Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Nusantara: A History of Indonesia” as Want to Read:
Nusantara: A History of Indonesia
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Nusantara: A History of Indonesia

3.82 of 5 stars 3.82  ·  rating details  ·  230 ratings  ·  30 reviews
A history of Indonesia up to World War II.
Hardcover, 479 pages
Published 1959 by W, van Hoeve Ltd
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Nusantara, please sign up.

Be the first to ask a question about Nusantara

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 838)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
nanto
Buku 528 halaman ini akhirnya officially finish terbaca. Sebagian halaman memang dibaca dengan nafas dan antusiasme yang berbeda, terakhir terutama. Membaca buku setebal ini dengan rentang sejarah panjang tentunya anda akan dihadapkan pada banyak harapan: akan seperti apa wajah Nusantara ditangan Vlekke?

Menulis buku sejarah yang memasukan rentang panjang memang tidak gampang. Ia kadang begitu dalam, hingga sempat berkesan mirip sejarah kecil (le petite historie), seperti ketika mengupas kopi dan
...more
mahatma
ini buku lama, edisi aslinya saja terbit tahun 1943, dan yang dijadikan dasar terjemahan ini adalah edisi 1961.
NUSANTARA: a history of indonesia" , mulai ditulis pada tahun 1941, tepat rentang terakhir dari rentang waktu yang hendak dikisahkan sejak awal ditemukannya bukti-bukti tertulis di indonesia: diawali oleh deskripsi geografis, dan diakhiri oleh deskripsi situasi perang revolusi.
bila buku ini ditulis hingga rentang waktu 1941 dan tepat pada tahun itu pulalah ia memulai menulis, bagaimana
...more
Aroengbinang
Nov 04, 2008 Aroengbinang is currently reading it  ·  review of another edition
Shelves: history
Membaca buku ini sungguh menuntut kesabaran untuk bisa menerima kenyataan2 pahit masa lalu, hancurnya satu persatu kekuasaan lokal oleh kompeni, karena keserakahan dan kebiadaban kompeni dan junjungan2 mereka di blanda serta karena perseteruan diantara penguasa lokal sendiri dan kelemahan raja-rajanya, yang dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kompeni untuk memperluas dan memperdalam cengkaram kekuasaannya.

Tidak kah sejarah berulang? Raja-raja dan penguasa lokal sekarang bertransformasi dalam
...more
Palsay
Jun 01, 2008 Palsay rated it 3 of 5 stars  ·  review of another edition
Recommends it for: Indonesian
Recommended to Palsay by: www.inibuku.com
Melalui buku ini, kita diajak untuk berfikir ala Barat, alias curiosity, riset & sedikit "pengremehan" terhadap pribumi. (owh apakah ini hanya perasaanku saja???)

Ada sedikit keluhan saat saya membaca buku ini, yang pertama dikarenakan terjemahannya kurang rapi, dan yang kedua adalah hilangnya beberapa bagian tentang kolonialisme pada cetakan awal-yang sengaja dihilangkan oleh Vlekke.

Buku ini memaparkan sejarah Nusantara, dari mulai kerajaan Syiwais dan Budhis di beberapa daerah di Indonesia
...more
an
perjalanan panjang untuk membentuk Indonesia. waktu yang lama untuk mewujudkan indonesia. dan banyak hari terlewatkan untuk menuntaskan sejarah nusantara, mengikuti perjalanan ‘menjadi’ indonesia. bukan hal mudah untuk langsung menyerap semua na. buku yang diterjemahkan dari edisi tahun 1961 ini merupakan tulisan ulang dari edisi yang terbit pertama di tahun 1943. saat itu indonesia belum sah terbentuk, maka na catatan ini mungkin ditulis kembali ketika indonesia sudah resmi merdeka. karena itul ...more
Giyanto
Karya Bernard H. M. Vlekke, Nusantara: Sejarah Indonesia menarik untuk dicermati. Ia menyuguhkan garis besar bagaimana evolusi dari yang awalnya ekspedisi kapal dagang pengusaha-pengusaha Belanda menjadi kekuatan imperialis yang sangat kuat di Asia Tenggara, yang dalam buku tersebut disebut sebagai Hindia-Timur. Niat berdagang ternyata tidak cukup untuk mengatasi persoalan persaingan dengan Bangsa-bangsa Eropa sendiri di wilayah baru, yang sebelumnya telah diduduki oleh Bangsa Portugis. Kemudian ...more
Helvry Sinaga
Buku ini benar-benar membuka wawasan tentang sejarah Indonesia pada masa lalu. Ada tiga bagian besar buku ini. Bagian pertama, pra kolonial. Bagian ini menceritkan tentang kerajaan-kerajaan yang berjaya pada abad 11 s.d. 15 seperti Majapahit, Sriwijaya, serta konflik-konflik yang terjadi antarkerajaan masa itu. Bagian kedua, pada masa kolonial. Saat bangsa Portugis mendarat pertama kali di Banten, Nusantara menjadi tersebar namanya di kalangan pedagang eropa. Sampai saatnya Cournelis de Houtman ...more
Henrikhus
Baru aja selesai baca buku ini. Sebagai buku sejarah cukup lumayan walau masih terlalu general dalam membahas detil2 yang terjadi. Walau begitu dari buku ini bisa saya simpulkan sebagai berikut bahwa:
1. Islam masuk ke Indonesia dengan damai dan bahwa peralihan agama yang terjadi mula karena para penguasa lokal beralih agama karena mencari persekutuan dengan Demak untuk menghadapi masuknya Portugis dll.
2. Bahwa yang mempersatukan Indonesia itu adalah kompeni, kita boleh aja tidak suka fakta ini
...more
Susetyo Priyojati
Buku ini lumayan informatif dan berusaha meluruskan beberapa kesalahan persepsi tentang sejarah Indonesia atau menawarkan sudut pandang lain. Tentunya perbedaan pandangan itu sebaiknya tidak diterima mentah-mentah hanya karena "sesuai selera" atau "nyentrik". Penulisnya sendiri bahkan (di edisi revisi) mencantumkan judul sebuah buku oleh penulis lain yang menyanggah konsepsi beliau tentang Raffles seperti digambarkan dalam edisi pertama buku ini.
Yang terasa agak mengganjal adalah terjemahan kata
...more
Sefty
Saya di luar Indo, dan butuh buku ini buat bahan penelitian.. Kalau di Indo masih bisa dibeli di toko2 buku biasa ga ya?
Despin Koto
Apr 25, 2014 Despin Koto is currently reading it  ·  review of another edition
absolutly
Wakhid effendi
menjadi indonesia adalah proses evolusi, estafeta yang harus diakui, belanda turut berjasa membingkainya, namun di tangan kaum nasionalis --tan malaka, hatta, sukarno, syahrir, dll-- republik indonesia-lah muaranya. vlekke memberi gambaran asyik dan layak kutip atas beberapa keterangan yang menyentuh dari buku yag ditranslasi oleh freedom institute dan diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)ini
andreas
Ternyata yang namanya Indonesia bersatu muncul bukan semata2 perjuangan politik orang2 Indonesia, tapi juga campur tangan orang Belanda. dan bahwa raja2 di Nusantara ini akhirnya memeluk Islam dengan alasan politis untuk memerangi Portugis agar jalur Malaka aman. Apa sebenarnya yang menyebabkan Orang2 Eropa yang tadinya berdagang itu memerangi Kerajaan2 Nusantara?
Yusuf
buku ini cukup mengesankan, uraian sejarah indonesia disampaikan dengan baik dan mengalir, disamping itu membaca buku ini seakan sama mengingatkan saya pada novel Pramoedya yaitu Arus Balik, atau jangan-jangan Pram juga menggunakan buku ini sebagai salah satu referensinya ketika menulis salah satu novel masterpiece-nya tersebut??
Auriza Salim
Buku bagus untuk mengetahui sudut pandang bangsa barat tentang perkembangan sejarah indonesia. recommended buat semua orang yang ingin mengetahui perjalanan bangsanya. tidak hanya untuk mahasiswa dan peneliti sejarah saja, untuk orang awam juga merupakan bahan bacaan yang menarik :D
Dendy Hardian
menurut saya lebih tepat sebagai sejarah pendudukan VOC di Indonesia dibanding dengan sejarah Nusantara. karena sumber informasinya lebih banyak berasal dari dokumen-dokumen VOC sendiri daripada dokumen tentang Nusantara
Suryadi
Gw tahu buku ini dari kakak kelas, Dewi Berlian. Apa yang bisa gw petik dari buku ini?
Baru baca Pendahuluan dan masuk Bab I. Nyerah, gw balikin ke perpustakaan. Kapan-kapan baca lagi, hahaha....
Fibrina  Damayanthi
Membaca buku ini, aku jadi berpikir sendiri, mengapa penulisan sejarah negeri sendiri jauh lebih enak dibaca daripada karya penulis dalam negeri?
Robby
Lumayan menambah wawasan, tapi banyak detail yang kurang, dan kurang obyektif (kurang "menganggap orang pribumi")
Bagaskara
Berasa ngulang mata pelajaran Sejarah waktu SD..kali ini dengan runutan dan alur cerita yang jauh lebih manusiawi
Hermes Brahmana
bUKU yang menarik.. mencoba merekonstruksi sejarah yang selama ini tertanam dalam fikiranku
Ghofur Arief
Buku ini yang terbitan Freedom Institute, lewatkan saja bagian kata pengantarnya!
Aloysius Adhi
Gue udah beli buku nya nih!! Tapi, belom gue baca....HEHEHEHEHE
Pandu Aji Wirawan
Bukunya tebel, bikin ngantuk tapi pengalaman sejarah yang luar biasa.
Unie
learn a lot about my country history from a different POV
Esti Wahyu
Bahan utama untuk penelitian tentang Indonesia (Nusantara).
Fenny Lita
Jan 30, 2011 Fenny Lita marked it as to-read  ·  review of another edition
next project, be patient on the shelf,ok!
Leo
sejarah komprehensif, walaupun general tapi
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 27 28 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Dalih Pembunuhan Massal: Gerakan 30 September dan Kudeta Suharto
  • Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara
  • The History of Java
  • Kerajaan Aceh: Zaman Sultan Iskandar Muda (1607-1636)
  • Sejarah Kecil "Petite Histoire" Indonesia
  • The Malay Archipelago
  • Aksi Massa
  • Palu Arit di Ladang Tebu: Sejarah Pembantaian Massal yang Terlupakan (1965-1966)
  • Mereka Yang Dilumpuhkan
  • Revolusi di Nusa Damai
  • Manusia Indonesia (Sebuah Pertanggungan Jawab)
  • Wajah Bandoeng Tempo Doeloe
  • Babad Tanah Jawi
  • Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan: Kisah Pemberontakan Madiun September 1948
  • Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara
  • Perang Eropa II
  • Jurnalisme Sastrawi: Antologi Liputan Mendalam dan Memikat
  • Pintu-pintu Menuju Tuhan
Evolution of the Dutch Nation The Story of The Dutch East Indies Japan's Colonialism and Indonesia: Proefschrift

Share This Book