini telah banyak menuai komentar, ada yang memuji dan ada juga yang mengkritiknya. Ketika novel ini dibahas di TIM pada bulan Juli yang lalu, novel ini didiskusikan dengan sangat kritis oleh para pengamat dan pelaku sastra nasional.

Arpesiasi atas novel ini ternyata tak berhenti di ruang-ruang diskusi sastra, kritikan, pujian, dan beraneka tanggapan d...more
Ahmad  Fathoni
Raden Mas Yonathan Rahardjo, saking tanah Prabu Angling Darmo;Lelananging Jagad, penulis Novel Lanang...

Kau memang dokter hewan kesekian yang menulis karya sastra.
Tapi kau dokter hewan pertama yang membawa karya hebat dunia kedokteran ini ke dalam karya sastra: "Rekayasa Genetika".

Dengan gayamu yang ndeso, bohemian, unik, ga jumawa, slengek'an, seakan ga kenal tata bahasa Indonesia yang baik, orang justru kerap tertipu melihat dirimu yang sejati. Orang terlampau kerdil untuk berani menangkap u...more
Andri
Terserah banyak yg memuji-muji novel ini, pemenang sayembara, karya yg brilian.. tapi buat gw.. novel ini jelek. Ceritanya mengada-ada, cara bertuturnya sok puitis tapi nanggung. Not my type of book. Kalo ada yg mau, barter boleh koq...
Ronidin Sukat

Ceritanya terlalu dibuat-buat dan dipaksakan.
Mimin Haway
Dapat buku ini gratis dari GRI pas acara diskusi buku Jakarta tahun lima puluhan di TM Bookstore Poins Square. Yang namanya hadiah ya dibaca aja, apalagi ada embel-embel 'novel pemenang DKJ 2006', jadi antusias baca.

Pertama terkesan dengan endorsement yang luar biasa, lalu baca lima halaman pertama tambah terkesan karena kalimatnya sastra banget. Tapi halaman berikutnya membuat saya kecewa. Mungkin karena timing bacanya kurang tepat. Kalau sudah berkeluarga baru boleh baca haha..., soalnya banya...more
Henny Sari
Tema dan ceritanya saya suka. Rekayasa biologi/genetika. HANYA SAJA TEKNIK PENULISAN oleh penulisnya dan PENYUNTINGAN oleh penyunting buku ini (cetakan pertama yang saya punya) saya rasakan belum optimal (apalagi maksimal). Selain kesalahan penulisan kata-kata dan tanda baca, penempatan bab pembuka pun tidak cocok. Mestinya bukan itu bab pembukanya. Terlalu biasa dan TIDAK mengajak pembaca untuk terus penasaran mengikuti hingga ke dalam. Beruntunglah para pembaca yang sabar atau punya banyak wak...more
Yonathan
May 26, 2008 Yonathan added it  ·  (Review from the author)
http://novel-lanang.blogspot.com/sear...

“LANANG” :
Imajinasi yang Menawan dalam Kemasan Canggung


Oleh: Bambang Sugiharto
Guru Besar Filsafat, Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan, Juri Lomba Novel Dewan Kesenian Jakarta 2006.


Novel “Lanang” adalah sebuah karya yang agak aneh dari Yonathan Rahardjo. Novel yang pada banyak bagiannya memainkan kekuatan bahasa puitik itu , ternyata berbeda dari novel-novel puitik yang telah melanda dunia sastra kita sekitar dasawarsa terakhir ini. Mereka ya...more
Jimmy
Sebuah buku yang berkisah tentang rekayasa genetika, dengan dampak baik dan buruknya. Konspirasi berbagai pihak untuk melancarkan bisnis bioteknologi, dengan mengorbankan seorang dokter hewan yang di satu sisi berdedikasi namun di sisi lain rapuh dalam "keliaran"nya.
Walaupun pada akhirnya saya mengerti jalan ceritanya, tapi saya tetap tidak menyukai gaya berceritanya, terlalu berat untuk dicerna.
Namun, banyak juga pesan-pesan moral yang bisa diambil dari buku ini.
Gen Kemalasan + Gen Kebodohan...more
Mansur Ga'ga
buku ini berkisah tentang berbagai problematika yang dihadapi dalam kehidupan dokter hewan. problematika yang dihadapi meliputi problematika prikologis, keluarga, pekerjaan, dan masyarakat. Di dalam novel ini terbias keperangan Jonathan Rahardjo tentang kedekatan profesi dokter hewan terhadap hajat hidup manusia. sederhananya, selama kita masih mengkonsumsi makanan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani, maka kita sebenarnya berada dalam cakupan tanggung jawab dokter hewan.
Donny
Buku pememang harapan sayembara novel Dewan Kesenian jakarta 2006 ini sebenarnya cukup potensial menjadi buku novel yang berbobot. Sayangnya adegan seks dan narasi yang bergaya puisi terlalau banyak sehingga fokus terhadap cerita yang utuh jadi berkurang. Padahal dengan tema yang ditawarkan tentang wabah penyakit yang disebabkan makhluk jadi-jadian (burung BabiHutan)bisa menjadi potensi novel ini menjadi smeacam suspense thriller yang memukau. Sayang.
Sayekti Ardiyani
Nov 21, 2013 Sayekti Ardiyani is currently reading it
Sebenarnya saya penasaran dan tertarik dengan temanya,pengen nambah pengetahuan di bidang kedokteran hewan, dunia transgenik, tapi hingga di halaman 60an, saya belum menemukan kenikmatan membaca. Diksi yang digunakan pengarang, dengan bahasa yang puitis justru membuat saya tidak nyaman karena kurang pas digunakan. Jadi, untuk sementara saya tinggalkan dulu buku ini.
Julaybib
Saya beli buku ini karena katanya fiksi ilmiah. Ternyata sama sekali nggak ilmiah (dan yang bikin eneg, ini buku tentang peternakan yang ditulis oleh seorang dokter hewan). Bahasanya pakai gaya puitis, tapi entah kenapa terkesan seperti bikinan anak SMP. Setelah memaksakan diri membaca 2 bab, saya nggak kuat lagi. Bikin mual dan pusing (literally).
Whisnu
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Rara Ratih
Sep 10, 2008 Rara Ratih rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: anybody
Ga heran klo dokter hwan Ibh pintar dr
dokter apapun. Krn dokter lain msh tanya keluhan ke pasien. Apakah Makhluk aneh yg disebutkan dalam novel lanang ini
virus/makhluk lainnya?trus gmn sich cr dptin inspirasinya?
kinu triatmojo
Hmm.. kenapa saya tidak bisa menikmati novel ini ya *bertanya pada diri sendiri* Sampai akhir, saya berada di luar saja, tidak bisa masuk atau menenggelamkan diri ke dalam ceritanya.
Aniek
buku yang membuat saya harus berulangkali mengernyitkan dahi sewaktu membacanya. bukan karena alur cerita yang sukar, tapi lebih kepada kebingungan atas alur yang disajikan. hiks.
Etty Wahyuni
Oct 24, 2008 Etty Wahyuni rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: everyone
Novel bagus, nilai seninya tinggi, kompleks; tapi rumit dan tidak ekonomis (nilai jual kayaknya kurang)

Etty Wahyuni
Mbak Erma
Sep 10, 2008 Mbak Erma rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: everyone
Aku sdh baca novel Lanang. Asyik bnget
euy... Rugi abis den kalo gak baca...!
Ario
KARYA TERBURUK YANG PERNAH SAYA BACA....
Ashley
Ashley marked it as to-read
Jul 01, 2014
Ceuceu
Ceuceu added it
Jul 01, 2014
Moira Mcglynn
Moira Mcglynn marked it as to-read
May 12, 2014
« previous 1 3 4 next »
topics  posts  views  last activity   
LANANG : ESTETIKA DI LUAR TEKS 7 107 Jul 22, 2008 10:06PM  
TAMAN API (Novel) Kedaulatan Pangan: Kumpulan Sajak AVIAN INFLUENZA (Ilmiah Populer) Jawaban Kekacauan: Puisi (+Sketsa) 13 PEREMPUAN (Kumpulan Cerpen)

Share This Book

No trivia or quizzes yet. Add some now »